Optimasi Dalam CPA dan Affiliate Marketing yang Wajib Anda Ketahui

Apapun jenis offers yang dipilih, tugas utama seorang CPA dan juga affiliate marketer adalah mempromosikan apa yang dia jual, selain itu CPA dan affiliate marketer juga harus mengoptimasi campaign promosinya. Mengoptimasi campaign tidak dilakukan hanya sekali, namun harus berkali-kali untuk mendapatkan hasil yang terbaik. Di dalam CPA dan juga affiliate marketing, tentunya kita akan sering dengar dengan kata-kata seperti offer, landing page atau biasa disingkat LP, dan yang paling sering adalah iklan.

 

Optimasi CPA & Affiliate

Ilustrasi Seorang Affiliate Marketer

 

Tentu saja ketiga elemen yang disebutkan diatas adalah elemen-elemen utama dalam bisnis CPA dan affiliate marketing ini.

 

Ada 3 elemen yang harus dioptimasi seperti berikut ini:

  1. Ads.
  2. Offer.
  3. Landing Page.

 

Adalah hal wajib yang harus diketahui, pelajari, dan dioptimasi oleh seorang CPA dan juga affiliate marketer. Ketiga elemen diatas tentunya harus selalu dioptimasi seiring dengan promosi produk yang kita lakukan. Jika kita tidak menggunakan iklan seperti Facebook Ads, Adwords, Bing Ads, dan lainnya, maka kita tidak perlu pusing-pusing untuk mengoptimasi iklan. Namun, kita harus tetap mengoptimasi offer dan juga landing page. Kenapa? Karena landing page dan offer yang bagus tentunya akan menghasilkan konversi.

 

Ada beberapa hal yang akan kita ketahui saat kita mengoptimasi ketiga elemen yang disebutkan diatas. Seperti:

 

1. Tracking Tool

Kita tentu ingin mengetahui sejauh mana iklan kita bekerja, apakah iklan tersebut baik performanya ataukah buruk. Tracking tool disini berfungsi untuk melacak dan memudahkan kita untuk mengetahui data-data dari iklan kita seperti jumlah klik iklan, jumlah konversi yang didapat, pengguna OS apa saja yang melihat iklan kita, dan masih banyak lagi.

 

Tracking tool ada yang berbayar dan ada juga yang gratis, yang berbayar tentunya harus kita hosting sendiri. Salah satu tracking tool yang banyak digunakan oleh CPA dan affiliate marketer profesional adalah Voluum.

 

2. Angle Iklan

angle disini bukanlah malaikat, namun angle disini adalah sudut pandang yang kita lakukan untuk menawarkan offer kita kepada orang lain. Misalkan jika kita menawarkan offer yang sama namun dengan angle yang berbeda kepada orang lain, maka hasilnya pun akan berbeda juga. angle yang baik akan menghasilkan konversi lebih besar daripada yang tidak.

 

Contohnya seperti berikut, coba perhatikan video berikut ini yang kami post di Fanpage Facebook kami.

 

angle bisa diartikan seperti daya tarik atau alasan kuat yang kita berikan kepada orang lain, sehingga orang yang kita berikan penawaran tersebut tertarik dengan apa yang kita tawarkan. Untuk mendapatkan angle yang baik maka perlu dilakukan Split Test. Apa itu Split Test? Berikut penjelasan nya.

 

3. Split Test

Split test adalah cara untuk menguji dua atau banyak variabel yang sama. Seperti contoh misalkan kita memiliki iklan ABCD untuk ditujukan kepada orang A dan juga B. Misalkan iklan ABCD yang kita tujukan kepada orang A dan B ternyata orang A yang lebih menghasilkan banyak konversi,  maka iklan untuk orang B akan kita hentikan.

 

Sementara iklan yang ditujukan untuk orang A akan kita optimasi agar bisa lebih menghasilkan banyak konversi. Seperti itulah gambaran kasarnya. Split test ini perlu dilakukan dan juga dioptimasi jika kita sebagai CPA dan affiliate marketer menggunakan promosi berbayar seperti Facebook Ads misalnya. Lalu, bagaimana cara mengoptimasi iklan, offer dan juga landing page? Mari simak pembahasan nya berikut ini.

 

Mengoptimasi Iklan

Ada banyak tipe iklan, contohnya seperti gambar, teks, atau gambar dan juga teks, video, dan lainnya. Biasanya iklan jenis gambar, gambar dan teks, atau teks hanya mengandung satu angle di dalam nya. Untuk membuat angle iklan yang menarik, kita bisa menggabungkan banyak elemen seperti gambar, gambar dan juga teks, atau teks kedalam offer kita.

 

Mengoptimasi Offer

Di dalam CPA Network, tentunya ada banyak offer yang bisa kita pilih. Misalkan kita memilih offer produk diet untuk orang A, B dan C. Disini tentunya kita bisa melakukan split test untuk melihat hasil mana yang lebih baik. Pastikan terlebih dahulu serta lakukan riset tujuan negara atau daerah mana yang terbukti menghasilkan untuk offer jenis seperti itu (produk diet).

 

Mengoptimasi Landing Page

Untuk landing page, kita harus memperhatikan kecepatan loading dari landing page kita. Desain landing page juga termasuk. Untuk offer di landing page itu tentunya mengikuti angle dan juga iklan, dan pastikan angle iklan lebih menarik perhatian orang daripada desain landing page nya.

 

Kesimpulan.

CPA dan juga Affiliate Marketing mungkin bisa dikatakan adalah bisnis yang mengarah ke permainan untung dan juga rugi. Rugi disini bisa diartikan banyak hal, namun bisa dikatakan banyak CPA dan affiliate marketer merasa rugi apabila iklan mereka tidak menghasilkan. Sama halnya dengan melakukan spilt test, banyak kerugian yang kita dapatkan daripada berhasilnya. Namun kita tidak perlu murung atau bersedih hati, karena ada banyak hal yang bisa kita dapatkan dan menjadi pelajaran kita untuk bisa berhasil kedepan nya.

 

Selain kita harus mengoptimasi iklan, offer, dan juga landing page. Kita juga diharuskan memberhentikan optimasi kita apabila iklan, offer, atau landing page dirasa gagal. Kapan? Kami tidak tahu. Karena yang tahu hanyalah anda sebagai pemilik iklan, offer dan juga landing page nya. Namun kami sarankan, jika anda dalam kondisi sudah mentok dalam hal mengoptimasi offer yang dipilih, ada baiknya anda pindah dengan offer yang lain. Bisa jadi offer lain yang anda pilih bisa membawa keuntungan untuk anda.

Silahkan di Share:

Author: Willy G

Passionate internet marketer. Believe in idea and creativity.

Share This Post On

Tinggalkan Balasan