Apa Itu CPA Marketing dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Apa itu CPA Marketing ? CPA Marketing adalah sebuah bisnis yang tentunya berada di Internet, CPA Marketing mempunyai sistem PPL (pay per lead) yang berarti kita akan mendapat bayaran/komisi dari CPA Network apabila ada orang yang tertarik dan melakukan apa yang kita tawarkan kepada mereka (bisa melakukan sign up, download, atau mengisi email, dan masih banyak lagi).

 

Apa Itu CPA Marketing

Apa itu CPA Marketing dan Seperti Apa Cara Kerjanya ?

Apa Itu CPA Marketing ?

Seperti apa itu CPA Marketing? Oke, mari kita bahas. CPA adalah singkatan dari cost per action atau cost per acquisition, dan tentunya CPA Marketing itu sendiri masih berkaitan dengan Affiliate Marketing yang dimana kita akan mendapatkan bayaran/komisi apabila seseorang (leads) melakukan apa yang akan kita suruh lakukan di dalam halaman penawaran kita (landing page).

 

Entah seseorang itu akan melakukan sign up, download, atau bahkan memasukkan email nya kedalam penawaran yang kita buat, kita akan mendapatkan bayaran dari CPA Network saat data-data dari seseorang tersebut terbukti benar/valid saat dimasukkan ke halaman penawaran kita ataupun halaman penawaran vendor.

 

Lalu bagaimana cara kerja CPA Marketing? Sebenarnya cara kerja CPA Marketing tidaklah jauh beda dengan Affiliate Marketing, CPA Marketing juga masih merupakan turunan dari Affiliate Marketing, namun dari keduanya hanya cara action nya (hal yang akan dilakukan pembeli/calon member dihalaman penawaran) saja yang berbeda.

 

Berikut ini contoh cara action dari CPA Marketing seperti:

  1. Mengisi Pendaftaran.
  2. Memasukkan Alamat Email Valid.
  3. Memasukkan Informasi Kartu Kredit.
  4. Mengunduh File (penawaran paling banyak untuk kategori ini adalah aplikasi mobile)
  5. Berlangganan Suatu Layanan.

Dan masih banyak lagi tentunya.

 

Sebelum kita melakukan penawaran dan mempromosikan produk-produk orang lain, hal yang paling utama harus kita lakukan sebelum memulai berbisnis CPA ini adalah bergabung di CPA Network yang sudah ada. Semisal:

  • Peerfly
  • MundoMedia
  • Clickdealer
  • YeahMobi
  • CPAGrip
  • MaxBounty
  • F5Media
  • Conversion8
  • Dan masih banyak lagi.

 

Masing-masing CPA Network memiliki peraturannya sendiri-sendiri, dan tentunya tidak sembarang CPA Network akan begitu saja menerima pendaftar baru. Jika dirasa kita masih belum begitu mahir di dalam bisnis CPA ini, maka cobalah untuk mendaftar CPA Network yang ‘newbie friendly’.

 

Kita juga bisa berdiskusi dengan AM (Affiliate Manager) kita dengan meminta saran seperti penawaran produk/jasa apa yang pas untuk kita promosikan. Affiliate Manager itu sendiri tugas utamanya adalah membimbing para Affiliate Marketer dan membantu semua kesulitan yang para Affiliate Marketer alami, namun jika masalah yang kita hadapi bisa kita selesaikan, maka tidak perlulah kita mendiskusikan nya ke Affiliate Manager kita.

 

Cara Mempromosikan Penawaran

Untuk mempromosikan produk/jasa yang ada pada CPA Network tentunya kita perlu mempunyai sebuah website, dan tentunya untuk mempunyai website maka kita perlu mempunyai sebuah hosting dan juga domain.

 

Website itu sendiri akan kita gunakan untuk menaruh atau membuat halaman penawaran (Landing Pages) produk/jasa yang akan kita tawarkan kepada semua orang (sesuai target market produk/jasa yang kita promosikan).

Saat kita sudah mempunyai Website, maka yang kita butuhkan adalah Traffic.

 

Cara Mendatangkan Orang (Traffic) Ke Halaman Penawaran

Saat website sudah jadi, tugas kita selanjutnya adalah mendatangkan banyak orang ke website kita, dan tentunya orang-orang tersebut haruslah sesuai dengan target yang ditentukan vendor. Untuk mendatangkan banyak orang ke website kita, maka kita bisa melakukan promosi dengan cara berbayar. Kenapa berbayar? Karena promosi berbayar bisa berjalan dengan otomatis dan sesuai target, itu pun tergantung budget yang kita keluarkan, semakin banyak budget yang dikeluarkan, kemungkinan besar pendapatan/komisi juga akan mudah diraih, itu pun jika pengunjung memutuskan membeli atau berlangganan dari penawaran yang kita tawarkan.

 

Kenapa tidak melakukan promosi secara gratis misalnya mengandalkan SEO manual atau melakukan promosi sendiri? Tidak, karena semua itu hanya akan membuat waktu kita terbuang, saat kita membuang banyak waktu hanya dibagian promosi saja, kita akan melewatkan banyak peluang untuk membuat konten iklan yang baru.

 

Mempromosikan Penawaran Dengan Iklan

Tentunya banyak cara untuk mempromosikan penawaran kita, seperti menggunakan Facebook Ads, ataupun program iklan di social media yang lain. Bisa juga kita menggunakan Google Adwords, Bing Ads, 7Search, dan masih banyak lagi program periklanan yang lain, namun tentunya itu semua hanya untuk beberapa penawaran tertentu saja, beberapa penawaran yang akan kita promosikan ada yang lebih baik dipromosikan menggunakan social media, seperti Facebook Ads misalnya agar penawaran kita lebih tertarget dan tidak membuang banyak biaya.

 

Kenapa harus berpromosi menggunakan Facebook Ads? Ya, karena ada banyak orang di dunia yang setiap harinya selalu login ke Facebook, setiap jam, setiap menit, setiap detik. Jadi apakah anda masih mau melewatkan peluang yang bagus ini di Facebook?

 

Demikianlah pengertian tentang apa itu CPA Marketing dan bagaimana cara kerja bisnis tersebut. Kita tahu bahwa tidak ada bisnis yang langsung sukses ataupun langsung berhasil, jadi tentu saja untuk di awal-awal anda akan menghabiskan banyak sekali biaya untuk test dan test iklan anda di Facebook Ads maupun program iklan yang lainnya.

 

Apakah itu rugi? Jangan pernah anggap itu semua kerugian untuk anda, tapi anggaplah itu semua sebagai media pembelajaran anda untuk bisa beriklan lebih baik lagi dan lagi hingga anda meraih $100000 pertama anda. Jadi, selamat mencoba dan semoga sukses lebih cepat datang kepada anda, Semangat!

Silahkan di Share:

Author: Willy G

Passionate internet marketer. Believe in idea and creativity.

Share This Post On

Tinggalkan Balasan