Apa Itu Facebook Pixel dan Bagaimana Cara Menggunakannya?

Apa itu Facebook Pixel? Facebook Pixel adalah sebuah kode berupa javascript yang nantinya akan diletakkan pada halaman website kita yang bertujuan untuk merekam data pengunjung yang datang. Pada dasarnya Facebook Pixel bisa dikatakan hampir sama cara kerjanya seperti tracker online semisal Histats, Google Analytics dan lainnya, namun berbeda dari tracker online yang disebutkan tadi, Facebook Pixel bisa digunakan untuk membuat Website Custom Audience, atau membantu retargeting iklan Facebook kita.

 

Facebook Pixel

Pentingnya Menggunakan FB Pixel Dalam Facebook Marketing

 

Sebuah website yang memiliki ribuan pengunjung setiap harinya apabila tidak dipasang Facebook Pixel di dalamnya, maka setiap pengunjung yang datang, kita hanya menyia-nyiakan mereka datang dan pergi saja tanpa kita mendapatkan sesuatu.

 

Berbeda cerita apabila kita memasang Facebook Pixel di dalam website kita, pengunjung yang datang nantinya akan terekam dengan jelas di Pixel yang kita pasang di website kita. Ibaratkan seperti mesin pelacak, setiap pengunjung yang datang ke website kita, mereka akan dipasang sebuah pelacak yang nantinya bisa kita gunakan untuk retargeting iklan Facebook kita.

 

Pengunjung yang datang pun akan terekam dengan jelas di Facebook Pixel, walau pengunjung tersebut datang dari trafik organik. Lalu, apakah Facebook Pixel hanya bisa dipasang pada website saja?

 

Untuk lebih optimal, umumnya Facebook Pixel dipasang di website, atau apabila kita memiliki platform toko online seperti Shopify, maka mereka sudah menyediakan opsi untuk memasang Pixel di toko online kita yang menggunakan Shopify. Jadi apabila kita mempunyai sebuah website, maka berhentilah menyia-nyiakan setiap kunjungan yang masuk, segera pasang Facebook Pixel di website kita sekarang juga.

 

Retargeting Menggunakan Facebook Pixel

Melakukan retargeting dalam beriklan di Facebook sangatlah menguntungkan, karena kita bisa menawarkan produk yang kita jual kepada orang yang sebelumnya tertarik dengan produk kita atau mereka pernah melihat produk kita, sehingga tingkatan terjadinya konversi pada setiap promosi yang dilakukan sangatlah tinggi.

 

Tanpa menggunakan Facebook Pixel, tentu saja kita tidak bisa melakukan retargeting, karena kita tidak tahu siapa saja yang datang ke website kita. Oleh karena itu apabila belum memasang Facebook Pixel di dalam website, coba sekarang pasang. Untuk cara memasang Facebook Pixel di website akan kita bahas, mari lanjutkan membacanya.

 

Dalam retargeting di Facebook Ads, kita bisa menggunakan Audience berjenis Website Custom Audience yang sebelumnya telah terekam di FB Pixel kita. Selain itu, ada beberapa hal yang bisa dilakukan FB Pixel di website kita, seperti:

  • Mengetahui halaman atau URL mana saja yang di datangi para pengunjung kita, sehingga nantinya kita bisa retargeting mereka berdasarkan halaman atau URL yang mereka kunjungi.
  • Memisahkan Audience berdasarkan halaman atau URL yang mereka kunjungi, sehingga iklan kita bisa tampil pada orang-orang tertentu saja, bisa menggunakan Include dan Exclude Audience. Hal tersebut bertujuan untuk memisahkan Audience agar tidak bertindihan, agar iklan kita bisa terjual kepada orang yang sudah membeli atau yang belum membeli.
  • Dan, masih banyak lagi yang bisa dilakukan oleh FB Pixel.

 

Bagaimana Cara Mendapatkan Facebook Pixel ?

Caranya sangat mudah, bisa kita Buka Link : https://www.facebook.com/ads/manager berikut ini. Lalu, Klik Ads Manager di pojok kiri atas, lalu Klik Pixels di bagian Assets. Bisa kita lihat pada gambar-berikut ini.

 

Ads Manager

Buka Ads Manager di Pojok Kiri Atas

 

Facebook Pixel

Klik Pixels di Bagian Assets

 

Setelah masuk kedalam menu Pixels, maka kita bisa Klik Create a Pixel, setelah itu masukan Nama Pixel yang ingin kita buat, lalu Klik Create Pixel. Maka saat sudah selesai, tampilan nya akan seperti gambar berikut ini :

 

Buat Facebook Pixel

Tampilan Pixel Berhasil di Buat

 

Masih pada pembahasan gambar diatas, setelah Pixel berhasil dibuat, kita bisa Klik Install Pixel Now untuk melihat kode FB Pixel kita yang nantinya akan kita taruh di website. Tampilan nya akan seperti pada gambar berikut ini :

 

Kode Facebook Pixel

Kode Pixel yang Berhasil di Buat

 

Lalu setelah itu bagaimana lagi? FB Pixel yang berhasil dibuat bisa diletakkan di Footer atau Header di website kita. Atau juga bisa diletakkan di manapun sesuka kita, asalkan bisa melacak pengunjung di website kita.

 

Cara Memasang Facebook Pixel di Website (Header atau Footer)

Untuk memasang kode Pixel di website kita, tentunya kita tidak perlu sampai membuka semua coding di website kita, apabila menggunakan WordPress, maka kita bisa menggunakan Plugin bernama Insert Headers and Footers berikut ini.

 

Sebelum kita memasang FB Pixel kita di website, kita terlebih dahulu install plugin Insert Headers and Footers berikut, setelah itu kita buka plugin tersebut, dan pasang FB Pixel kita disana, caranya cukup mudah, hanya tinggal copy dan paste saja kode Pixel kita ke plugin tersebut. Berikut contohnya pada gambar berikut ini :

 

Paste Kode Facebook Pixel

Kode Pixel di Paste di Plugin Ini

 

Dan akhirnya Facebook Pixel kita sudah terpasang di website. Tapi bagaimana caranya mengetahui bahwa FB Pixel itu sudah terpasang dan sudah aktif ?

 

Mengetahui Aktifnya Facebook Pixel di Website

Caranya bisa kita cek dengan tools dari Facebook bernama Facebook Pixel Helper berikut ini. Dan nantinya kita bisa melihat apakah Facebook Pixel yang sudah dipasang benarkah sudah aktif atau belum di website kita. Bisa kita lihat pada contoh di gambar berikut ini :

 

Kode Facebook Pixel Aktif

FB Pixel Sudah Terpasang Dengan Benar

 

Pada gambar diatas, tentunya FB Pixel yang kita pasang sudah aktif dan berjalan, dan kita hanya tinggal menggunakan saja Facebook Pixel kita untuk melakukan retargeting ataupun optimasi iklan kita di Facebook.

 

Kita juga bisa menggunakan Facebook Pixel di platform yang memang sudah menyediakan opsi pemasangan Pixel, seperti contohnya Teespring, Shopify, atau platform yang lainnya. Di platform tersebut tentunya kita tidak perlu memasang seluruh kode Pixel kita, hanya ID Pixel nya saja yang kita copy dan paste di platform tersebut.

 

Untuk melihat ID Pixel, kita bisa mencarinya pada menu pixel, dan cari pada bagian kanan di menu Pixel kita. Bisa kita lihat di bawah nama Pixel kita, dan di bawahnya ada beberapa digit nomor, dan disana ID Pixel kita berada, yang nantinya akan kita copy dan paste ke platform yang kita gunakan, bisa Teespring, Shopify atau yang lainnya.

 

Jadi pada dasarnya Pixel sangat powerful untuk digunakan, dan tidak boleh di diamkan saja. Saat kita beriklan di Facebook menggunakan bantuan Pixel, tentunya iklan kita bisa lebih konversi berkali lipat dibandingkan tidak menggunakan Pixel, karena pada dasarnya Pixel ada karena kita butuhkan.

Silahkan di Share:

Author: Willy G

Passionate internet marketer. Believe in idea and creativity.

Share This Post On

Tinggalkan Balasan