Apa Itu SEO dan Bagaimana Cara Menerapkan Teknik SEO

Apa itu SEO? Jika kita mempunyai sebuah website, tentunya kita akan membutuhkan pengunjung yang terus datang ke website kita untuk jangka waktu yang sangat panjang. Alasannya adalah website yang memiliki banyak pengunjung tentunya dapat lebih memberikan banyak keuntungan untuk kita.

 

Apa Itu SEO

SEO (Search Engine Optimization)

 

Untuk bisa mendapatkan pengunjung yang banyak, kita harus perlu memahami dasar-dasar SEO terlebih dahulu. Apa itu SEO ? SEO atau disebut Search Engine Optimization adalah sebuah teknik untuk mendapatkan suatu peringkat yang baik di halaman mesin pencari.

 

Apa itu SEO dan Kenapa Harus Memahami SEO ?

Setiap orang pada dasarnya jika ingin mencari suatu informasi di internet, hal yang paling utama mereka lakukan adalah mencari informasi tersebut di mesin pencari, seperti Google misalnya. Google? Bing? Atau Yahoo Search? Apapun mesin pencari nya, informasi-informasi yang terdapat pada mesin pencari tersebut tetaplah sama.

 

Kenapa Harus Belajar SEO ?

Karena memang semua pengunjung suatu website datangnya dari mesin pencari, dan bagaimana pun juga mesin pencari bisa mendatangkan banyak sekali pengunjung ke website kita. Jika kita mempunyai toko online, maka orang-orang yang mencari sesuatu dengan ketikan kata kunci yang dicari seperti “beli” di mesin pencari lah yang kemungkinan akan datang ke toko online kita.

 

Kesimpulan nya adalah SEO itu penting untuk dipelajari, namun tidak perlu kita pahami secara mendalam. Maksudnya? Jika website kita hanya sebatas berisikan konten hiburan dengan isi-isi berupa cerita seru atau hal-hal lainnya yang unik, tentunya kita tidak perlu memahami SEO.

 

Namun, SEO perlu kita pelajari dan pahami, jika kita mempunyai website yang bertujuan sebagai bisnis, seperti toko online misalnya. Jadi apa itu SEO perlu dipahami dan pelajari? Itu semua kembali lagi kepada seperti apa jenis topik di website kita.

 

Jika kita seorang:

  • Blogger Profesional
  • Affiliate & CPA Marketer
  • Pemilik Toko Online
  • Penjual Produk Melalui Internet
  • Dan lainnya yang bertujuan untuk marketing.

 

Maka kita perlu sekali untuk belajar SEO, bukan hanya belajar saja, kita pun perlu memahami SEO secara mendalam, minimal dasar-dasarnya. Dengan SEO pun juga kita bisa mengembangkan bisnis kita, seperti yang bisa kita pelajari dalam artikel yang berjudul Menggunakan SEO Untuk Optimasi Bisnis di Mesin Pencari berikut ini.

 

Bagaimana Cara Menerapkan SEO ?

Karena SEO ini tidak diajarkan saat kita masih sekolah, maka tidak heran banyak sekali orang yang mencari informasi di internet dengan ketikan kata kunci “apa itu seo, apa itu seo dan teknik-tekniknya, apa itu seo penting untuk website” dan lainnya…

 

Kami katakan sekali lagi SEO itu penting. Karena kenyataannya website yang berada pada halaman paling utama atau halaman pertama di mesin pencarian, itu mendapatkan banyak sekali pengunjung. Peringkat pertama itu sendiri mendapatkan pengunjung lebih dari 20% dibandingkan website yang berada pada posisi atau halaman kedua, ketiga, keempat dan seterusnya.

 

Setiap orang tentunya tertarik dengan informasi, maka hal tersebut menjadikan mesin pencari lebih banyak digunakan untuk mereka mendapatkan informasi secepatnya. Jika kita menjadi pengguna mesin pencari seperti Google misalnya, saat kita mencari informasi yang dicari tentunya kita akan membuka website-website yang hanya berada pada halaman pertama pencarian saja bukan?

 

Tentu kita selalu ingin mendapatkan informasi secepat mungkin, oleh karena itu website yang berada pada halaman kedua, ketiga, keempat dan seterusnya sangat sedikit dibuka oleh para pengguna mesin pencari. Jadi karena itu SEO sangat penting dilakukan di website kita agar website kita mendapatkan posisi yang terbaik pada halaman pencarian, seperti Google misalnya.

 

Bisakah Website Sukses Tanpa SEO ?

Website juga bisa sukses tanpa bantuan SEO, karena ada banyak orang yang mempunyai website yang populer tanpa bantuan SEO atau bahkan orang tersebut tidak tahu dan paham tentang SEO.

 

Namun jika ingin mempunyai website yang bisa sukses tanpa bantuan SEO, maka sering-sering lah mempromosikan website di dalam forum, grup facebook, ceritakan website kita ke teman-teman di social media, dan lainnya. Intinya sering lah promosi. Maka orang lain akan tahu keberadaan website kita tanpa perlu kita memahami SEO.

 

Tapi kesuksesan tersebut tergantung seberapa menarik website kita, jika kita sering promosi dan terus promosi namun ternyata website kita tidak menarik, maka orang lain tidak akan mengunjungi website kita lagi. Jadi inti untuk sukses tanpa bantuan SEO adalah, rajin-rajin lah mempromosikan website dan buatlah konten yang menarik di website kita.

 

Seperti Apa Itu SEO ?

Mesin pencari seperti Google, Bing, Yahoo, dan lainnya adalah sebuah produk. Tentu mereka ingin memberikan pelayanan yang terbaik bagi para penggunanya, bukan hanya sekedar menampilkan informasi biasa saja. Pengguna mesin pencari tentu ingin mendapatkan informasi yang relevan dengan pencarian nya, maka mesin pencari akan menampilkan informasi dari website-website yang memberikan informasi yang sangat relevan dengan pencarian yang para pengguna cari.

 

Jadi pengertian apa itu SEO adalah jika website kita yang terbaik untuk kata kunci yang diinginkan, dan informasi di website kita terdapat kata kunci yang pengguna cari, maka Google akan menempatkan website kita di posisi atas, agar pengguna dapat mendapatkan informasi yang terbaik dari yang terbaik, sesuai kata kunci yang mereka cari.

 

Dalam Segi Seperti Apa Agar Website Menjadi yang Terbaik ?

Untuk menjadikan website yang terbaik dan mendapatkan posisi utama dan teratas di mesin pencari adalah:

  • Konten yang disajikan di website haruslah bagus dan sangat informatif.
  • Navigasi antar halaman di website tidak boleh berantakan.
  • Popularitas website (minimal ada ratusan lebih orang yang mengetahui keberadaan website kita)

 

Kesimpulanya, SEO ini sebenarnya adalah sebuah teknik yang sangat dianjurkan untuk keperluan marketing. Jadi untuk menunjang atau menaikan penjualan atau yang lainnya yang berhubungan dengan marketing, maka SEO ini sangatlah perlu untuk diaplikasikan kedalam website kita. Semoga penjelasan singkat ini dapat membantu anda untuk memahami apa itu SEO dan penerapan nya untuk website kita. Semoga berhasil.

Silahkan di Share:

Author: Willy G

Passionate internet marketer. Believe in idea and creativity.

Share This Post On

Tinggalkan Balasan