Belajar Facebook Marketing: Mudahnya Mempromosikan Bisnis di Facebook

Facebook Marketing ? Tunggu dulu… sebelum itu siapa yang tidak mengenal Facebook? Social media paling populer di dunia ini selalu berkembang dari tahun ke tahun, bahkan penggunanya pun selalu bertambah. Semakin banyak orang yang menggunakan Facebook, semakin besar juga peluang kita sebagai pebisnis untuk memaksimalkan Facebook sebagai pendorong kesuksesan bisnis kita, hal ini bisa dikatakan sebagai Facebook Marketing.

 

Belajar Facebook Marketing - Memrpomosikan Bisnis di Facebook

Membangun Bisnis Ibarat Membangun Sebuah Gedung, Butuh Pondasi yang Kuat

 

Bagaimana caranya? Dengan beriklan kah? Mungkin iya. Namun masih ada yang lebih penting daripada beriklan di Facebook. Tentunya sebelum beriklan ada yang perlu kita persiapkan terlebih dahulu, persiapan-persiapan tersebut seperti yang disebutkan berikut ini.

 

Membangun Fanpage, Tahapan Awal Facebook Marketing

Dalam Facebook Marketing, beriklan di Facebook bukanlah langkah pertama untuk memulai mempromosikan bisnis kita, hal pertama yang harus dilakukan adalah membangun Fanpage. Tentunya bukan sembarangan Fanpage yang akan kita buat. Fanpage yang akan kita buat adalah Fanpage yang berbeda dari yang lain namun masih dalam kategori yang sama. Maksudnya?

 

Berbeda disini adalah dalam artian pelayanannya atau konten-konten yang diberikannya yang lebih berkualitas dari Fanpage yang lain, namun masih dalam kategori yang sama (misalkan kategori kucing, mobil, atau yang lainnya. Sesuai apa bisnis kita).

 

Sebelum membuat Fanpage kita sendiri, mungkin… kita bisa melihat Fanpage kompetitor kita yang berkategori sama dengan Fanpage kita. Bukankah cara terbaik untuk belajar adalah melihat dan meniru dari orang lain? (dimaksudkan disini adalah Amati, Tiru, Modifikasi).

 

Lalu dimulai dari manakah untuk membangun Fanpage? Kita bisa melihat beberapa Fanpage yang sudah memiliki Audience yang banyak, atau sudah populer.

 

Bisa kita ketikan dalam kolom pencarian Facebook seperti:

“ pages about [business] that are liked by my friends ” dan hasilnya seperti di gambar ini.

 

Facebook Marketing STEP 1

Hasil Pencarian Fanpage Bisnis di Facebook

 

Facebook akan menampilkan Fanpage yang memiliki topik yang dicari. Carilah sebanyak-banyaknya Fanpage yang memang memiliki topik yang sama dengan kita. Lalu setelah itu akan kita apakan? Tentunya kita akan cermati lalu tiru dan modifikasi dengan baik. Usahakan bisa lebih baik dari Fanpage kompetitor kita. Apakah hanya begitu saja? Belum, masih ada tahapan yang lain yang harus kita lakukan untuk membangun Fanpage agar bisa mencerminkan bahwa bisnis kita adalah bisnis yang berkualitas bagi calon pembeli kita.

 

Buat Fanpage Semenarik Mungkin

Membuat Fanpage semenarik mungkin? Ya tentu saja. Namun menarik disini bukan berarti banyak konten atau sering publish di Fanpage kita, atau bahkan publish konten yang keluar dari topik bisnis kita. Menarik disini adalah informasi-informasi yang terdapat di dalam nya bisa dipercaya dan konten-konten nya menarik untuk dilihat.

 

Seperti apa maksudnya? Contohnya seperti berikut ini:

  1. Fanpage menggunakan Nama Brand Bisnis kita, bukan menggunakan nama layanan dari bisnis kita (contohnya seperti Jasa Desain Kaos, atau yang lainnya)
  2. Nama brand singkat dan padat (mudah dibaca dan diingat orang).
  3. Menggunakan profil picture yang baik (gunakan logo beresolusi tinggi)
  4. Gunakan cover dengan gambar yang menarik dan tentunya tidak keluar dari ciri khas bisnis kita.
  5. Jelaskan bisnis kita di deskripsi Fanpage, atau bisa di bagian About, dan selebihnya lengkapi semua data-data bisnis kita di Fanpage agar orang lain bisa mengetahui seperti apa bisnis kita.

 

Apa yang disebutkan diatas masuk bagian dari Facebook Marketing. Lalu apakah Facebook Marketing hanya seperti itu saja? Tentunya bukan. Facebook marketing bukanlah hanya membangun Fanpage semata, melainkan membuat Fanpage tersebut bisa dikenal oleh orang dan menghasilkan.

 

Mencari , Mengetahui, dan Menentukan Target Audience

Sebelum beriklan dan mempromosikan Fanpage, tentunya kita harus paham bahwa mempunyai 1 target audience lebih baik daripada memiliki banyak audience. Maksudnya? Misalkan bisnis kita menargetkan untuk orang yang berusia diatas 30 tahun, atau kisaran 30-40 tahun. Tentunya hal tersebut akan memudahkan kita dalam menentukan seperti apa konten yang akan di publish di Fanpage kita.

 

Coba bayangkan jika memiliki banyak audience, seperti contohnya memiliki audience pria dan wanita yang berusia 20-25 tahun, dan disandingkan dengan audience pria dan wanita yang berusia 30-40 tahun (2 audience yang berbeda.

 

Apa yang akan terjadi? Konten yang di publish akan diterima oleh salah satu golongan audience kita saja, dan yang lain mungkin saja menolaknya. Misalkan jika kita menggunakan bahasa anak muda (bahasa gaul) di dalam konten yang kita publish di Fanpage, tentunya untuk audience yang berusia 30-40 tahun tidak akan menyukainya, sama saja jika hal tersebut dilakukan sebaliknya.

 

Target audience yang berumur 30-40 tahun tentunya harus diabaikan bila kita membuat konten yang ditujukan untuk target audience yang berusia 20-25 tahun. Hal seperti ini yang akan membuat kita kehilangan audience kita yang mungkin saja mereka akan menjadi calon pelanggan kita. Maka dari itu, memiliki 1 audience bisa dikatakan lebih baik daripada memiliki banyak audience.

 

Untuk melihat seperti apa target audience yang akan kita cari, tentu kita bisa mencarinya dari apa kesukaannya seperti dengan:

Mengetikan “ Interests liked by people who like (nama Fanpage yang dicari) ” dikolom pencarian Facebook.

 

Maka hasilnya akan seperti berikut ini:

 

Facebook Marketing STEP 2

Hasil Pencarian

 

Hasil diatas mengartikan bahwa orang yang menyukai Fanpage tersebut suka dengan Sepak Bola, Basket, dan orangnya religius. Lalu ketika kita membuat konten untuk Fanpage kita, maka kita buat dengan membahas hal-hal yang menyangkut daftar-daftar seperti gambar diatas. Seperti misalkan membuat konten namun agak sedikit mengarah ke daftar kesukaan yang disukai oleh target audience kita. Dengan begitu ada kemungkinan jumlah like atau share di konten kita akan menjadi lebih banyak.

 

Buat Konten Menarik untuk Fanpage Bisnis di Facebook

Bicara Facebook Marketing, tentunya kita tidak akan jauh dengan membahas konten yang akan kita publikasikan. Konten tersebut tentunya harus memiliki kualitas yang baik, seperti dari gambarnya, penggunaan kata-katanya, dan lainnya. Di Facebook juga kita tidak boleh publish konten terlalu banyak. Kenapa? Karena Fanpage yang publish konten terlalu banyak, biasanya akan mendapatkan jumlah like, share atau komen yang sedikit.

 

Audience nya akan cepat merasa bosan bila beranda Facebook mereka dipenuhi dengan Fanpage dari bisnis kita. Oleh karena itu ada baiknya apabila kita publish konten di Fanpage kita tidak sesering mungkin. Lalu, jenis konten seperti apa yang baik untuk Fanpage bisnis kita?

 

Konten atau post berjenis gambar, video, atau link (link ke sumber terkait dan tentunya kredibel). Apakah post berjenis teks tidak termasuk?

 

Tentunya masuk, namun lebih baik apabila dibarengi dengan gambar, video, ataupun link. Sebisa mungkin jangan publish konten hanya berjenis teks saja. Kenapa? Karena konten yang berjenis teks tidak akan mudah menarik perhatian pengguna Facebook, terlebih lagi para audience kita. Mungkin hal tersebut bisa dijelaskan pada artikel yang berjudul Cara Agar Iklan di Facebook Ads Menjadi Murah berikut ini.

 

Untuk membuat konten yang menarik di Fanpage kita, tentunya penggunaan gambar menjadi salah satu hal yang harus kita perhatikan. Seperti contohnya apabila menggunakan gambar yang beresolusi rendah, apakah pengguna Facebook akan tertarik dengan gambar tersebut? Tentunya tidak.

 

Ada banyak sekali aturan minimal ukuran penggunaan gambar di Facebook agar gambar bisa lebih maksimal, dan itu bisa kita pelajari lewat website Jonloomer dengan artikel tentang Facebook Dimension.

 

Tetapkan Waktu Terbaik Untuk Publish Konten

Kapan waktu terbaik kita untuk publish konten di Fanpage? Itu tergantung siapa target audience kita. Misalkan jika kita menargetkan pelajar, maka waktu publish yang terbaik adalah waktu siang hari, atau malam hari setelah mereka selesai dengan segala rutinitas keseharian mereka.

 

Sama halnya dengan pekerja, kita bisa publish konten kita saat malam hari setelah mereka selesai dengan aktivitas harian mereka. Apakah hal yang disebutkan diatas tadi akurat? Belum tentu. Itu sekali lagi tergantung dengan siapa audience kita.

 

Cara untuk mengetahui kapan waktu terbaik untuk kita publish konten kita di Fanpage bisnis adalah dengan melakukan riset. Riset, riset, dan riset. Setelah itu kita akan menemukan hal terbaik apa yang bisa kita lakukan untuk mengembangkan bisnis kita (sama halnya dengan menentukan kapan waktu terbaik untuk publish konten).

 

Gabung Grup Populer yang Sejenis Dengan Bisnis dan Ikut Berpartisipasi

Untuk menemukan audience, membuat konten saja tidak akan membuat bisnis dikenal banyak orang. Salah satu cara mendapatkan audience adalah dengan memasuki kerumunan orang. Apa maksudnya? Tentu sudah tidak asing lagi bahwa grup di Facebook adalah tempat yang paling banyak untuk kita sebagai pebisnis menemukan calon pembeli, atau calon pelanggan kita. Disini kita tentunya akan menggunakan grup sebagai media agar bisnis kita dapat dikenal oleh banyak orang.

 

Kita bisa ketik seperti berikut ini di kolom pencarian Facebook:

group (named,about, joined by people who like [nama bisnis]

 

Atau jika kita mencari grup berdasarkan nama bisnis yang kita cari maka kita bisa ketikan seperti berikut ini:

group named [nama bisnis]

 

Cari grup yang benar-benar baik, atau grup yang sehat (jauh dari spam). Setelah kita bergabung dengan grup tersebut, kita juga tentunya jangan melakukan tindakan spam. Pastikan kita berpartisipasi di grup tersebut tanpa terlebih dahulu mempromosikan bisnis kita.

 

Grup yang sehat biasanya terdiri dari:

  1. Adanya tanya jawab di grup tersebut.
  2. Banyak interaksi (like, comment, share).
  3. Konten yang di publish disana berisi topik yang berhubungan dengan tema grup.

 

Ada banyak sekali grup di Facebook, ada yang closed, dan ada juga yang public alias bisa kita lihat isi grup nya tanpa perlu bergabung terlebih dahulu. Jika grup yang kita lihat adalah grup yang closed, maka mau tidak mau kita harus bergabung terlebih dahulu di grup tersebut.

 

Beriklan di Facebook

Namanya membahas Facebook Marketing, tentunya kita juga akan membahas tentang beriklan. Beriklan disini ditujukan untuk mempercepat promosi yang bertujuan agar pengguna Facebook mengetahui atau menyadari keberadaan Fanpage bisnis kita. Beriklan di Facebook juga bertujuan agar lebih mudah dan cepat mendapatkan target audience sesuai kriteria yang kita inginkan.

 

Gunakan Soft Selling, Jauhi Hard Selling

Apapun jenis strategi promosi yang digunakan, apabila cara menjualnya salah, tentu tidak akan menghasilkan konversi. Ini yang akan kita lakukan setelah kita mempromosikan bisnis kita di Facebook, yaitu berjualan. Soft Selling sering diartikan seperti menjual namun tidak terlihat seperti menjual. Misalkan kita menawarkan produk A kepada calon konsumen kita, alih-alih menawarkan, justru kita tidak langsung menawarkan, namun kita memberitahu informasi A, B, dan C, atau berupa cerita dan lainnya.

 

Setelah calon konsumen tertarik, biasanya diakhir kata atau informasi yang diberikan kepada calon konsumen, dimasukan unsur-unsur jualan disana. Dengan begitu calon konsumen lebih tertarik untuk membeli secara halus, daripada membeli namun mendapatkan informasi secara kasar, atau langsung ditawari produk. Apakah Soft Selling lebih baik daripada Hard Selling? Belum tentu. Tergantung dari apa jenis produk yang dijual.

 

Di Amerika, Hard Selling tidak diminati oleh banyak orang, karena banyaknya iklan yang beredar disana membuat orang di Amerika tidak suka jika melihat iklan atau unsur-unsur jualan. Namun bagaimana jika di Indonesia? Tentu perlu kita cari tahu dengan cara kita test iklan atau promosi kita kepada target market kita. Tentu hal yang dilakukan adalah riset, riset, dan riset.

 

Kesimpulan 

Di dalam Facebook Marketing, membuat bisnis yang dapat dikenal oleh banyak orang tidaklah mudah, perlu adanya kerja keras dan juga konsistensi. Fanpage Facebook yang baik adalah Fanpage yang berisikan konten-konten yang bermanfaat dan enak untuk dilihat oleh pengguna Facebook. Namun perlu kita ketahui bahwa, Fanpage Facebook bukanlah tempat yang baik untuk mempromosikan apa saja yang ada di bisnis kita.

 

Tentunya website kita lebih baik dan juga berharga daripada Fanpage bisnis kita di Facebook. Fanpage Facebook hanya untuk mendukung agar website yang dijadikan media promosi bisnis dapat diketahui oleh banyak orang. Untuk mendapatkan audience, maka kita harus bersosialisasi, karena Facebook adalah Media Sosial.

Silahkan di Share:

Author: Willy G

Passionate internet marketer. Believe in idea and creativity.

Share This Post On

Tinggalkan Balasan