Belajar SEO: Meningkatkan Kualitas Website Dengan SEO

Kenyataan bagi orang yang ingin belajar SEO, bahwa SEO setiap tahunnya selalu berubah-ubah dan tidak ada yang pasti. Setiap tahun mesin pencari selalu mengubah algoritma nya untuk memberikan pengalaman yang lebih baik kepada penggunanya.

 

Belajar SEO dan Teknik SEO

Proses-proses di Dalam SEO

 

SEO seakan diartikan sebagai mimpi buruk bagi siapapun yang ingin belajar SEO, bukan tentang sulitnya untuk dipahami, namun informasi-informasi yang banyak bertebaran di Internet yang membuat setiap orang yang ingin belajar SEO menjadi kebingungan.

 

Untuk saat ini banyak sekali teknik SEO yang bertebaran di internet, baik itu teknik yang baru maupun teknik yang sudah lama, hal seperti itu bisa membuat bingung jika orang ingin belajar SEO. Perlu kita ketahui bahwa 50% teknik SEO yang menjadi populer pada 3 tahun yang lalu itu sudah dikategorikan sebagai SPAM.

 

Dan tentunya bagi orang yang ingin belajar SEO, teknik SEO seperti itu sudah tidak dianjurkan lagi. Contoh teknik-teknik yang populer pada saat itu adalah guest book, article directory, blog comment, web 2.0, linkwheel, dan masih banyak lagi yang sayangnya sampai saat ini masih ada yang menggunakan teknik tersebut, bagaimanapun kenyataannya itu semua adalah SPAM.

 

Jadi, tidak sedikit website-website yang terkena penalty bahkan deindex karena menggunakan teknik tersebut. Oleh karena itu untuk membuat kualitas website kita menjadi lebih baik, maka kita perlu menggunakan teknik SEO yang sewajarnya dan aman yang dapat meningkatkan kualitas website kita.

 

Sebelum Belajar SEO, Inilah Teknik SEO yang Harus Digunakan

Seperti apa teknik SEO yang dimaksud? Seperti contohnya teknik SEO White Hat, karena pada dasarnya menggunakan teknik blackhat bukanlah sesuatu yang harus terus menerus dilakukan untuk membuat website menjadi berkualitas, dan kenyataannya website kita terlalu berharga untuk dirusak dengan cara-cara seperti itu.

 

Teknik SEO white hat bukan hanya mengoptimasi on-page maupun membuat kualitas konten yang menarik saja, melainkan banyak faktor lain yang terdapat pada teknik SEO white hat. Jika kita ingin belajar SEO lebih lanjut, kita bisa belajar SEO dengan memulai menggunakan teknik-teknik pada SEO White Hat.

 

Berikut ini beberapa hal yang terdapat dalam teknik SEO white hat yang dapat kita gunakan untuk meningkatkan kualitas website kita.

 

Memperbaiki Struktur Internal Link

Untuk membuat website lebih berkualitas, tentunya kita perlu memperbaiki struktur internal link website kita. Kenapa? Karena dengan memperbaiki internal link, pembaca atau pengunjung website kita dapat lebih merasakan manfaat dari konten-konten website kita yang terhubung satu dengan yang lainnya sehingga dapat meningkatkan pengalaman pembaca pada website kita.

 

Bisa kita bilang bahwa external link atau biasa disebut backlink sangat bagus untuk meningkatkan kualitas website, memang sangat bagus… namun jangan juga lupakan internal link pada website kita, karena itu dapat membantu meningkatkan kualitas website. Website yang memiliki struktur yang baik seharusnya memiliki beberapa halaman utama selain homepage. Di halaman utama tersebut harus terdapat konten-konten yang menarik sebagai penunjang kualitas website.

 

Mencari Link Untuk Mendapatkan Link

Faktor yang paling penting dalam SEO adalah Link, namun untuk mendapatkan Link tidaklah mudah. Link bisa menaikan kualitas website kita, namun juga bisa menurunkan kualitas website kita jika kita mendapatkan link dengan cara Spamming atau menggunakan teknik blackhat.

 

Untuk mendapatkan link, kita bisa melakukan cara:

  • Broken Link Building.

Teknik SEO yang satu ini adalah suatu teknik untuk mendapatkan link dengan cara yang etis. Cara kerja dari teknik ini adalah mencari link yang rusak di website orang lain dan diganti dengan link kita.

 

Cara untuk mendapatkan link dari link yang rusak di website orang lain, adalah dengan cara:

  • Menemukan lokasi link yang rusak di website orang lain (utamakan yang berkaitan topik nya dengan website kita).
  • Buat konten yang menarik dan pastikan harus lebih bagus dari website yang memiliki link rusak tersebut.
  • Hubungi pemilik website untuk memasukan alamat link dari website kita ke website nya yang memiliki link yang sudah rusak tadi.

 

Cara seperti ini mungkin terlihat sangat sulit, namun kenyataannya cara seperti ini bisa lebih berhasil dari cara-cara yang lain, itupun jika kita bisa mengoptimalkan nya. Selain mendapatkan traffic dari sana, kita juga bisa menjalin silaturahmi dengan pemilik website lain.

 

Memperbarui Artikel-Artikel Lama

Website yang berkualitas tentu memiliki banyak konten yang berkualitas juga, salah satu konten yang dicari oleh banyak orang adalah artikel. Semakin menarik dan berbobot isi artikel maka semakin bagus kualitas website tersebut. Maka ada baiknya kita perlu-perlu memperbarui isi artikel lama dengan tambahan info-info terbaru sehingga membuat artikel tersebut menjadi lebih berbobot.

 

Apakah artikel yang panjang sudah bisa dinilai berbobot? Belum tentu. Artikel yang berbobot adalah informasi yang di dalamnya bisa membantu lebih kepada para pengunjung ataupun para pembaca artikel di website kita.

 

Jadi seberapa banyak kata yang harus dibuat dalam satu artikel sehingga membuat artikel tersebut lebih berkualitas? Jawabannya adalah seberapapun, yang terpenting isi artikel tersebut dapat sangat membantu para pembacanya.

 

Namun jika bisa, ada baiknya membuat artikel dengan kata lebih dari 2000 kata, seperti informasi dari serpIQ yang menyebutkan bahwa banyaknya kata dalam satu artikel dapat berdampak pada posisi website di halaman pencari.

 

Memperbaiki Judul di Konten Website

Judul pada konten-konten yang terdapat di website tentunya mempengaruhi posisi website kita di halaman pencarian, penggunaan judul pun dapat meningkatkan kualitas website kita. Ada baiknya tidak memberikan judul secara sembarangan, buatlah judul yang bisa menarik orang untuk melihat konten tersebut.

 

Ada 2 faktor yang dapat membuat judul tersebut menjadi menarik bagi orang maupun bagi mesin pencari, kedua faktor tersebut adalah:

  • Ketertarikan Judul (judul yang membuat orang penasaran)
  • Dan, terdapat kata kunci di dalam judul.

 

Kedua faktor tersebut adalah faktor yang paling utama yang membuat suatu judul menjadi lebih menarik bagi orang atau pembaca maupun bagi mesin pencari. Jadi dengan menggunakan kata kunci yang ditaruh didalam judul yang membuat orang penasaran, maka website kita akan mendapatkan banyak traffik baik itu dari dimana posisi halaman website kita berada maupun dari ketertarikan orang untuk klik konten dalam website kita.

 

Menggali Keyword Tersembunyi dan Mencari Topik Populer

Untuk mendapatkan suatu keyword, kita bisa menggunakan Google Keyword Planner, namun tentunya tidak akan terasa optimal jika hanya menggunakan Google Keyword Planner saja. Untuk menggali keyword yang tersembunyi, kita bisa menggunakan KeywordTool.io dan juga ditambah dengan Google Keyword Planner (GKP). Caranya adalah dengan mencari kata kunci tertentu dengan memasukan kata kunci atau keyword ke kolom yang disediakan di dalam website KeywordTool.io ini.

 

Contohnya seperti ini:

STEP 1

 

Sebelum mencari keyword, pastikan terlebih dahulu kita menggunakan bahasa Indonesia, itu jika kita ingin mencari keyword yang berbahasa Indonesia tentunya. Untuk mencari keyword nya kita bisa cari dengan menekan icon kaca pembesar dibagian samping kanan kolom.

 

STEP 2

 

Hasilnya bisa kita lihat dan kita COPY semua keyword dengan menekan tombol “COPY ALL” dan PASTE di notepad, atau Excel, atau media lainnya.

 

Setelah itu, masukan keyword kedalam Google Keyword Planner dengan memilih menu “Get search volume data and trends”.

STEP 3

Setelah itu PASTE kan disana.

STEP 4

Kemudian klik tombol “Get search volume”.

 

Setelah semua keyword yang kita cari ditampilkan oleh Keyword Planner, maka kita hanya tinggal memilih keyword mana yang pencarian nya lebih banyak dari pada keyword yang lain. Kita juga bisa download semua keyword dan memasukan nya kedalam Excel, itu jika kita ingin lebih mudah menyortir keyword mana yang akan kita pakai untuk judul website.

 

Mempromosikan Website Dengan Membuat Artikel di Situs Berikut Ini :

Ada banyak cara untuk mempromosikan website agar bisa mendapatkan banyak pengunjung, salah satunya menjadi penulis di website-website seperti:

  1. Guest Blogging.
  2. Kompasiana.
  3. Kaskus.
  4. Dan forum-forum ataupun media-media lainnya.

 

Untuk membuat artikel pada situs-situs tersebut, kita tentunya tidak boleh secara buka-bukaan mempromosikan website kita. Seperti langsung menaruh link saat pertama kali menulis pada situs-situs tersebut. Cara yang paling baik adalah buat diri kita mendapatkan kepercayaan dari para pembaca kita di situs-situs tersebut, dengan kita mendapatkan kepercayaan dari mereka, kita bisa membuat satu artikel yang bermanfaat lainnya dengan menyertakan link ke website kita.

 

Teknik seperti ini sangat ampuh untuk mendapatkan banyak pegunjung lebih banyak, dan cara seperti ini memang dibutuhkan waktu yang tidak cepat, namun bisa bertahan lebih lama dibandingkan jika kita menggunakan teknik blackhat.

 

Jadi seperti itulah beberapa teknik SEO yang kami sebutkan dan bisa kita gunakan untuk meningkatkan kualitas website kita. Masih ada banyak teknik SEO White hat yang bisa digunakan untuk meningkatkan kualitas website, namun 6 teknik diatas tadi sudah bisa meningkatkan kualitas website kita, jika kita bisa mengoptimalkan nya.

Silahkan di Share:

Author: Willy G

Passionate internet marketer. Believe in idea and creativity.

Share This Post On

Tinggalkan Balasan