Belajar SEO On-Page : Mengoptimasi Konten di Dalam Website

Pertanyaan diawal adalah kenapa kita harus belajar SEO OnPage? Sebelum kita mendapat jawabannya, perhatikan pembahasan berikut ini. Salah satu faktor utama website dapat berapa pada halaman pertama mesin pencari adalah SEO. Ada 2 SEO yang wajib kita pelajari dan aplikasikan ke website kita, yaitu SEO OnPage dan OffPage. Namun Kali ini kita akan membahas tentang SEO OnPage. Untuk memastikan konten di dalam website kita teroptimasi dengan baik terhadap mesin pencari, maka belajar SEO OnPage adalah salah satu tahapan pertama yang harus kita lakukan.

 

Belajar SEO OnPage

Mengoptimasi Website Dengan Seo OnPage

Apa itu SEO OnPage ? Dan Kenapa Kita Harus Belajar SEO OnPage

Oke, kenapa kita harus belajar SEO OnPage? Jawabannya adalah, karena penting. Bukan hanya itu saja, belajar SEO OnPage adalah salah satu tahapan paling penting yang harus kita lakukan untuk mengoptimasi konten, maupun halaman yang ada di dalam website kita. Selain mengoptimasi konten yang terdapat di dalam website kita, melakukan SEO OnPage juga berguna untuk memudahkan pengunjung dalam mengeksplorasi konten-konten yang terdapat di website kita.

 

Selain itu, kita juga bisa dapat:

  1. Membuat pengunjung website kita merasa betah dengan sajian konten-konten yang bersambungan di dalam website kita (berkaitan satu sama lain).
  2. Mempermudah mesin pencari untuk mengerti struktur website kita.
  3. Membuat pengunjung menemukan konten-konten lama yang mungkin berguna untuk mereka.

 

Tentu tujuan utama kita melakukan SEO OnPage adalah untuk kenyamanan pengunjung website kita. Dari ketiga pilihan diatas tadi, hanya satu yang berguna untuk mesin pencari, dan dua yang berguna untuk pengunjung. Oleh karena itu konsep utama SEO OnPage adalah untuk kenyamanan bagi para pengunjung website kita.

 

Melakukan SEO OnPage dapat membantu website kita teroptimasi dengan baik, dan hal itu menjadi ukuran website kita apakah website kita berkualitas atau tidaknya. Faktor yang paling utama dalam SEO OnPage adalah konten-konten yang terdapat di dalam website kita. Kenapa? Karena mesin pencari seperti Google misalnya, mereka ingin selalu menampilkan informasi-informasi dari website-website tertentu yang berkualitas dan bermanfaat untuk pengguna nya.

 

Konten yang berkualitas adalah konten yang:

  1. Dapat dimengerti dan juga bermanfaat untuk orang lain.
  2. Original (bukan COPAS)
  3. Topik pembahasan nya sama antara judul dan isinya.
  4. Membuat pembaca ingin berinteraksi dengan konten kita.
  5. Membuat pembaca terasa terpuaskan dan dengan senang hati ingin membagikan konten kita ke media sosial atau media lainnya.
  6. Dapat dipercaya.

 

Belajar SEO-On Page sangat mudah. Untuk melakukan SEO OnPage di dalam website kita, maka konten yang akan kita buat di dalam website TIDAK BOLEH:

  1. Minim kata, atau tidak berbobot.
  2. Tidak original atau hasil COPAS.
  3. Membingungkan untuk pada pembaca (penempatan kata tidak beraturan).

 

Ketiga hal diatas TIDAK BOLEH ada di dalam konten kita, karena Google sendiri menyatakan bahwa ketiga hal diatas adalah bukan kriteria konten yang disukai oleh Google. Mesin pencari seperti Google dan Bing misalnya, mereka selalu update algoritma nya untuk mengerti kedalaman suatu konten, sehingga mereka dapat mengerti konten mana yang berkualitas dan mana yang tidak berkualitas.

 

Pengguna Google tentunya ingin mencari informasi yang bermanfaat untuknya, maka Google akan menampilkan website-website yang memiliki konten berkualitas tadi kepada pengguna nya saat pengguna nya memasukan kata kunci yang dicari dikolom pencarian Google. Lalu apa yang terjadi? Ya, Website-website yang berkualitas tadi akan ditempatkan di posisi yang paling utama yaitu posisi pertama atau halaman pertama di halaman pencarian Google.

 

Cara Optimasi Pada Keyword

Apa itu Keyword? Keyword adalah kata kunci yang kita masukan kedalam kolom pencarian mesin pencari saat kita ingin mencari suatu informasi. Keyword dapat menentukan dimana posisi website kita berada pada halaman pencarian mesin mencari, seperti Google misalnya. Agar website kita berada pada halaman yang baik, seperti halaman pertama. Maka ada baiknya setiap halaman atau konten yang berada di website kita paling tidak terdapat 1 kata kunci yang dioptimasi.

 

Cara mudah mengoptimasi keyword untuk konten kita adalah dengan TIDAK menyertakan keyword tanpa merusak struktur bahasanya. Salah satu kesalahan dalam mengoptimasi keyword adalah:

  1. Menumpuk keyword secara berulang-ulang atau yang biasa disebut Keyword Stuffing.
  2. Mengoptimasi lebih dari satu halaman dengan keyword yang sama atau biasa disebut Keyword Cannibalization.

 

Biasanya, banyak kesalahan yang terjadi pada Keyword Stuffing atau menumpuk keyword dalam satu halaman secara berulang-ulang. Tentu hal tersebut bisa berdampak buruk terhadap website kita. Mungkin saja bisa terkena Penalty secara tiba-tiba.

 

Jadi ada baiknya jika kita ingin mengoptimasi SEO OnPage untuk website kita, maka lebih baik buat konten yang tidak memakai kata kunci atau keyword secara berulang-ulang. Buatlah konten dengan mengutamakan pembahasan yang bermanfaat untuk orang lain tanpa perlu memperbanyak keyword (secara berulang-ulang).

 

Faktor yang Membuat Belajar SEO OnPage Bisa Dikatakan Berhasil

Saat belajar SEO OnPage bisa dikatakan berhasil apabila website kita berada pada halaman pertama mesin pencarian. Faktor-faktor yang menentukan keberhasilan optimasi suatu website adalah:

 

1. Judul Halaman

Judul halaman adalah salah satu faktor paling penting yang harus kita optimasi. Kenapa? Karena kata kunci yang pertama ditampilkan oleh mesin pencari untuk mempermudah pencarian pengguna nya adalah melalui judul website.

 

2. URL

URL yang disertakan keyword di dalamnya akan teroptimasi dengan baik dan ditempatkan pada halaman paling atas pada halaman pencarian. URL yang baik adalah URL yang singkat dan tidak panjang. Seperti contoh berikut ini:

 

Contoh URL yang SALAH: meetechno.com/bagaimana-cara-membuat-konten-yang-berkualitas-dan-juga-bermanfaat

Contoh URL yang BENAR : meetechno.com/membuat-konten-yang-berkualitas

 

Jika kita lihat disini adalah, URL yang salah terlalu panjang dan tidak masuk kedalam kata kunci yang kita targetkan. Dan, URL yang benar adalah URL yang singkat dan disertai kata kunci yang ditargetkan.

 

3. Meta Description

Meta Description adalah kalimat yang muncul di pencarian. Bertujuan untuk mendeskripsikan dengan singkat tentang halaman website yang ditampilkan di halaman pencarian. Jika meta description yang kita buat terlalu panjang, maka mesin pencari akan memotong deskripsi yang kita tuliskan sebelumnya. Maksimum panjang keyword adalah 160 huruf. Pastikan kita menyertakan keyword pada meta description yang akan kita buat.

 

4. Gambar

Penggunaan gambar tentu dapat memperindah suatu konten. Konten yang tidak menyertai gambar di dalamnya akan terlihat membosankan bagi para pengunjung yang mengunjungi website kita.

 

Gambar yang baik adalah gambar yang:

  1. Dapat menjelaskan informasi kepada pembaca (jika memang membutuhkan gambar untuk penjelasan lebihnya seperti: Data, Statistik, dll)
  2. Ukuran dimensi gambar sesuai seperti apa yang akan ditampilkan.
  3. Gambar JPG untuk gambar yang memiliki banyak warna. Dan gambar PNG untuk gambar yang hanya memiliki beberapa warna.

 

5. External Link (Link Keluar)

Google tentunya menyukai website yang memberikan link keluar yang biasanya merujuk pada suatu sumber ataupun hasil penelitian dari suatu pembahasan yang terdapat di konten kita. Seperti contohnya jika kita membuat suatu pembahasan di website kita seperti mengenai cara mengobati mata dengan…………., maka kita harus menyertakan link keluar menuju website yang berisikan sumber-sumber hasil penelitian mengenai cara mengobati mata, namun link keluar harus menuju kepada website yang resmi atau bisa dikatakan berkualitas.

 

6. Internal Link

Internal link dapat memberikan dampak yang positif untuk website kita. Dengan internal link, para pengunjung website kita dapat dengan mudah mencari konten-konten lama website kita yang mungkin bisa bermanfaat untuk mereka. Selain itu, dengan menghubungkan konten antar halaman di dalam website kita, tentu struktur website kita akan terbentuk dengan baik.

 

7. Kecepatan Load Website

Kecepatan suatu website tentu dinilai baik oleh mesin pencari, seperti Google misalnya. Seperti yang telah dituliskan di dalam website Kissmetrics, bahwa kecepatan suatu website berpengaruh penting di dalam peringkat website di mesin pencari. Website yang memiliki kecepatan loading halaman yang baik akan ditempatkan pada posisi terbaik, seperti posisi pertama pada halaman pencarian. Kenapa kecepatan loading dapat memberikan dampak yang baik untuk website kita?

 

Karena mesin pencari (Google misalnya) menginginkan yang terbaik untuk pengguna nya, oleh karena itu mesin pencari akan menampilkan website-website yang memiliki kecepatan yang baik untuk ditampikan kepada pengguna mesin pencari agar pengguna nya tidak perlu menunggu terlalu lama hanya untuk mendapatkan suatu informasi. Bahkan Google pun akan menurunkan peringkat website yang memiliki kecepatan yang lambat, dan juga menurunkan website yang tidak mobile-friendly.

 

Untuk meningkatkan kecepatan website, tentunya kita bisa menggunakan layanan CDN. Banyak sekali layanan CDN yang memberikan layanan terbaik nya untuk para pengguna nya, kita pun bisa memilih layanan CDN mana yang kita kira terbaik untuk kita.

 

Kesimpulan

Disini kita Belajar SEO OnPage bukan hanya mengutamakan optimasi untuk mesin pencari saja, namun juga mengutamakan untuk para pengunjung website kita. Pembaca website kita tentu lebih senang dengan konten yang disertai gambar di dalam nya dan tentunya tidak mengandung banyak kata kunci yang berulang-ulang (keyword stuffing).

 

Kecepatan suatu website juga tentunya dinilai baik oleh mesin pencari, membuat kita mau tidak mau harus memperbaiki kecepatan website kita (itu pun jika mempunyai website yang memiliki kecepatan yang lambat). Dan, SEO OnPage ada baiknya jika dilakukan secara wajar dan tidak berlebihan, karena jika berlebihan mengoptimasi, akan bisa berdampak buruk terhadap website kita, bisa jadi terkena Penalty misalnya.

Silahkan di Share:

Author: Willy G

Passionate internet marketer. Believe in idea and creativity.

Share This Post On

1 Comment

  1. Artikel sangat membantu dalam saya membangun blog yang bisa lebih bermanfaat

    Post a Reply

Tinggalkan Balasan