Affiliate Marketing, Bisnis yang Cocok Untuk Mahasiswa

Apa bisnis yang cocok untuk mahasiswa? Oke sebelum kita bahas bisnis yang cocok untuk mahasiswa, mungkin setiap mahasiswa pasti ingin sekali memiliki bisnis sendiri sebelum dirinya lulus dari bangku kuliah, usaha apapun tentunya telah banyak dijalani bagi sebagian mahasiswa yang ingin menjadi pebisnis setelah mereka lulus kuliah, seperti berbisnis mulai dari kaos, cafe, jasa desain, dan lainnya.

 

Affiliate Marketing, Bisnis yang Cocok Untuk Mahasiswa

Ilustrasi Seorang Affiliate Marketer

 

Untuk memudahkan para mahasiswa berbisnis tanpa mengganggu kuliah mereka, bisnis online salah satu bisnis yang bisa mereka jalani. Salah satu bisnis yang cocok untuk mahasiswa jalani sebelum mereka lulus dari bangku kuliah, adalah affiliate marketing.

 

Apa itu Affiliate Marketing? Kenapa Bisa Dibilang Bisnis yang Cocok Untuk Mahasiswa?

Affiliate marketing adalah sebuah bisnis yang menjadikan kita (affiliate) sebagai perantara antara calon pembeli dengan pemilik produk. Bisnis ini pun sebenarnya sudah sangat lama ada, bisnis sejenis seperti ini biasa disebut makelar atau perantara. Jadi, bedanya affiliate marketing dan makelar itu adalah dari media nya, affiliate itu online dan makelar itu offline.

 

Perbedaan yang lainnya adalah jika affiliate menggunakan link sebagai jalur untuk menghubungkan calon pembeli kepada pemilik produk, makelar hanya menggunakan dirinya sebagai perantara kepada pemilik produk.

 

Peluang yang Bisa di Dapatkan Oleh Mahasiswa dari Affiliate

Banyak peluang tentunya yang bisa mahasiswa dapatkan saat menjadi seorang affiliate di bisnis affiliate marketing ini, seperti contohnya mendapatkan relasi baru dari pihak calon pembeli maupun pemilik produk. Jika ibaratkan permainan, affiliate marketing adalah sebuah permainan yang mencari angka-angka yang besar. Kenapa?

 

Karena saat kita menjadi seorang affiliate marketer, kita akan fokus terhadap angka-angka yang besar, seperti kita membutuhkan banyak orang untuk dapat kita pengaruhi agar membeli produk yang kita promosikan baik itu melalui promosi berbayar (beriklan) atau melalui promosi gratis (manual, seo).

 

Langkah Memulai Affiliate Marketing

Untuk menemukan para calon pembeli produk yang kita promosikan, kita perlu sebuah kerumunan orang. Tentunya hal seperti itu ada pada traffic sources (sumber trafik), dan traffic sources inilah yang menjadi sumber utama penghasilan para affiliate marketer. Namun jika kita salah memanfaatkannya, maka traffic sources bisa menjadi tempat dimana uang yang kita dapatkan bisa hilang dengan cepat.

 

Usaha untuk mahasiswa tidaklah terlalu sulit untuk menjadi seorang affiliate marketer, karena untuk menjadi affiliate marketer kita hanya butuh laptop dan juga internet, serta kemampuan kita dalam berjualan. Sebenarnya ada banyak cara untuk menghasilkan uang di internet yang bisa dilakukan oleh para mahasiswa, misal garis besarnya seperti ini…

 

Tahapan pertama adalah ‘cari apa yang bisa dijual’, kita bisa menciptakan sesuatu yang bisa kita jual seperti ebook, music, video, dan lainnya. Namun tentunya semua itu perlu biaya yang sangat besar dan juga kerja keras untuk membuat produk-produk itu semua sampai selesai produksi. Kegiatan seperti itu bisa saja mengganggu perkuliahan para mahasiswa.

 

Maka dengan menjadi seorang affiliate marketer, kita tidak perlu memikirkan biaya produksi, waktu produksi, dan lainnya. Kita hanya mempromosikan saja produk orang lain, dan jika terjadi transaksi maka kita akan mendapatkan komisi dari produk tersebut. Mudah bukan?

 

Ada banyak perusahaan yang menyediakan produk yang siap jual, mulai dari aplikasi, situs berbayar, music, video, game online, dan lainnya. Mereka tentu menawarkan “keuntungan” kepada siapa saja yang dapat mempengaruhi kerumunan-kerumunan orang untuk membeli produk-produk mereka. Dan seperti itulah dasar dari affiliate marketing secara sederhananya.

 

Dalam dunia affiliate marketing, mencari kerumunan orang dan mempengaruhi mereka untuk membeli produk-produk yang kita promosikan cukuplah sulit. Namun jika kita mempromosikan produk kepada orang lain berupa produk yang bisa dicoba secara gratis maka mempengaruhi kerumunan orang sangatlah mudah untuk dilakukan.

 

Promosi dan Mencari Kerumunan Orang

Untuk mencari kerumunan orang-orang yang bisa kita pengaruhi untuk membeli produk yang dipromosikan, maka salah satu jalannya adalah melalui iklan. Kita bisa membuat iklan di Facebook, Google, Bing, Twitter, Instagram, 7Search, dan lainnya. Iklan inilah yang menjadi traffic sources (sumber trafik) kita untuk mendatangkan orang-orang ke halaman website atau landing page (halaman penawaran) kita. Bagaimana Cara Mendapatkan Traffic Source?

 

Untuk mendapatkan traffic source (sumber trafik) maka kita bisa melakukan:

  • Membayar perusahaan pengiklan “Advertising Network” dan menempatkan iklan yang kita buat ke banyak website yang mereka kelola tentunya.
  • Menggunakan SEO (search engine optimization) untuk mendapatkan banyak visitor dari mesin pencari seperti Google.
  • Membuat sebuah website dan menjadikannya populer.

 

Mendapatkan banyak orang untuk membeli produk yang dipromosikan tidaklah mudah, tentunya kita perlu menarget orang-orang yang memang tertarik dengan produk yang dipromosikan. Dari sinilah kita akan tahu pentingnya membuat iklan untuk mempromosikan produk-produk yang kita promosikan, dan disini juga permainan kita untuk mencari angka-angka besar dimulai…

 

Menghasilkan Banyak Keuntungan vs Biaya Iklan

Kita tidak langsung berjualan atau promosi, disini lah kita perlu belajar teknik affiliate marketing yang baik sehingga bisa menghasilkan. Untuk mempelajari apa saja strategi affiliate marketer lakukan, maka kita bisa membaca artikel yang berjudul Strategi Marketing Para Affiliate Marketer berikut ini.

 

Sebelum produk kita promosikan, kita bisa menganalisa data-data yang ada pada internet yang masih berkaitan dengan produk apa yang akan kita promosikan. Di dunia affiliate marketing, kita bisa juga melakukan uji banner iklan dan landing page, bisa melakukan split testing, A/B test, menguji traffic sources, dan lainnya sampai kita menemukan strategi mana yang terbukti menghasilkan untuk kita.

 

Agar produk apa yang dipromosikan menghasilkan lebih banyak dari biaya iklan, maka disini lah peran pengetahuan kita tentang berjualan diuji. Kita akan terus dan harus berpikir untuk bisa membuat banyak kerumunan orang yang tertarget terpengaruh dengan promosi kita. Pelajari juga apa yang kerumunan orang-orang tersebut perlukan dan inginkan, semakin banyak data yang kita dapatkan, semakin besar pula keuntungan yang bisa kita raih.

 

Kunci Sukses Affiliate Marketer

Bisnis yang cocok untuk mahasiswa ini tidaklah akan berjalan dengan lurus dan mulus jika kita sebagai affiliate itu sendiri tidak mengembangkan diri kita dengan belajar dan praktek. Oleh karena itu, ilmu tidak akan berguna jika tidak dipraktekan, maka segeralah praktek. Jadi, demikianlah pembahasan tentang affiliate marketing, bisnis yang cocok untuk mahasiswa. Sedikit saran, untuk mendapatkan hasil yang maksimal maka perlu test, test, dan test bahan-bahan dan konten promosi anda. Selamat Mencoba!

Silahkan di Share:

Author: Willy G

Passionate internet marketer. Believe in idea and creativity.

Share This Post On

Tinggalkan Balasan