Setiap Blogger Sukses Harus Menjalankan 5 Etika Blogger Berikut Ini, Apakah Anda Sudah Menjalankannya?

Setiap blogger sukses tentu selalu beretika baik dalam menjalani kegiatan blogging nya. Blogger yang terus berkembang tentu selalu memperbaiki performa blog setiap hari. Menjadi seorang blogger mungkin tidak selalu berjalan dengan mulus, pasti selalu ada perjuangan untuk membuat blog bisa menjadi sukses.

 

Blogger Sukses dan Etika Blogger

Para Blogger Tentunya Harus Selalu Beretika Baik Dalam Kegiatan Blogging nya

 

Para blogger sukses tentu selalu konsisten dan tekun saat menulis untuk blog nya, dan hal itulah yang membuat blog para blogger sukses menjadi terkenal dan memiliki banyak pengunjung. Bahkan tidak sedikit yang dengan suka rela share artikel di dalam blog tersebut ke social media secara cuma-cuma. Sebagai salah satu ikon publik online yang berperan sangat besar dalam menentukan arah media, blogger tentunya diuntungkan dalam hal berpendapat melalui tulisan-tulisannya, namun tentunya diharuskan untuk memiliki etika yang harus dijaga.

 

Etika blogger yang baik tentunya menjadi pedoman bagi semua blogger di seluruh dunia, itu tentunya bertujuan agar blog nya dikenal baik oleh semua orang. Karya yang harus dibuat pun oleh para blogger sukses adalah karya yang tidak boleh merugikan orang lain. Kenapa begitu? Setiap blogger memang bebas berpendapat di dalam blog nya, namun ada baiknya pendapat tersebut tidak merugikan orang lain. Reputasi blog kita tentu ada di tangan kita, jadi baik-baiklah kita dalam berpendapat di blog sendiri.

 

Berikut ini ada beberapa etika yang harus para blogger sukses jalankan, untuk bertujuan agar blog memiliki reputasi yang baik dan disukai oleh banyak orang.

 

1. Menulis Tulisan yang Baik, dan Tidak Menjelekkan Blog Orang Lain

Setiap pekerjaan tentu ada resikonya, sama seperti Blogger. Menjadi seorang blogger tentu harus pintar-pintar dalam membuat tulisan, salah sedikit dan menyinggung orang lain, tentu itu akan membuat reputasi blog menurun. Seorang blog profesional tentunya tidak pernah menjatuhkan orang lain dalam tulisan-tulisan di blog nya, walaupun kita berjuang dan sekaligus bersaing dengan blog-blog lain, ada baiknya kita tetap menjaga tulisan kita agar tidak menyinggung orang lain.

 

Kita sebagai blogger tentu bisa mengkritik, namun kita juga harus berpikir lagi, bahwa mengkritik tentu harus memiliki alasan yang tepat. Jika ingin mengkritik sesuatu, usahakan menggunakan bahasa yang baik dan juga sopan. Ada baiknya lagi, kita lebih baik sanjung blog orang lain daripada mengkritik nya. Setidaknya itu bisa membantu kita untuk bisa menjalin pertemanan dengan blogger lain. Bukankah berteman itu lebih baik?

 

2. Menjaga Keaslian Tulisan di Blog Sendiri

Keaslian dari konten di blog yang dibuat haruslah tetap kita jaga, bukan berarti kita ingin menulis di blog sendiri, lantas kita meniru 100% konten milik orang lain. Itu tidaklah baik untuk dilakukan. Percayalah bahwa meniru konten orang lain 100% tidak akan membuat blog kita menjadi sukses, bahkan sangat sulit untuk bisa berada pada posisi pertama di halaman pencarian Google.

 

Untuk itu, yang harus kita lakukan adalah, menggunakan blog lain untuk mengolah ide kreatif kita dan menjadikannya sebuah tulisan yang lebih baik lagi, setelah itu baru bisa kita buat konten nya di blog milik kita sendiri. Pada artikel berikut ini kami menulis cara untuk kita dapat meningkatkan kemampuan menulis kita di blog, agar setiap tulisan kita di blog dapat disukai pengunjung, sehingga pengunjung semakin betah berada di blog kita.

 

3. Berkomentar Dengan Bahasa yang Baik

Kegiatan blogwalking mungkin masih sering dilakukan bagi sebagian blogger sukses. Tentu saja kegiatan berkomentar, baik itu di blog sendiri maupun blog orang lain tidak pernah luput dari kegiatan sehari-hari para blogger. Jika memang ada orang yang berkomentar dengan bahasa kotor di dalam blog sendiri, maka ada baiknya komentar tersebut tidak dibalas. Jikalau komentar tersebut hanya berbicara kasar, maka kita bisa membalasnya dengan komentar yang baik. Tidak perlu membalas komentar yang kasar dengan yang kasar lagi.

 

4. Jauhkan Konten SARA di Blog Sendiri

Salah satu etika yang harus para blogger sukses jaga adalah  tidak menggunakan kalimat bernada SARA saat membuat tulisan di blog ataupun berkomentar di blog sendiri maupun blog orang lain. Ada baiknya kita menghindari konten bernada SARA di blog kita, agar blog kita bisa dinilai baik oleh orang lain, sehingga pengunjung blog yang lain akan terasa nyaman saat mengunjungi blog kita.

 

5. Blogger Sukses Tentunya Tidak Pelit Ilmu

Bagi para blogger yang memiliki blog yang memiliki artikel yang mengedukasi, misalnya Internet Marketing. Ada baiknya tidak pelit-pelit dalam memberikan ilmunya. Misalkan mengenai cara-cara beriklan atau hal semacamnya, berikanlah konten tersebut yang memang benar-benar membantu orang lain. Namun ada baiknya konten tersebut haruslah benar-benar telah diuji oleh penulisnya sendiri, bukan oleh orang lain.

Silahkan di Share:

Author: Willy G

Passionate internet marketer. Believe in idea and creativity.

Share This Post On

Tinggalkan Balasan