6 Tips Mudah Membuat Pengunjung Betah di Website Anda

Bagaimana cara kita membuat pengunjung betah di website kita? Oke, Mungkin beberapa orang pernah mengunjungi suatu website dan langsung menutupnya tanpa melihat terlebih dahulu informasi yang ada di dalamnya. Pernahkah anda seperti itu? Itu biasanya dikarenakan pengunjung tidak merasa betah saat berada di website tersebut. Berbeda apabila kita membuka website lain dan berada lama di sana, itu menandakan kita merasa betah dengan website tersebut.

 

Membuat Pengunjung Betah di Website

Membuat Pengunjung Merasa Betah di Website Kita

 

Ada berbagai macam alasan kenapa pengunjung bisa betah berada di suatu website, entah karena desain website nya atau informasinya, alasan pengunjung tersebut betah akan menjadi alasan yang membuat website yang dikunjungi berbeda dari yang lain.

 

Kita pun tentunya bisa membuat pengunjung betah di website kita, dan itu pun tidak perlu menunggu terlalu lama untuk melakukannya. Lalu, seperti apa cara membuat pengunjung betah di website kita walaupun website kita masih terlihat baru? Sebelum ke pembahasan utama, kami akan memberikan alasan penting kenapa pengunjung yang merasa betah di website akan membuat website mendapatkan peringkat yang baik di mata mesin pencari.

 

Kenapa Kita Harus Membuat Pengunjung Betah di Website Kita ?

Semakin lama orang berada di website kita, maka semakin bagus ketertarikan mereka terhadap website kita, itu bisa menunjukkan suatu indikasi bahwa website kita menarik untuk mereka. Berbeda apabila pengunjung langsung meninggalkan website kita, tentunya itu adalah suatu masalah dan ada yang harus kita perbaiki di website kita.

 

Apabila ada orang yang langsung menutup website kita, itu akan menaikkan bounce rate website kita, dan itu mengartikan website kita tidak terlihat menarik di mata mereka, dan akan mendapatkan peringkat buruk di mesin pencari.

 

Kita bisa melihat berapa waktu rata-rata orang mengunjungi website kita di Google Analytics, dan itu di data berdasarkan tampilan website kita yang terindex di mesin pencari Google. Setiap konten yang kita sajikan di website tentunya akan mempengaruhi rata-rata waktu seseorang menghabiskan waktunya di website kita, entah itu cepat ataukah lama.

 

Lalu bagaimana cara membuat pengunjung merasa betah di website kita? Berikut ini ada beberapa tips yang bisa kita lakukan untuk membuat pengunjung betah di website kita dan tinggal lebih lama.

 

1. Usahakan Setiap Konten Mudah Dibaca Oleh Pengunjung

Font Besar

Usahakan Font Dapat Terbaca Oleh Pembaca

Kita mungkin pernah mengunjungi suatu website yang informasi di dalamnya sulit untuk dibaca, entah karena paragraf nya atau karena informasinya yang terlalu sulit untuk dibahas, tentu hal tersebut akan mengganggu kita. Bahkan apabila website tersebut ditampilkan di mobile, maka tampilan nya tidak beraturan, dan itu tentu mengganggu kita untuk membaca informasinya.

 

Jadi yang harus kita lakukan untuk mencegah agar pengunjung tidak merasa bahwa konten di website kita sulit untuk dibaca adalah dengan menggunakan font yang besar untuk setiap artikel yang di publish, namun jangan terlalu besar, usahakan ukurannya tetap normal dan tetap terbaca. Paragraf pecah juga akan memudahkan pengunjung untuk membaca informasi di website kita.

 

2. Memperhatikan Desain Website Kita Sendiri

Tampilan Desain Website

Desain yang Simpel Lebih Disukai Pembaca

Kita tentunya harus memperhatikan desain website kita sendiri, karena pengunjung biasanya memutuskan untuk tinggal beberapa detik pertama di website adalah karena tampilan desain website nya. Dengan tampilan desain yang menarik dan simple, itu akan membuat pengunjung betah di website kita.

 

Pada artikel yang berjudul Konten Bukanlah Raja, ada Faktor Lain yang Lebih Penting, disana kita akan mengetahui kenapa desain website yang menarik sangat penting sekali digunakan, bukan hanya membuat pengunjung betah di website kita, namun masih banyak lagi keuntungan yang lainnya.

 

Merapikan website dan menjauhkan website dari penggunaan widget yang berlebihan dapat memudahkan pengunjung untuk tetap fokus ke bagian yang terpenting di website kita. Apabila terlalu banyak widget atau elemen apapun yang menghalangi bagian terpenting di website kita, itu akan mengganggu pengunjung, dan ada kemungkinan pengunjung akan menutup website tersebut, dan bahkan bisa saja tidak akan kembali lagi.

 

3. Menggunakan Gambar yang Berkualitas Tinggi

Seseorang merasa betah di website adalah karena di dalam website tersebut terdapat gambar yang bertujuan untuk mempermudah penyampaian dari informasi yang disajikan. Gambar yang berkualitas tinggi dapat membuat pengunjung betah di website kita, selain itu dapat mempermudah penyampaian informasi yang kita publish di website.

 

Untuk mendapatkan gambar yang berkualitas tinggi dan tidak pecah, maka kita bisa menggunakan gambar-gambar yang tersedia dari situs Shutterstock atau Pixabay, disana mereka menyediakan ribuan gambar yang menarik dan bisa kita gunakan untuk tambahan konten di website kita.

 

4. Menggunakan Video

Video adalah salah satu bentuk konten yang memang paling menarik untuk dilihat, dan paling efektif untuk digunakan. Menambahkan video ke beberapa konten di website akan membuat pengunjung betah di website kita dan tinggal lebih lama. Kita bisa menambahkan video dari Youtube ke website kita, namun dengan catatan, konten tersebut adalah konten buatan kita dan bukan orang lain agar kita tetap mendapatkan keuntungan.

 

5. Internal Linking

Menggunakan Internal Linking di Konten

Menggunakan Internal Linking

Internal Linking tentu akan mempermudah pengunjung untuk mengeksplorasi website kita lebih jauh, saat pengunjung membuka setiap konten di website kita, maka bounce rate di website kita tidak akan naik secara drastis. Tentunya seseorang tidak akan membuka dan melihat konten kita yang lain jikalau kita tidak menghubungkannya, oleh karena itu kenapa Internal Linking sangat penting untuk membuat seseorang betah berlama-lama di website kita.

 

6. Maksimalkan Seluruh Gambar di Website

Gambar berkualitas tinggi biasanya memiliki ukuran yang sangat besar, hal tersebut tentunya dapat membuat kecepatan website kita menjadi sangat lambat. Oleh karena itu kita tentunya harus optimasi gambar-gambar di website kita agar memiliki ukuran yang kecil tanpa mengurangi resolusi nya. Ada beberapa plugin wordpress yang bisa kita gunakan untuk optimasi gambar-gambar yang terdapat di website kita, seperti WP Smush yang bisa digunakan di WordPress secara gratis.

Silahkan di Share:

Author: Willy G

Passionate internet marketer. Believe in idea and creativity.

Share This Post On

Tinggalkan Balasan