Tips Branding di Sosial Media Dengan Menggunakan Konten Visual

Dalam sebuah bisnis, membangun sebuah brand itu sangatlah perlu, terlebih lagi perlunya melakukan branding di sosial media. Ada banyak cara untuk melakukan branding di sosial media, salah satunya dengan menggunakan konten visual. Tentunya bukan sembarang konten visual yang digunakan, karena konten visual tersebut harus dipastikan menarik dan juga beragam.

 

Branding di Sosial Media

Melakukan Branding di Media Sosial

 

Jika bisnis kita ingin kita tonjolkan di sosial media, maka kita harus melakukan sebuah penarikan perhatian di sosial media, seperti mendapatkan perhatian dari para audience di bisnis kita.

 

Sebuah konten promosi di suatu bisnis tanpa adanya tampilan visual yang menarik, mana mungkin konten tersebut bisa mendapatkan perhatian dari para audience, oleh karena itu kenapa sangat penting konten visual kita gunakan.

 

Apabila konten yang kita post mendapatkan perhatian dari para audience, maka hal tersebut menciptakan suatu momen yang menarik dan baik, dan itu dapat membantu kita membuat branding di sosial media lebih cepat dengan konten visual.

 

Dengan posting konten visual yang menarik (sesuai bisnis kita), maka kita bisa membuat sebuah gaya khas unik tersendiri yang nantinya hal tersebut dapat selalu diingat oleh audience kita.

 

Lalu, bagaimana cara kita melakukan branding di sosial media dengan konten visual? Berikut ini beberapa tips yang bisa diterapkan di bisnis kita untuk branding di sosial media.

 

Melakukan Branding di Sosial Media Dengan Bantuan Konten Visual

Bisa bayangkan kita sedang membuka Facebook dan disana ada sejumlah konten visual, gambar per gambar berurutan dengan cepat, dan mungkin sulit bagi kita menangkap sesuatu informasi di dalam gambar yang per setiap gambar berganti seiring kita scroll halaman Facebook ke arah bawah.

 

Kita bisa bayangkan apabila gambar-gambar yang berurutan tadi adalah brand kita dan kompetitor. Dalam hitungan beberapa saat, tentu para audience di sosial media akan membuat sebuah keputusan, apakah mereka memilih kita atau kompetitor kita. Dan para audience pun yang nantinya akan memilih ingin berinteraksi dengan kita atau kompetitor kita.

 

Dengan kebiasaan orang yang melihat gambar lebih cepat di sosial media (misalnya Instagram), tentu akan terasa sulit untuk mendapatkan perhatian mereka, salah satu cara yang direkomendasikan adalah dengan menggunakan konten visual yang sangat kuat (dari resolusi, arti gambar, kualitas, dll). Tanpa menggunakan itu, akan sulit mendapatkan perhatian para audience nantinya.

 

Sebuah konten dengan gambar yang relevan akan mendapatkan lebih banyak views daripada konten yang tidak menggunakan gambar yang relevan atau tidak menggunakan gambar sama sekali.

 

Menurut sebuah statistik dari website berikut ini, mengatakan bahwa 45% image sebuah brand berasal dari apa yang orang lain katakan dan bagaimana  mereka mengatakan brand kita. Penggunaan gambar yang eye-catching dapat membantu kita dalam melakukan branding di sosial media.

 

Jauhi Desain yang Hanya Menunjukan Segala Hal Tentang Bisnis Kita

Tidak semua orang ingin dijuali, mereka ingin mendapatkan suatu informasi yang bermanfaat untuk mereka, bukan hanya menerima sebuah penawaran dan penawaran saja dari kita. Apa yang membuat branding di sosial media menjadi berhasil? Itu karena penggunaan desain yang pas.

 

Jika kita ingin membuat para audience suka dengan bisnis kita, maka kita tidak boleh membuat sebuah konten yang selalu semua tentang bisnis kita, karena kenapa? Karena tidak semua orang ingin dijuali.

 

Jadi, untuk bisa berhasil dalam melakukan branding di sosial media, maka kita harus rela biarkan konten-konten visual kita lebih menjual daripada bisnis kita sendiri, dengan begitu kita bisa mendapatkan perhatian dari para audience.

 

Sebuah merk yang baik pun dibangun tidak cepat, merk yang baik dibangun dari waktu ke waktu dengan pemikiran, strategi dan implementasi yang konsisten.

 

Bisa kita lihat di sosial media bahwa setiap konten di sosial media sendiri lebih banyak adalah berjenis gambar, oleh karena itu kenapa konten visual harus kita utamakan. Lalu, konten visual seperti apa yang harus kita gunakan untuk membantu branding di sosial media?

 

Inilah Jenis Konten Visual yang Harus Digunakan Untuk Membantu Branding di Sosial Media

Beberapa jenis konten berikut ini bisa cocok dengan bisnis kita, bisa juga tidak, itu tergantung seberapa relevan jenis konten dengan bisnis kita. Berikut jenis konten visual yang bagus untuk digunakan di sosial media :

  • Quotes
  • Infografis
  • E-Book
  • GIF
  • Video

 

Pastikan lagi bahwa jenis konten yang digunakan disukai oleh para audience kita. Tidak perlu semuanya dipakai, pastikan saja yang mana yang bekerja dengan baik untuk bisnis kita.

 

Kita juga bisa membuat sebuah desain untuk setiap jenis konten visual kita dengan beberapa tools berikut ini yang bisa memudahkan kita untuk membuat sebuah konten yang lebih bernilai di sosial media. Tools tersebut sudah dibahas pada artikel yang berjudul Design Tools Terbaik yang Dapat Membantu Membangun Brand Bisnis berikut ini.

 

Selipkan Pesan dan Tujuan dari Bisnis kita

Kita tentunya harus tahu apa yang ingin kita tunjukan ke para audience  kita terkait bisnis kita. Contoh seperti misalnya sebuah perusahaan terkenal Apple yang memiliki slogan “think different”.

 

Mereka membuat sebuah produk dengan sedikit berbeda dari yang lain, mereka juga menuntun para pelanggannya untuk tidak melakukan hal yang sama, atau jadilah berpikir berbeda dengan yang lain (seperti menjadi terbaik dari yang lain).

 

Apple Slogan

Think Different via Apple

 

Intinya adalah carilah identitas diri bisnis kita. Cari tahu bagaimana orang melihat bisnis kita, seperti apa sudut pandang mereka terkait bisnis kita.

 

Konsisten, Cara Terbaik Agar Brand Tidak Dilupakan

Apa bedanya brand yang bagus dan terbaik dengan brand yang mudah dilupakan? Perbedaannya hanya 1, yaitu konsistensi.

Konsisten disini bukan berarti melakukan kegiatan yang sama di setiap sosial media yang digunakan. Setiap sosial media memiliki audience masing-masing, dan audience disetiap sosial media berbeda-beda. Jadi kita tidak boleh memperlakukan mereka dengan sama seperti kita memperlakukan audience di sosial media yang lain.

 

Misalnya, kita promosi gambar di sosial media A, dan setelah itu sosial media B dengan gambar juga. Tentunya sosial media B belum tentu audience nya suka dengan tampilan gambar, bisa saja hanya teks tanpa gambar lebih mereka sukai dari pada teks dengan gambar. Contohnya seperti itu.

 

Namun pastikan saja konten yang kita sajikan untuk para audience kita di sosial media yang berbeda tetap konsisten, walaupun bentuk kontennya berbeda-beda, pastikan saja bahwa inti dari penyajian kontennya tetaplah sama.

 

Bagaimana cara kita bisa membuat sebuah konten visual yang konsisten di setiap sosial media yang berbeda? Caranya adalah :

  • Sering Berkomunikasi Dengan Audience
  • Tampilkan Gaya Khas
  • Tampilkan Logo yang Digunakan
  • Tampilkan Warna yang Dipilih
  • Tagline
  • Tampilkan Watermark
  • Tambahkan Elemen Grafis Tambahan

 

Kesimpulan

Dengan menggunakan visual marketing, tentu hal tersebut bisa menjadi solusi branding di sosial media yang ampuh untuk membantu membangun sebuah brand bisnis. Kita bisa melakukan hal dasar seperti share konten visual kita ke beberapa sosial media yang kita gunakan. Kita tidak perlu terburu-buru ingin melihat hasil, karena branding di sosial media pun butuh waktu, maka hal yang harus kita lakukan adalah bersabar dan terus konsisten melakukan branding.

Silahkan di Share:

Author: Willy G

Passionate internet marketer. Believe in idea and creativity.

Share This Post On

Tinggalkan Balasan