Cara Beriklan Di Facebook Ads Menggunakan Power Editor

Cara paling cepat untuk mendapatkan pembeli produk yang kita promosikan maupun produk orang lain yang kita promosikan (menjadi affiliate misalnya) tentunya satu hal yang terpenting yang harus dilakukan adalah memasang iklan. Tentu dengan memasang iklan, kita tidak perlu promosi sana dan sini hanya untuk mendapatkan pembeli, dengan memasang iklan semuanya bisa berjalan secara otomatis, seperti beriklan di Facebook Ads contohnya.

 

Cara Beriklan di Facebook Ads

Facebook

 

Salah satu media iklan yang paling banyak digunakan para pebisnis dan menjadi media iklan paling populer di seluruh dunia adalah Facebook Ads. Facebook sendiri menyediakan berbagai fitur didalam program iklan mereka, dan salah satu fitur yang paling direkomendasikan untuk membuat iklan adalah fitur dari Power Editor.

 

Untuk menggunakan Power Editor tentunya kita harus membuat iklan pertama kita terlebih dahulu di Facebook, setelah itu jika telah selesai membuat iklan pertama di Facebook, kita bisa masuk kedalam menu pengelolaan iklan kita. Untuk belajar bagaimana cara membuat iklan di Facebook untuk pertama kali, maka kita bisa membaca artikel yang berjudul 7 Langkah Membuat Iklan di Facebook Beserta Tipsnya berikut ini.

 

Menggunakan Power Editor di Facebook Ads tidaklah sulit, berikut ini kami berikan cara-cara membuat iklan di Facebook Ads menggunakan Power Editor.

 

Langkah 1 – Masuk Ke Akun Facebook Anda Untuk Mulai Beriklan di Facebook

Login Facebook

 

Tips: Kami sarankan saat anda ingin beriklan di Facebook, janganlah anda menggunakan akun pribadi anda. Kenapa? Karena jika suatu saat akun iklan Facebook anda terkena AME (Ads Manager Error) maka akun Facebook anda bisa saja terkena pengaruhnya, bisa banned ataupun yang lainnya.

Kami menyarankan untuk membuat akun lagi khusus untuk beriklan di Facebook agar akun Facebook anda yang sering digunakan tidak terkena pengaruh jika suatu saat akun iklan anda terkena AME (Ads Manager Error).

 

Langkah 2 – Buka Pengelola Iklan Anda ( Manage Ads )

1

 

Tips: Buatlah iklan terlebih dahulu, baru gunakan Power Editor untuk membuat iklan yang lainnya. Namun anda juga bisa menggunakan Power Editor di Facebook for Business.

 

Langkah 3 – Buka Power Editor

2

 

Buka dan tunggu sampai anda masuk kedalam tampilan Power Editor.

Tips: Power Editor adalah fitur dari Facebook Ads yang membantu anda untuk membuat konten iklan anda menjadi lebih baik dibandingkan jika anda membuat iklan tanpa menggunakan Power Editor.

 

Langkah 4 – Buat Iklan Anda

3

 

Klik ‘Create Campaign’ dan tunggu hingga muncul sebuah tampilan.

Tips: Saat anda membuat Iklan, anda juga akan membuat 1 Ad Set dan juga 1 Ad Unit. Kita juga bisa menambahkan banyak ‘Ad Set’ kedalam iklan kita sehingga semakin banyak orang dengan target iklan kita yang berbeda-beda yang bisa melihat iklan kita di Facebook.

 

Namun anda sebaiknya tidak terlalu berlebihan dalam membuat iklan, cobalah terlebih dahulu membaca peraturan yang Facebook berikan terkait dengan tata cara beriklan di Facebook. Jika terlalu berlebihan tentunya iklan kita akan dianggap sebagai SPAM oleh Facebook dan bisa saja akun iklan kita terkena AME (Ads Manager Error). Baca peraturan iklan di Facebook terlebih dahulu sebelum anda membuat iklan.

 

Langkah 5 – Berilah Nama Iklan Anda

4

 

Masukan atau berikan nama untuk iklan yang ingin anda jalankan di Facebook.

Tips: Untuk anda yang menggunakan Landing Page atau Website untuk mempromosikan produk dan menginginkan orang mengunjungi LP dan Website anda, kami sarankan untuk memilih Kategori (Buying Type : Auction)  dan (Objective : Clicks to Website).

 

Masih ada banyak kategori yang bisa kita gunakan untuk mengoptimalkan iklan kita, tergantung konten iklan kita seperti apa dan bagaimana untuk dioptimalkannya. Berkreasi dan cari strategi baru untuk iklan anda.

 

Langkah 6 – Masuk Kedalam Menu Ad Set

5

 

Setelah anda masuk kedalam Menu Ad Set, masukan Budget/Biaya iklan anda.

Tips: Batas minimal biaya untuk Facebook Ads adalah 10.000 dalam Rupiah. Biaya iklan akan menentukan seberapa banyak orang akan melihat tampilan iklan anda di beranda Facebook mereka, oleh karena itu kami sarankan masukan biaya sebesar-besarnya untuk lebih memaksimalkan iklan anda.

 

Namun ada banyak cara agar tampilan iklan anda maksimal dengan biaya yang sangat sedikit, salah satu caranya adalah menggunakan konten yang viral dan sudah terbukti banyak orang tahu akan konten tersebut. Untuk menggunakan konten viral kedalam iklan anda, akan kami bahas lain waktu.

 

Langkah 7 – Masukan Kriteria Target Iklan Anda

6

 

Buatlah ‘Audience’ yang benar-benar tertarget. Klik ‘Edit Audience’ masukan dan pilihlah beberapa kriteria ‘Audience’ anda (terdiri dari Negara, Kota, Kesukaan, Kebiasaan, dan lain-lain).

Tips: Jika anda mempunyai daftar Audience sebelumnya yang sejenis dengan target iklan yang ingin ditampilkan di Facebook maka anda bisa menggunakan Audience tersebut lagi untuk iklan baru anda.

 

Buatlah banyak daftar Audience dan cobalah test ke beberapa iklan anda sampai anda menemukan daftar Audience mana yang menghasilkan untuk anda, setelah itu gunakan daftar Audience yang menghasilkan tersebut untuk anda gunakan kembali kedalam iklan anda berikutnya yang sejenis dengan iklan anda yang menghasilkan tadi.

 

Langkah 8 – Pilihlah Penempatan Iklan Anda di Facebook

7

 

Pilihlah penempatan iklan yang terbaik. Kami sarankan pilihlah penempatan untuk Mobile News Feed dan Dekstop News Feed. Namun itu sendiri tergantung dari iklan apa yang anda iklankan di Facebook.

Tips: Untuk lebih mengoptimalkan penempatan iklan anda, pilihlah tempat yang paling sering dilihat oleh orang lain atau kebanyakan pengguna di Facebook.

 

Langkah 9 –  Pilihlah Metode Pengoptimalan dan Pembayaran Untuk Iklan Anda

8

 

Disini anda bisa memilih beberapa metode pembayaran untuk iklan anda. Ada beberapa metode seperti CPM dan CPC, kita bisa memilih metode mana yang terbaik untuk iklan kita supaya menghasilkan dan juga menguntungkan.

 

Langkah 10 – Masuklah Ke Menu Ad Unit

9

 

Setelah anda masuk kedalam menu Ad Unit, anda bisa membuat konten iklan anda menggunakan Fanpage Facebook yang anda kelola. Anda bisa membuat konten iklan anda langsung menggunakan Power Editor atau menggunakan konten yang sudah tersedia dan sudah anda post sebelumnya di Fanpage Facebook anda.

 

Langkah 11 – Upload Ke Facebook

Setelah semuanya sudah dirasa selesai, anda bisa upload konten iklan anda ke Facebook. Anda bisa klik ‘Upload Changes’ dan setelah itu tunggu sampai iklan anda diterima oleh Facebook. Setelah anda mendapatkan pemberitahuan bahwa iklan anda diterima oleh Facebook, maka Selamat! Anda tinggal menunggu saja pembeli datang kepada anda.

 

Sekedar tips tambahan dari kami, untuk membuat konten iklan anda lebih maksimal, cobalah gunakan gambar yang menarik perhatian orang, contohnya seperti gambar wanita cantik atau artis terkenal, namun yang terpenting harus berkaitan dengan iklan anda.

 

Selain itu buatlah Headline yang menarik perhatian orang, namun tentunya masih masuk dengan ketentuan dari aturan yang Facebook berikan. Anda bisa baca dan pelajari ketentuan-ketentuan beriklan di Facebook agar akun iklan anda tidak terkena AME (Ads Manager Error). Demikianlah tips-tips dan cara beriklan di Facebook Ads menggunakan Power Editor dari kami. Selamat Mencoba!

Silahkan di Share:

Author: Willy G

Passionate internet marketer. Believe in idea and creativity.

Share This Post On

Tinggalkan Balasan