5 Cara Manajemen Waktu yang Baik Untuk Para Entrepreneur, Wajib kamu Coba!

Bisa dibilang time management itu sangat sulit untuk dilakukan bagi sebagian pebisnis, namun jika kita bisa manajemen diri sendiri dengan baik, tentunya manajemen waktu pun bisa dilakukan dengan baik juga. Mungkin bagi sebagian pebisnis senang melakukan banyak pekerjaan, namun terkadang lupa dengan pentingnya mengetahui cara manajemen waktu agar hidupnya tidak selalu terus menerus tentang pekerjaan atau bisnis.

 

Cara Manajemen Waktu

Agar Lebih Produktif, Maka Perlu Melakukan Manajemen Waktu yang Baik

 

Alasan sebagian pebisnis tidak melakukan manajemen waktu dengan baik adalah karena mereka percaya dengan tools time management yang banyak beredar di Internet. Mungkin tools tersebut bisa membantu, dan juga bisa tidak membantu.

 

Bisa atau tidaknya membantu itu semua kembali lagi kepada manajemen diri sendiri, apakah kita bisa manajemen diri sendiri dengan baik ataukah tidak, karena manajemen waktu dasarnya dari diri sendiri, penggunaan tools hanyalah sebagai bantuan.

 

Jika kita lihat pada laporan berikut ini, menunjukan bahwa pada tahun 2015, tingkatan produktivitas di negara US turun sebesar 2.2% dibandingkan 2014. Jika dilihat alasan kenapa turunnya tingkat produktivitas tersebut, itu ada kemungkinan terjadi karena cara manajemen waktu mereka yang tidak baik, seperti misalkan hanya mengandalkan tools.

 

Karena terkadang tools bisa saja kita setting atau bahkan kita abaikan perintah-perintahnya (yang seharusnya membuat kita produktif) di dalam tools tersebut dan menuruti keinginan kita, sehingga kita bisa bebas untuk membuang banyak waktu, dan pada akhirnya hal tersebut tidak menjadikan kita produktif.

 

Bagi anda yang seorang blogger, berikut ini ada beberapa tips manajemen waktu untuk para blogger agar bisa lebih produktif dalam menulis di blog, bisa kita cari tahu pada pembahasan di artikel yang berjudul Tips Manajemen Waktu Untuk Para Blogger berikut ini.

 

Berikut ini ada beberapa cara manajemen waktu yang bisa kita lakukan agar waktu yang kita gunakan dapat lebih produktif. Dengan kita bisa mengatur waktu lebih baik lagi, kualitas hidup kita pun juga akan lebih seimbang antara pekerjaan dan kehidupan pribadi kita.

 

Simak beberapa cara mudah dalam manajemen waktu dan juga manajemen diri sendiri pada pembahasan berikut ini agar kita bisa lebih baik lagi dalam mengatur waktu kita.

 

Cara Manajemen Waktu Untuk Para Entrepreneur Agar Bisa Mengatur Waktu Dengan Lebih Baik

Pernah melihat seorang pebisnis dengan seriusnya bolak-balik sepanjang hari? Dengan membawa laptop? Smartphone di tangannya? Yang jadi pertanyaan adalah, apakah dia benar sibuk atau hanya sekedar menyibukan diri sendiri?

 

Bisa jadi keduanya atau salah satunya. Sibuk bukan berarti produktif, dan produktif tidak selalu terlihat sibuk. Untuk membuat kita lebih produktif lagi, kita bisa menggunakan cara-cara berikut ini.

 

1. Buatlah Jarak Waktu Antara 1 Pekerjaan Dengan Pekerjaan yang Lain

Pada saat awal kita memulai bisnis, mungkin kita merasa sangat bersemangat sekali, sehingga segala hal apapun ingin kita lakukan saat itu juga. Padahal hal tersebut adalah tindakan yang salah, kita membutuhkan waktu tersendiri antara pekerjaan satu dengan yang lainnya, sehingga pekerjaan tersebut bukan hanya terselesaikan dengan cepat, namun juga terselesaikan dengan baik, sehingga hasilnya akan berkualitas.

 

Mencoba melakukan segala hal dalam 1 hari akan menyumbat kreativitas kita dan dapat menahan diri kita untuk melakukan pekerjaan yang lain. Jika segala hal ingin dilakukan pada saat itu juga, bukan hanya hasilnya akan berantakan, namun juga akan menimbulkan stress untuk kita sendiri.

 

Dengan beristirahat sejenak, dan meluangkan waktu antara pekerjaan satu dan lainnya akan membuat tenaga kita terisi kembali dan lebih siap untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan lainnya yang sedang menanti.

 

Usahakan meluangkan waktu sekitar 30 Menit pada setiap pekerjaan yang terselesaikan, sehingga tenaga kita akan lebih banyak terisi pada waktu tersebut. Jika bisa dan ingin dilakukan, pada 30 menit itu kita pun bisa tidur atau makan sebentar agar tenaga benar-benar terisi penuh.

 

Bukan Dengan Mengandalkan Tool Apabila Ingin Mengatur Waktu dan Mendapatkan Hasil Dengan Baik, Tetapi Karena Adanya Sistem Pada Diri Sendiri

Kita tidak butuh bantuan tool apabila memang benar-benar kita ingin bisa manajemen waktu dengan baik, yang kita butuhkan adalah suatu sistem pengendalian yang bisa kita jadikan dasar untuk kita bisa mengetahui cara mengatur waktu yang benar.

 

Kita bisa mempermudah setiap pekerjaan kita dengan membaginya menjadi beberapa tahapan. Misalnya seperti:

  • 1 Jam Kerja, Istirahat 30 Menit
  • 3 Jam Kerja, Istirahat 30 Menit
  • 6 Jam Kerja, Istirahat 30 Menit

 

Jadi pada setiap patokan diatas, kita melakukan jeda selama 30 Menit atau lebih (itu terserah masing-masing). Misalnya 1 Jam melakukan pekerjaan, dan selesai, maka kita istirahat 30 Menit. Atau bisa juga setelah melakukan pekerjaan selama 3 atau 6 jam, maka istirahat sejenak selama 30 Menit atau lebih.

 

Berikut ini ada beberapa daftar tool yang bisa membantu kita untuk tetap produktif dalam menjalankan bisnis, mari kita cari tahu daftar-daftar tool yang bisa kita gunakan agar kita tetap produktif, pada artikel yang berjudul 9 Tools yang Membantu Meningkatkan Produktivitas berikut ini.

 

2. Tips Mengatur Waktu Dengan Meretas Waktu Itu Sendiri

Waktu itu tidak terbatas. Kita juga tidak bisa kembalikan waktu kita yang sudah berlalu. Ada baiknya kita buat setiap waktu itu berharga, dan tentunya perlu kita usahakan untuk menghabiskan waktu dengan hal-hal yang bermanfaat baik untuk kita dan orang lain.

 

Cara Manajemen Waktu

Bagaimana Cara Meretas Waktu?

 

Bagaimana jika kita menyesali waktu yang telah terbuang sebelumnya dengan ketidakadaan hasil apapun untuk kita? Kita bisa meretasnya, kita akan mencoba untuk meretas waktu kita yang sebelumnya terbuang.

 

Caranya adalah, kita diam sejenak, dan catat apa saja yang telah dilakukan sebelumnya di sebuah notebook. Atau jika kita sedang sejenak istirahat, kita bisa menggunakan waktu tersebut untuk mencacat apa saja yang sebelumnya kita lakukan dan mencari hal apa yang kita lakukan yang benar-benar menghasilkan sebuah hasil yang nyata untuk kita, bukan hal-hal yang dapat membuang waktu kita.

 

Apa tujuannya? Tujuannya adalah, kita dapat mengetahui hal-hal apa yang kita lakukan, dan hal-hal apa yang harusnya menjadi prioritas untuk kita kerjakan. Sehingga di lain waktu, kita bisa menyusun beberapa list pekerjaan menurut prioritasnya. Semakin tinggi posisi pekerjaan di daftar yang dibuat, semakin tinggi prioritasnya untuk kita kerjakan.

 

3. Cara Manajemen Waktu Terbaik Adalah Dengan Membuat Daftar Pekerjaan yang Harus Dilakukan

Sama seperti poin diatas sebelumnya, namun disini kita dikhususkan untuk membuat sebuah daftar pekerjaan yang akan dikerjakan dalam waktu tertentu secara terus-menerus. Contohnya seperti membuat :

  • Daftar Pekerjaan Harian
  • Daftar Pekerjaan Mingguan
  • Daftar Pekerjaan Bulanan
  • Daftar Pekerjaan Tahunan (Ini biasanya berisi goal-goal penting yang ingin dicapai)

 

Setiap waktu tertentu, kita buat daftar pekerjaan yang ingin dikerjakan pada waktu tersebut. Contohnya misalkan minggu ini kita ingin membuat “ 7 artikel ” di blog kita, maka minggu sebelumnya kita buat daftar terlebih dahulu terkait daftar pekerjaan untuk minggu depan yang ingin dikerjakan.

 

4. Istirahat Sejenak, Biarkan Diri Kita Memikirkan Hal Diluar Pekerjaan Sebentar

Mungkin cara manajemen waktu ini akan membuat kita keluar dari jalur manajemen waktu yang dibuat, namun cara manajemen waktu ini bisa meminimalkan tingkat stress pada diri kita. Bayangkan apabila kita selama satu tahun penuh memikirkan pekerjaan di bisnis kita? Apakah nantinya kita tidak akan jenuh? Dengan bantuan dari cara manajemen waktu ini, akan membuat kita jauh dari rasa jenuh saat mengerjakan pekerjaan di bisnis kita.

 

Cara Manajemen Waktu

Istirahat Sejenak Bisa Bermanfaat

 

Jika kita selama lebih dari 6 jam tidak menghasilkan apa-apa, atau kita dalam kondisi stuck, maka ada baiknya kita lakukan cara manajemen waktu ini, yaitu istirahat sejenak. Tujuannya adalah untuk mendapatkan sebuah inspirasi di pekerjaan yang ingin dilakukan selanjutnya. Terkadang inspirasi datang dari kesunyian, atau saat istirahat.

 

5. Jaga Meja Kerja Kita Tetap Bersih

Bagi sebagian orang, meja kerja yang berantakan tidak ada pengaruhnya dalam produktivitas seseorang. Namun sebagian orang akan berkata lain. Meja kerja yang bersih membuat rasa nyaman tersendiri saat kita mengerjakan pekerjaan, yang pada nantinya hal tersebut juga akan membantu kita untuk menghasilkan hasil pekerjaan yang berkualitas.

 

Mungkin beberapa items ini patut dipertimbangkan untuk diletakan di meja kerja kita, seperti :

  • CellPhone Holder
  • Business Card Holder
  • Pembersih Tangan
  • Bingkai Foto
  • Kalender

 

Mengatur meja kerja dengan baik juga akan memunculkan aura profesionalisme tersendiri di diri kita sehingga membuat kita tetap fokus di dalam jalur produktivitas kita.

 

Kesimpulan

Cara manajemen waktu tidak akan berjalan dengan baik apabila tidak ada manajemen diri sendiri yang baik pula, dibutuhkan sebuah sistem yang kuat sebagai dasar. Saat kita membuat sebuah sistem untuk bisa dapat memanajemen waktu kita, kita akan bisa mengatur waktu kita sehari-hari dengan baik dan selalu tetap produktif.

 

Kita perlu mendorong diri kita kepada pencapaian-pencapaian kecil terlebih dahulu, sehingga kita bisa tetap termotivasi untuk terus selalu bekerja dan menghasilkan pekerjaan yang menghasilkan hasil yang berkualitas, sehingga bisnis yang kita jalankan dapat berkembang dengan lebih baik lagi dan juga berkembang menjadi lebih besar.

Silahkan di Share:

Author: Willy G

Passionate internet marketer. Believe in idea and creativity.

Share This Post On

Tinggalkan Balasan