Teknik Promosi Konten Untuk Mendapatkan Banyak Pengunjung Blog

Tentu saja promosi konten dan kontennya itu sendiri menjadi salah satu bagian penting yang terdapat di dalam blog. Konten juga bisa dikatakan sebagai salah satu bagian terpenting dalam pemasaran secara online. Walau sebagus apapun konten yang kita buat, tetap saja itu tidak akan bisa membuat konten tersebut menjadi populer.

 

Teknik Promosi Konten

Kenapa Harus Melakukan Promosi?

 

Untuk membuatnya populer, maka perlu dilakukan promosi konten untuk setiap konten yang terpublish di blog kita. Karena sebagus apapun konten yang dibuat, jika konten tersebut tidak dipromosikan, maka konten itu hanyalah sebatas konten saja.

 

Bahkan tidak akan ada orang yang akan tahu bahwa konten tersebut berkualitas jika kita tidak mempromosikan nya. Kenyataannya bahwa setiap harinya ada jutaan konten yang di publish dan jutaan konten yang terindex oleh mesin pencari. Banyaknya konten yang berada di internet membuat tidak banyaknya konten yang dilihat oleh pengguna internet. Jika anda ingin jujur. Berapa banyak link yang anda buka dari satu kata kunci yang anda cari di mesin pencari?

 

Mungkin kami memperkirakan maksimal 20 link dari blog yang berbeda. Ibaratkan 100% konten di internet, hanya 20% yang dilihat oleh penggunanya. Jadi, untuk membuat konten yang populer dan terus menerus mendapatkan pengunjung, maka apa yang harus kita lakukan? Jawabannya adalah promosi konten. Tapi tunggu dulu. Sebelum kita melakukan promosi konten, tentunya kita harus mengetahui kesalahan-kesalahan yang sering terjadi saat mempromosikan konten, agar kita tidak salah langkah saat mempromosikan konten blog kita.

 

Kesalahan yang Biasa Sering Terjadi Saat Promosi Konten

Promosi tentu bertujuan untuk membuat sesuatu hal menjadi terkenal. Namun sayangnya promosi banyak di identikan dengan hal negatif seperti tindakan spamming. Sebelum melakukan promosi konten, pahami dulu apa yang orang lain butuhkan. Misalkan di suatu blog ada yang bertanya A, maka kita tentunya bisa membantu dia untuk mendapatkan jawaban terbaiknya dengan memberikan link ke konten blog kita dengan jawaban A juga.

 

Jika salah-salah dalam melakukan promosi konten blog, bisa jadi blog kita akan dibenci orang (jika kita melakukan tindakan spam). Berikut ini beberapa kesalahan yang harus kita hindari saat kita melakukan promosi konten untuk blog kita.

 

1. Kesalahan Pertama :

Saat mempromosikan konten blog, ada baiknya jika kita tidak mempromosikan blog kita. Maksudnya? Misalkan, saat kita menaruh link kedalam komentar di suatu forum online misalnya, maka ada baiknya kita menaruh link langsung ke konten blog kita, bukan Homepage blog kita.

 

Dengan langsung mengarahkan link ke konten blog kita, maka jika kita menjawab pertanyaan orang lain di forum dengan pertanyaan A, maka kita akan langsung menjawab dengan jawaban A yang terdapat di dalam konten kita (memasukan link konten). Namun jika kita memasukan link ke Homepage blog, maka yang bertanya tadi akan bingung dengan jawaban apa yang kita berikan.

 

2. Kesalahan Kedua :

Konten yang kita promosikan tentunya harus berkualitas dan dapat membantu menyelesaikan masalah orang lain. Jika kita mempromosikan konten yang kurang baik, maka saat kita promosikan, konten kita bukan nya mendapatkan tanggapan positif malah tanggapan negatif.

 

Hal ini yang tentunya harus kita perhatikan saat sebelum melakukan promosi konten. Kita juga tidak perlu kejar-kejaran waktu untuk menerbitkan konten 1 hari 1 konten. Ada baiknya konten yang diterbitkan dilihat terlebih dahulu apakah berkualitas atau tidak jika nantinya akan kita promosikan. Jika ingin membuat konten untuk blog, pastikan saja membuat konten secara berkala namun berkualitas, seperti misalkan 1 konten blog untuk 1 minggu atau 2 hari untuk 1 konten. Pastikan saja dilakukan secara berkala.

 

Namun tentunya harus dikerjakan disertai melakukan promosi konten. Karena sebagus apapun konten, jika tidak dipromosikan, maka tidak akan ada yang tahu. Faktor penentu kesuksesan blog adalah kualitas konten, bukan jumlah konten yang terus-menerus di publish.

 

3. Kesalahan Ketiga :

Ada baiknya melakukan promosi secara manual, bukan secara otomatisasi (menggunakan bot). Jika melakukan secara otomatisasi maka biasanya hal tersebut akan menjurus kepada tindakan spam. Orang akan senang jika kita melakukan promosi konten secara manual, karena kita berbicara sebagai manusia, bukan robot.

 

Mungkin ketiga kesalahan diatas bisa menyadarkan kita untuk tidak terburu-buru dalam melakukan promosi konten, ada baiknya kita pastikan dahulu konten kita berkualitas atau tidak sebelum dipromosikan. Berikut ini kita akan belajar tahapan-tahapan bagaimana membuat konten yang baik sebelum dipromosikan.

 

Menyiapkan Pemicu Sebelum Konten Diterbitkan

Sebelum mempromosikan konten, tentu kita perlu memilih topik apa yang akan kita buat untuk konten kita. Pemicu disini mengartikan sebagai topik yang menarik untuk konten blog kita. Dan tentunya kita harus memastikan bahwa konten kita harus bisa membuat orang berpikir “saya harus segera baca ini!” atau “teman saya harus lihat konten ini juga!” dan lainnya.

 

Untuk membuat hal tersebut terjadi, maka konten yang akan dibuat diharuskan seperti berikut ini:

  • Praktis : Bisa langsung dipraktekan oleh pembaca.
  • Emosional : Pembaca bisa terpancing emosinya, baik itu secara positif/negatif.
  • Kredibel : Ada data dan juga fakta dari sumber yang terpercaya.

 

Saat konten kita mengandung ketiga hal diatas, maka saat dipromosikan baik itu melalui forum, media sosial dan lainnya, blog kita tentunya akan mendapatkan ledakan pengunjung yang banyak. Kenapa? Karena informasi yang praktis, emosional, dan juga kredibel lebih disenangi oleh banyak orang. Orang tidak suka dengan bahasan-bahasan yang merumitkan mereka. Oleh karena itu, bahasan yang praktis lebih disenangi.

 

Kirimkan Konten Baru Ke Email List

Dengan membangun email list, tentunya promosi konten kita bisa lebih tertarget. Karena hanya tertuju kepada mereka yang telah berkenan memberikan emailnya kepada kita. Misalkan kita mendapatkan 500 pengunjung di blog pada hari ini. Maka hari esok belum tentu kita mendapatkan 500 pengunjung. Namun jika dengan email list, kita mempunyai 500 subscriber yang kita promosikan konten blog kita, maka kita akan mendapatkan 500 pengunjung dari 500 email list kita.

 

500 pengunjung dari email list tidak akan berubah, karena itu datang dari email list kita bukan dari lain tempat. Jika melakukan promosi konten setiap hari kepada email list kita, maka 500 pengunjung akan mendatangi blog kita setiap harinya (melalui email list tentunya).

 

Perbanyak Follower dan Publish Konten di media sosial

Kita bisa membuat widget atau menaruh link atau tombol untuk mempermudah pengunjung menuju akun media sosial kita.

Meetechno.com Fanspage Facebook

Contoh Halaman Fanpage Facebook Meetechno

 

Saat mempromosikan konten blog di media sosial, ada baiknya kita:

  • Jangan pernah menggunakan judul artikel sebagai isi dari tweet ataupun posting di status Facebook maupun media sosial yang lain, karena akan membuat orang lain tidak penasaran dengan konten yang dipromosikan.
  • Promosikan konten di media sosial secara berkala, jika 1 hari 3x promosi maka lakukanlah.
  • Gunakan gambar yang baik dan menarik, karena penggunaan gambar terbukti meningkatkan jumlah klik pada media sosial.

 

Gabung ke Facebook Grup atau Forum Online

Facebook menjadi salah satu media sosial yang paling banyak orang gunakan. Bergabung di grup Facebook juga menjadi salah satu cara terbaik dalam upaya mempromosikan konten blog agar mendapatkan banyak pengunjung untuk blog kita.

 

Untuk promosi di grup Facebook, pastikan terlebih dahulu bahwa grup tersebut memang berkaitan dengan konten yang akan kita promosikan. Selain itu pastikan grup yang kita masuki adalah grup yang bersih, bukan berisikan spam di dalamnya. Sama seperti Facebook grup, sebelum mempromosikan konten di forum, tentunya kita harus perhatikan beberapa hal yang tadi disebutkan untuk Facebook grup.

 

Promosi di Berbagai Tempat

Jika kita membuat konten berupa artikel, maka kita bisa mengubahnya menjadi berbagai format seperti video, PDF, dan lainnya. Kenapa mengubah format konten kita? Tentunya untuk mendapatkan banyak pengunjung, kita bisa mempromosikan konten kita dengan isi yang terbilang sama namun di berbagai tempat yang berbeda.

 

Seperti situs-situs berikut ini yang sudah memiliki banyak pembaca, dan tentunya bisa kita gunakan untuk mendapatkan banyak pengunjung di blog kita, situs-situs yang bisa kita gunakan seperti:

  • SlideShare – Untuk Presentasi
  • Youtube, Vimeo – Untuk Video
  • SoundCloud – Untuk Podcast
  • Kompasiana, Medium – Untuk Artikel

 

Situs-situs diatas tentunya sudah memiliki pengguna setia yang banyak, dan akan siap untuk melihat konten-konten kita saat kita mempromosikan nya disana. Maka saat konten yang kita promosikan di situs-situs tersebut dan terdapat link menuju konten kita, maka blog kita akan kedapatan banyak sekali pengunjung. Konten blog kita yang dikunjungi melalui situs-situs seperti Youtube, Kompasiana, atau SlideShare akan membantu blog kita untuk mendapatkan ranking yang baik di mata Google dibandingkan dengan menggunakan website baru.

 

Jadikan Konten Kita Terlihat Baik di Mata Pembaca

Konten tidak akan pernah menjadi populer atau bahkan menjadi viral, jika hanya kita yang mempromosikan konten tersebut. Dengan kata lain, kita perlu bantuan orang lain (yaitu pengunjung blog kita) yang membantu kita untuk mempromosikan konten-konten blog kita.

 

Pembaca blog kita tentunya juga harus bisa dibuat aktif di dalam blog kita, seperti saat pembaca merasa konten kita sangat membantu mereka, maka dengan senang hati mereka akan share konten tersebut untuk bisa dilihat oleh teman-temannya yang lain.

 

Untuk membuat konten kita bisa mendapatkan tanggapan yang baik dari pembaca blog kita, dan bahkan membuat mereka dengan senang hati share konten kita, maka kita bisa menggunakan beberapa elemen berikut agar konten kita bisa menjadi populer, kita bisa mempelajarinya pada artikel yang berjudul 6 Elemen yang Dapat Membuat Konten Menjadi Viral berikut ini.

 

Konten yang disenangi oleh pembaca sehingga mereka dengan senang hati share konten kita adalah konten yang berupa:

  • Gambar yang menarik.
  • Video yang menyentuh, memberikan solusi, atau berguna untuk orang lain.
  • Jika artikel, maka artikel tersebut harus panjang (> 1000 kata)
  • Terdapat tombol share.

 

Kesimpulan

Di dunia digital maupun bukan, jika sesuatu hal ingin cepat dikenal orang lain atau menjadi viral, maka perlu dibutuhkan promosi. Sama halnya dengan konten blog, jika konten blog hanya didiamkan saja, maka tidak akan ada yang pernah tahu bahwa konten tersebut berkualitas, atau bahkan sangat berguna untuk orang lain. Jadi kenapa perlu melakukan promosi? Cukup mudah, karena untuk membuat itu menjadi populer.

Silahkan di Share:

Author: Willy G

Passionate internet marketer. Believe in idea and creativity.

Share This Post On

Tinggalkan Balasan