Cara Memasarkan Produk Online Dengan Mengetahui Tipe Produk yang Dijual Secara Online

Peluang usaha di dunia digital atau bisa kita sebut bisnis online, tentunya memberikan segudang kemudahan yang ditawarkan, seperti contohnya bisa bekerja walaupun hanya di rumah, serta juga peluang pasarnya yang begitu luas. Namun dari segala kemudahan yang diberikan di bisnis online ini, kita pun dituntut untuk tetap selektif dan juga cerdas dalam memilih produk apa yang akan kita jual nantinya secara online, dan juga strategi apa yang digunakan untuk memasarkan produk online kita.

 

Memasarkan Produk Online

Ilustrasi Seseorang yang Senang Apabila Produk yang Dijual Menguntungkan

 

Memasarkan produk online juga bukan sembarang memasarkan, karena kita juga perlu melakukan riset terlebih dahulu terhadap produk apa yang akan kita jual nantinya. Jika kita sudah mengetahui atau mungkin sudah memilih produk seperti apa yang akan kita jual nantinya secara online, maka selamat! Itu akan menjadi sesuatu yang menjanjikan nantinya untuk bisnis online kita.

 

Namun apabila kita belum tahu produk seperti apa yang akan kita jual, maka langkah yang harus kita lakukan adalah belajarlah lebih giat dalam riset produk dan pintar mengenali peluang untuk menemukan produk yang tepat untuk kita jual, karena kenyataannya memasarkan produk online tidak semudah yang kita kira apabila kita tidak melakukan riset terlebih dahulu.

 

Untuk mengetahui beberapa daftar produk yang laris dibeli di Internet, kita bisa mencari tahu di artikel berikut yang berjudul Beberapa Daftar Produk yang Laris Dibeli Oleh Konsumen di Internet berikut ini.

 

Sebelum memasarkan produk online kita, ada baiknya kita kenali terlebih dahulu beberapa tipe produk online yang perlu kita perhatikan dan kita riset sebelum memilih produk tersebut untuk dijual di toko online kita. Untuk melakukan riset terhadap produk yang akan kita jual, kita bisa mencari tahu melalui mesin pencari dengan keyword yang mengandung pencarian tertentu yang kita maksud. Contohnya seperti :

 

  • Produk apa yang bisa mengatasi rasa sakit konsumen
  • Produk apa yang sesuai dengan minat para konsumen
  • Produk apa yang bisa terus ada sampai kapanpun
  • Apakah kita ahli dalam produk yang dijual
  • Apakah produk tersebut sedang trend

 

Dengan mencari kriteria tersebut di mesin pencari, maka kita akan tahu dan mengerti untuk bisa memilih produk mana yang baik untuk kita jual di toko online kita. Tapi sayangnya beberapa hal yang disebutkan diatas belum bisa membantu kita untuk benar-benar bisa memilih dengan tepat produk yang harus kita jual di toko online kita, masih ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

 

1. Memanfaatkan Keyword ( Kata Kunci ) di Mesin Pencari

Kita tahu bahwa konsumen tentunya datang dari mesin pencari, entah itu Google, Bing, Yahoo, dan masih banyak lagi, karena pada intinya traffic dalam search engine (mesin pencari), sangat sekali erat hubungan nya dengan ecommerce. Jika kita bisa memanfaatkan keyword dari search engine ini, maka hal tersebut akan memberikan manfaat yang sangat besar dalam menentukan produk apa yang akan kita jual.

 

Untuk bisa memanfaatkan peluang dari mesin pencari, maka kita bisa mencari tahu kata kunci (keyword) yang sering dicari di mesin pencari, namun tentunya dengan indeks persaingan yang rendah. Riset kata kunci ini bisa kita lakukan dengan menggunakan Google Keyword Planner, dan tentunya riset tersebut perlu sebuah pemahaman dasar yang kuat tentang Search Engine Optimization (SEO).

 

2. Membangun Pola Pikir Konsumen

Membangun Pola Pikir

Membangun Pola Pikir

Saat kita mencoba memasarkan produk online kepada calon konsumen, kita tentunya harus membangun pola pikir konsumen dahulu, yang berarti sama seperti membangun sebuah merek dagang. Apa maksudnya? Maksudnya adalah kita perlu memahami untuk mengidentifikasi konsumen yang potensial untuk bisnis kita. Dan kita bisa memilih produk dengan merek yang unik, agar produk kita bisa memperoleh tempat di hati konsumen.

 

Hal itu bisa kita lakukan dari semenjak awal kita memulai bisnis online, agar hal tersebut bisa efektif untuk membedakan produk bisnis online kita dan bisnis online pesaing, walaupun dengan market yang sama.

 

Misalkan gambaran contohnya adalah, TIC TAC (misalkan merek smartphone), menyediakan berbagai macam jenis smartphone, jika kita dengar namanya sangatlah mudah yaitu TIC TAC, sehingga akan dapat menimbulkan rasa ingin tahu para konsumen. Walaupun banyak kompetitor menjual produk yang sama dengan kita, kita bisa memberikan sesuatu yang unik di dalam produk tersebut, misal dari penambahan fitur, atau yang lainnya yang terlihat lebih menonjol. Produk dengan nama-nama unik tentu saja selalu mendapatkan hati dari para calon konsumen nya.

 

3. Memasarkan Produk Online yang Sesuai Dengan Minat Konsumen

Kebanyakan produk yang laris dibeli adalah produk-produk yang memang sesuai dengan minat para konsumen nya, kebanyakan konsumen tentunya menghabiskan uangnya untuk membeli produk yang bisa mendukung minatnya. Contoh saja, Penggemar sepeda motor. Mereka menghabiskan banyak uang tentunya hanya untuk membeli barang-barang yang berhubungan dengan sepeda motor (sesuai minatnya).

 

Hal tersebut dilakukan karena memang apa yang dibeli sesuai dengan apa yang mereka sukai, seperti contoh penggemar sepeda motor tadi. Jadi jika kita menjual produk yang sesuai dengan minat konsumen kita, maka bukan hanya laku dibeli saja produk kita, namun juga menciptakan loyalitas, sehingga bukan tidak mungkin lagi nantinya para konsumen kita yang akan membantu memasarkan produk kita dengan cara teknik mulut ke mulut (memberi tahu sesuatu kepada teman-temannya).

 

4. Produk yang Dijual Sesuai Dengan Keahlian

Keahlian Menari

Contoh Keahlian Menari

Apa maksud dari produk yang dijual sesuai dengan keahlian? Maksudnya disini adalah, kita mengetahui benar-benar produk yang kita jual, mulai dari cara penggunaan nya, cara merawatnya, atau hal yang lainnya, dan tentunya kita bukan hanya sekedar menjual produk saja ke konsumen, namun kita juga memiliki keahlian di dalam produk yang dijual.

 

Kita ambil contoh, misalkan produk olah raga Golf. Tentunya jika kita ingin menjual stik Golf, kita harus tahu cara merawatnya seperti apa, cara menggunakannya seperti apa, dan lainnya, bukan hanya sekedar menjualnya saja. Karena apabila ada konsumen yang menanyakan sesuatu yang berhubungan dengan Golf, maka kita yang pertama yang ditanya oleh konsumen, karena kita yang menjual.

 

Apabila saat kita ditanya kita tidak mengetahui apa-apa tentang Golf, maka hal tersebut akan menurunkan kepercayaan antara konsumen dan kita si pemilik bisnis atau si penjual. Maka yang harus kita lakukan adalah kita harus menjual produk yang memang kita ahli atau sangat mengetahui produk yang dijual, bukan hanya sekedar menjual saja.

 

Dengan kita mengetahui apapun dari produk yang dijual, maka konsumen akan lebih percaya kepada kita untuk membeli produk tersebut dibandingkan milik kompetitor kita, karena pembeli tentunya lebih ingin membeli kepada orang yang sangat ahli di bidang dari produk yang dijualnya daripada orang yang hanya menjual namun tidak mengetahui apapun dari produk yang dijualnya.

 

5. Menjual Produk dengan Memanfaatkan Trend

Saat kita mengetahui trend lebih awal, yang dimana para kompetitor kita tidak mengetahuinya, maka hal tersebut akan memiliki dampak yang besar dalam bisnis online kita. Memasarkan produk online pun tidak hanya sembarang memasarkan, jika ingin mendapatkan untung yang lebih, maka kita bisa memanfaatkan trend yang sedang muncul.

 

Hal tersebut tentunya akan memberikan kita kesempatan untuk mendapatkan tempat di hati para konsumen, sehingga saat kita memasarkan produk online kita, ada banyak orang yang akan tertarik perhatiannya kepada produk yang kita jual, seiring dengan berlangsungnya trend tersebut.

 

Memanfaatkan trend lebih awal juga akan mendapatkan dampak yang bagus pada SEO (Search Engine Optimization), karena hal tersebut memberikan toko online kita satu tempat pertama di mesin pencari dalam istilah pencarian baru, hingga akhirnya saat toko online kita diindeks oleh mesin pencari, toko online kita akan mendapatkan tempat yang paling pertama di pencarian.

Silahkan di Share:

Author: Willy G

Passionate internet marketer. Believe in idea and creativity.

Share This Post On

Tinggalkan Balasan