Sudah Memastikan Konten yang Dibuat Berkualitas? Coba Cek Dengan 5 Hal Ini

Jika kita mengira bahwa konten kita satu-satunya konten yang berkualitas di pencarian, maka kita salah. Jika berpikir bahwa konten di website kompetitor juga sudah berkualitas, kita juga salah. Tidak ada yang bisa kita pastikan bahwa konten yang kita lihat di website kompetitor atupun website kita sendiri sudah berkualitas, hanya ada cara untuk mengetahuinya, yaitu dengan cek apakah konten yang dibuat berkualitas atau belum.

 

Konten yang Dibuat Berkualitas

Sudah Cek Apakah Konten Kita Berkualitas ?

 

Mungkin mudah untuk menilai website orang lain, namun akan terasa sulit untuk mengevaluasi website kita sendiri, tentunya bukan hanya kita saja yang berpikiran seperti ini, kompetitor kita pun juga berpikir demikian.

 

Alasan kita berpikir bahwa konten yang dibuat berkualitas itu karena kita merasa konten kita sudah informatif, lalu mempublishnya. Karena untuk apa kita publish konten jika konten tersebut tidak berkualitas, karena konten yang kita buat kita pikir berkualitas, maka kita publish konten tersebut di website.

 

Tapi langkah idealnya untuk memastikan bahwa konten yang dibuat berkualitas adalah dengan cara membandingkan nya dengan website kompetitor kita, namun langkah inilah yang jarang kita lakukan.

 

Untuk membandingkan konten kita dengan konten yang lain di Internet, tentunya ada daftar-daftar yang harus di cek. Berikut ini ada beberapa daftar yang bisa dijadikan patokan untuk kita cek apakah konten yang dibuat berkualitas atau tidak, dengan membandingkan ke kompetitor kita.

 

1. Apakah Konten Didukung Oleh Sumber yang Terpercaya

Tidak ada konten yang bisa dipercaya tanpa adanya sumber, memang itu selalu ada dipikiran para pengunjung website kita. Tanpa adanya sumber yang terpercaya dalam suatu konten, tentunya kita akan kehilangan peluang kita untuk mengajak pengunjung melakukan tindakan yang kita inginkan (misal Download Ebook, Subscribe, Beli Produk, dll).

 

Sebelum kita membuat suatu konten, pastikan terlebih dahulu data-data (apabila konten kita menyertakan data) tersebut, dan cek apakah data tersebut valid atau tidak. Coba lihat data berikut ini, misal:

  • Battery ponsel akan tahan lama apabila di-charge semalaman, atau
  • Battery ponsel tidak akan tahan lama apabila di-charge semalaman?

 

Mana data dari kedua hal yang disebutkan diatas yang lebih valid?, kita tentunya tidak akan tahu data tersebut valid apabila tidak menyertakan sumber data nya datang dari mana. Perbedaan dari kedua hal diatas adalah dari penyertaan link menuju ke sumber yang dianggap terpercaya.

 

Dalam hal ini, dikatakan sebuah konten yang dibuat berkualitas adalah karena menyertakan sumber yang terpercaya, karena pada dasarnya kredibilitas harus diutamakan.

 

Apabila konten yang kita buat menyertakan sebuah data yang mengharuskan menyertakan sumbernya dari mana, maka kita bisa menyertakan ke beberapa link yang mengarah ke beberapa artikel yang kredibel, seperti :

  • Artikel yang memuat analisis data (jika bisa, website resmi)
  • Jurnal Artikel (terbaik untuk dijadikan sumber terpercaya)
  • Website Pemerintah.
  • Artikel yang ditulis oleh penulis terkenal, atau orang ternama (yang sudah banyak dikenal orang).

 

2. Sertakan Gambar, Agar Konten yang Dibuat Berkualitas

Konten visual menjadi salah satu hal yang menarik untuk dilihat dari suatu artikel yang dipublish di website. Dan ada banyak manfaat yang bisa diperoleh dari menyertakan gambar pada artikel, seperti membantu menjelaskan isi artikel agar tidak terlihat rumit, atau juga hanya sekedar membantu pembaca membaca artikel tersebut.

 

Gambar sendiri membantu para pengunjung untuk memahami apa isi artikel yang kita tulis, dan selain itu masih ada lagi kelebihan dan keuntungan menggunakan gambar pada setiap artikel yang dipublish, seperti :

  • Memberikan Wawasan Baru (apabila gambar tersebut berisi grafik yang menjelaskan data-data yang ditulis di artikel kita)
  • Memperjelas Konsep Artikel (apabila artikel kita menerangkan tentang langkah-langkah suatu cara)
  • Memberikan Banyak Data (apabila gambar tersebut berisikan data-data yang sangat banyak dan tidak memungkinkan untuk ditulis di artikel)
  • Dan masih banyak lagi.

 

Gambar dapat memberikan nilai tambah untuk dapat membuat konten dinilai berkualitas.

 

Apabila kita tidak tahu lagi ingin membuat konten berkualitas seperti apa, maka kita bisa menggunakan beberapa tools berikut ini untuk mencari sumber ide konten berkualitas lainnya. Kita bisa mempelajari penggunaan tools tersebut di artikel yang berjudul Tools Untuk Blogger yang Dapat Membuat Konten Menjadi Berkualitas berikut ini.

 

3. Tujuan Dari Konten Mengarah Kemana? Dan Sudahkah Tepat Sasaran

Ada 2  hal yang bisa kita temukan di Internet mengenai pembuatan konten, satu adalah kita menulis dan menciptakan konten untuk diri kita sendiri, atau satu lagi menciptakan konten untuk para pembaca atau orang lain yang melihat. Menciptakan suatu konten untuk orang lain atau pembaca adalah bertujuan untuk membantu.

 

Lalu, dari kedua hal tersebut, manakah yang lebih disukai oleh banyak orang? Tentu saja opsi yang kedua. Dimana kita membuat konten yang ditujukan kepada para pembaca atau orang lain yang melihat. Tentunya konten yang dibuat berkualitas, akan meninggalkan pesan dan kesan kepada para pembacanya, dan membantu meningkatkan popularitas website kita.

 

Terkadang konten yang memang memiliki nilai atau informasi yang begitu dibutuhkan oleh banyak orang, atau sekedar terkenal, maka tingkatan share ke sosial media pada konten tersebut sangatlah tinggi, tentunya untuk membuat konten seperti itu, kita perlu dan butuh mencari tahu sesuatu yang sedang populer, baik itu sekarang atau yang akan datang.

 

Untuk mempelajari bagaimana caranya membuat konten yang dapat membuat orang rela untuk share ke sosial media secara cuma-cuma, bisa kita cari tahu pembahasannya pada artikel yang berjudul 6 Elemen yang Dapat Membuat Konten Menjadi Viral berikut ini.

 

4. Cari Tahu Apa yang Kompetitor Lakukan, Bandingkan Konten Kita Dengan Mereka

Tidak ada cara yang terbaik untuk mengetahui konten kita berkualitas atau tidak selain dengan cara membandingkan dengan kompetitor, sama halnya dalam menjual sebuah produk, kita tidak akan tahu produk mana yang bagus sebelum kita bandingkan dengan kompetitor.

 

Hampir setiap hal memiliki kompetitor, sama seperti menjual suatu produk dan membuat suatu konten, semuanya pasti ada kompetitor. Kita ambil contoh penelusuran artikel informasi dengan kata kunci “Apa Itu CPA Marketing” dan kita ketikan di dalam mesin pencari Google. Dan hasilnya seperti berikut :

 

Hasil Penelusuran

Hasil Penelusuran Suatu Artikel

 

Dari gambar diatas, tentu kita dapat melihat bahwa dalam suatu topik yang kita buat di artikel kita, masih banyak artikel lain yang berkualitas dan muncul di halaman pertama mesin pencari.

 

Langkah yang harus dilakukan adalah, kita lihat konten tersebut (yang muncul di pencarian halaman pertama), dan bandingkan dengan konten yang kita buat. Maka dari sana kita akan melihat perbandingan antara konten kita dengan konten mereka. Jika bisa, contohlah apa yang mereka lakukan terhadap konten yang mereka buat dan publish di website nya.

 

Namun apabila kita bisa menciptakan suatu konten yang memang tidak ada yang bisa menandinginya, maka kita bisa monopoli keseluruhan pencarian di mesin pencari dalam topik tersebut.

 

Tapi sebelum membuat topik yang berbeda dengan yang lain, pastikan terlebih dahulu topik tersebut pencarian nya tinggi di mesin pencari agar pengunjung website kita tidak sepi.

 

Untuk mengetahui bagaimana cara artikel bisa berada di halaman pencarian atas, atau berada pada posisi pertama, maka kita bisa mencari tahu informasinya di artikel yang berjudul Cara Membuat Artikel Menarik Untuk Website Agar Mendapatkan Page One di Google berikut ini.

 

5. Pastikan Judul dan Paragraf Pertama Bisa Menarik Perhatian Pembaca, Agar Konten yang Dibuat Berkualitas

Apa yang membuat sebuah penawaran begitu menarik perhatian? Itu karena penggunaan judul dalam penawaran tersebut yang menarik perhatian yang melihat. Judul menjadi salah satu hal yang memengaruhi tingkatan konversi di dalam sebuah penawaran yang dilakukan, dan tentunya berperan besar dalam trafik secara keseluruhan.

 

Apabila kita memiliki suatu pembahasan yang bisa dikatakan hampir sama atau sama, maka kita bisa membuat sebuah judul dan paragraf awal yang setidaknya berbeda dari konten sebelumnya. Konten yang bagus dan penggunaan judul yang bagus tentunya dibutuhkan pembelajaran, semakin di asah, semakin tajam judul dan konten tersebut, semakin bagus juga topik yang dibahas, sehingga membuat para pembaca semakin penasaran.

Silahkan di Share:

Author: Willy G

Passionate internet marketer. Believe in idea and creativity.

Share This Post On

Tinggalkan Balasan