Cara Mempercepat Loading Blog Menggunakan CDN CloudFlare

Untuk bisa mendatangkan banyak pengunjung ke blog kita, perlulah kita memiliki blog dengan kecepatan loading yang maksimal, dan kita juga perlu mempercepat loading blog kita. Kenapa? Karena kecepatan loading blog dinilai baik oleh mesin pencari, dan tentunya itu menjadi salah satu faktor blog atau website kita bisa berada di posisi pertama di halaman pencarian.

 

Cara Mempercepat Loading Blog

Ilustrasi Kecepatan Loading Blog

 

Lagipula jika kita mempunyai blog yang memiliki kecepatan loading yang sangat lama, apakah pengunjung akan merasa betah untuk mengunjungi blog kita lagi? Tentunya tidak.

 

Loading suatu blog menjadi cepat bisa dikarenakan beberapa faktor seperti dipengaruhi oleh server hosting apa yang dipakai. Jika hosting yang dipakai memiliki spesifikasi yang bagus maka kecepatan loading blog akan lebih maksimal. Namun untuk memiliki loading blog yang cepat tidak selalu dikarenakan server hosting yang pilih, bisa dikarenakan faktor lain.

 

Kita tentunya bisa mempercepat loading blog kita tanpa harus memilih hosting yang paling mahal (biasanya hosting mahal berkualitas bagus), salah satu cara mempercepat loading blog adalah dengan menggunakan CDN. Apa itu CDN?

 

Apa itu CDN ( Content Delivery Network ) ?

CDN atau kepanjangan dari Content Delivery Network adalah sebuah teknologi yang mendistribusikan konten yang terdapat pada blog kita seperti CSS, image, video, dan file lainnya ke server terdekat dengan pengunjung atau pengakses blog kita di seluruh dunia, sehingga tentunya konten maupun data atau file-file dari blog kita bisa diterima dan diakses lebih cepat.

 

Dengan menggunakan CDN, kita bisa mempercepat loading blog kita agar bisa lebih maksimal dibandingkan sebelum kita sebelum menggunakan CDN. Lalu, layanan CDN seperti apa yang akan kita gunakan?

 

Kami merekomendasikan untuk menggunakan CDN dari CloudFlare. Kenapa? Karena untuk saat ini, CloudFlare adalah layanan CDN yang memiliki kinerja yang maksimal dan tentunya gratis (hanya untuk beberapa fitur), menjadikan CloudFlare sebagai salah satu  penyedia layanan CDN yang paling banyak digunakan oleh para blogger maupun webmaster.

 

Manfaat Menggunakan Layanan CDN dari CloudFlare

Banyak manfaat yang bisa kita dapatkan secara cuma-cuma jika kita menggunakan layanan CDN dari CloudFlare, seperti berikut ini:

 

  • Menghemat Bandwidth

Banyak kasus pada blog yang terjadi, seperti blog menjadi sering down saat blog tersebut mendapatkan banyak sekali pengunjung. Namun dengan menggunakan layanan CDN tentunya kita tidak perlu khawatir lagi dengan hal tersebut, karena layanan CDN dapat menghemat bandwidth sehingga blog kita bisa lebih banyak melayani jumlah pengunjung yang berdatangan.

 

  • Memperketat Keamanan Blog

Dengan menggunakan layanan CDN, kita tidak perlu khawatir dengan serangan para tangan jahil pada blog kita. Selain mengamankan blog, kita juga bisa memblokir IP dari pengakses blog sesuai dengan keinginan.

 

  • Mempercepat Loading Blog

Alasan utama banyak blogger menggunakan layanan CDN adalah karena mereka ingin mempunyai blog yang memiliki kecepatan loading yang maksimal, oleh karena itu menggunakan CDN menjadi salah satu cara yang bagus untuk mempercepat loading blog mereka.

 

Layanan CDN CloudFlare khususnya bekerja dengan cara mendistribusikan semua file seperti CSS, javascript, image, video, dan file lainnya dari blog kita ke seluruh server yang ada di dunia. Sehingga apabila ada pengunjung yang mengunjungi blog kita, server utama tidaklah perlu mengirimkan semua file dari blog kita, melainkan server yang terdekat dengan pengunjung atau pengakses lah yang akan melakukannya sehingga blog kita bisa diakses dengan lebih cepat.

 

Cara Mempercepat Loading Blog Menggunakan Layanan CDN Clodflare

Cara Mempercepat Loading Blog Step 1

 

Untuk menggunakan layanan CDN CloudFlare tidaklah sesulit apa yang dibayangkan, simak informasi berikut ini untuk mengetahui cara-cara menggunakan nya:

 

Tahapan 1: Mendaftar CloudFlare

  • Pertama daftarkan blog kita ke CloudFlare, atau bisa buka https://www.CloudFlare.com/sign-up
  • Setelah itu masukan email, username, password. Pastikan kita menyetujui kebijakan-kebijakan dari CloudFlare dengan memberi tanda centang “I agree to CloudFlare’s Terms of use”. Setelah itu Create account now.
  • Kemudian masukan alamat blog yang ingin kita daftarkan ke CloudFlare dengan klik Add Website.
  • Setelah mendaftar, selanjutnya kita atur A dan MX Records. Hal ini difungsikan untuk mengatur lalu lintas trafik melalui CloudFlare, agar loading blog kita menjadi lebih cepat dan menghemat bandwidth.

 

Tahapan 2 : Setting DNS

Kita bisa setting DNS kita dengan klik menu DNS di bagian atas menu CloudFlare.

 

Cara Mempercepat Loading Blog Step 2

 

Pada bagian DNS ada beberapa gambar berbentuk awan, perlu kita ketahui bahwa gambar awan yang berwarna oranye pada setiap setting DNS mengartikan bahwa lalu lintas trafik diatur oleh CloudFlare. Namun untuk gambar awan yang tidak berwarna oranye atau berwarna abu-abu, mengartikan bahwa lalu lintas tidak diatur oleh CloudFlare.

 

Tahapan 3 : Setting NS (Nameserver)

Setelah selesai melakukan setting DNS untuk blog kita, tahapan selanjutnya adalah melakukan update nameserver (NS).

Cara Mempercepat Loading Blog Step 3

 

Tentunya yang akan kita update adalah Nameserver yang terdapat pada registrar domain. Untuk membuat layanan CDN berfungsi di blog, maka kita akan update Nameserver yang terdapat di perusahaan hosting yang kita pakai. Buka website hosting yang kita pakai. Klik menu Domain. Lalu pilih menu Nameserver. Setelah itu ganti nameserver lama dengan memasukan Nameserver CloudFlare yang baru.

 

Jika kita sudah update Nameserver untuk blog kita dengan Nameserver dari CloudFlare, maka layanan CDN kita akan berfungsi, setidaknya harus menunggu beberapa saat terlebih dahulu sampai semua berjalan dengan sempurna.

 

Perlu diketahui bahwa untuk menggunakan layanan CDN dari CloudFlare tentunya hanya bisa digunakan pada blog ataupun website dengan hosting pribadi (selfhosted). Kita juga bisa menggunakan layanan CDN dari CloudFlare melalui WordPress dengan cara menginstal plugin CloudFlare dan mengaktifkan nya dengan mengisi API Key CloudFlare. Untuk mendapatkan API Key CloudFlare pastikan kita sudah mendaftar di layanan CDN CloudFlare terlebih dahulu.

 

Kita tentunya tidak perlu bingung hanya untuk memahami cara mempercepat loading blog, karena dengan menggunakan CDN, loading blog kita bisa lebih maksimal dibandingkan jika kita tidak memakainya. Jadi demikianlah cara mempercepat loading blog menggunakan CDN CloudFlare. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Silahkan di Share:

Author: Willy G

Passionate internet marketer. Believe in idea and creativity.

Share This Post On

2 Comments

  1. masih bingung di penggantian name server..
    bisa kasih tutorial lebih detailnya mas
    terima kasih

    Post a Reply

Tinggalkan Balasan