4 Cara Mempromosikan Produk di Facebook Agar Penghasilan Penjualan Melimpah

Hal pertama yang kita pikirkan saat memiliki produk yang sangat bagus adalah produk tersebut harus bisa menjual dirinya dengan sangat banyak. Saat kita memiliki sebuah produk yang sangat bagus, tentunya kita juga harus mencari banyak customer untuk produk kita, jalannya yaitu dengan cara mempromosikan produk di Facebook.

 

Cara Mempromosikan Produk di Facebook

Mempromosikan Sebuah Produk di Facebook

 

Namun yang perlu kita tanyakan adalah, bagaimana cara mempromosikan produk di Facebook dengan fanpage dan dapat terlihat oleh banyak orang dan tentunya menghasilkan penjualan. Untuk mendapatkan sebuah penjualan di Facebook, tentunya kita harus mengubah cara promosi kita dengan tidak menggunakan sebuah sudut pandang dari sebuah perusahaan, ada baiknya kita menggunakan sudut pandang secara personal.

 

Sudut pandang secara personal seperti apa? Seperti menggunakan kata-kata yang santai dengan penuh kreativitas di dalam posting Facebook nya. Karena Facebook adalah sosial media, maka kita pun juga harus bisa berinteraksi dengan baik sesama pengguna Facebook yang nyatanya banyak yang menggunakan bahasa yang berbeda-beda, maka dari itu bahasa santai menjadi suatu pilihan.

 

Tentunya ada banyak cara promosi produk yang lain yang bisa kita gunakan untuk mempromosikan sebuah produk di Facebook, berikut ini kami berikan beberapa cara mempromosikan produk di Facebook agar produk yang dijual menghasilkan profit yang melimpah.

 

1. Cara Mempromosikan Produk di Facebook Dengan Menuangkan Kreativitas

Unik, dan menarik. Kita tahu tentunya segala hal yang unik dan menarik dapat memancing sebuah interaksi di sosial media, sama seperti di Facebook, sesuatu hal yang unik dan menarik dapat menghasilkan banyak engagement, dan hal tersebut tentunya menguntungkan.

 

Penggunaan gambar yang berkualitas tinggi pun juga tidak boleh dilewatkan, karena semakin gambar yang digunakan berkualitas tinggi, maka semakin tinggi pula engagement yang akan di dapatkan.

 

Postingan kita tidak akan mendapatkan engagement apabila kita tidak menuangkan sebuah kreativitas di dalamnya. Coba ingat lagi hal unik dan menarik apa yang sebelumnya anda gunakan di bahan promosi produk anda di Facebook? Apakah menggunakan gambar ataukah menggunakan video?

 

Semakin banyak menuangkan kreativitas kita di dalam postingan promosi produk di Facebook, semakin banyak pula engagement yang akan kita dapatkan, sehingga post tersebut bisa berpotensi menjadi viral.

 

Untuk dapat membuat sebuah postingan di Facebook yang menarik, kita tentunya perlu mengetahui jenis post seperti apa yang disukai dan menghasilkan banyak interaksi. Berikut ini pembahasan mengenai jenis-jenis post yang mendatangkan banyak interaksi di Facebook, simak pembahasan nya pada artikel yang berjudul 5 Macam Jenis Post yang Dapat Meningkatkan Penjualan berikut ini.

 

Foto Produk Tidak Perlu Terlihat Profesional, Tunjukan Sebagaimana Sebenarnya Terlihat

Apa yang dimaksud dengan sebenarnya terlihat? Yang dimaksudkan disini adalah kita tentunya tidak perlu menggunakan stock images di foto produk yang akan kita promosikan di Facebook. Menggunakan foto sebenarnya justru lebih bagus (hanya saja perlu sedikit di tinggikan/perbaiki kualitas fotonya jika kualitas foto tidak terlalu bagus).

 

Berikan Pengalaman Menarik dari Bisnis Kita Ke Customer

Ada suatu hal yang menarik dari cara mempromosikan produk di Facebook, yaitu dengan menggunakan fitur video 360 di Facebook. Caranya adalah dengan kita merekam sebuah video tentang produk kita atau perusahaan kita yang memproduksi produk yang di promosikan di Facebook (jika produk tersebut fisik).

 

Semakin customer mengenal siapa dan bagaimana bisnis kita berjalan, maka semakin baik pula hubungan customer dengan kita, serta meningkatkan sebuah kepercayaan yang terjalin antara kita dengan customer (itu karena customer mengetahui lebih produksi dari produk-produk jual kita, sehingga mereka dapat percaya bahwa produk kita benar-benar berkualitas di setiap pembuatan nya).

 

Semakin percaya customer dengan bisnis kita, semakin tinggi pula suatu penjualan yang akan terjadi di setiap promosi produk yang dilakukan.

 

2. Minta Sebuah Penilaian Dari Pelanggan Terkait Produk Atau Bisnis Kita

Jangan pernah meremehkan sebuah ulasan atau penilaian dari para pelanggan atau pembeli produk kita, walaupun hanya 1 atau 2, penilaian tersebut bisa berpengaruh terhadap penjualan produk berikutnya.

 

Apabila bisnis kita sudah memiliki banyak pengikut atau penggemar, kita bisa meminta atau menanyakan kepada mereka tentang produk kita yang sudah mereka beli atau terkait bisnis kita. Minta kepada mereka apakah mereka bersedia memberikan sebuah penilaian terkait segala hal dari bisnis maupun produk kita.

 

Penilaian yang baik walaupun hanya 1 atau 2, apabila keduanya memberikan bintang 5 di halaman Facebook bisnis kita, maka hal tersebut tentunya akan memberikan efek positif terhadap bisnis kita, maka jangan sekali-kali meremehkan sebuah penilaian dari pelanggan kita.

 

Sebuah review dari sebuah produk akan dapat muncul dalam hasil pencarian ketika customer membutuhkan sebuah informasi terkait bisnis kita. Itu tentunya penting sekali.

 

Bahkan sebuah riset yang dilakukan oleh Moz, sekitar 67,7% responden dalam survei yang mereka lakukan, mengatakan bahwa sebuah ulasan sangat berdampak kepada keputusan pembelian customer. Berikut ini kami berikan contoh review di fanpage Facebook pada salah satu komunitas ternama di Indonesia.

 

Fanpage Review

Salah Satu Fanpage Komunitas di Facebook

 

Fanpage Review

Beberapa Review dari Fanpage Komunitas di Facebook

 

Cara mempromosikan produk di Facebook seperti ini tentunya sangat memberikan dampak yang positif walaupun tidak cepat hasil yang didapatkan, namun dapat berguna untuk jangka panjang. Review yang baik dari customer kita, tentunya akan menghasilkan sebuah perhatian orang banyak, yang nantinya hal tersebut akan meningkatkan brand awareness produk atau bisnis kita.

 

3. Memberikan Cerita, Gambar, Video Tentang Pengalaman Customer Dengan Produk Kita

Ada sebuah cara mempromosikan produk di Facebook yang mungkin sudah jarang dilakukan, yaitu adalah cara mempromosikan produk di Facebook menggunakan gambar atau video kepuasan customer terkait produk jual kita. Ya mungkin cara tersebut akan sulit dijalankan, tentu kita akan berpikir bagaimana cara agar bisa mendapatkan konten yang kita inginkan (gambar/video/cerita kepuasan customer terkait produk kita) dari para customer kita ?

 

Cara Promosi Produk Dengan Mengadakan Kontes di Facebook

Cara seperti ini cukup mudah dilakukan, namun hanya saja kita tidak bisa melakukannya apabila kita hanya memiliki sedikit likers di fanpage kita. Namun jangan khawatir, kita bisa menggunakan iklan untuk mempercepatnya.

 

Kita bisa mengadakan konten dengan hadiah yang menarik dan juga relevan dengan produk kita, contohnya misalkan kita menjual produk kesehatan, maka ada baiknya hadiah yang akan diberikan berupa alat-alat kesehatan.

 

Jadi kita hanya tinggal memberikan instruksi kepada audience kita untuk mengirimkan gambar kepuasan menggunakan produk dari kita, semakin besar dan menarik hadiah yang diberikan, maka semakin banyak pula kontestan yang akan mengirimkan konten kepada kita.

 

Agar kontes hanya mengarah ke kontestan yang kita inginkan, maka kita bisa membuat sebuah post yang hanya mengarahkan kepada orang-orang yang kita inginkan saja, seperti menggunakan fitur News Feed Targeting yang ada pada fanpage bisnis kita.

 

Untuk mengetahui bagaimana cara menggunakan beberapa fitur di fanpage Facebook bisnis kita, maka kita bisa melihat pembahasan nya pada artikel yang berjudul Tools Penting Untuk Optimasi Audience di Facebook berikut ini.

 

4. Beriklan di Facebook

Ya, ini adalah cara paling cepat untuk mendapatkan penghasilan melimpah dari penjualan produk-produk kita di Facebook. Cara mempromosikan produk di Facebook dengan cara beriklan adalah salah satu langkah yang baik untuk kita jalankan selaku pebisnis.

 

Ada lebih dari 1,65 miliar lebih pengguna aktif bulanan di Facebook, dan di setiap detiknya, menitnya, jamnya, ada banyak orang yang melakukan login ke Facebook. Dan dengan beriklan, tentunya promosi produk yang kita lakukan lebih tertarget.

 

Untuk mengetahui bagaimana caranya beriklan di Facebook, bisa melihat pembahasannya di artikel yang berjudul Cara Membuat Iklan Facebook Untuk Pertama Kali berikut ini.

 

Kita tentunya harus lebih berhati-hati dalam menentukan target pada setiap iklan kita di Facebook, salah sedikit maka promosi yang dilakukan tidak akan berjalan dengan sempurna.

Silahkan di Share:

Author: Willy G

Passionate internet marketer. Believe in idea and creativity.

Share This Post On

Tinggalkan Balasan