Mengatasi Masalah AME (Ads Manager Error) : Bagaimana Agar Akun Iklan Facebook Tidak Dinonaktifkan – Part 2

Artikel ini adalah lanjutan dari artikel sebelumnya yang berjudul: Mengatasi Permasalahan Akun Iklan yang Terkena AME (Ads Manager Error) – Part 1. Saya sarankan sebelum membaca artikel ini, dibaca dahulu artikel sebelumnya agar pembahasan tetap menyambung. Pembahasan diartikel tersebut berupa cara mengatasi AME (Ads Manager Error), langkah yang harus dilakukan setelahnya, dan masih banyak lainnya lagi.

 

Cara Mengatasi AME di Facebook Ads

Mengatasi AME di Facebook Ads

 

Kita tahu bahwa Facebook sudah menjadi sumber trafik terbesar di kategori sosial media bagi kebanyakan trafik yang terjadi di Internet setelah mesin pencari Google. Dan program periklanan di Facebook pun menjadi salah satu tempat untuk mempromosikan produk yang paling favorit beserta dengan Google Adwords dan program periklanan lainnya.

 

Jika kita sudah lama beriklan di Facebook, kita akan banyak menemukan hal-hal baru yang terkadang membuat kita bingung dan membuat kita merasa frustasi. Contohnya sebuah peringatan seperti berikut ini :

 

“Your ad account has been flagged for policy violations, Any ads running have been turned off. If you believe this mistake, please contact us.”

 

Peringatan diatas sebenarnya sebuah kalimat yang biasa, namun dampaknya bagi kita sungguh luar biasa apabila kita mengalaminya. Mungkin alasan tersebut yang terkadang membuat kita merasa frustasi, terlebih memikirkan bagaimana menyelesaikan masalah tersebut.

 

Bahkan ada banyak orang yang berbicara bahwa “Facebook tidak adil” dan keluhan-keluhan yang lainnya terkait masalah Facebook AME (Ads Manager Error) yang mereka alami. Mereka mengeluh justru wajar, apalagi iklan yang dinonaktifkan adalah iklan yang mendapatkan Winning Campaign atau iklan yang performanya sedang bagus-bagusnya karena menghasilkan.

 

Sebagian akun iklan Facebook terkena AME (Ads Manager Error) karena kesalahan sistem, sebagian lagi karena memiliki Negative Feedback yang terlalu tinggi, sebagian lagi karena melanggar secara terang-terangan, dan sebagian lagi karena aktivitas yang tidak biasa terjadi di akun iklan kita. Semua hal ini memiliki sisi masalahnya sendiri-sendiri.

 

Pembahasan kali ini akan menerangkan bagaimana caranya agar akun iklan kita tidak terkena AME (Ads Manager Error) serta bagaimana caranya mengatasi AME agar tidak terjadi lagi kedepan-kedepannya.

 

Perlu digaris bawahi dulu sebelumnya, bahwa pembahasan atau tips berikut ini tidak menjamin akun iklan anda akan aman 100%, karena jika akun iklan anda dinonaktifkan karena melanggar TOS periklanan di Facebook, maka sudah jelas akun anda akan ditandai melanggar dan berpotensi dinonaktifkan oleh Facebook.

 

Anda bisa membaca dan memahami kebijakan beriklan di Facebook secara resmi di link berikut :

https://www.facebook.com/policies/ads/

 

Ada beberapa hal yang menyebabkan akun iklan dinonaktifkan dan perlu jauh-jauh hari kita waspadai. Antaranya :

  • Akun Personal Milik Sendiri
  • Akun Iklan (Ad Account)
  • Landing Page di Iklan yang Dijalankan
  • Dan Lain-lainnya.

 

Mari kita bahas satu-persatu.

 

Akun Personal Milik Sendiri – Coba Buat Facebook Business Manager Account, Jangan Beriklan Dengan Akun Personal

Cara Mengatasi AME di Facebook Ads

Buat Akun Business Manager, Salah Satu Upaya Mengatasi AME via sproutsocial.com

 

Jika kita benar-benar ingin beriklan di Facebook untuk jangka yang panjang, maka kita perlu membuat Business Manager Account. Bisa anda akses di (http://business.facebook.com)

 

Ini bisa meminimalisir terjadinya akun iklan AME karena masalah aktivitas yang tidak dikenali, sehingga bisa berujung pada dinonaktifkannya nomor rekening yang kita pakai untuk beriklan di Facebook.

 

Dengan memiliki Business Manager Account di Facebook, kita bisa bekerja dengan akun iklan-akun iklan yang lain yang telah disambungkan ke akun Business Manager milik kita.

 

Kita bisa kunjungi situs resmi Facebook langsung untuk mempelajari bagaimana cara membuat akun Facebook Business Manager dan bagaimana cara setup akun iklan disana.

 

Jika beriklan dengan akun personal, apabila terkena AME akun iklannya. Justru segala aset terkait data Audience, Pixel akan hilang dan tidak bisa digunakan. Maka dari itu membuat akun Facebook Business Manager sangat perlu dilakukan agar bisa meminimalisir resiko terkena AME kedepannya dan tidak dirugikan karena masalah tersebut.

 

Jangan Login Facebook Untuk Mengakses Iklan Dengan Menggunakan Perangkat yang Berbeda (Berbeda IP)

Ini juga salah satu penyebab akun iklan Facebook terkena AME. Perlu kita ketahui bahwa setiap profil Facebook dan akun iklan kita terhubung ke alamat IP utama. Jika Facebook nantinya melihat ada beberapa login atau akses dari alamat IP yang berbeda lokasi, maka sistem Facebook akan langsung menonaktifkan akun iklan karena mereka melihat aktivitas yang tak biasa terjadi di dalam akun iklan kita.

 

Peringatan yang akan dimunculkan di Ads Manager akan berbunyi seperti berikut ini:

 

“Your ads account has recently been flagged because of unusual activity. For security reasons, any ads you’re running will be paused until you can confirm your account information by contacting Facebook.”

 

Untuk mencegah hal itu terjadi kepada kita, maka sarannya gunakan aplikasi Facebook Mobile yang tersedia untuk smartphone jika ingin Login Facebook untuk cek iklan.

 

Upaya Mengatasi AME, Dengan Beriklan Menggunakan Akun yang Sudah Siap, dan Cobalah Panaskan Akun Tersebut Dengan Iklan

Seperti pada pembahasan yang ada di artikel sebelumnya, jangan pernah beriklan dengan akun yang baru selesai dibuat atau akun yang belum dipanaskan dengan beriklan.

 

Akun iklan yang sudah sering beriklan performa iklannya akan jauh lebih baik daripada akun iklan yang masih baru, terlebih akun iklan yang baru selesai dibuat. Jika memiliki akun yang masih baru, cobalah panaskan dahulu dengan beriklan menggunakan akun tersebut.

 

Jika tidak memiliki modal yang besar, cobalah untuk beriklan misalnya 200 ribu untuk iklan pertama di akun iklan yang baru dibuat. Bisa promosikan produk yang murah atau promosikan sebuah website agar iklan yang baru dibuat mudah menciptakan interaksi.

 

Saat pemanasan akun iklan, pastikan iklan kita 100% sudah disetujui oleh Facebook. Jika saat mulai pemanasan, iklan-iklan di akun baru kita banyak yang tidak disetujui, maka bisa saja akun iklan baru tadi langsung terkena AME (bisa saja terjadi). Facebook ada kemungkinan menganggap akun iklan tersebut sebagai spammer, padahal nyatanya kita tidak membuat iklan-iklan yang mengandung unsur spam.

 

Maka dari itu ketika ada iklan yang tidak disetujui, sebaiknya dihapus lalu dibuat baru lagi menggunakan konten iklan(bagian Ads nya) yang berbeda. Terlalu banyak iklan yang tidak disetujui akan membuat akun iklan dinonaktifkan.

 

Bersihkan Akun Iklan Kita dari Iklan-iklan yang Pernah Tidak Disetujui Oleh Facebook, Ini Salah Satu Upaya Mengatasi AME (Ads Manager Error)

Ketika ada banyak iklan yang tidak disetujui, iklan-iklan lainnya yang baru dibuat juga akan berpengaruh. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, terlalu banyak iklan yang tidak disetujui akan membuat akun iklan dinonaktifkan.

 

Jadi yang harus dilakukan, jika iklan ditolak, segera hapus iklan tersebut. Tapi perlu kita ketahui bahwa Facebook juga memiliki catatannya sendiri terkait akun iklan kita. Jika iklan yang tidak disetuji kita hapus, Facebook juga masih punya catatan bahwa iklan-iklan yang telah terhapus sudah pernah ditolak oleh Facebook.

 

Jadi ketika kita melakukan kesalahan satu kali saja yang membuat akun iklan menjadi AME (Ads Manager Error) maka Facebook biasanya akan memberikan catatan-catatan lainnya terkait iklan yang tidak disetujui sebelumnya dari akun iklan kita. Sehingga hal tersebut juga menjadi sebuah pertimbangan untuk mereka ketika mereka ingin menonaktifkan akun iklan kita.

 

Selain menghapus iklan-iklan yang tidak disetujui, kita juga bisa melakukan :

  • Menghapus Iklan Lama dan Coba Mengekspornya

 

Kenapa menghapus iklan lama dan mengekspornya? Kenapa tidak didiamkan saja di Ads Manager?

 

Pernahkah mengalami bahwa akun iklan lama yang pernah dijalankan berbulan-bulan misalnya pada waktu dulu, lalu sekarang ditolak oleh Facebook? Mungkin kita akan menganggapnya itu adalah kesalahan yang tidak jelas.

 

Tapi sebenarnya yang terjadi adalah, Facebook terkadang merubah kebijakan beriklannya dan kemudian melakukan review lagi pada setiap akun-akun iklan milik kita dan orang lain. Jadi akun iklan yang pernah menjalankan iklan pada waktu dulu dan baru saja ditolak sekarang, itu karena iklannya terkena review oleh Facebook dan menyalahi kebijakan beriklan Facebook yang baru saja mereka update.

 

Lalu bagaimana jika kita tidak tahu ada update kebijakan Facebook yang baru? Ya justru itu. Kita tidak memiliki hak lebih untuk menuntut, kecuali mengajukan banding ke Facebook. Dengan mengirim formulir kontak ke Facebook agar kita bisa mengatasi AME (Ads Manager Error) di akun iklan kita.

 

Mau bersedih, marah, kesal dan lainnya juga percuma, akun iklan kita juga tidak akan balik lagi jika terkena AME seperti itu. Namanya juga kita numpang promosi dirumah orang (Facebook) istilahnya.

 

Banyaknya Negative Feedback di Iklan yang Dijalankan

Jika ingin mengatasi AME, maka kita perlu paham dulu apa itu Relevance Score. Apa yang dimaksud Negative Feedback? Itu adalah seperti iklan di Hide oleh User Facebook, lalu Relevance Score pada iklan mendapatkan angka dibawah 5. Semakin kecil Relevance Score, semakin tidak tertarik Audience terhadap iklan yang dijalankan.

 

Pembahasan Relevance Score pernah dibahas pada artikel yang berjudul Menentukan CTR Terbaik Agar Iklan Facebook Selalu Untung berikut ini.

 

Relevance Score dapat mempengaruhi performa iklan, bukan hanya soal performa tayangan iklan yang akan diberikan kepada orang-orang yang tidak berpotensi membeli, bisa juga membuat iklan dianggap sebagai spam oleh Facebook.

 

Ketika Relevance Score sudah terlalu kecil angkanya, itu berarti mendakan bahwa iklan sudah tidak Relevan lagi kepada Audience yang di target. Ketika sudah tidak Relevan lagi kepada Audience, maka itu juga yang mengakibatkan banyak orang Hide Post iklan kita, karena iklan kita tidak Relevan bagi mereka.

 

Maka hasilnya ya Negative Feedback pada iklan kita menjadi tinggi. Membuat akun iklan menjadi dinonaktifkan oleh Facebook.

 

Kita perlu ingat, bahwa Facebook mengutamakan KEPUASAN PENGGUNANYA. Bukan KEPUASAN PENGIKLANNYA. Walaupun Facebook juga MENGINGINKAN UANG DARI PENGIKLANNYA. Mereka Facebook sangat tegas pada hal apapun yang terjadi jika itu mengganggu kenyamanan pengguna mereka (para user Facebook).

 

Jangan Menggunakan Iklan yang Menyesatkan, Membuat Terheran-heran Hanya Untuk Mendapatkan Trafik

Penyebab lain akun iklan Facebook terkena AME adalah karena menjalankan iklan dengan konten yang membuat terheran-heran sehingga membuat orang ingin mengunjungi apa yang ada dibalik link tersebut. Seperti contohnya :

 

Mengatasi Masalah Akun Iklan AME di Facebook Ads

Contoh Iklan yang Misleading via twitter.com/MicahGrimes

 

Di Ad Copy nya iklan diatas ini ada kalimat “poin ke 8 membuat kita berpikir”. Pengguna Facebook pastinya akan terheran-heran, sehingga klik link tersebut untuk mencari tahu apa yang terjadi dibaliknya.

 

Ketika apa yang pengguna Facebook herankan tidak sesuai kenyataan yang didapat, maka mereka akan cepat meninggalkan Page tersebut. Dan ada juga pengguna Facebook yang melakukan Hide Post atau Report pada konten iklan seperti itu. Sehingga Negative Feedback yang didapatkan semakin banyak.

 

Landing Page dan Iklan Harus Benar-benar Jelas Arahannya

Pengguna harus perlu tahu apa yang akan didapatkan ketika mereka klik link pada iklan, atau masukan email pada opt-in di iklan kita. Jika dari konten iklan yang dijalankan dengan apa yang akan didapatkan pengguna adalah berbeda, maka bisa dipastikan pengguna akan memberikan Negative Feedback berupa hide post misalnya, atau report dan lainnya.

 

Berikan Audience apa yang benar-benar ada di iklan, bukan berbeda dari iklan yang dijalankan. Meski mungkin bisa saja iklan jenis-jenis seperti ini dapat lolos beriklan, tapi bukan berarti akun iklan mereka bisa saja lolos. Bisa saja akun tersebut sudah ditandai sehingga nantinya bisa saja dinonaktifkan oleh Facebook secara mendadak. (bisa saja itu terjadi).

 

Kesimpulan

Perlu kita ingat, bahwa kita beriklan di Facebook istilahnya adalah menumpang promosi di rumah orang. Jadi sebelum menjalankan iklan, patuhi dulu peraturan-peraturan apa yang pemilik rumah sudah berikan. Jika tidak mematuhi, bisa saja dinonaktifkan oleh pemilik rumah.

 

Akun iklan yang sudah dinonaktifkan sebenarnya bisa saja diaktifkan kembali, namun itu semua tergantung pertimbangan dari tim Facebooknya sendiri. Jika kita tidak melanggar, bisa saja diaktifkan. Jika melanggar dan tidak bisa diaktifkan kembali, maka sudah waktunya menggunakan akun iklan yang lain.

 

Saya ingatkan bahwa sumber trafik bukan datang hanya dari Facebook saja. Jika memang ingin beriklan ada alternatif lain seperti Google Adwords misalnya. Pertimbangkan untuk menggunakan platform-platform iklan yang lain, jika nanti sewaktu-waktu masalah pada satu platform anda alami.

 

Pembahasan sederhana ini saya harapkan bisa membantu permasalahan akun iklan baik itu anda atau teman anda yang terkena AME (Ads Manager Error). Jika dirasa artikel ini bermanfaat, silahkan share artikel ini ke teman-teman anda agar makin banyak orang yang bisa terbantu dalam mengatasi AME (Ads Manager Error) ini.

 

Semoga masalah anda terkait AME (Ads Manager Error) segera cepat terselesaikan ya! Jika ada yang ditanyakan, silahkan tanyakan dikolom komentar dibawah ini. Terimakasih.

Silahkan di Share:

Author: Willy G

Passionate internet marketer. Believe in idea and creativity.

Share This Post On

4 Comments

  1. Masalah saya FB Ads selalu tidak disetujui, padahal saya sudah memenuhi aturan Facebook. Dan hanya 1 fanpage saja yang tidak bisa di iklankan. Mohon bantuan dan solusinya.

    Terima kasih.

    Post a Reply
    • Mungkin ibu pernah melanggar kebijakan beriklan di Facebook sebelumnya, sehingga akun iklan ibu ditandai oleh Facebook. Atau bisa jadi fanpage ibu bermasalah, misal dari penamaannya, atau konten-kontennya. Bisa ibu pelajari kebijakan beriklan di Facebook melalui link ini hxxps://www(dot)facebook(dot)com/policies/ads/

      Post a Reply
  2. Halo Pak Willy,

    Kalau akun ads saya di tutup permanen karena alasannya Negative Feedback, apakah ada tips n trik untuk kami bs buka akun baru agar gak di korelasikan dengan akun ads yang di tutup permanen tersebut?

    Terimakasih atas perhatiannya pak

    Post a Reply
    • Kalau Neg.Feedback itu karena iklannya mengandung sesuatu (seperti tipu-tipu,clickbait,dll) lalu direport banyak orang. Maka pihak FB akan review lagi iklan anda. Lalu ketika pihak FB melihat memang benar ada yg salah (iklan anda melanggar TOS), maka akun iklan bisa ditutup, atau diberi peringatan (seperti iklan tiba-tiba disapprove dll).

      Kalau buat akun baru ada kemungkinan bisa, cuma kartu debit/kreditnya yang harus dibedakan.

      Coba kontak pihak FB dulu, kalau memang tidak melanggar, ya pasti bakal dibalikan lagi akun iklannya.

      Post a Reply

Tinggalkan Balasan