Cara Menggunakan Custom Audience Di Facebook Ads

Internet Marketer selalu membangun sebuah aset di dalam bisnis nya, seperti list email yang mereka dapatkan dari banyak orang dan bisa mereka gunakan lagi sewaktu-waktu jika mereka perlu untuk mempromosikan sesuatu kepada daftar orang di list email mereka. Jadi, sudahkah anda mempunyai list-list email dari banyak orang yang sesuai target? Untuk menjalankan iklan di Facebook Ads menggunakan email subscribers kita, kita bisa menggunakan fitur dari Custom Audience.

 

Custom Audience

Custom Audience di Facebook Ads

 

Dengan fitur tersebut, kita bisa membuat iklan yang relevan dan dapat dijangkau oleh para email subscribers kita. Berikut ini beberapa cara untuk menargetkan iklan kita kepada para email subscribers kita.

 

Buka Ads Manager

Langkah pertama buka Ads Manager di Facebook kita, atau kita bisa membuka Ads Manager melalui url berikut ini https://www.facebook.com/ads/manage/home/

Custom Audience 1

 

Buka Menu Audience

Untuk membuka menu Audience, kita bisa klik bagian Tools, dan disana ada beberapa menu. Kita pilih menu Audience yang berada paling atas.

Custom Audience 2

 

Klik ‘Create Audience’ dan Pilih ‘Custom Audience’

Kita klik pada bagian Create Audience dan pilihlah Custom Audience yang berada paling atas.

Custom Audience 3

 

Pilih ‘Customer List’ Untuk Menggunakan Email

Dari ketiga pilihan tersebut, kita pilih dan klik Customer List pada bagian yang paling atas.

Custom Audience 4

 

Pilih ‘Upload a File’ Untuk Memasukkan Email Subscribers Kita

Kita pilih dan klik Upload a File untuk upload list email subscribers kita.

Custom Audience 5

 

Setelah Berhasil, Klik Next Dan Tunggu Persetujuan Facebook

Setelah Custom Audience kita berhasil dibuat dengan menggunakan daftar email subscribers kita, kita hanya perlu tunggu saja persetujuan dari Facebook.

Custom Audience 6

 

Jika Facebook memberitahukan bahwa Audience kita sudah siap, maka kita sudah bisa menggunakan Audience kita untuk menargetkan iklan ke para email subscribers kita. Lebih tertarget bukan?

 

Pilih Audience dan Mulai Beriklan

Setelah kita berhasil upload daftar email subscribers untuk kita jadikan Audience kita, kita tentunya bisa melihat data dari audience kita apakah sudah siap ataukah belum seperti tampilan berikut ini:

Custom Audience 7

 

Ketahuilah Informasi Berikut Ini Sebelum Menggunakan Custom Audience

Perlu kita ketahui bahwa bisnis yang memiliki daftar customer nya saja yang telah memberikan bisnis tersebut izin untuk menggunakan data-datanya ( daftar email subscriber mereka ) dalam keperluan iklan saja yang boleh menggunakan fitur Custom Audience yang terdapat di Facebook Ads.

 

Custom Audience sendiri sah-sah saja untuk digunakan dan tentunya tidak dilarang oleh Facebook, namun cara kita menggunakannya yang bisa melanggar ketentuan-ketentuan beriklan di Facebook. Dan, apa yang akan terjadi kepada kita jika kita melanggar aturan beriklan Facebook? Tentu akun iklan kita bisa saja terkena AME (Ads Manager Error) seperti pembayaran iklan kita dinonaktifkan, atau banned, dan lain-lainnya. Lalu solusinya?

 

Agar iklan kita sah dan tidak melanggar aturan dari Facebook, maka ada sewajarnya kita menggunakan Custom Audience dengan baik. Berikut ini tips agar akun Facebook kita aman saat menggunakan Custom Audience di Facebook Ads.

 

Tips 1 : Upload Sewajarnya Saja, Jangan Berlebihan

Saat kita berusaha mencoba upload banyak data email subscribers kita, tentu kita akan dicurigai oleh Facebook. Lalu solusinya adalah dengan kita bagi atau pecah data-data tersebut (daftar email subscribers) kita menjadi beberapa bagian, itupun jika data email subscribers kita sudah mencapai jutaan data.

 

Pecah menjadi beberapa bagian dengan membuat setiap bagian memiliki data dengan angka natural seperti 189.897, dan jangan buat menjadi angka 200.000, karena Facebook nantinya akan mencurigai akun iklan kita.

 

Tips 2 : Ganti Setiap Nama File Yang Di Upload

Jangan membuat data email subscribers yang ingin di upload memiliki nama yang sama, kita bisa membuat data-data email yang dipecah tadi memiliki nama yang berbeda. Contohnya seperti: Data-Email-1, Data-Email-2, dan lain-lain.

 

Tips 3 : Buatlah Konten Iklan Yang Menarik, Dan Patuhi Aturan Beriklan di Facebook

Sebelum membuat iklan di Facebook, kita tentunya perlu membaca beberapa peraturan beriklan yang baik di Facebook agar iklan kita menjadi menarik dan juga menghasilkan. Beberapa tips diatas dapat membuat akun iklan kita aman, namun iklan aman belum tentu menghasilkan. Jadi bagaimana agar iklan bisa aman dan juga menghasilkan?

 

Pelajari terlebih dahulu aturan-aturan beriklan di Facebook, dan cari referensi iklan Facebook yang menurut anda menarik, lalu buatlah iklan yang lebih menarik seperti beberapa referensi iklan yang anda dapatkan, dan tentunya ingat, patuhi lah aturan Facebook. Selamat Mencoba dan Semoga Sukses !

Silahkan di Share:

Author: Willy G

Passionate internet marketer. Believe in idea and creativity.

Share This Post On

Tinggalkan Balasan