Bahaya! Inilah Dampak Negatif Aktivitas Blogging Apabila Dilakukan Secara Berlebihan

Mungkin masih banyak orang yang berpikir bahwa melakukan aktivitas blogging adalah hal yang mudah, mengira bahwa melakukan aktivitas blogging hanyalah membuat artikel, dan publish, setelah itu keuntungan akan datang kepadanya, fakta nya aktivitas blogging tidak semudah itu, masih ada banyak optimasi yang harus dilakukan agar blog tetap berjalan dengan baik dan menguntungkan.

 

Dampak Negatif Aktivitas Blogging

Segala Dampak Negatif dari Blogging, Patut Dihindari

 

Untuk membuat blog bisa berjalan dengan baik dan terus berkembang, maka kita pun juga dituntut untuk bekerja keras agar blog bisa menghasilkan banyak keuntungan untuk kita, seperti misalkan saat blog yang kita miliki kita monetasi, bisa Adsense, bisa Affiliate, atau yang lainnya. Untuk membuat blog yang sukses pun juga ada yang harus kita korbankan, seperti waktu kita bersama orang yang disayang, biaya, dan lainnya, dan itu memang nyatanya akan kita alami saat kita melakukan aktivitas blogging.

 

Bekerja keras mungkin sah-sah saja, namun apabila dilakukan secara berlebihan, tentunya akan ada sesuatu dampak negatif untuk diri kita pastinya, sama halnya melakukan aktivitas blogging, apabila kita lakukan secara berlebihan (dalam hal waktu) mungkin saja kita terkena dampak negatifnya (mudah-mudahan saja tidak).

 

Lalu, seperti apa dampak negatif apabila kita melakukan aktivitas blogging secara berlebihan? Simak pembahasan nya berikut ini.

 

1. Aktivitas Blogging Berlebihan Bisa Berdampak Pada Psikologi

Ini biasa dialami bagi setiap orang yang baru memulai melakukan aktivitas blogging, semakin kita dalam mendalami sebuah teknik (khususnya blogging) maka semakin penasaran diri kita tentang hal yang kita pelajari, dan pada akhirnya kita akan terobsesi untuk terus menerus melakukannya.

 

Terobsesi dalam hal yang positif itu sah-sah saja, namun jika sudah masuk kearah yang negatif, sebaiknya kita hindari. Biasanya dampak psikologi dari sering melakukan aktivitas blogging ini adalah tidak bisa lepas dari memikirkan blog yang dimiliki nya, dan dampaknya pun bisa mengganggu aktivitas kita yang lain saat kita dituntun untuk berpikir sesuatu diluar blogging.

 

2. Dampak Pada Kesehatan

Ini adalah salah satu dampak yang sering terjadi saat seseorang bekerja terlalu keras, seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bekerja keras itu sah-sah saja, namun kita juga harus memperhatikan kesehatan tubuh kita, karena kesehatan itu adalah sesuatu hal yang paling penting dan tidak ternilai harganya.

 

Biasanya dampak kesehatan yang sering terjadi adalah datangnya letih dan lesu yang kemudian membuat kita menjadi lemah atau loyo. Dan tentunya organ tubuh yang paling terasa dampaknya adalah pada mata, mata kita akan terasa berat untuk dibuka, dan tentunya keinginan tubuh kita akan selalu meminta untuk tidur dan tidur.

 

3. Waktu Bersama Orang Sekitar dan Keluarga Menjadi Berkurang

Ini juga salah satu dampak negatif yang harus diperhatikan dan juga dicegah, karena apabila kita terlalu sering melakukan kegiatan blogging, tentu saja waktu kita akan terus menerus di depan layar kaca, dan waktu bersama orang sekitar akan berkurang. Tentunya kita harus membatasi waktu kita untuk melakukan aktivitas blogging dan waktu bersama keluarga, agar kedua waktu tersebut bisa diatur dengan baik.

 

Untuk mengatur waktu blogging kita, tentunya kita harus bisa melihat waktu mana yang bagus untuk kita melakukan aktivitas blogging. Berikut ini ada pembahasan mengenai manajemen waktu untuk para blogger yang ditulis pada artikel yang berjudul Manajemen Waktu Agar Blogging Lebih Produktif Untuk Para Blogger berikut ini.

 

4. Lupa Mengurus Diri Dengan Baik

Dan yang terakhir yang sering terjadi adalah, kurangnya mengurus diri sendiri. Saat kita sudah fokus terhadap apa yang kita kerjakan, khususnya blogging, tentu saja hal apapun yang diluar dari aktivitas blogging akan kita sampingkan, termasuk mengurus diri sendiri.

 

Ada baiknya hal tersebut kita hindari, karena bagaimana pun, diri kita adalah yang utama, dan blogging atau apapun hal yang ingin kita lakukan adalah yang kedua atau ketiga atau ke berapa pun sesuai kepentingan di hidup kita.

Silahkan di Share:

Author: Willy G

Passionate internet marketer. Believe in idea and creativity.

Share This Post On

Tinggalkan Balasan