Teknik Marketing yang Bisa Dipelajari Dari Game Pokemon Go

Inilah fonemena Game Pokemon Go. Sudah pernah mendengar nama Pokemon sebelumnya? Jika kita lahir diantara tahun 1993-1999 pasti tidak akan asing dengan nama Pokemon. Ya, karena Pokemon sebelumnya adalah tontonan favorit semasa kita kecil dahulu yang dimana sering tayang pada tahun 2002 bahkan sampai sekarang (mungkin ada beberapa yang sudah lupa), Pokemon sendiri pertama tayang pada tahun 1997 di Jepang. Masuk ke ranah game, kali ini Pokemon dan Niantic meluncurkan sebuah game yang sangat berpengaruh besar terhadap aktivitas beberapa orang di dunia, hal tersebut mungkin juga berpengaruh di Indonesia, game tersebut bernama Pokemon Go.

 

Game Pokemon Go

Teknik Marketing yang Bisa Dipelajari Dari Pokemon Go

 

Pokemon Go mengharuskan seseorang untuk keluar rumah apabila ingin memainkan game tersebut, dalam game tersebut kita berperan sebagai pelatih Pokemon dan berusaha untuk menangkap semua Pokemon, dan juga mengembangkan Pokemon yang berada di berbagai tempat di dunia.

 

Sebelum ke pembahasan utama kita, mari kita sejenak berkenalan terlebih dahulu dengan fenomena Game Pokemon Go ini. Lihatlah video berikut ini.

 

 

Jika dilihat, menurut SimilarWeb, Lebih dari 60% banyak orang di USA yang telah download game Pokemon Go sering memainkan gamenya setiap hari, yang dimana berarti ada sekitar 3% dari seluruh penduduk USA adalah pemain game Pokemon Go (contoh statistik di USA). Game Pokemon Go ini adalah game Augmented Reality pertama yang benar-benar cepat populer dari hari pertama game tersebut di luncurkan, dan ini sungguh diluar dugaan dimana sebuah game mobile dapat mengubah aktivitas banyak orang di berbagai dunia.

 

Jika kita sadari, tentu kita akan memiliki sebuah pertanyaan di benak kita tentang “bagaimana sebuah game Pokemon Go berhasil menciptakan sebuah kepopuleran yang sungguh sangat luar biasa?”, berikut kita bahas teknik-tekniknya.

 

Pemasaran Menggunakan Sosial Media

Bagaimana cara agar suatu produk cepat populer? Yaitu dengan cara pasarkan produk di sosial media (tempat dimana keramaian berbagai orang berada). Sama hal nya yang dilakukan oleh Game Pokemon Go, game tersebut ada di berbagai sosial media. Jika anda ingin jujur, kapan pertama kali anda mendengar Game Pokemon Go?

 

Paling tidak ada kurang lebih 80% yang akan menjawab bahwa mereka mendengar Game Pokemon Go dari sosial media (apapun sosial medianya), sisanya mendengar dari teman atau televisi (mungkin saja dari acara berita). Hampir tidak mungkin kita akan melewatkan sesuatu yang populer di sosial media ataupun media lainnya, apapun sesuatu hal yang populer tersebut, pasti akan kita cari tahu.

 

Jika kita ingin tahu bagaimana cara membuat sebuah efek popularitas dengan cepat di sosial media, maka kita bisa membaca sebuah artikel yang berjudul 6 Elemen yang Dapat Membuat Sesuatu Menjadi Viral berikut ini.

 

Kekuatan Sebuah Branding

Tentu tidak ada keraguan dari game Pokemon Go ini, bagaimana tidak, game yang hanya sebuah permainan dapat begitu cepat mengubah seluruh aktivitas beberapa orang di berbagai dunia. Menurut Forbes, sudah ada sebuah permainan yang mirip berbasis lokasi yang disebut, Ingress. Namun tetap saja, sebagian besar dari banyak orang yang mendengar game Ingress mengetahuinya dari game Pokemon Go sebelumnya. Apa yang kita pelajari disini? Ya, kekuatan sebuah branding.

 

Tanpa ada nama Pokemon disana, game tersebut tidak akan sepopuler sekarang ini (Game Pokemon Go), karena Pokemon Go membawa sebuah brand Pokemon, maka game tersebut sangat wajar apabila cepat populer, dikarenakan adanya brand Pokemon yang dimana sudah ada banyak orang yang mengetahuinya (Itulah kekuatan sebuah Brand).

 

Pokemon sendiri adalah sebuah merk yang telah secara konsisten mengembangkan diri selama lebih dari 20 tahun, baik itu dari kualitas permainan, video game, kartun, dan berbagai hal lainnya. Game Pokemon Go ini sangatlah bagus, namun tanpa adanya merk, game ini hanyalah sekedar game dan tidak akan bisa menjadi populer tanpa adanya nama Pokemon.

 

Peluncuran Game Pokemon Go Pada Waktu yang Pas

Pertama kali game ini diluncurkan, Game Pokemon Go ini diluncurkan pada awal musim panas, dimana banyak anak-anak libur dan melakukan aktivitas di luar sekolah, dan juga dimana banyak orang lainnya berlibur dan melakukan perjalanan keluar rumah.

 

Pernahkah kita bayangkan apabila game ini diluncurkan pada awal musim dingin (sekitar akhir tahun) ? Tentunya game tersebut tidak akan sepopuler sekarang ini. Tanggal peluncuran sebuah produk harus lebih kita pikirkan lagi, Game Pokemon Go tidak meluncurkan game dengan sengaja, mereka memprediksi sebelumnya tentang waktu mana yang pas untuk meluncurkan game mereka. Dan lihatlah hasilnya sekarang, begitu sangat populer game tersebut.

 

Menggunakan Kekuatan dari Nostalgia

Siapapun tentu merasakan kesenangan apabila sedang bernostalgia bersama teman-temannya. Karena Pokemon adalah game yang diadaptasi dari kartunnya, dan kartun tersebut sering kita lihat di Televisi dulu, menjadikan game ini sangat ditunggu-tunggu oleh banyak orang yang tumbuh bersama kenangan Pokemon dulu (seperti kartun, permainan, kartu, bahkan Tazoos bagi sebagian orang yang mengingatnya).

 

Game Pokemon Go

Pikachu, Tokoh Penting di Pokemon

Pihak marketing game ini tentunya mengarahkan pemasarannya kepada orang-orang yang tumbuh bersama kenangan Pokemon dahulu, ketika mereka semua bermain game Pokemon ini pada akhir tahun 1990-an. Tentu mereka yang tumbuh bersama kenangan Pokemon sangat menanti-nanti game ini, karena game tersebut mengingatkan kembali fenomena Pokemon yang melanda generasi tersebut sebelumnya.

 

Tentu ada banyak alasan kenapa Game Pokemon Go ini begitu sangat populer. Apabila kita memiliki sebuah produk, dan produk tersebut sosial, memiliki merk yang kuat, dan membawa sesuatu perasaan nostalgia bagi peminatnya, maka bisa dipastikan produk tersebut dapat berhasil populer dengan cepat.

 

Game tersebut juga tidak menggunakan biaya iklan yang banyak hanya untuk memperkenalkan gamenya, mereka hanya membutuhkan berkoneksi dengan orang-orang, dan menggunakan momen nostalgia itulah yang membuat mereka berhasil menarik perhatian banyak orang.

 

Membuat Sebuah Permainan yang Mudah Digunakan

Ya, tentu saja keberhasilan Game Pokemon Go ini tidak lain adalah juga karena game tersebut mudah digunakan, tidak perlu mempelajari berbagai hal hanya untuk mempelajari game tersebut, kita hanya tinggal klik sini, dan klik sana, dan permainan pun dapat kita nikmati saat itu juga.

 

Kita tentu bisa menikmati Game Pokemon Go ini, namun hal yang benar-benar perlu dilakukan untuk bersenang-senang adalah game ini mengajak kita untuk berjalan-jalan. Apa yang kita pelajari disini? Ya, sebuah kemudahan penggunaan. Sebuah produk yang mudah digunakan lebih menarik daripada produk yang sulit dan butuh pemahaman untuk menggunakannya.

 

Ajakan Untuk Berolah Raga

Sesuatu yang lucu disini adalah jika game Pokemon ini kita ambil sisi positifnya, tentu game ini mengajak kita untuk berolah raga (paling tidak berjalan kaki). Sisi positif ini yang membuat game tersebut lebih digemari oleh berbagai orang, dan mendapat respon baik bagi orang tua yang melihat anaknya memainkan game keluar rumah (bukan game yang dimainkan dirumah saja).

 

Dari beberapa poin-poin diatas, tentunya masih ada banyak sekali yang bisa kita pelajari dari teknik marketing yang digunakan oleh Game Pokemon Go ini, dan tentu teknik-teknik tersebut bisa kita gunakan untuk produk-produk bisnis yang ingin kita jual nantinya. Jadi, kami ingin mengatakan bahwa setiap fenomena pasti ada sesuatu hal yang bisa dipelajari, setiap ada sesuatu hal yang populer begitu cepatnya, pasti ada teknik-teknik yang bisa dipelajari.

 

Perlu Diingat : Walaupun permainan Pokemon Go ini sangat menarik, kita selaku penggunanya harus berhati-hati dalam memainkan permainan ini ya, jangan bermain Pokemon Go apabila sedang mengemudi, dan berjalanlah melihat kedepan dan jangan terlalu sering berjalan sambil melihat layar smartphone.

Silahkan di Share:

Author: Willy G

Passionate internet marketer. Believe in idea and creativity.

Share This Post On

Tinggalkan Balasan