7 Cara yang Bisa Dilakukan Untuk Keluar dari Zona Nyaman, Agar Anda Bisa Aktif dan Berkembang

Agar bisnis bisa berkembang, tentunya sebagai pemilik bisnis harus terus selalu aktif dalam berusaha menjalankan bisnisnya. Segala hal harus dilakukan, seperti test produk, menganalisa sampai mengembangkan bisnis. Setiap prosesnya perlu dilalui oleh si pemilik bisnis. Tapi sayangnya jika tidak ada rasa keinginan untuk melakukan itu semua, maka bisnis tidak akan bisa berkembang. Terlebih jika pebisnis tersebut sudah merasa nyaman berada di zona nyaman. Yang perlu dilakukan adalah keluar dari zona nyaman sesegera mungkin.

 

“Keluar dari zona nyaman” itu sebuah kalimat ucapan dan juga sebuah niatan. Itu berbeda artiannya jika seseorang yang mengucapkannya tidak dibarengi dengan tindakan. Misalnya kita ingin keluar dari zona nyaman, tapi besok-besok tetap saja masih beraktivitas layaknya berada di zona nyaman. Maka bagaimana seseorang tersebut bisa maju dan berkembang?

 

Perlu adanya usaha dan tindakan yang nyata untuk keluar dari zona nyaman. Semakin kita berusaha keluar dari zona nyaman, semakin ada banyak juga hal-hal yang melawan kita untuk tidak keluar dari zona nyaman.

 

Justru memang berat pada awalnya, tapi jika terus dipaksakan, keluar zona nyaman akan mudah untuk dilakukan. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk keluar dari zona nyaman, terutama bagi kita seorang pebisnis yang dituntut untuk terus aktif dan berperan dalam segala proses di bisnis yang sedang dijalani.

 

1. Proses Dimulai Dari Sebuah Rencana, Buat Rencana Langkah Awal Untuk Keluar dari Zona Nyaman

Cara Keluar dari Zona Nyaman

Buat rencana untuk keluar dari zona nyaman

 

Kerja keras perlu dilakukan agar bisnis bisa berkembang, jika pebisnisnya tidak berkembang, mana mungkin bisnis yang dijalaninya juga ikut berkembang. Menjadi seorang pengusaha pun awalnya juga dibutuhkan keyakinan untuk bisa keluar zona nyaman dan masuk ke zona ketidakpastian.

 

Tapi keluar zona nyaman saja juga tidak cukup. Zona nyaman tetap saja terus mengikuti seiring berkembangnya seseorang. Jika tidak diiringi dengan niat yang kuat untuk benar-benar keluar zona nyaman, maka bisa saja saat bisnis sedang berkembang dan kita sedang aktif-aktifnya lalu terlena dengan zona nyaman, maka bisa jadi bisnis akan terabaikan dan bisa jadi juga bisnis mengalami kerugian.

 

Oleh karena itu dibutuhkan sebuah rencana yang matang dengan niatan yang benar untuk keluar zona nyaman. Mulailah dulu langkah sederhana misalnya dengan tidak membiasakan bangun tidur disiang hari. Atau dengan tidak berlama-lama menonton TV yang menayangkan program tidak mendidik. Coba melakukan hal-hal yang menghasilkan dan menambah ilmu untuk diri sendiri, seperti belajar misalnya.

 

Langkah sederhana bisa berarti banyak untuk kedepannya. Jadi jangan sekali-kali mengabaikan langkah-langkah sederhana. Itu adalah pondasi awalan untuk melanjutkan melakukan proses-proses berikutnya.

 

2. Membuat Diri Sendiri Berada di Lingkungan yang Banyak Orang Dengan Tipe Karakteristik yang Berbeda

Cara Keluar dari Zona Nyaman

Buat diri sendiri merasa nyaman dengan orang lain

 

Setiap orang pastinya memiliki teman dekat atau kelompok teman yang biasa sering ditemuinya. Dengan bersama satu kelompok itu, terkadang kita merasa nyaman dengan mereka. Dengan rasa nyaman bersama mereka terkadang bisa berdampak menutup pertemanan dengan orang yang lain.

 

Jika hal itu terjadi, maka salah satu cara yang bagus untuk dilakukan adalah dengan membiasakan dan mencoba membuat diri sendiri berada di kerumunan banyak orang dengan tipe karakter yang berbeda-beda. Intinya jalin pertemanan dengan banyak orang yang berbeda-beda. Jangan merasa nyaman dengan satu kelompok pertemanan saja, bisa dikembangkan ke kelompok-kelompok yang lain.

 

Hal ini juga bisa berdampak pada bisnis. Jika kita berusaha memperlebar jangkauan pertemanan. Maka bukan tidak mungkin rezeki di bisnis kita akan juga diperlebar. Bukankah rezeki bisa datang dari mana saja?

 

3. Rasa Tidak Nyaman Saat Keluar dari Zona Nyaman Itu Wajar, Tugas Kita Adalah Membiasakan Diri Dengan Hal Itu

Cara Keluar dari Zona Nyaman

Membiasakan diri

 

Saat mencoba keluar dari zona nyaman, mungkin satu hal yang paling dialami dan dirasakan adalah rasa ketidaknyamanan. Itu adalah wajar. Memang pada awalnya segala sesuatu hal saat dirasa pertama kali akan merasa tidak nyaman, namun jika berusaha membiasakan diri pada situasi tersebut, lama-kelamaan juga akan terbiasa seperti biasanya.

 

Tugas utama kita adalah, berusaha membiasakan diri pada ketidaknyamanan yang dialami. Dan jangan lupa juga untuk terus menghindari segala bentuk zona nyaman yang ditemui saat proses membiasakan diri, karena hal itu yang bisa membuat niatan untuk keluar dari zona nyaman jadi gagal.

 

4. Keluar Dari Zona Nyaman Akan Membuat Kita Bertemu Hal-hal Baru, Tugas Kita Adalah Terus Pelajari Hal-hal Baru Itu

Cara Keluar dari Zona Nyaman

Keluar zona nyaman membuat kita bertemu hal baru

 

Siapa bilang mempelajari suatu ilmu hanya akan berhenti saat lulus sekolah atau kuliah? Tidak sampai segitu saja pastinya. Ilmu bisa terus dipelajari sampai kapanpun. Bahkan sampai akhir hayat.

 

Saat kita keluar dari zona nyaman, kita akan bertemu hal-hal baru yang tidak diduga sebelumnya. Justru itu adalah kesempatan kita untuk mempelajari ilmu-ilmu baru yang kita temui. Misal contohnya, saat kita belum mengerti bagaimana cara memulai bisnis online, pastinya saat mencoba terjun ke bidang tersebut kita akan bertemu hal-hal baru. Justru dengan ilmu-ilmu yang diambil dari hal-hal baru itu kita bisa berkembang dan memahami bidang yang baru saja kita terjuni ini.

 

5. Buat Diri Selalu Sibuk, Coba Buat Diri Sendiri Melakukan Hal-hal yang Menghasilkan

Cara Keluar dari Zona Nyaman

Buat diri sendiri sibuk yang menghasilkan

 

Terus bergerak dan beraktivitas bisa menjadi jalan untuk kita keluar zona nyaman. Dengan terus mengerjakan hal-hal yang menghasilkan tentunya, itu akan membuat kita terbiasa untuk terus bekerja dan merasakan mudah untuk meninggalkan zona kenyamanan. Semakin produktif, semakin aktif, maka akan semakin mudah untuk keluar dari zona nyaman.

 

6. Jangan Takut Gagal, Karena Kegagalan Bukanlah Sebuah Akhir. Hadapi dan Coba Belajar Lagi

Cara Keluar dari Zona Nyaman

Jangan pernah menyerah

 

Gagal bukanlah sebuah akhir. Saat keluar dari zona nyaman, mungkin kita akan bertemu banyak kegagalan pada hal-hal baru yang kita lakukan. Namun jika ternyata gagal, maka itu bukanlah sebuah akhir dan jangan sampai mengakhiri proses kita untuk mempelajari dan melakukan hal baru itu. Jika gagal, belajar lagi, lalu praktek lagi. Jika tidak gagal, maka kita tidak akan bertemu pelajaran atau ilmu-ilmu baru. Cuma dari pengalaman yang bisa membuat kita berkembang.

 

7. Percaya dan Yakin Pada Diri Sendiri

Cara Keluar dari Zona Nyaman

Percaya dan yakin pada diri sendiri

 

Ilmu sedaging apapun itu jika tidak dipraktekan dengan percaya diri atau dengan niatan yang kuat untuk berhasil, maka tidak akan berhasil. Percuma. Tapi jika ilmu sedaging apapun jika dipraktekan dengan percaya diri dan niatan kuat untuk berhasil, maka akan berhasil. Cukup simple, tapi jarang banyak orang menjalaninya.

 

Intinya adalah saat berada diluar zona nyaman, jangan pernah takut gagal dan terus pelajari hal-hal baru. Terlebih juga kita harus lalui hal-hal tersebut dengan rasa percaya diri dan niatan untuk berhasil yang besar. Jadi jika dirumuskan, 50% ilmu 50% percaya diri, niat, dan tindakan.

 

Kesimpulan

Dari beberapa poin diatas mungkin sudah pernah kita coba lakukan dan mungkin sedang kita lakukan. Tapi mungkin juga kita pernah lakukan dan tidak mencobanya lagi saat kegagalan terjadi pada diri kita. Jika dirasa diri sendiri tidak berkembang, maka akan lebih baik jika kita berkaca pada diri sendiri seperti apa yang sudah kita lakukan 1 tahun sebelumnya. Kenapa kita masih berada di level itu-itu saja.

 

Jika kita menganalisa hasil kerja kita, mungkin kita akan mengetahui alasan kenapa diri sendiri tidak berkembang. Jika zona nyaman mendatangi kita saat kita sedang berada pada posisi aktif-aktifnya, maka hanya niatan yang kuat untuk keluar dari zona nyaman yang bisa menghalangi zona tersebut datang lagi ke diri kita.

 

Umur kita sudah semakin tua setiap harinya, jangan jadikan setiap hari kita tidak mengerjakan sesuatu yang positif dan menghasilkan. Jadikan setiap hari kita menjadi hari-hari yang produktif dan menghasilkan.

 

Semoga tulisan ini bermanfaat ya! Jika ada yang ditanyakan atau ada yang memberikan saran, silahkan taruh dikolom komentar dibawah ini ya!

Silahkan di Share:

Author: Willy G

Passionate internet marketer. Believe in idea and creativity.

Share This Post On

Tinggalkan Balasan