5 Cara Untuk Mengisi Waktu Luang yang Bisa Membuat Anda Menghasilkan Banyak Manfaat

Saat ketika seseorang merasa bosan atau ingin mengisi waktu luang, terkadang dia memilih untuk melakukan hal-hal yang membuanya senang, misalnya mulai bermain game, bermain-main (nongkrong) bersama teman, atau pergi ke tempat-tempat yang membuat dia merasa nyaman untuk mungkin sekedar mengisi waktu luang miliknya sendiri.

 

Apakah dari kegiatan itu semua terlihat menghasilkan? Bisa jadi. Tapi menghasilkan kenyamanan atau membuat senang diri sendiri. Apa ada manfaat? Ada, manfaat memperbaiki mood yang sedang buruk sebelumnya. Tapi mungkin manfaat dari kegiatan diatas tadi bisa jadi hanya sedikit, tidak banyak.

 

Saat seseorang ingin mengisi waktu luang, mereka biasanya melakukan hal-hal yang membuatnya berada di zona nyaman. Seperti tadi, bermain game, nongkrong, dan lainnya yang hal itu semua ada di zona nyaman. Padahal jika ingin mengisi waktu luang, kita bisa melakukan hal-hal yang lain yang bisa menghasilkan. Bukan hanya menghasilkan kesenangan, tapi juga menghasilkan pendapatan, misalnya dari blogging mungkin atau yang lainnya.

 

Mengisi waktu luang ada banyak sekali cara untuk memanfaatkannya menjadi sesuatu yang berguna untuk pribadi sendiri dan orang lain, selain itu juga bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan produktivitas diri sendiri.

 

Bagi yang bingung ingin apa dan bagaimana saat mengisi waktu luang nya, berikut beberapa cara untuk mengisi waktu luang yang bisa bermanfaat untuk perkembangan pribadi diri sendiri.

 

1. Membaca Buku. Bukankah Buku Adalah Jendela Ilmu?

Cara Mengisi Waktu Luang - Baca Buku

Buku, jendela ilmu

 

Mulai sekarang coba biasakan untuk mengisi waktu luang dengan membaca buku. Walau mungkin sebelumnya tidak ada kebiasaan atau tidak ada rasa suka untuk membaca buku, kebiasaan membaca buku ini padahal bisa bermanfaat baik untuk diri sendiri.

 

Selain dapat menambah pengetahuan dan keterampilan, membaca buku juga dapat membuat kita tetap produktif. Dengan membaca buku juga kita menjadi banyak tahu apa yang sebelumnya tidak kita ketahui. Daripada berdiam diri memikirkan hal-hal yang aneh atau membuang waktu untuk hal yang tidak bermanfaat untuk pengembangan diri, lebih baik membaca buku saja.

 

2. Coba Mengisi Waktu Luang Untuk Memulai Berbisnis, Mungkin Kerja Sampingan

Cara Mengisi Waktu Luang - Kerja Sampingan

Kerja sampingan

 

Cara mengisi waktu luang yang bisa membuat kita menghasilkan keuntungan adalah dengan memulai berbisnis sampingan (atau jadikan bisnis tersebut sebagai yang utama). Karena dengan begitu, selain kita bisa mengisi waktu luang, kita juga bisa mendapatkan keuntungan.

 

Hal ini adalah usaha mengisi waktu luang yang menguntungkan. Banyak juga diluar sana yang memulai kerja sampingan karena alasan awalnya adalah untuk mengisi waktu luang. Tidak sedikit juga yang menjadikannya kegiatan utama di hidup mereka.

 

Jika tidak ingin kerja sampingan atau memulai berbisnis via offline, kita bisa juga memulai berbisnis via online. Misalnya mulai dari Blogging, atau membuat toko online, atau membuka jasa. Semuanya bisa dilakukan secara online. Intinya harus pintar-pintar dalam memanfaatkan teknologi dan waktu luang yang ada.

 

3. Bertemu Dengan Teman. Bukan Bergosip, Tapi Jadikan Momen Tersebut Sebagai Media Bagi-bagi Pengalaman dan Ilmu

Cara Mengisi Waktu Luang - Bagi Pengalaman Bersama Teman

Bagi pengalaman dan ilmu bersama teman

 

Bertemu teman atau istilahnya nongkrong terkadang menjadi media yang digunakan sebagian orang untuk mulai membicarakan orang lain (bergosip). Saat ketika tidak ada lagi yang ingin dibicarakan, saat itulah upaya membicarakan orang lain atau membicarakan hal-hal yang tidak penting dimulai.

 

Akan lebih baik jika saat bertemu teman, kita mulai membicarakan hal-hal penting dan bermanfaat. Misalkan berbagi atau tukar pengalaman satu dengan yang lainnya, atau membagi-bagi ilmu. Bukankah dengan begitu hidup kita semua menjadi merasa bermanfaat dibandingkan melakukan yang sebaliknya?

 

Selain itu juga, dengan bertemu teman atau orang lain, kita juga bisa memperlebar upaya networking kita. Memperlebar jalinan pertemanan dengan orang banyak juga membuka keran rezeki kita.

 

4. Coba Belajar. Belajar Bisa Dilakukan Kapanpun dan Dimanapun di Usia Berapapun

Cara Mengisi Waktu Luang - Belajar

Belajar lagi

 

Untuk anda yang baru memulai berbisnis, mungkin cara mengisi waktu luang yang paling baik adalah dengan belajar ilmu-ilmu marketing, bisa dari buku, video tutorial, atau artikel. Dengan begitu semakin banyak belajar, semakin anda mengerti untuk mengaplikasikan strategi-strategi marketing untuk bisnisnya sendiri.

 

Ada banyak (mungkin ratusan juta) ilmu marketing mulai dari bisnis online, offline dan lainnya di Internet yang bisa kita cari. Walau terkadang sering melihat ilmu-ilmu marketing yang berbayar, percayalah jika kita benar-benar mencarinya di Internet, ilmu yang berbayar tersebut sudah ada yang pernah mempublishnya di blog atau youtube atau yang lainnya.

 

Ilmu berbayar itu sebenarnya hanya pergabungan ilmu-ilmu yang tersebar di Internet lalu disusun bertahap dengan rapi. Tapi jika ingin mempelajari ilmu berbayar tersebut, sebenarnya bisa dicari di Internet. Coba saja explore internet lebih jauh, nanti akan ketemu ilmu-ilmu yang diinginkan yang sebelumnya dijual oleh seseorang.

 

5. Olah Raga. Dibutuhkan Tubuh yang Sehat Untuk Bisa Berpikir Kreatif dan Menjadi Orang Produktif

Cara Mengisi Waktu Luang - Berolahraga

Berolahraga

 

Cara lainnya untuk mengisi waktu luang kita adalah dengan berolahraga. Coba lakukan olah raga misal lari atau olah raga ringan. Dengan begitu bukan hanya badan menjadi lebih sehat, tetapi pikiran juga menjadi lebih tenang dan lebih fresh dari sebelumnya. Untuk berpikir kreatif dibutuhkan tubuh yang sehat dan segar. Jadi jangan lupa berolahraga.

 

Kesimpulan

Dari beberapa cara diatas intinya itu cuma satu, yaitu jangan biarkan diri kita sampai masuk kedalam zona nyaman. Dengan melakukan hal-hal diatas tadi, kita justru akan tambah produktif dan kreatif. Adakah cara mengisi waktu luang yang bermanfaat lagi menurut versi anda? Yuk bagikan cerita dan tips mengisi waktu luang anda dengan pembaca Meetechno yang lain di kolom komentar dibawah ini ya. Semoga bermanfaat.

Silahkan di Share:

Author: Willy G

Passionate internet marketer. Believe in idea and creativity.

Share This Post On

Tinggalkan Balasan