Growth Mindset & Fixed Mindset : Alasan Kenapa Sikap Bisa Mempengaruhi Kesuksesan Dibandingkan IQ

Kesuksesan pada dasarnya terjadi karena kerja keras, tanpa kerja keras kesuksesan hanyalah sebuah impian atau mimpi yang masih ada diangan-angan. Kesuksesan pun terkadang sering digolongkan kepada orang-orang yang pada dasarnya adalah orang pintar (atau memiliki IQ tinggi), padahal kenyataannya tidak seperti itu. Seorang psikologis yang bernama Carol Dweck memberikan pernyataan bahwa sikap seseorang terhadap sesuatu yang dihadapinya lebih bisa menentukan kesuksesan dibandingkan IQ. Dari sana Dweck mengkategorikan 2 hal itu menjadi: Fixed Mindset dan Growth Mindset.

 

Fixed Mindset menjelaskan bahwa ketika seseorang dihadapkan dengan suatu masalah, lalu dia merasa tidak bisa menyelesaikannya atau dia merasa itu teralu sulit, maka apa yang dipikirkannya tersebut membuatnya semakin tidak bisa berbuat apa-apa. Itulah kenapa orang yang memiliki Fixed Mindset sering menyerah begitu saja sebelum mereka mencobanya.

 

Berbeda dengan Growth Mindset, orang yang memiliki Growth Mindset akan bekerja keras dan mencoba segala hal untuk menyelesaikan suatu masalah. Mereka juga percaya bahwa mereka bisa menjadi lebih baik jika mereka memilih untuk mencoba dibandingkan menyerah sebelum mencoba.

 

Walau misalkan orang yang Growth Mindset hanya memiliki IQ yang rendah, hal itu tidak menjadikannya suatu masalah untuk mereka. Mereka mau untuk menghadapi tantangan dan menyikapinya dengan menjadikan tantangan maupun kegagalan tersebut sebagai peluang untuk mempelajari hal-hal baru.

 

Memiliki kecerdasan dengan IQ yang tinggi mungkin agak sedikit membantu seseorang untuk bisa lebih cepat sukses, tapi kembali lagi faktor kesuksesan itu sendiri tidak didasarkan dari IQ semata. Orang yang Growth Mindset dan memiliki IQ yang rendah akan mudah diprediksi kesuksesannya, karena mereka adalah orang-orang yang menerima kegagalan dan menjadikan hal itu sebagai bahan pembelajaran untuk menjadi lebih baik kedepannya.

 

Fixed Mindset vs Growth Mindset

Fixed Mindset vs Growth Mindset via examinedexistence.com

 

Orang-orang yang growth mindset memiliki sudut pandang yang berbeda dalam menghadapi suatu masalah. Misalkan jika suatu kegagalan terjadi pada mereka, maka mereka akan menyebutnya itu sebuah informasi dan data yang harus digali agar di kemudian hari kesalahan atau kegagalan itu tidak terjadi lagi.

 

Tidak peduli apakah kita memiliki Fixed Mindset ataukah Growth Mindset, sebenarnya itu semua ada pada bagaimana cara dan sikap kita mengembangkan mindset sendiri untuk lebih mengarah kepada Growth Mindset. Lalu bagaimana caranya mengubah Fixed Mindset menjadi ke Growth Mindset?

 

Mengapa Perlu Mengubah Fixed Mindset Ke Growth Mindset? Apa Keuntungannya Untuk Kita?

Jika tidak ingin sukses dan memiliki kehidupan yang diinginkan, ya maka tidak perlu diubah. Tapi jika ingin memiliki kehidupan yang diingankan dan ingin sukses maka perlu mengubah mindset diri sendiri menuju kearah yang lebih baik. Dengan memiliki mindset yang baik, kita bisa lebih mudah untuk mengembangkan potensi diri sendiri, mencari dimana kekuatan kita dan menjadikannya sesuatu yang bisa membawa dampak positif untuk hidup.

 

Apakah hanya dengan membaca buku buku motivasi atau artikel motivasi bisa mengubah seorang yang memiliki Fixed Mindset ke Growth Mindset? Bisa saja, asalkan dibarengi dengan beberapa langkah berikut ini.

 

1. Cari dan Miliki Passion Terhadap Sesuatu yang Menurut Anda Itu Adalah Kekuatan Anda Sendiri

Growth Mindset vs Fixed Mindset

Miliki passion dan kerjalah

 

Tidak pernah menyerah dan selalu terus berusaha dalam mengerjakan sesuatu, itu yang biasanya dimiliki oleh orang-orang sukses yang setia dalam mengejar passionnya. Walau ada banyak orang yang berjalan dalam bidang yang sama dan mungkin lebih pintar dari kita, itu semua bisa saja kita bedakan dari bagaimana cara mereka mengejar passion mereka.

 

Jika kita memiliki passion dan kita benar-benar ingin mengejarnya dengan seluruh tenaga, dengan hal seperti itulah yang akan bisa mengantarkan kita menuju ke situasi yang jauh lebih baik.

 

2. Jangan Cepat Menyerah Sebelum Mengeluarkan Seluruh Tenaga yang Dipunya

Growth Mindset vs Fixed Mindset

Orang Growth Mindset tidak akan pernah mau menyerah

 

Terkadang sulitnya situasi yang dihadapi sering membuat orang menjadi mudah menyerah, mereka lebih membiarkan situasi tersebut memakan mereka, sehingga menjadikan mereka tak berdaya dan membuatnya dekat dengan kegagalan (bahkan tenggelam didalamnya). Kebanyakan orang yang benar-benar sukses, tidak akan membiarkan hal itu terjadi pada mereka.

 

Coba bayangkan bagaimana jika Harland David “Colonel” Sanders menyerah setelah beribu-ribu kali ditolak dalam upayanya mempromosikan resep ayam goreng ke banyak orang, mungkin jika dia memiliki Fixed Minset, tidak akan ada namanya KFC (Kentucky Fried Chicken) sekarang ini.

 

Coba bayangkan lagi jika Jeff Bezos menyerah ketika banyak sekali masalah dihidupnya datang saat dia sedang sibuk-sibuknya membangun tim untuk perusahaannya dimasa depan, mungkin jika dia memiliki Fixed Mindset, tidak akan ada namanya Toko Online bernama Amazon.

 

Mereka mungkin pernah merasa ingin menyerah, tapi mereka memilih untuk tidak membiarkan hal itu terjadi. Mereka bangun dari kegagalan dan menghadapi segala masalah yang sedang dihadapinya. Mereka tahu bahwa perlu menghadapi segala kesulitan untuk bisa mencapai kesuksesan. Karena itulah mereka memilih untuk memiliki Growth Mindset.

 

3. Segera Praktekan dan Jangan Terus Menunda

Growth Mindset vs Fixed Mindset

Jangan pernah menunda-nunda

 

Golongan orang yang memiliki mindset yang baik akan selalu menghadapi segala rasa ketakutan yang menurutnya akan membuat segala kesuksesannya terhambat. Mereka memilih untuk mengendalikan ketakutan dan berani menghadapi kenyataan. Mereka juga lebih memilih segera praktek tanpa sering menunda-nunda.

 

Orang dengan golongan Growth Mindset akan lebih sering langsung praktek tanpa memikirkan segala rasa ketakutan, kegelisahan, cemas, dan keraguan yang menghampirinya. Mereka menjadikan hal itu semua sebagai daya dan energi yang positif untuknya agar bisa menghadapi segala masalah yang nantinya akan bisa saja terjadi.

 

Baca Juga : 5 Tanda Anda Memiliki Mindset yang Menjadikan Anda Sebagai Pengusaha yang Sukses

 

4. Selalu Mengharapkan Hasil Baik dan Jadikan Itu Sebagai Motivasi

Growth Mindset vs Fixed Mindset

Selalu mengharapkan hasil yang baik

 

Kita tahu bahwa tidak akan ada yang namanya kestabilan dalam suatu usaha yang dilakukan. Kegagalan pun pasti akan terjadi dari waktu ke waktu entah apakah terjadi saat waktu yang pas atau secara dadakan. Terkadang itu semua menjadi rasa takut yang selalu dirasakan banyak orang yang ingin memulai suatu usaha.

 

Tapi tidak dengan orang yang ada pada golongan Growth Mindset, mereka tetap melaju dan terus termotivasi untuk melakukan hal-hal yang selalu mereka harap-harapkan hasilnya (walau mungkin hasilnya tidak bisa diduga sebelumnya seperti apa). Untuk anda yang ingin memulai dan ingin terus bisa termotivasi untuk selalu semangat mengerjakan apa yang sedang dikerjakan, maka terus berharaplah kepada hasil yang besar (sebuah kesuksesan besar). Itupun juga perlu diimbangi dengan seberapa keras usaha yang dilakukan.

 

5. Hilangkan Batasan yang Ada Pada Diri Sendiri

Growth Mindset vs Fixed Mindset

Jangan mau terbatasi oleh kondisi

 

Orang yang memiliki mindset yang bagus, selalu terus mendorong diri mereka kepada hal-hal yang baik, mendorong diri mereka untuk bisa melakukan hal yang lebih dari apa yang dia perkirakan. Kita memang perlu mendorong diri kita untuk lebih baik setiap harinya. Jika tidak bisa, maka kita akan membuat diri kita menjadi lebih buruk setiap harinya. Jangan menaruh batasan pada diri sendiri, itu yang akan menghambatmu untuk berkembang menjadi lebih baik.

 

6. Dapat Beradaptasi Dalam Keadaan Apapun, Atau Situasi Sesulit Apapun

Growth Mindset vs Fixed Mindset

Orang yang memiliki Growth Mindset selalu bisa berada dikondisi seperti apapun

 

Pada dasarnya orang akan berdiam diri ditempat dan tidak akan kemana-mana ketika dia tahu sesuatu yang buruk akan terjadi jika dia keluar dari zona nyamannya. Itu mungkin selalu terjadi pada orang yang memiliki Fixed Mindset. Tapi berbeda dengan orang Growth Mindset, dia selalu bertindak dan melangkah ke depan walaupun dia tahu akan ada situasi sulit yang akan menghampirinya. Dengan segera bertindak dan keluar dari zona nyaman, kita akan tahu pasti hasil akhirnya seperti apa dibandingkan hanya berdiam diri saja tanpa melakukan tindakan apa-apa.

 

Kesimpulan

Jangan jadikan diri kita hanya menjadi orang-orang yang kesehariannya tidak bertumbuh kearah yang lebih baik. Jadikan diri kita bermanfaat untuk diri sendiri dan orang lain, selalu juga ambil segala upaya untuk bisa meraih kesuksesan walau itu mungkin akan membuat kita bertemu dengan banyak kesulitan dan kegagalan.

 

Ayo mari kita sama-sama merubah diri kita ke arah yang lebih baik. Hilangkan segala rasa ketakutan, gelisah, cemas, keraguan dalam melakukan suatu usaha. Percayalah usaha keras yang selalu kita lakukan akan berbuah baik untuk diri kita sendiri dan orang lain.

Silahkan di Share:

Author: Willy G

Passionate internet marketer. Believe in idea and creativity.

Share This Post On

Tinggalkan Balasan