7 Cara yang Bisa Membantu Anda Mudah Berpikir Kreatif

Berpikir kreatif mungkin bisa dibilang gampang-gampang sulit, terlebih lagi berpikir kreatif adalah sebuah tuntutan bagi seseorang yang bekerja di industri kreatif, seperti marketer, content writer dan lainnya. Semua orang bisa kreatif, karena kreatif itu bisa dikembangkan dan juga mudah untuk didapatkan.

 

Marketing Mix

Berpikir Kreatif

 

Bagi sebagian pebisnis, selalu di tuntut untuk berpikir kreatif. Karena itu terbilang sangat penting, pebisnis tentunya membutuhkan ide-ide yang segar yang bisa dijalankan dan dapat membantu mengembangkan bisnisnya. Promosi yang dilakukan pun juga membutuhkan kreativitas, agar para audience yang melihat tidak merasakan jenuh. Walau terbilang kreativitas mudah didapatkan, namun tetap saja tidak semua orang memiliki kemampuan tersebut.

 

Kreativitas terlahir bukan karena bakat saja, tapi bisa terlahir dengan cara diasah terus-menerus, sehingga seseorang bisa memiliki kemampuan tersebut. Lalu, bagaimana caranya agar bisa mudah berpikir kreatif walau tidak mempunyai kemampuan tersebut?

 

Berikut ini kami Meetechno mengumpulkan beberapa cara yang dapat membantu anda untuk bisa mudah berpikir kreatif walau tidak mempunyai kemampuan berpikir secara kreatif.

 

Semua Orang Bisa Menjadi Kreatif, Asalkan Perlu Terus Dilatih

Terkadang seseorang pernah merasakan stuck dan tak tahu harus melakukan apa, walau banyak ide brilian yang ada di kepalanya. Mungkin anda juga pernah mengalami hal tersebut? Kami pun juga pernah mengalaminya.

 

Ketika sebuah ide cemerlang berada di kepala, dan tak tahu harus melakukan apa, menatap layar monitor dan kertas kosong pun juga tak ada guna, tidak membantu apa-apa, akhirnya ide tersebut menjadi hilang karena malas untuk menerjemahkan ide tersebut menjadi sebuah tindakan yang menghasilkan.

 

Itu sangat disayangkan sekali, padahal munculnya ide brilian di kepala itu ibarat sampul buku, dan tindakannya adalah isi dari buku, yang dimana penutup buku adalah hasil dari tindakan yang dikerjakan, sehingga menjadi sesuatu yang menghasilkan.

 

Baca Juga : 5 Tanda Bahwa Anda Memiliki Mindset yang Menjadikan Anda Seorang Pengusaha Sukses

 

Agar kondisi seperti itu tidak terjadi kepada kita, maka kita harus sering-sering berpikir kreatif dan langsung melakukan apa yang ada di pikiran kita saat itu juga. Untuk lebih lanjutnya, mari kita simak cara-cara berikut ini.

 

1. Langsung Tuliskan Apa yang Ada di Pikiran, Menunggu Tak Akan Membuat Sesuatu yang Menghasilkan

Ketika ide cemerlang ada di pikiran kita, saat itu juga sebaiknya kita tuliskan ide kita di kertas yang kosong. Tulislah apa yang mau kita ungkapkan di sebuah kertas kosong tadi. Jika setiap hari kita selalu mendapatkan ide, maka baiknya kita terus menerus menuliskan ide apa yang ada dipikiran kita di kertas saat itu juga.

 

Walau pada hari itu kita sedang ada jadwal yang padat, sediakanlah waktu kira-kira 5-10 menit untuk menuliskan ide yang muncul di pikiran kita, karena jika itu sering kita lakukan, maka bisa membantu kita untuk terus fokus dan menjadi lebih produktif. Bukan seperti blog yang akan dipublikasikan, kertas kosong ini adalah hasil dari pemikiran kita dan sebaiknya tetap kita simpan dan terus dibaca agar selalu ingat dengan ide apa yang kita dapat.

 

2. Coba Brainstroming Ketika Sedang Berolahraga

Mungkin cara ini jarang didengar oleh banyak orang, namun sebenarnya jika melakukan cara tersebut, bukan tidak mungkin kita setiap hari selalu dapat berpikir kreatif dan selalu muncul ide-ide yang baru. Seperti penelitian berikut ini yang mengungkapkan bahwa dengan berolahraga dapat membuat pikiran kita menjadi lebih kreatif, sehingga ide-ide yang bagus bisa saja muncul terus-menerus dipikiran kita.

 

Berolahraga secara teratur juga dapat melatih berpikir kognitif dan kreativitas dengan cara yang sehat. Menurut seorang ahli saraf bernama Oliver Sacks berkata bahwa, “Otak jauh lebih banyak dikhususkan untuk gerakan bahasa, dan bahasa hanya sebagian kecil dari yang sering dilakukan”. Walau sibuk setiap hari, setidaknya sediakan waktu selama 30 menit untuk berolahraga mau itu ringan ataupun berat. Ini akan bisa membantu membuat kita lebih berpikir kreatif.

 

3. Coba Kunjungi Tempat Lain yang Belum Pernah Dikunjungi, Atau Melakukan Sesuatu yang Belum Pernah Dilakukan

Dengan saling berkoneksinya jaringan di dalam otak, semakin mudah pula untuk bisa berpikir kreatif, sama seperti halnya kabel yang saling bersambungan, agar bisa menghasilkan listrik maka kabel perlu disambungkan ke kabel yang lain.

 

Untuk menstimulasi otak agar bisa berpikir kreatif, maka kita bisa lakukan cara berikut, dengan melihat sebuah tempat yang baru, atau bukalah diri kita ke sudut pandang yang berbeda melalui pengalaman budaya baru. Contohnya misalkan kita berada di Jakarta, kita sudah mengetahui jalan-jalannya, lalu coba kunjungi tempat lain yang jalannya belum kita ketahui, hal ini yang bisa membantu kita untuk berpikir kreatif. Pengalaman yang belum pernah dialami akan meningkatkan fleksibilitas serta kedalaman kognitif dan mengintegrasikan pikiran kita. Dengan begitu kita akan bisa menerapkan cara berpikir yang baru untuk ide-ide kita sendiri.

 

4. Bergabung Untuk Bekerja di Ruang yang Sama, Dapat Membantu Berpikir Kreatif

Jika anda bekerja atau menjalankan bisnis di ruangan sendirian saja, dan jika tidak ada ide muncul di pikiran anda, maka cobalah untuk bekerja dengan seseorang atau teman anda di ruang kerja yang sama. Hal tersebut akan menciptakan suasana yang baru untuk anda sehingga dapat menimbulkan sebuah peluang yang unik untuk kreativitas.

 

Baca Juga : 5 Cara Manajemen Waktu yang Baik Untuk Para Entrepreneur, Wajib kamu Coba!

 

Tidak munculnya ide dan sulit untuk berpikir kreatif dapat disebabkan oleh ruang kerja yang sangat tidak kondusif dan berbeda dengan gaya kerja yang sesuai pribadi kita.

 

5. Santailah Dulu Jika Merasa Lelah Saat Bekerja, Biasanya Waktu Break Sering Memunculkan Ide-ide Bagus di Pikiran

Ide bagus didapat tidak hanya di tempat yang di duga, terkadang tempat yang tidak di duga sering memunculkan sebuah ide yang brilian, contoh saja ketika sedang makan, atau juga ketika sedang waktu break bekerja. Saat sedang lelah sebaiknya kita break sejenak, karena waktu break mengizinkan pikiran kita untuk terus bekerja walau badan tak melakukannya.

 

Menurut Adrian Furnman, Ph.D dalam artikel Pschology Today, mengatakan bahwa penting sekali untuk memberikan waktu break terhadap pikiran kita, karena dapat memunculkan ide-ide walau dalam waktu yang tak diduga sebelumnya. Brian Halligan, CEO dan co-founder dari HubSpot saja memperbolehkan karyawannya tidur siang di tempat kerja, karena biasanya istirahat sejenak saat bekerja memunculkan ide-ide bagus walau kondisinya sedang tertidur.

 

6. Menjalin Persahabatan Dengan Orang Kreatif, Agar Juga Bisa Berpikir Kreatif Seperti Mereka

Berteman tentu ada sisi baiknya, dengan menjalani pertemanan dengan orang yang kreatif, diri kita pun juga nantinya akan ikut menjadi kreatif. Suasana perbincangan pun akan semakin positif, tak hanya bagus untuk kreativitas, namun juga karir kita.

 

Dengan berkumpul dengan orang-orang yang kreatif, maka kita bisa dengan mudah berpikir kreatif dan memunculkan sebuah proyek-proyek cemerlang yang bisa dikerjakan saat itu juga. Intinya adalah lingkungan yang kita berada sangat mempengaruhi cara berpikir kita sendiri.

 

Orang yang kreatif tidak akan hanya memberikan kita sebuah masukan untuk proyek, tetapi mereka juga akan memotivasi diri kita untuk melakukan yang terbaik dalam bekerja. Mau tak mau hal tersebut membuat kita selalu berpikir kreatif, dan semakin sering dilakukan, maka semakin mudah diri kita menjadi orang yang kreatif yang bisa mengambil peluang menjadi tindakan yang menghasilkan.

 

7. Cobalah Mendengar Musik Saat Bekerja

Cara bekerja setiap orang mungkin berbeda-beda, tidak semuanya sama. Cara berikut ini mungkin saja bekerja untuk anda mungkin saja tidak. Mendengarkan musik saat bekerja bisa kita lakukan untuk memunculkan fokus dalam mengerjakan tugas apapun. Selain itu musik bisa mengubah mood dari yang tadinya malas bekerja bisa menjadi aktif dan semangat untuk bekerja. Saat kita sedang merasa gelisah atau banyak pikiran saat bekerja, musik bisa membantu menghilangkannya.

 

Mendengarkan musik saat bekerja juga bisa meredam kebisingan disekitar, sehingga kita bisa lebih fokus kedalam pekerjaan yang sedang dikerjakan. Cobalah mendengar musik jenis ambient, musik jenis ini bisa mendorong kita untuk meningkatkan level produktivitas di diri kita, dan mendorong kita untuk bisa lebih kreatif.

 

Kesimpulan

Jangan biarkan ide cemerlang hilang karena tidak dijadikan sebuah tindakan yang menghasilkan. Berpikir kreatif bisa dilakukan semua orang, yang pasti harus terus diasah sampai matang. Ide selalu muncul saat waktu dan tempat yang tak diduga sebelumnya, dengan semakin kita mengasah kemampuan dan cara berpikir kreatif kita, maka semakin mudah ide-ide bagus di dapatkan. Selamat mencoba!

Silahkan di Share:

Author: Willy G

Passionate internet marketer. Believe in idea and creativity.

Share This Post On

Tinggalkan Balasan