Inilah Cara Membuat Judul Konten yang Dapat Menarik Perhatian Pembaca

Apa yang pertama kita pikirkan saat membaca awalan sebuah judul? Menarik, penasaran, atau suka? Tentunya semua artikel yang dibuat, tidak akan bisa mendapatkan pembaca tanpa judul yang menarik, itulah kenapa kita butuh judul konten yang dapat menarik perhatian pembaca. Kenapa harus judul? Bukankah kita ingin membaca artikelnya, bukan judulnya?

 

Membuat Judul Konten yang Dapat Menarik Perhatian Pembaca

Judul yang Bagus Itu Ibarat Panah, Tajam dan Tertarget

 

Saat pertama kali melihat sebuah website, tentu yang kita lihat adalah judul dan judul, setelah itu baru artikel. Kenapa judul harus diambil pusing? Bukankah itu hanya sebuah judul? Jika kita menganggap judul bukanlah hal yang penting, itu adalah salah besar. Begini, di internet ini ada banyak sekali informasi yang disebarkan, dan artikel kita masuk salah satunya.

 

Misalkan artikel yang kita buat, kita share di social media, seperti grup misalnya. Di grup tentunya ada banyak juga artikel yang dishare oleh para membernya. Apakah dengan share artikel ke grup, artikel kita akan mendapatkan pembaca yang banyak? Tentunya tidak. Paling banyak pengguna internet membaca 3-6 artikel per-hari. Dan tentunya mereka membaca karena mereka melihat judul yang menarik.

 

Walaupun artikel kita menarik, bagus, serta sangat informatif, apabila judulnya tidak baik, maka siapa yang mau membacanya. Coba perhatikan artikel yang dishare berikut ini.

 

Membuat Judul Konten yang Dapat Menarik Perhatian Pembaca

Contoh Share Artikel di Media Sosial

 

Mereka menggunakan judul yang menarik, dan terbukti artikel yang dishare mendapatkan banyak likes, comment, dan share. Itu membuktikan bahwa artikel tersebut judulnya menarik, sehingga para pembaca tertarik untuk membacanya.

 

Menurut Garrett Moon dari CoSchedule mengatakan bahwa judul konten yang telah dioptimasi lebih cepat mendapatkan jumlah share yang banyak di social media daripada judul yang tidak dioptimasi. Bahkan bisa mendapatkan 10x lipat.

 

Judul disini bukan hanya untuk artikel saja, bisa video dan lainnya. Jadi kita akan berbicara tentang judul konten, karena sebuah judul bisa dipakai dimana saja selain di artikel. Lalu, bagaimana cara membuat judul konten yang dapat menarik perhatian pembaca?

 

Untuk membuat judul konten yang dapat menarik perhatian pembaca tentunya ada beberapa prinsip yang harus kita ketahui, seperti berikut ini:

 

1. Tidak Membedakan Topik dengan Judul

Apa yang dimaksud dengan membedakan topik dengan judul? Oke, coba kita perhatikan contoh berikut ini:

Topik itu seperti: “Cara Menghilangkan Jerawat” atau “Panduan Bermain Piano”, itu namanya topik. Universal dan tidak spesifik.

 

Dan judul? Tentunya lebih spesifik. Judul yang menarik tentunya menggambarkan bahwa artikel di dalamnya berbeda dari yang lain walaupun topiknya sama dengan artikel kebanyakan. Contoh judul itu seperti:

  •  Lakukan 3 hal ini dalam 15 menit untuk menghilangkan jerawat di wajah
  •  Panduan mudah bermain piano yang bisa anda pelajari dalam waktu 7 hari

 

Sudah mengerti bedanya dimana? Judul itu lebih spesifik daripada topik. Oleh karena itu banyak pebisnis selalu memainkan judul di dalam promosi yang mereka lakukan. Tujuannya? Tentunya itu bertujuan untuk meningkatkan penjualan.

 

2. Masukan Angka Didalam Judul

Untuk membuat judul konten yang dapat menarik perhatian pembaca, maka judul yang kita buat haruslah lebih spesifik, seperti yang telah disebutkan diatas tadi. Bagaimana cara membuat judul agar lebih spesifik? Yaitu dengan menggunakan angka. Menggunakan angka di setiap judul yang dibuat.

 

Contohnya seperti majalah berikut ini:

 

sumber gambar: www.glamourmagazine.co.uk

Contoh Cover Majalah via glamourmagazine.co.uk

 

Disana terlihat ada beberapa judul yang menggunakan angka dibagian depannya. Memang penggunaan angka di judul ini sudah digunakan sejak lama oleh para pembuat konten baik itu untuk majalah ataupun media lainnya. Angka pada judul disini memberikan gambaran bahwa konten yang kita buat lebih spesifik dengan menyertakan poin-poin utama yang dibahas didalam konten yang kita buat.

 

Penggunaan angka pada judul bisa kita lihat contohnya seperti berikut ini:

  • Untuk menggambarkan langkah/panduan : 5 Langkah membuat hari anda lebih sempurna dari hari kemarin
  • Untuk menggambarkan sebuah pertanyaan : 13 karakter film marvel yang paling kuat, yang mana favorit kalian?

 

3. Berikan Manfaat Lebih Untuk Para Pembaca

Jika anda ingin jujur, berapa lama anda membaca artikel dalam sehari? 2-5? Atau lebih? Jika kita membuang banyak waktu kita hanya untuk membaca sebuah artikel, ada kemungkinan bahwa artikel tersebut menarik, selain itu penggunaan judulnya sangat bagus sehingga menarik perhatian pembaca.

 

Orang rela membuang waktunya yang berharga untuk satu artikel itu karena mereka merasa bahwa artikel tersebut bermanfaat. Mereka tentunya membaca karena ingin mendapatkan informasi. Oleh karena itu ada baiknya menggunakan judul yang langsung menjelaskan manfaat dari apa yang akan didapat saat para pembaca membaca artikel kita.

 

Contohnya seperti judul berikut ini:

  • Inilah 3 Strategi Kreatif Pemasaran Online yang Bisa Kamu Pelajari Sekarang

 

Tentunya para pembaca kita menginginkan suatu informasi yang bisa di praktekkan secara langsung. Oleh karena itu kita bisa berikan mereka sebuah artikel yang dapat memberikan mereka manfaat dan tentunya bisa langsung di praktekkan. Dan tidak lupa untuk pastikan bahwa judulnya menarik. Oleh karena itu apabila kita ingin membuat judul konten yang dapat menarik perhatian para pembaca kita, maka pastikan artikel kita juga sama menariknya dengan judul artikel yang kita buat dan share.

 

4. Memastikan Struktur Kalimatnya Benar

Coba anda cari di Google dengan keyword ‘Harga Smartphone (brandnya terserah anda)’, apakah pernah mendapati judul yang menggunakan tahun di dalam judulnya? Contohnya seperti ini: ‘Harga Smartphone Sumsang 2016’ atau ‘Harga Smartphone SANY Februari 2016’ dan masih banyak lagi. Perlu diketahui bahwa itu tentunya adalah judul yang salah. Penggunaan kata “Terbaru, Terlengkap, Februari, 2016” dan lainnya itu adalah salah. (Nama Merk nya Sengaja di Ubah)

 

Kita disini diharuskan membuat judul yang dapat membangkitkan perasaan para calon pembaca kita. Coba apabila kita menggunakan judul diatas, apakah konten kita akan ada yang rela untuk share ke social media? Tentunya tidak. Siapa yang mau share konten dengan judul seperti itu, apakah anda mau?

 

Judul yang membangkitkan perasaan akan mendapatkan share lebih banyak, bahkan yang telah disebutkan tadi oleh Garrett Moon, judul yang dioptimasi akan mendapatkan share 10x lipat lebih banyak dibandingkan judul yang tidak dioptimasi. Ada beberapa perasaan yang dapat para pembaca rasakan apabila membaca sebuah judul, perasaan yang dimaksud seperti:

  •  Keterkejutan atau Tidak Percaya
  •  Khawatir atau Sedih
  •  Penasaran
  •  Meyakini atau Pasti
  •  Empati atau Merasakan Perasaan yang Sebelumnya Sudah Pernah Dirasakan

 

Mari kita bahas 1 sampai 5 poin-poin diatas menurut perasaan yang dirasakan pembaca saat membaca sebuah judul. Judul yang mengandung keterkejutan itu seperti:

  • Mahasiswa ini sukses menghasilkan 300 juta hanya dalam waktu 1 bulan!

Judul yang mengandung rasa khawatir itu seperti:

  • Blog anda sulit mendapatkan pengunjung? Mungkin 5 kesalahan ini pernah anda lakukan

Judul yang mengandung rasa penasaran itu seperti:

  • Mahasiswa ini belajar 3 mata pelajaran selama 15 menit, lihat hasilnya 1 bulan kemudian

Judul yang mengandung rasa yakin akan sesuatu itu seperti:

  • 14 cara beriklan yang sudah terbukti digunakan para pebisnis handal untuk mengembangkan bisnisnya

Judul yang mengandung rasa empati itu seperti:

  • 5 Cara mudah mempelajari pemrograman Android tanpa perlu mengerti coding secara penuh

 

Judul-judul yang dapat membangkitkan perasaan orang lain yang membacanya seperti diatas tadi tentunya banyak sekali contohnya yang bisa kita tiru dan modifikasi.

 

5. Tiru dan Modifikasi Judul yang Sudah Populer

Membuat judul tentunya tidak asal-asalan, membuat judul konten yang dapat menarik perhatian tentunya dibutuhkan pengalaman dan juga kreatifitas. Semakin bagus judul yang dibuat, maka semakin rumit ide yang harus dicari. Lalu solusinya seperti apa? Tenang, di Internet ada banyak sekali tools untuk membuat judul konten yang bisa kita gunakan untuk dapat membuat judul konten yang dapat menarik perhatian orang.

 

Salah satunya adalah BuzzSumo. Cara pemakaiannya mudah, hanya mengetikan keyword apa yang ingin dicari, lalu kita bisa lihat hasil dari keyword yang kita masukan. Seperti contohnya gambar berikut ini:

 

Membuat Judul yang Dapat Menarik Perhatian Pembaca

Contoh Tampilan Buzzsumo via buzzsumo.com

 

Buzzsumo dapat membantu kita apabila kita kehabisan ide untuk membuat judul yang menarik. Disini kita bisa tiru judul-judul yang sudah populer, namun kita tidak boleh sembarangan meniru, ada baiknya kita modifikasi dengan ide judul kita sendiri.

 

6. Buat Judul Lebih Spesifik Lagi, Khusus Untuk Satu Target Pembaca

Judul mungkin tidak selamanya untuk semua orang, kadang judul yang dibuat hanya ditujukan untuk 1-2 target pembaca. Misalkan contohnya seperti berikut ini:

  • 5 Mobil terbaik dengan harga di bawah 800 juta
  • 3 Motor terbaik dengan tingkat keiritan bensin yang tahan lama
  • Hotel terbaik dengan kualitas mewah dibawah 5 jutaan/malam

 

Dan tentunya masih ada banyak lagi judul-judul seperti diatas. Kita bisa membuat judul tersebut yang serupa, namun lebih bagusnya lagi, padukan dengan kreatifitas kita sendiri.

Silahkan di Share:

Author: Willy G

Passionate internet marketer. Believe in idea and creativity.

Share This Post On

Tinggalkan Balasan