Cara Memulai Kerja Dari Rumah Dengan Membangun Bisnis Online Dari Sekarang

Mungkin sebagian orang pasti pernah memiliki impian atau tujuan untuk bisa kerja dari rumah, atau memiliki usaha kerja sampingan. Itu semua memang perlu dibutuhkan bagi setiap orang yang ingin sukses di era digital seperti ini. Maka dari itu kenapa seharusnya kita memulai membangun bisnis online dari sekarang.

 

Memulai Kerja Dari Rumah Dengan Membangun Bisnis Online

Memulai Kerja Dari Rumah Dengan Membangun Bisnis Online

 

Apakah membangun bisnis online sangat diperlukan? Ya memang perlu, terlebih lagi di era digital ini segala hal yang dulu sehari-harinya dilakukan secara offline, justru sekarang kebanyakan dilakukan secara online.

 

Bisnis online sendiri memang jalan kita untuk cari uang di internet, jalan kita juga memiliki usaha kerja sampingan (jika memang sekarang sedang bekerja di perusahaan), jalan kita juga untuk bisa kerja dari rumah. Sebenarnya banyak peluang yang bisa didapat di bisnis online ini.

 

Di sebuah kondisi ekonomi yang tidak pasti, memang sangat diperlukan sebuah bisnis offline untuk mulai merambah ke dunia digital. Jika tidak, bisa saja bisnis offline tersebut cepat gulung tikar karena dampak ekonomi yang kurang pasti.

 

Membangun bisnis online mendapatkan kita untuk bekerja tidak dengan waktu dan jarak. Kita bebas bekerja dimana saja, kapanpun waktu yang dimau.

 

Perlu anda ketahui bahwa menurut data dari Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), pada tahun 2016 bulan Januari lalu, pengguna internet di Indonesia mencapai 88,1 juta.

 

Bayangkan jika sebuah bisnis offline yang dilakukan sehari-hari, sangat sulit mendapatkan pengunjung sekitar 100 ribu perhari. Dengan internet, bisa saja itu dilakukan. Karena jangkauan dari Internet sendiri memanglah luas.

 

Apa untungnya jika membangun bisnis online saat ini? Perlukah bisnis offline merambah ke dunia digital (online) ? Berikut beberapa alasannya kenapa anda perlu memulai membangun bisnis online untuk perkembangan bisnis anda kedepannya.

 

Membangun Bisnis Online Akan Menciptakan Banyak Peluang, Membantu Perkembangan dari Bisnis Itu Sendiri

Tidak perlu terlalu memaksakan sebuah bisnis berkembang lebih cepat di dunia digital. Tidak perlu juga mengeluarkan modal besar-besaran hanya untuk ingin menjadikan bisnis seperti kebanyakan perusahaan besar. Yang diperlukan hanyalah sebuah strategi bisnis yang baik untuk membangun bisnis online.

 

Ada banyak perusahaan-perusahaan kecil yang memang terbukti berhasil di dunia digital tanpa perlu mengeluarkan banyak modal saat membangun bisnis online nya di awal. Intinya perlahan tapi pasti, seiring strategi bisnis yang digunakan.

 

Bisnis Online, Menjangkau Lebih Luas Ke Lokasi-lokasi Yang Dituju

Kita tahu bahwa internet menjangkau kemanapun lokasi yang bisa kita tuju. Jangkauannya pun sangat luas, bahkan hampir tidak ada batasan di dalamnya. Ini membuktikan bahwa sebuah bisnis jika berjalan di dunia digital, maka bisnis tersebut bisa pergi dan datang ke lokasi manapun (tak ada batasan).

 

Jika toko-toko fisik membatasi pelayanan hanya jam-jam tertentu saja. Toko online bisa diakses 24 jam dibandingkan toko-toko fisik. Dimana seseorang bisa mengakses toko online dimanapun dan kapanpun tanpa adanya batasan waktu.

 

Mudahnya Menyampaikan Segala Informasi Terkait Bisnis Kepada Pelanggan

Dulu, sebelum adanya internet, toko-toko fisik perlu waktu sekitar 1 hari atau lebih untuk memberikan informasi terkair produk yang dijualnya kepada pelanggan. Namun itu semua sudah tidak berarti lagi, karena dunia digital merubah itu semua menjadi lebih mudah.

 

Dengan mengalihkan bisnis offline ke bisnis online, jika segala informasi ingin disebar ke pelanggan, maka kita hanya perlu membuat konten di website bisnis lalu sebarkan. Bisa melalui sosial media atau email marketing.

 

Modal Awal yang Sedikit, Meminimalisir Pengeluaran yang Berlebihan

Mungkin sebagian orang menilai bisnis online adalah jalan dimana pengeluaran berlebihan bisa terjadi. Padahal jika dibandingkan dengan bisnis offline, justru pengeluaran awal di bisnis online terbilang cukup murah.

 

Coba bayangkan jika kita membangun sebuah bisnis offline misalnya restoran, kita perlu menyewa atau membeli tempatnya terlebih dahulu, lalu membeli atau menyewa barang-barang mulai dari kursi, meja, dan lainnya. Totalnnya mungkin bisa lebih dari 30an juta.

 

Bisnis online lebih murah dari itu. Misalnya kita mempunyai produk (misalkan produk fashion), tanpa perlu gedung atau lokasi, kita bisa memasarkannya ke jangkauan yang lebih luas tanpa perlu beli ini dan itu. Bisa mulai dari iklankan di Facebook misalnya. Modal 100 ribu jika jangkauan Indonesia, bisa mencapai lebih dari 1000 audience di Facebook. Coba bandingkan dengan yang offline tadi, mana yang lebih mahal?

 

Strategi Bisnis atau Strategi Marketing Lebih Mudah Dilakukan

Kemajuan segala bidang teknologi di internet, mulai dari sosial media, mesin pencari, dan lain-lainnya membuat segala strategi bisnis atau strategi marketing yang dilakukan tidaklah sulit. Justru menjadi lebih mudah untuk mempromosikan bisnisnya.

 

Ada banyak platform iklan yang bisa kita gunakan, seperti contohnya Facebook Ads, email marketing, mobile marketing, dan lainnya. Hal itu bisa kita gunakan untuk menjangkau para pelanggan di bisnis kita.

 

Mendapatkan Tempat di Halaman Pertama Google Dengan SEO

Jika bisnis yang sedang dijalankan ada di lokasi tertentu, maka kita bisa menggunakan SEO untuk menerapkan dari strategi bisnis kita. Misalnya menggunakan SEO untuk memberitahu bahwa bisnis kita ada di daerah ini atau itu.

 

Contohnya seperti ini, misal bisnis kita ada di Jakarta dan memproduksi produk-produk fashion. Maka jika kita menggunakan SEO untuk website bisnis kita, bisa saja website bisnis tersebut menempatkan posisi halaman pertama di Google, dimana seseorang yang mengetikan keyword kebutuhannya di Google, maka Google akan menampilkan website bisnis kita untuk mereka-mereka yang membutuhkan apa yang mereka cari.

 

Untuk penerapan teknik SEO, bisa anda lihat pada artikel yang berjudul Menggunakan SEO Untuk Optimasi Bisnis di Mesin Pencari berikut ini.

 

Lalu, Adakah Lagi Manfaat Lainnya Dari Membangun Bisnis Online?

Jawabnya ada, dan banyak. Misalnya akses global yang 24 jam terus-terusan (tidak ada batasan). Hemat dari modal awal. Pengiriman bisa lebih cepat. Bisa mengendalikan dan mengatur bisnis dari manapun yang kita mau. Dan masih banyak lagi.

 

Dimasa mendatang pun saat dunia digital menguasai segala kebutuhan setiap manusia, bukan tidak mungkin lagi setiap bisnis akan beralih ke online atau dunia digital.

 

Kesimpulan

Sebenarnya banyak alasan kenapa bisnis online adalah tempat yang bagus untuk memulai bisnis atau mengalihkan bisnis dari offline ke online. Saat anda memulai membangun bisnis online maka saat itulah anda juga akan mengubah segala bentuk kegiatan berbisnis yang biasa dilakukan di offline.

 

Ada banyak jalan untuk bisa cari uang di internet, ada banyak jalan juga untuk bisa kerja sampingan atau kerja dari rumah. Ada banyak jalan yang bisa kita ambil dan lakukan. Berhasil atau tidaknya setiap pilihan yang diambil di bisnis online, tetap itu kembali lagi seperti apa strategi bisnis atau strategi marketing yang digunakan.

Silahkan di Share:

Author: Willy G

Passionate internet marketer. Believe in idea and creativity.

Share This Post On

Tinggalkan Balasan