4 Kesalahan Saat Memulai Bisnis Online yang Sering Terjadi

Jika anda berada di artikel ini berarti anda salah satu orang yang sedang mencari uang di Internet, atau sedang berusaha mencari uang di Internet. Saat ini pun, sudah ada banyak orang yang bekerja dan mendapatkan penghasilan di Internet, mereka memulai bisnis online baik itu memulai membuat toko online, menjadi affiliate, atau hal yang lainnya.

 

Kesalahan Saat Memulai Bisnis Online

Banyak Kesalahan Terjadi di Bisnis Online

 

Setiap pekerjaan tentunya memiliki tantangan dan masalahnya sendiri-sendiri, terutama bisnis online. Saat kita memulai bisnis online untuk pertama kali, mungkin masalah yang akan kita hadapi adalah “mau mulai dari mana?”. Setiap awalan pasti memiliki masalah yang hampir sama, terlebih lagi memulai bisnis online bukan jalan awal kita untuk bekerja santai dan menikmati waktu dan uang bekerja otomatis untuk kita, tentu saja bukan.

 

Itu adalah sebuah pola pikir yang salah dan harus diubah dari awalan kita memulai bisnis online. Memulai bisnis online sama halnya dengan memulai bisnis offline, sama-sama membutuhkan kerja keras di awal yang pada akhirnya menghasilkan kebebasan atau time freedom untuk kita di masa depan.

 

Pada saat memulai bisnis online pun tentunya sering kita menjumpai kegagalan dan kegagalan sampai pada akhirnya kita mendapatkan sebuah keberhasilan, itu sangatlah wajar dan hal seperti itu adalah biasa. Kegagalan tercipta karena ada kesalahan, dan kesalahan itulah yang membuat kita belajar untuk menjadi lebih baik.

 

Berikut ini ada beberapa poin-poin penting kesalahan yang sering terjadi saat memulai bisnis online dan cara mengatasinya agar tidak terulang lagi kedepannya. Simak informasinya berikut ini.

 

Inilah Kesalahan yang Terjadi Saat Memulai Bisnis Online

Pernahkah kita merenung sejenak untuk memikirkan kesalahan apa saja yang telah dilakukan saat kita memulai bisnis online? Apakah kesalahan tersebut datang dari strategi kita? Produk? Target Market? Atau Ide Bisnis? Tentunya semua kesalahan bisa saja datang dari segala hal.

 

Apabila sudah ada banyak kesalahan yang telah dilakukan, lalu bagaimana cara kita untuk memperbaikinya dan mengetahui kesalahan apa yang sebenarnya terjadi di bisnis kita? Poin-poin berikut ini akan menerangkannya.

 

1. Apa Orang Lain Mengetahui Produk Kita?

Kita akan bertanya-tanya kenapa produk kita tidak laku atau sedikit pembelinya, itu dikarenakan orang-orang mungkin saja tidak mengetahui atau tidak kenal dengan produk kita.

 

Seperti misalnya apabila kita suka dengan orang, namun kita langsung meminta orang tersebut untuk menjadi kekasih kita, maka sudah dipastikan orang yang diminta akan langsung menolak, untuk membuat orang suka juga butuh proses pendekatan.

 

Kembali ke pembahasan, sama halnya dengan menawarkan produk, jika kita langsung menjual kepada orang yang tidak kenal dengan produk kita, mana mungkin orang yang ditawarkan akan membeli. Yang perlu kita lakukan adalah memperkenalkan produk kita ke target market kita terlebih dahulu sebelum menawarkan.

 

Kita bisa memberi tahu nilai apa yang pembeli akan dapatkan apabila pembeli membeli produk kita, jelaskan manfaatnya, jika perlu buatkan tutorial penggunaannya, dan lain-lain. Kita tentunya perlu mengevaluasi lagi strategi marketing kita apabila terjadi suatu kesalahan, jangan sampai kesalahan tersebut tidak disadari dari awal penjualan produk kita.

 

Satu lagi, terkadang orang yang sudah kenal dengan produk kita pun juga tidak yakin apakah perlu membelinya atau memang tidak ingin membelinya, mereka belum yakin dengan produk kita. Hal ini tentunya perlu kita waspadai dari awal, oleh karena itu kita perlu menyertakan testimonial customer yang sudah membeli produk kita sebelumnya untuk meningkatkan kepercayaan customer saat membeli produk kita di setiap promosi produk yang dilakukan (bisa di landing page, iklan dan media promosi lainnya).

 

Untuk membangun kepercayaan dengan customer kita, maka kita perlu membangun kredibilitas agar bisnis kita dapat terpercaya. Kita bisa mempelajari bagaimana cara membangun kredibilitas pada pembahasan berikut, pada artikel yang berjudul Cara Menjadikan Bisnis Online Terpercaya Dengan Membangun Kredibilitas berikut ini.

 

2. Menunda Pemesanan, Akhirnya Lupa Untuk Membayar

Mungkin akan terheran-heran apabila melihat ada banyak add to cart di toko online kita namun hanya sedikit data pembeli yang muncul. Bisa saja itu karena mereka para pembeli lupa membayar. Hal seperti ini juga harus kita waspadai sejak awal.

 

Agar pembeli tidak melupakan produk yang ingin dibelinya, maka tugas kita adalah mengingatkan customer kita untuk membayar. Mengingatkannya pun juga ada strateginya. Kita pun bisa mengingatkannya dengan :

  • Email.
  • Telfon.
  • Chat.
  • SMS.

 

Dan lainnya yang bisa menjadi strategi yang tepat untuk kembali mengingatkan customer kita untuk membayar pesanannya. Kita pun bisa menunggu setidaknya sekitar 2 hari atau lebih setelah customer kita pesan untuk selanjutnya melakukan follow up pembayaran.

 

3. Pelanggan Tidak Kembali Lagi

Ini adalah salah satu kesalahan strategi yang harus di waspadai sejak awal, karena apabila pelanggan kita tidak pernah kembali lagi, ada kemungkinan kita juga bisa kehilangan pelanggan-pelanggan lainnya. Padahal memiliki pelanggan yang kembali lagi itu sama saja dengan memiliki pelanggan baru.

 

Cara untuk mengatasi masalah ini adalah dengan memberikan sebuah paying attention dalam hal ini. Kita bisa menggunakan kupon, yang dimana kupon tersebut perlu dikumpulkan oleh pelanggan kita untuk nantinya ditukarkan atau digunakan untuk membeli produk kita yang lain. Hal ini tentunya sudah banyak digunakan pada bisnis-bisnis offline, seperti Restoran, Cafe, dan lainnya.

 

4. Keuntungan Bisnis Tidak Berkembang dan Hanya Segitu Saja

Hal ini yang patut kita khawatirkan, karena tujuan kita menggunakan banyak strategi bisnis adalah untuk mengembangkan bisnis serta juga omzet dalam bisnis kita. Cara yang pas untuk mengatasi kesalahan tersebut adalah dengan menggunakan strategi-strategi baru yang telah terbukti berhasil, serta banyak melakukan riset, seperti riset harga, produk apa yang sedang trend, dan riset yang lainnya.

 

Kesimpulan

Ketika kita memulai bisnis online, tentunya kita harus sudah mengetahui dan memahami apa saja yang nantinya akan kita hadapi, dan itu bisa didapat dari pembelajaran di setiap kesalahan-kesalahan yang telah terjadi. Perlu diketahui bahwa bisnis online itu menyenangkan, namun juga memiliki resiko yang sama besar dengan bisnis yang lainnya, tapi jika kita sudah memiliki niat, maka resiko apapun akan terus dihadapi.

Silahkan di Share:

Author: Willy G

Passionate internet marketer. Believe in idea and creativity.

Share This Post On

Tinggalkan Balasan