Konten Bukanlah Raja, Ada Faktor Lain yang Juga Penting di Website

Dalam dunia internet marketing tentunya kita tidak akan jauh dengan pembahasan mengenai konten, banyak yang menyebutkan “konten adalah raja” atau konten sangat penting sekali di dalam website. Mungkin memang benar konten sangat berpengaruh dalam kesuksesan sebuah website. Namun apakah tidak ada faktor lain selain itu yang dapat membuat website bisa sukses?

 

Konten Bukan Raja

Konten Tidak Selalu Dianggap Sebagai Raja

 

Tentu ada. Lalu kenapa hal tersebut paling diutamakan dan sering disebut-sebut “konten adalah raja”? Jika disebut raja, dan website nya kita ibaratkan adalah istananya. Apakah raja (konten) ingin tinggal di sebuah gubuk (website dengan desain yang pas-pasan)?

 

Tentunya tidak. Jadi ibaratkan konten adalah sebuah raja, maka raja perlu tinggal disebuah istana yang bagus (desain website yang memiliki tampilan yang menarik). Jika raja tinggal di sebuah gubuk, maka apakah ada yang percaya bahwa itu adalah raja? Sama halnya jika kita artikan sebuah website yang memiliki konten yang sangat berkualitas, namun website tersebut tidak memiliki desain yang baik. Apakah ada orang yang percaya bahwa konten disana berkualitas? Tentunya tidak.

 

Tampilan sebuah website menentukan isi yang berada di dalamnya. Misalkan website tersebut adalah toko online, apakah ada orang yang akan membeli barang dari website toko online yang memiliki tampilan website pas-pasan? Tentu tidak. Bahkan tidak akan ada yang percaya jika barang disana berkualitas.

 

Jadi, walau sebagus apapun konten yang kita berikan, atau barang apapun yang kita jual, jika website nya memiliki tampilan yang kurang menarik, maka tidak akan ada orang yang akan tertarik untuk membeli dan membaca konten-konten yang berada disana. Lalu, jika membuat desain yang menarik, apakah itu tidak terlalu rumit? Tentunya tidak. Desain bagus dan menarik tidak selalu rumit. Mari kita simak penjelasan tentang pentingnya sebuah desain website berikut ini.

 

Desain Website Tidak Harus Selalu Rumit

Bagi seorang programmer, bertemu dengan bahasa pemrograman apapun tentunya tidak akan menjadi suatu masalah untuknya. Namun bagaimana bagi seseorang yang bukan seorang programmer, apalagi programmer web. Untuk memiliki desain yang menarik untuk website kita, tentunya kita tidak harus perlu mempelajari banyak bahasa pemrograman seperti HTML, CSS, Dll. Kita bisa menggunakan WordPress atau Blogger untuk membuat website kita bisa menarik. Ada banyak template website yang menarik disana.

 

Perlu kita ketahui bahwa desain web yang menarik bukan berarti banyak animasi, bayangan, gradasi, atau hiasan lainnya seperti widget misalnya. Desain yang baik adalah desain yang tidak terlalu rumit dan jika dilihat oleh orang tidak membuatnya sakit mata. Jika bisa, ada baiknya menggunakan template website yang jarang digunakan oleh orang lain, agar website kita terkesan unik atau tidak ada yang menyamainya.

 

Selain Konten, Kepercayaan Calon Pembeli Dapat Terpengaruh Oleh Tampilan Website

Jika kita memiliki sebuah toko online, pastikan toko online kita memiliki tampilan yang menarik dan sedap dipandang oleh mata. Semakin baik dan menarik tampilan toko online kita, maka semakin percaya juga calon pembeli untuk membeli barang di toko online kita.

 

Coba perhatikan toko online yang memiliki reputasi yang baik seperti Amazn, Tkopedia, L*zada, dan masih banyak toko online lainnya. Tentunya mereka menggunakan desain yang memiliki tampilan yang menarik dan sedap dipandang oleh mata.

 

Seperti yang disebutkan oleh Trimention disini, bahwa desain website yang menarik juga bisa meningkatkan penjualan, dan juga membantu branding produk jual kita. Kesimpulan nya adalah, “jangan menilai sebuah buku hanya dari covernya” tidak berlaku disini. Di website, tampilan mempengaruhi kepercayaan pengunjung website terhadap isi konten di website tersebut.

 

Tidak Sulit Untuk Membuat Desain Website yang Menarik

Seperti yang sudah dikatakan diatas, untuk membuat desain yang menarik, kita tentunya tidak perlu harus mengerti bahasa pemrograman, apapun itu jenisnya. Berikut ini beberapa tips untuk membuat website yang memiliki tampilan yang menarik dan nyaman bagi para pengunjung.

 

1. Membuat Sebuah Logo Website

Logo website tentunya mencerminkan seperti apa website kita. Jika website kita membuat konten tentang segala pembahasan tanaman, maka desain lah logo yang berhubungan dengan tanaman, seperti daun misalnya. Namun jika kita tidak bisa membuat logo, maka tidak perlulah kita mengusahakan membuat sebuah logo untuk website kita. Cukup membuat sebuah teks tanpa tambahan apapun, dan buatlah itu menjadi simple.

 

2. Navigasi yang Terlalu Banyak

Mungkin inilah yang menjadi penyebab beberapa blogger sering ditolak oleh Adsense. Navigasi website yang tidak beraturan. Semakin banyak navigasi, maka hal itu akan membuat pengunjung website kebingungan. Ada baiknya buat navigasi secara secukupnya saja.

 

3. Warna Website

Warna memang banyak sekali jenisnya. Ada merah, biru, kuning, hijau, dan lainnya. Namun untuk pembuatan desain website, warna menjadi hal yang harus diperhatikan dalam penggunaan nya. Contohnya jika saat kita memakai warna merah untuk warna utama website kita. Maka pastikan warna merah tersebut tidak terlalu terang. Atau kasarnya jangan buat warna website kita dapat menyakiti mata pengunjung website kita.

 

Jika kita bingung dalam memilih warna, maka ada baiknya kita memakai warna putih dan abu-abu gelap saja. Jika ingin, bisa ditambah warna lain namun tidak terlalu cerah.

 

4. Kurangi Beberapa Hal yang Tidak Perlu

Jangan membuat tampilan website dipenuhi dengan animasi-animasi yang tidak ada gunanya. Hal tersebut tentunya dapat mengganggu kenyamanan para pengunjung website kita. Beberapa hal yang lain seperti, penggunaan Pop-up, terlalu banyak memasang iklan, jarak teks di dalam konten terlalu rapat, dan lainnya.

 

5. Kecepatan Loading Website

Satu hal lagi yang paling penting untuk website adalah kecepatan loading nya. Untuk membuat website memiliki kecepatan loading yang baik, maka kita perlu lebih cermat dalam memilih sebuah perusahaan hosting yang akan kita pakai. Salah-salah memilih perusahaan hosting, kecepatan website kita yang akan terkena dampaknya. Kita bisa mempercepat kecepatan loading website kita dengan menggunakan CDN, seperti yang sudah dibahas pada artikel ini yang berjudul Cara Mempercepat Loading Blog Menggunakan CDN CloudFlare berikut ini.

 

6. Gaya Penulisan

Gaya penulisan dan juga format penulisan adalah dasar dari terbentuknya suatu konten yang berkualitas. Konten disebut sebagai raja bukan karena topik pembahasan nya, namun gaya dan format penulisannya yang membuat konten tersebut menjadi berkualitas. Disini tentunya kita dituntut untuk bisa lebih cermat lagi dalam membuat sebuah tulisan di website kita. Tidak perlu banyak bereksperimen dalam membuat sebuah artikel atau apapun dalam bentuk teks  untuk website kita.

 

Buatlah artikel yang menggunakan gaya bahasa yang menarik dan dapat dimengerti oleh para pembaca, dan pastikan artikel tersebut sangat bermanfaat dan juga nyaman dibaca berkali-kali. Untuk membuat sebuah konten yang dapat disukai oleh pembaca.

 

Kesimpulan

Jadi, konten itu tentunya bukanlah raja, jika istananya (website) berupa gubuk. Untuk menjadikan konten tersebut sebagai raja, tentu kita harus membuat desain website yang menarik dan dapat menjadikan konten-konten di dalamnya menjadi lebih berkualitas. Orang akan lebih percaya dengan konten kita yang berkualitas, jika desain website kita juga berkualitas.

Silahkan di Share:

Author: Willy G

Passionate internet marketer. Believe in idea and creativity.

Share This Post On

1 Comment

  1. Jika web tanpa adanya konten, maka bukan web namanya. Jadi kesimpulannya konten memang perlu dan paling utama di web. Tapi raja ataupun bukanlah raja, konten tetap saja komponen paling utama di dalam website.

    Post a Reply

Tinggalkan Balasan