4 Langkah Mudah Memulai Mobile Marketing Untuk Kemajuan Bisnis Anda

Apa yang anda pikirkan saat pertama mendengar mobile marketing? Sebuah smartphone? atau bisnis yang dijalankan lewat smartphone? Ya itu semua sama saja. Mobile marketing memudahkan kita untuk dapat bisa berinteraksi dengan pelanggan. Kemajuan teknologi saat ini sudah berkembang dengan cepat, segala kemudahan pun bisa kita dapatkan dari perkembangan teknologi saat ini, seperti memudahkan segala kegiatan kita sehari-hari dengan bantuan teknologi.

 

Mobile Marketing

Langkah Untuk Memulai Mobile Marketing

 

Berbicara tentang mobile marketing, tentu juga ada kaitannya dengan bisnis. Kita bisa menggunakan teknologi mobile untuk mengembangkan bisnis kita. Langkah-langkahnya pun terbilang tidak terlalu sulit, karena memang pada dasarnya untuk memulai mobile marketing tidak sesulit yang dibayangkan. Berikut ini beberapa langkah yang harus kita ketahui terlebih dahulu untuk dapat bisa memulai mobile marketing, agar dapat membuka gelombang pemasukan baru untuk bisnis kita.

 

1. Mobile Marketing Mewajibkan Untuk Menggunakan Tema Website yang Responsif

contoh tampilan responsif

Tampilan Website Responsif

Langkah pertama untuk memulai mobile marketing adalah menggunakan tema website yang responsif agar dapat dilihat dalam bentuk tampilan mobile phone. WordPress sendiri tentunya memiliki banyak tema yang sudah sangat responsif, jadi kita tidak perlu khawatir untuk memilih tema website yang nantinya akan kita gunakan untuk keperluan bisnis kita.

 

Kita bisa memilih nama domain untuk website kita di GoDaddy misalnya, atau dimana pun terserah kita. Usahakan perusahaan domain dan hosting yang dipilih adalah perusahaan yang memang berkualitas, baik itu dari kecepatan maupun layanan nya.

 

Jika kita tidak bisa setting website, pihak hosting tentunya akan membantu kita, so.. jangan khawatir. Walaupun wordpress banyak memiliki tema website yang responsif dan gratis, jika untuk keperluan bisnis, maka kita diharuskan menggunakan tema website yang benar-benar sudah pro dan bukan versi free lagi. Tentunya banyak sekali perbedaan antara free dan yang pro.

2. Menjalankan Iklan Mobile, Atau Usahakan Sudah Mengetahuinya Terlebih Dahulu

Salah satu langkah yang dapat dicoba adalah mobile ad campaign. Ini sangat cocok dan sangat bagus untuk semua jenis perusahaan, lebih cocok lagi dengan perusahaan yang berjalan offline dan bukan online, contohnya seperti restoran, toko bunga, dan lainnya.

 

Kita tentunya bisa menggunakan penyedia iklan mobile yang ternama seperti iAd from Apple, AdMob from Google, untuk memandu kita dalam menjalankan iklan kita khusus mobile. Bagaimana dengan konversi nya? Tenang saja, perusahaan penyedia layanan iklan khusus mobile diatas seperti AdMob dari Google, tentu akan menampilkan iklan kita kepada orang-orang yang memang targetnya dari perusahaan kita, so.. jangan khawatir.

 

3. Klaim Bisnis Pada Platform Berbasis Lokasi (Foursquare, Facebook Places)

Langkah lain dari langkah pertama untuk memulai mobile marketing yang bisa kita lakukan adalah mengklaim bisnis kita pada platform yang berbasis lokasi, kita ambil contoh disini seperti Facebook Places.

 

Logo Facebook Places via facebook.com/places

Ini sama saja seperti misalnya kita memiliki nomor telefon dan kita ingin nomor telefon kita masuk ke yellow pages, nah.. hanya saja ini adalah layanan yang dapat di jangkau berdasarkan lokasi. Ketika kita klaim bahwa bisnis kita berada pada lokasi tersebut, kita tentunya sudah bisa menjalankan promosi secara online.

 

Ambil contoh misalnya bisnis restoran, tentu kita bisa menggunakan promosi seperti, apabila ada yang melakukan check-in di restoran kita maka kita akan memberikan sebuah es krim gratis atau lainnya untuk mereka yang melakukan check-in.

 

Tentu itu akan membantu bisnis kita dapat dikenal oleh banyak orang dengan mudah dan juga cepat. Tergantung seberapa banyak orang yang mendatangi restoran kita diawal pembukaan. Tapi secara keseluruhan, cara promosi ini benar-benar menghasilkan dan menguntungkan untuk bisnis kita.

 

4. Buat QR Code Untuk Bisnis

Mobile Marketing

Tampilan QR Codes Meetechno.com

Langkah lain di dalam mobile marketing adalah menggunakan QR Codes. Apa itu QR Codes? Sebenarnya itu sama seperti barcode yang berbentuk kotak kecil, dan itu semua banyak sekali muncul di berbagai tempat usaha.

 

Jika kita perhatikan saat kita berkunjung ke cafe ternama, tentu kita akan menjumpai QR Codes disana (hanya beberapa cafe saja). Tujuan dari QR Codes sendiri adalah untuk mengarahkan para pelanggan untuk menuju ke halaman web mobile dari bisnis kita, yang biasanya berisi diskon, atau bonus-bonus konten, dan penawaran lainnya.

 

Kita pun bisa membuat QR Codes sendiri di QR Code Generator, kita bisa memasukkan berbagai hal disana seperti url website kita, pdf, kartu nama, dan lainnya.

Silahkan di Share:

Author: Willy G

Passionate internet marketer. Believe in idea and creativity.

Share This Post On

Tinggalkan Balasan