3 Elemen Penting Untuk Memaksimalkan Interaksi Audience Dengan Brand Anda

Brand sangat berperan besar terhadap kemajuan suatu bisnis yang sedang dijalani. Brand pun juga ikut berperan serta mempengaruhi orang untuk membeli produk atau menyewa jasa kita. Semakin brand dikenal oleh banyak orang, semakin pula kita memperoleh banyak pendapatan. Itulah kenapa sebagai pemilik bisnis perlu berusaha memaksimalkan interaksi audience dengan brand kita, agar brand semakin dikenal oleh banyak orang.

 

Apple Slogan

Think Different via Apple

 

Untuk yang memiliki sebuah website untuk menjalankan bisnis, akan lebih baik jika website tersebut diisi dengan banyak konten, karena para audience yang memiliki loyalitas terhadap brand kita, selalu haus untuk terus mencari konten yang kita berikan di website. Dari situlah juga kita bisa mengambil sebuah peluang untuk memonetasi website kita.

 

Namun karena ramainya internet yang menyajikan berjuta-juta konten setiap harinya, itu akan membuat ketertarikan audience akan sulit untuk dicari, dengan kata lain kita sulit menemukan audience yang benar-benar akan menjadi audience yang loyal kepada brand kita.

 

Agar website kita yang berada di kerumunan berbagai website di internet dapat menarik perhatian audience, maka cara terbaik adalah dengan membuat konten yang bisa menarik perhatian orang (tapi BUKAN konten yang mengandung kontroversi).

 

Ada beberapa elemen penting yang bisa diterapkan di website kita agar bisa menarik perhatian orang, seperti dengan cara :

  • Konten harus bisa memicu interaksi pengunjung
  • Konten harus mudah di share
  • Konten harus mudah dimuat

 

Untuk lebih lanjutnya lagi, mari kita simak pembahasan mengenai cara memaksimalkan interaksi audience dengan brand kita berikut ini.

 

1. Konten Harus Mudah Memicu Interaksi Pengunjung

Perhatian, keterlibatan, dan juga interaksi dari para pengunjung harus bisa terjadi di konten yang mereka lihat di website. Kita perlu memaksimalkan interaksi antara pengunjung dan konten yang diberikan di website kita. Konten yang interaktif adalah solusi yang bagus untuk bisa membuat pengunjung merasa ingin terlibat atau tertarik dengan kontennya.

 

Semakin para pengunjung tertarik dan terus terlibat di konten yang kita berikan, maka semakin besar potensi mereka membagikan pengalaman mereka di website kepada teman-temannya. Keterlibatan di website ini bisa dengan berkomentar, atau melakukan chat dengan customer service website kita (misal websitenya berupa jasa).

 

Paling banyak interaksi terjadi yang dilakukan para pengunjung di website adalah pada layanan Online Chat. Website bisnis berupa jasa paling banyak menggunakan layanan online chat untuk mendapatkan interaksi tinggi dari para pengunjung website. Untuk memaksimalkan interaksi audience dengan brand kita, maka cara yang terbaik yang bisa digunakan adalah dengan membuat layanan online chat di website kita.

 

3 Elemen Penting Untuk Memaksimalkan Interaksi Audience Dengan Brand Anda

Contoh Chat Box via domainesia.com

 

2. Agar Bisa Memaksimalkan Interaksi Audience Dengan Brand, Maka Konten di Website Harus Mudah di Share Oleh Pengunjung

Social sharing mendapatkan jatah paling banyak elemen yang paling berpengaruh untuk memaksimalkan interaksi audience dengan brand. Ketika pengunjung datang ke suatu halaman website kita, maka akan terjadi 2 hal. Yaitu yang pertama para pengunjung menikmati konten-konten yang diberikan tanpa merasa ingin share konten yang diberikan, dan yang kedua adalah mereka menikmati konten yang diberikan sekaligus ingin share konten tersebut agar bisa dilihat oleh teman-teman mereka.

 

Agar pengunjung bisa dengan mudah untuk share konten kita, maka konten tersebut membutuhkan tool atau plugin social sharing. Tempatkan posisi yang paling bagus untuk bisa mendapatkan perhatian para pengunjung, agar mereka merasa mudah untuk share artikel tersebut.

 

3 Elemen Penting Untuk Memaksimalkan Interaksi Audience Dengan Brand Anda

Social Sharing via neilpatel.com

 

3. Konten Di Website Juga Harus Mudah Dimuat

Agar pengunjung tertarik untuk mengunjungi website, faktor dari kecepatan website menjadi hal yang terpenting untuk kita perhatikan. Rata-rata setengah akses kunjungan ke website terjadi di mobile, dengan kata lain pengunjung banyak mengakses sebuah website dari perangkat mobilenya.

 

Terlebih lagi jika kecepatan sebuah website melambat sedikit saja, maka kepuasan para audience akan berkurang. Sebuah data menunjukan bahwa sekitar satu detik saja penundaan waktu loading di website, akan menurunkan konversi sebesar 7%. Jika terjadi tiga detik penundaan, maka kepuasan audience akan berkurang 16%. Itu menurut data yang telah ditunjukan oleh blog Kissmetrics.

 

Kita bisa meningkatkan waktu loading website kita dengan mengurangi ukuran file, bisa dengan bantuan tools seperti ImageOptim (untuk Mac) dan TinyPNG (tool di website). Atau bisa juga kita beralih ke tampilan Google Accelerated Mobile Pages (AMP).

 

Selain itu, kita juga bisa menggunakan layanan Content Delivery Network (CDN), yang pada dasarnya adalah sebuah jaringan server kita di lokasi yang berbeda di seluruh dunia, agar akses website menjadi lebih cepat.

 

Baca Juga : Cara Mempercepat Loading Blog Menggunakan CDN CloudFlare

 

Kesimpulan

Sebagai pebisnis, tentunya kita perlu banyak mengolah strategi-strategi marketing dinamis, yang dapat memaksimalkan interaksi audience dengan brand. Perhatian dari para audience adalah aset yang paling penting untuk kesuksesan brand bisnis kita. Jika perhatian sulit untuk membuat audience ingin terlibat, maka profit nantinya pun juga sulit untuk didapat.

Silahkan di Share:

Author: Willy G

Passionate internet marketer. Believe in idea and creativity.

Share This Post On

Tinggalkan Balasan