5 Cara Menjadikan Bisnis Online Terpercaya dengan Membangun Kredibilitas

Membuat bisnis agar bisa dipercaya oleh orang lain adalah dengan cara membangun kredibilitas, sama hal nya dengan bisnis online. Kredibilitas adalah kekuatan untuk menimbulkan kepercayaan, dan kredibilitas ini adalah sebuah aset yang tidak ternilai harganya dan berlaku sepanjang masa. Apabila kita membangun kredibilitas, tentu saja banyak customer yang tanpa ragu akan langsung memilih produk-produk jual kita saat mereka datang ke toko online kita.

 

Membangun Kredibilitas

Bangun Kredibilitas Agar Bisnis Online Dapat Terpercaya

 

Bahkan apabila kita membangun kredibilitas, tentunya hal tersebut akan sangat bermanfaat untuk membangun komitmen antara kita dan customer kita, sehingga saat mereka berbelanja di toko online kita, maka mereka akan dengan senang hati akan balik lagi ke toko kita. Hal tersebut tentunya sangat sekali membantu bisnis online berkembang lebih baik lagi.

 

Namun kita perlu tahu bahwa membangun kredibilitas tidak lah mudah semudah membalikkan telapak tangan. Kita harus membangun kredibilitas sejak awal merintis sebuah bisnis, termasuk juga bisnis online. Lalu, bagaimana caranya membangun sebuah kredibilitas untuk bisnis online kita? Berikut penjelasan nya.

 

1. Membangun Kredibilitas Dengan Menggunakan Media Sosial

Banyak customer kita tentunya menggunakan media sosial, baik itu Facebook, Twitter, Instagram, Pinterest, dan lainnya. Dan dari media sosial tersebut, potensi kita untuk membangun kredibilitas sangatlah besar, biasanya sebelum customer beli produk di toko online seseorang, mereka akan melihat apakah dari produk yang dijual tersebut banyak yang memberikan komentar baik ataukah tidak, dan juga biasanya customer sering memeriksa apakah toko online kita sering update gambar produk di media sosial ataukah tidak sebelum mereka memutuskan untuk membeli produk kita.

 

Dengan kita memberikan update gambar produk secara teratur dan menggunakan gambar yang bagus serta beresolusi tinggi, tentunya produk akan mendapatkan tanggapan yang baik dari audience kita, contohnya apabila toko online kita memiliki Fanpage Facebook. Hal tersebut juga mengindikasikan bahwa toko online kita asli, dan selalu mendengarkan dan berkomunikasi baik dengan customer.

 

Kita pun juga harus memasang harga yang normal yang tidak jauh dengan harga pasaran, agar toko online kita dapat dinilai baik oleh para customer kita. Namun sebelum memasang harga, pastikan kita survei terlebih dahulu harga di pasaran, jangan karena memasang harga terlalu rendah, lalu kita tidak untung, tentunya tidak boleh seperti itu.

 

2. Menjual Produk yang Memiliki Brand Terpercaya

Salah satu cara dalam membangun kredibilitas di bisnis online adalah dengan menjual produk-produk yang sudah terpercaya atau sudah memiliki brand yang dikenal baik oleh banyak orang, yang artinya lagi brand yang dijual sudah dikenal karena kualitas nya bukan karena kepopuleran nya (bisa negatif bisa positif).

 

Apabila kita menjual produk-produk tersebut di toko online kita, maka itu akan bisa membantu mendorong para calon customer untuk tertarik datang ke toko online kita, serta juga dapat membantu membuat customer  percaya dan yakin bahwa toko online kita memang benar memiliki kredibilitas yang baik.

 

3. Memberikan Testimonial

Kita bisa menyertakan beberapa kutipan positif yang datang dari para pembeli produk kita, dan hal tersebut tentunya akan lebih bisa membuat calon customer yang lain merasa aman apabila mereka ingin membeli produk kita. Kita harus mengumpulkan testimonial sebanyak mungkin dari para customer kita yang merasakan kepuasan dari layanan atau produk jual kita.

 

4. Memudahkan Customer Untuk Dapat Menghubungi Kita

Ini biasanya salah satu alasan kenapa banyak pembeli produk melalui online merasa jengkel, sulitnya customer menghubungi penjual akan mengakibatkan turunnya kredibilitas di toko online kita. Untuk mencegah hal tersebut terjadi kepada kita, maka kita bisa menambahkan contact person lainnya sebanyak mungkin yang kita punya, sehingga apabila nomor telefon yang customer tuju tidak bisa dihubungi, maka customer bisa menghubungi kita di media yang lainnya.

 

5. Menunjukkan Bahwa Kita Bukan Seorang Penjual Saja, Melainkan Seorang yang Ahli

Ini hanya berlaku untuk mereka yang menjual produk dan produk tersebut berhubungan dengan bidang yang mereka tekuni. Misalnya produk perawatan gigi, maka penjualnya pun harus benar-benar sangat mengetahui segala hal tentang kesehatan gigi.

 

Dengan begitu customer akan yakin untuk membeli produk di toko online kita, namun sebelumnya toko online kita harus fokus di satu produk tentang segala hal yang mencakup kesehatan gigi, apabila kita seorang penjual yang memang ahli pada bidang tersebut, berlaku juga untuk seorang penjual yang ahli di bidang lain nya.

 

Selain dari apa yang telah disebutkan diatas, masih banyak cara yang bisa dilakukan untuk membangun kredibilitas yang baik untuk bisnis online kita, salah satunya dengan membangun sendiri brand milik kita. Kita bisa membangun brand milik kita sendiri dengan menggunakan beberapa design tools yang ada di internet.

 

Untuk mempelajari bagaimana caranya, berikut artikel yang berjudul 5 Design Tools yang Dapat Membantu Membangun Brand Bisnis yang bisa kita baca dan pelajari pembahasan nya berikut ini.

 

Jadi inti dari pembahasan kali ini adalah kredibilitas akan terbentuk dengan sendirinya apabila kita telah melakukan pelayanan yang baik kepada para customer kita. Dan hal tersebut dapat membantu kita untuk bisa lebih mengembangkan bisnis online kita.

Silahkan di Share:

Author: Willy G

Passionate internet marketer. Believe in idea and creativity.

Share This Post On

Tinggalkan Balasan