3 Cara Mudah Untuk Membuat Website yang Menghasilkan Konversi Tinggi

Setiap pebisnis online yang memiliki website tentunya ingin sekali websitenya memiliki banyak konversi yang sering terjadi. Namun sayangnya website yang memiliki konversi tinggi tidak dibuat dengan cepat, membuat website yang berkonversi tinggi dibutuhkan fondasi yang kuat.

 

Optimasi CPA & Affiliate

Internet Marketer

Membangun Fondasi yang Kuat Untuk Membuat Website yang Berkonversi Tinggi

Bagi sebagian orang mungkin membuat website terbilang mudah, bahkan pemula pun bisa membuatnya. Namun tidak dengan website yang memiliki konversi tinggi, dia dibangun dengan fondasi yang kuat. Untuk apa jika membuat website namun hanya memiliki sedikit pengunjung yang mengunjungi websitenya, bahkan pengunjung pun tidak balik lagi.

 

Idealnya website membutuhkan beberapa hal yang bisa membuat website memiliki fondasi yang kuat, sehingga website bisa membuat konversi yang terus-terusan terjadi. Seperti apa fondasi yang harus dibangun dari awal website berdiri?

  • Desain Website
  • Navigasi yang Mudah Dipahami
  • Kecepatan Load Website

 

Fondasi diatas adalah fondasi yang paling penting yang harus terlebih dahulu di bangun dari awal website berdiri. Konten juga termasuk, namun setelah website memiliki desain yang menarik, navigasi yang mudah dipahami oleh pengunjung, dan juga kecepatan load website yang bisa membantu meminimalisir kekecewaan pengunjung nanti apabila mereka lelah menunggu terlalu lama untuk load website kita. Dari ketiga fondasi utama yang telah disebutkan diatas, mari kita bahas satu per satu pada pembahasan berikut ini.

 

Desain yang Menarik

Jika kita ingin menunjukan profesionalisme kita dalam menjalankan bisnis online, maka kita perlu menunjukan wajah profesional kita untuk internet. Maksudnya adalah kita diharuskan membuat sebuah website yang memiliki desain yang profesional atau setidaknya mendekati itu. Bukan berarti desain yang jelek tidak profesional, namun desain yang menarik lebih mendapatkan banyak konversi tinggi daripada desain yang biasa saja.

 

Membuat Website yang Berkonversi Tinggi Seperti WPmudev

Contoh Website yang Memiliki Desain yang Bisa Dicontoh via WPmudev

 

Sama halnya dengan toko offline. Coba bayangkan jika kita membuat sebuah toko yang memiliki tampilan yang sangat tidak bagus, contoh saja toko kita di cat secara berantakan. Apakah ada orang yang akan datang? Tentunya tidak kan? Sama halnya dengan website, kita bangun website tersebut sebagus mungkin secara profesional, maka biarkan waktu yang menjawab, website tersebut pastinya akan memiliki konversi yang tinggi dan sering terjadi setiap hari.

 

Konversi bukan hanya soal penjualan saja ya, bisa dari orang yang subscribe dan lainnya. Menurut ConversionXL, kesan dari pengunjung yang pertama kali datang ke website kita 94% nya berkaitan dengan desain. Jadi jangan biarkan desain kita membuat pengunjung tidak kembali lagi ke website kita.

 

Buatlah desain yang menarik sedari awal. Jika kita membangun website menggunakan WordPress, maka ada banyak tema yang bisa kita pilih di Internet. Ada yang gratis dan ada yang berbayar, mungkin dari segi tampilan semua terlihat sama, namun jika kita ingin profesional, maka gunakanlah tema yang berbayar agar mendapatkan fitur lebih banyak.

 

Membuat Navigasi Mudah Dipahami Oleh Para Pengunjung

Website yang berkonversi tinggi tentunya tidak dibuat secara asal-asalan, mereka membuat navigasi yang benar-benar mudah dipahami, bahkan untuk pemula sekalipun. Navigasi dan link di tempat seperti sidebar dan footer ikut bermain, menjadikan mereka sebagai faktor yang penting.

 

Pastikan kita memberikan navigasi kepada para pengunjung agar pengunjung bisa mudah mengakses halaman yang sangat penting dan yang bisa memberikan keuntungan lebih untuk website kita. Hal lainnya seperti halaman kontak, produk, layanan, atau halaman lain yang menjadi suatu kepentingan utama dalam menghasilkan pendapatan harus dipastikan mudah untuk ditemukan. Dasar yang solid sangat penting untuk kesuksesan bisnis online kita, jadi pastikan saja kita membangunnya dari sejak awal website berdiri.

 

Menjaga Performa Website Agar Selalu Optimal

Website mungkin terlihat sama seperti mobil, harus sering di setting agar performa menjadi lebih baik. Walau mungkin hal ini tidak dianggap begitu penting, namun hal ini bisa membantu kita menambah konversi yang terjadi di website kita.

 

Memiliki website yang berkonversi tinggi adalah tujuan setiap pebisnis online. Membuat website berkonversi tinggi pun tidak mudah, harus dilakukan sedari awal. Berikut ini kami berikan beberapa pembahasan mengenai cara membuat website yang menghasilkan konversi tinggi.

 

1. Mengarahkan Pengunjung Ke Tujuan dari Website Bisnis Kita

Tentunya kita membuat website pasti ada tujuannya bukan? Tujuan dari pembuatan website memang ada berbagai macam. Tugas kita adalah menentukan dan mengarahkan pengunjung ke tujuan utama dari website kita. Misalkan tujuan website kita adalah seperti berikut :

  • Mendapatkan Email Subscriber
  • Mendapatkan Calon Pembeli Dengan Menawarkan free trial Produk Kita
  • Meminta Pengunjung Untuk Mengisi Form Kontak (ini biasanya untuk website bisnis coaching)

Dan masih banyak tujuan-tujuan yang lainnya. Apa tujuan dari website anda?

 

Tujuan yang sudah dibentuk adalah sebuah fondasi awal dari terciptanya website yang berkonversi tinggi. Selanjutnya adalah tugas untuk mendapatkan pengunjung kita. Seperti apa? Membuat pengunjung melakukan apa yang kita inginkan, sesuai apa tujuan dari terciptanya website kita. Misal tujuannya untuk mendapatkan email subscriber, maka kita harus arahkan pengunjung untuk mendaftarkan email utama mereka ke website kita.

 

Caranya? Hanya tinggal memberikan tombol Call to Action saja. Mudah bukan? Tapi tombol saja tidak berpengaruh besar, harus ditambah dengan judul, gambar dan hal lainnya yang mendukung agar pengunjung terarahkan ke tujuan utama dari website kita. Kita bisa menyebar elemen-elemen pendukung agar kita bisa mendapatkan pengunjung di lokasi yang strategis di website kita, misalnya sidebar, header, pop up, footer dan lokasi lainnya sesuai kebutuhan anda.

 

Tempat yang bagus untuk menaruh elemen penting ini adalah pada bagian homepage. Kita bisa menempatkannya disana. Karena pengunjung yang mengunjungi website kita akan pertama melihat homepage, lalu setelah itu beberapa menu lainnya.

 

2. Bertemanlah Dengan Mesin Pencari, Semisal Google

Maksudnya berteman itu seperti apa? Maksudnya berteman disini adalah tidak melanggar berbagai aturan mesin pencari Google, dan juga menggunakan SEO sewajarnya saja. SEO tidak selalu tentang teknik yang terlalu rumit atau mendalam, kita juga tahu bahwa algoritma Google sudah berubah dari waktu ke waktu, semakin hari semakin pintar. Google tentunya tahu mana website yang bagus dan berkualitas dan mana yang tidak.

 

Jadi agar website bisa dinilai baik oleh Google, maka pastikan pengalaman pengguna di website kita bagus. Google akan melihat website dari sisi pengalaman pengguna nya, bahkan Google juga tahu jika website yang memiliki konten yang berkualitas dan mendalam pembahasannya akan diberikan ruang pertama di pencarian.

 

Baca Juga : 6 Tips Mudah Membuat Pengunjung Betah di Website Anda

 

Jadi disini kita berbicara tentang bagaimana membuat sebuah mesin pencari seperti Google menjadi senang, semakin Google senang maka semakin besar peluang kita berada pada posisi pertama, yang akhirnya memberikan kita pengunjung dan juga calon customer. Untuk mendapatkan pengunjung kan bisa dengan cara beriklan? Beriklan memang bisa saja. Tapi jika mesin pencari seperti Google tidak senang lalu website dikenakan deindex, apa beriklan masih bisa kita lakukan? Tentunya tidak. Jadi intinya buatlah mesin pencari senang, agar website selalu aman.

 

3. Membuat Website Tetap Mobile Friendly

Membuat website yang berkonversi tinggi bukan hanya tentang kualitas kontennya saja, tapi juga harus mobile friendly. Kenapa? Coba bayangkan jika website kita berkualitas, namun setelah dibuka di smartphone tampilannya jadi berubah dan tidak sesuai, apa yang akan terjadi? Tentu kita akan kehilangan customer. Oleh karena itu membuat website tetap mobile friendly adalah pilihan tepat untuk membuat website yang berkonversi tinggi.

 

Kita bisa cek apakah website kita mobile friendly ataukah tidak dengan cara menggunakan mobile website tester dari Google berikut ini. Test dengan tool itu, jika website anda mobile friendly maka selamat!

 

4. Mulai Membangun Aset Email List

Seperti yang dikatakan sebelumnya, konversi bisa dalam bentuk data subscriber. Mendapatkan atau mengumpulkan email list customer adalah tujuan dari sebuah bisnis agar bisa lebih berkembang. Tentunya ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk membangun email list kita. Mau cara sederhana atau cara rumit pun semua ada, hanya saja kita perlu memilih yang paling tepat dan efektif untuk digunakan. Seperti contoh berikut ini :

  • Membuat Ebook Gratis
  • Membuat Sebuah Video Ecourse
  • Free Trial

Dan masih banyak lagi. Ketiga diatas bisa dijadikan media kita untuk mendapatkan banyak email list dari calon customer. Pastikan saja saat kita menawarkannya, kita memberikan sesuatu yang lebih yang memberikan sebuah value kepada pengunjung yang melihat.

 

Baca Juga : 14 Cara Meningkatkan Traffic Website Untuk Mendapatkan Banyak Email List

 

5. Selalu Tanggap Untuk Memperbaiki Masalah di Website yang Terjadi

Bayangkan jika website anda berkualitas, segala hal pun ada. Namun tiba-tiba terjadi sebuah problem di website yang menjadikan website tidak bisa diakses oleh pengunjung. Apa yang terjadi? Kita kehilangan banyak peluang untuk mendapatkan data calon customer, atau mungkin saja kita kehilangan customernya itu sendiri.

 

Masalah di website memang terkadang datang secara tiba-tiba. Agar kita tidak kehilangan sebuah momen penting di website kita yang membantu menghasilkan banyak konversi, ada baiknya kita selalu tanggap dalam melihat masalah apa yang terjadi di website kita.

 

Temukan problem di website kita dan mulailah memperbaikinya. Masalah bisa saja datang dari kecepatan load website, tidak adanya form contact, atau bahkan gambar yang tidak mau load. Semua hal yang ada di website pastikan di cek satu per satu dan perbaiki jika ada yang janggal.

 

Kesimpulan

Beberapa poin diatas dapat membantu kita untuk membangun sebuah fondasi yang  baik di website kita agar website bisa menghasilkan banyak konversi yang tinggi. Untuk membuat website berkonversi tinggi memang membutuhkan waktu, namun di awal waktu kita bisa membangun sebuah fondasi yang kuat agar website tidak terjadi masalah sewaktu-waktu dan tetap bisa menghasilkan konversi setiap hari. Jika ada pembahasan diatas yang ingin ditanyakan, silahkan tuliskan tanggapan di kolom komentar di bawah ini. Semoga pembahasan ini bisa bermanfaat untuk anda.

Silahkan di Share:

Author: Willy G

Passionate internet marketer. Believe in idea and creativity.

Share This Post On

Tinggalkan Balasan