4 Strategi Memenangkan Persaingan Pasar Dengan Menggunakan Hashtag

Hashtag? Apa hubungan nya dengan memenangkan persaingan pasar? Ya, sebelum kita ke pembahasan utama, mari kita berkenalan terlebih dahulu dengan tren penggunaan hashtag yang sudah dari tahun lalu banyak orang gunakan. Mungkin pernah kita lihat penggunaan hashtag yang banyak dalam satu konten yang di publish di media sosial, tentunya hal tersebut tidak dilakukan tanpa sebab, melainkan ada sebab kenapa konten tersebut menggunakan hashtag.

 

Memenangkan Persaingan Pasar dengan Hashtag

Menggunakan Hashtag Dalam Berbisnis

 

Hashtag, mau kita #suka atau #tidak , ternyata hashtag dibuat untuk memudahkan pengaturan post konten kita dalam beberapa tema yang sama. Tentunya hal tersebut dapat menguntungkan bisnis kita dalam hal pemasaran apabila kita gunakan dengan tepat, dan salah satunya adalah memenangkan persaingan pasar.

 

Bicara tentang memenangkan persaingan pasar dengan hashtag, tentunya ada beberapa strategi memenangkan pasar yang bisa kita lakukan dengan menggunakan hashtag. Untuk lebih lanjutnya lagi, mari kita simak pembahasan berikut ini.

 

1. Membantu Mengembangkan Komunitas

Dalam hal ini apabila ada suatu komunitas, entah itu komunitas musik, sosial, atau hanya sekedar event tertentu, penggunaan hashtag yang benar dan tepat tentunya dapat membantu kita untuk menyatukan seluruh pengguna media sosial dari seluruh dunia dengan tema yang sama. Dan kita bisa berinteraksi dengan fans atau follower kita di media sosial, saling berbagi cerita, pendapat, serta pengetahuan.

 

Namun apabila kita ingin mengembangkan komunitas yang kita punya, maka kita harus memiliki banyak follower terlebih dahulu, bukan hanya sekedar follower, namun follower yang aktif berperan dalam kemajuan komunitas yang kita miliki.

 

2. Mempromosikan dan Mengembangkan Brand

Untuk dapat membuat bisnis kita bisa dikenal banyak orang, maka kita bisa menggunakan hashtag dalam tema tertentu yang sedang tren di media sosial, contoh nya seperti yang biasa terjadi di Twitter, disana ada TTWW (Trending Topic World Wide) yang biasanya sering update dalam beberapa waktu.

 

Strategi ini dapat digunakan untuk memenangkan persaingan pasar dengan memperkenalkan brand bisnis kita kepada banyak orang yang tidak dilakukan oleh kompetitor kita. Namun pastikan kita menggunakan hashtag dengan benar dan tepat, karena apabila salah menggunakan nya, maka hal tersebut dapat membakar brand kita sendiri. Kita dapat menyesuaikan penggunaan hashtag dengan konten untuk mempromosikan produk jual kita.

 

Karena Instagram adalah salah satu media sosial paling banyak pengguna aktifnya (selain Facebook), maka kita bisa menggunakan hashtag dalam foto yang kita publish di Instagram. Untuk mengetahui bagaimana cara menggunakan hashtag di dalam Instagram, kita bisa membaca artikel berikut yang berjudul Strategi Menggunakan Instagram Untuk Berjualan Online berikut ini.

 

3. Menumpang di Hashtag yang Sedang Populer

Kita bisa menggunakan hashtag yang sedang populer di media sosial sebagai media kita untuk memasarkan bisnis kita, ini juga bisa dikatakan sebagai salah satu upaya untuk memenangkan persaingan pasar. Contoh nya seperti, apabila ada hashtag #diskonramadhan atau #kuponspesialramadhan , maka kita bisa menggunakan nya dan membaur dengan menggunakan hashtag yang sama di konten kita.

 

Hal tersebut membantu calon customer kita melihat pilihan alternatif lain dari toko yang memiliki diskon tersebut. Namun kita juga perlu memperhatikan kepopuleran hashtag tersebut, karena semakin populer hashtag, semakin banyak yang menggunakan nya, dan otomatis konten kita akan mudah atau cepat tenggelam. Oleh karena itu kita harus terus posting konten lain dengan hashtag yang sama agar konten kita tidak tenggelam.

 

4. Selain Memenangkan Persaingan Pasar, Hashtag Juga Dapat Membantu Menganalisa Customer Kita

Ini juga bisa dikatakan sebagai salah satu strategi untuk memenangkan persaingan pasar. Kenapa? Misal, dengan menggunakan hashtag, kita dapat melihat atau menganalisa customer kita apakah telah menikmati produk kita ataukah tidak, dan kita pun juga bisa menganalisa apakah mereka suka menggunakan produk ataukah jasa kita.

 

Menggunakan hashtag adalah salah satu alat pemasaran terbaik yang bisa kita gunakan, selain untuk memenangkan persaingan pasar, masih ada keuntungan lain nya dari penggunaan hashtag. Namun walau hashtag memberikan dampak yang berarti, namun kita tidak boleh terlalu sering menggunakan hashtag, terlebih lagi di tema yang tidak berhubungan, terlalu banyak hashtag akan mengganggu kualitas konten kita di media sosial.

Silahkan di Share:

Author: Willy G

Passionate internet marketer. Believe in idea and creativity.

Share This Post On

Tinggalkan Balasan