Cara Mempromosikan Produk Ebook Melalui Media Sosial Untuk Menghasilkan Banyak Lead

Kita tahu bahwa segala sesuatu saat ini sudah beranjak ke dunia digital, terlebih lagi dengan kecanggihan yang diberikan oleh internet, membuat semua orang dapat mempermudah pekerjaannya dengan bantuan internet. Banyak orang pun sudah memanfaatkan internet sebagai salah satu jalan dari pemasukan nya sehari-hari, yaitu dengan cara berjualan di internet. Berbicara berjualan di internet, ada salah satu produk yang sangat sering dijual dan banyak orang sering mempromosikannya, produk tersebut adalah Ebook. Banyak orang mempromosikan produk Ebook nya masing-masing di internet, khususnya di media sosial.

 

Mempromosikan Produk Ebook di Media Sosial

Promosi Ebook

 

Apa itu Ebook? Ebook adalah suatu bentuk media yang berisi tulisan dari hasil karya seseorang yang di kemas dalam bentuk digital, atau dengan kata lain Ebook adalah buku digital. Tentunya semua orang dapat membuka Ebook di mana pun mereka berada, dan kapan pun, karena Ebook bisa di akses di segala tempat dan waktu dengan gadget kita.

 

Masuk ke pembahasan utama kita tentang mempromosikan produk ebook melalui media sosial. Tentunya kita tahu bahwa banyak Ebook yang disebarkan gratis di media sosial, maupun berbayar. Kali ini kita akan mencoba mempromosikan produk ebook sebagai sumber penghasilan kita dengan menggunakan media sosial.

 

Kenapa Kita Harus Mempromosikan Produk Ebook ?

Ebook disini bukan hanya sebagai sumber informasi digital, namun juga bisa kita gunakan untuk menangkap lead, dan kita pun juga bisa membuat sebuah Ebook untuk membantu kita mendapatkan lead. Setengah dari promosi Ebook adalah tahapan pembuatan atau penulisan, dan tahapan selanjutnya adalah tahapan mempromosikan produk ebook untuk meningkatkan ROI.

 

Kenapa Ebook dikatakan bisa membantu kita untuk menangkap lead? Itu bisa dikatakan karena apabila kita mempunyai sebuah produk yang akan hendak ditawarkan, maka kita bisa menyisipkan penawaran tersebut di Ebook yang telah kita promosikan sebelumnya.

 

Namun sebelum itu pastikan terlebih dahulu bahwa kita mempunyai landing page untuk mendapatkan data-data calon konsumen (nama dan email) yang terintegrasi autoresponder. Berikut ini ada beberapa cara yang dapat kita lakukan sebelum kita mempromosikan produk ebook kita di media sosial agar kita untung dalam menghasilkan banyak lead.

 

1. Membuat Pemberitahuan yang Mengundang Ketertarikan ( Teaser )

Kenapa membuat teaser? Itu karena tujuannya adalah untuk membuat para audience kita tergoda dengan apa yang ada di dalam Ebook kita nantinya, bukan hanya sekedar mereka membeli atau download saja Ebook kita, namun juga akan mengingat dan menunggu-nunggu seperti apa produk Ebook yang akan kita promosikan nantinya.

 

Kita bisa posting sebuah gambar menarik berupa tampilan Ebook yang akan dipromosikan, bisa sebuah kutipan atau cover dari Ebook kita, dan hal tersebut nantinya akan dapat menarik perhatian audience kita sehingga mereka ingin klik konten kita di media sosial. Selain itu, kita juga bisa menggunakan hashtag populer untuk Ebook yang kita promosikan.

 

Langkah awal yang harus dilakukan adalah, posting sebuah gambar yang menarik tentang Ebook yang dipromosikan, lalu lihat seberapa banyak like, comment, dan share yang kita dapatkan. Kenapa? kembali kepada tujuan utamanya, yaitu mendapatkan engagement, dan itu bisa digunakan untuk melihat respons dari Ebook kita nantinya, sebelum Ebook tersebut kita promosikan atau kita jual.

 

2. Membuat Banner Dengan Desain yang Menarik di Media Sosial

Banner atau pun cover bisa kita gunakan sebagai media kita untuk mempromosikan produk Ebook kita, misalnya ketika seseorang berkunjung ke profil maupun fanpage Facebook kita, hal pertama yang para pengunjung lihat adalah cover, oleh karena itu kita bisa memanfaatkan cover sebagai media promosi kita yang lain yang bisa mendatangkan lead untuk kita.

 

Robert Kiyosaki Free Ebook

Contoh Promosi Ebook via facebook.com/RobertKiyosaki

 

Bukan hanya Facebook saja, kita juga bisa membuat cover di Twitter, atau media sosial yang lainnya. Meski pun tidak bisa menaruh link aktif, kita masih bisa menaruh barcode berupa link download di dalam nya. Perlu diketahui bahwa kita bisa membuat banner maupun cover dengan menggunakan Tools berikut ini yang bernama Canva.

 

3. Mempromosikan di Forum atau Komunitas

Perlu diketahui bahwa selain di Facebook Grup, ada banyak sekali grup atau komunitas yang tersebar di media sosial lainnya,  dan itu semua ada di Google+, LinkedIn, Slideshare. Kita bisa bergabung disana, dan mulai mempromosikan Ebook kita, tapi sebelum memulai mempromosikan Ebook, ada baiknya kita sharing terlebih dahulu dengan penghuni grup tersebut.

 

Ambil bagian dalam diskusi yang mereka lakukan, berikan like atau bisa kita berkomentar dengan baik di diskusi tersebut, tujuannya adalah membangun hubungan jangka panjang dengan para anggota di komunitas tersebut. Dan untuk di LinkedIn, kita bisa melihat atau mencari kelompok-kelompok yang relevan dengan bisnis kita dengan melihat direktori grup di LinkedIn.

 

4. Menggunakan Iklan ( Cara Berbayar )

Apabila kita ingin mempromosikan produk Ebook kita dan ingin cepat terjual atau cepat diketahui oleh orang banyak, maka salah satu cara tercepatnya adalah dengan menggunakan iklan. Iklan tersebut bisa dari Facebook, Adwords, Twitter Ads, dan masih banyak program iklan lainnya. Postingan berupa Ebook kita pun nantinya akan muncul di news feed dan sidebar target market kita.

 

Pastikan kita menggunakan gambar atau konten yang dapat mengundang pengguna media sosial tersebut untuk klik iklan kita. Tidak perlu mengeluarkan anggaran yang terlalu besar untuk mempromosikan produk Ebook kita di media sosial, karena anggaran yang kecil pun sudah bisa mendatangkan lead yang banyak, asalkan Ebook kita memang benar bermanfaat.

 

5. Adanya Pengaruh Influencer

Adanya pengaruh Influencer, yaitu orang-orang yang memiliki banyak sekali pengikut di media sosial, tentu dapat membantu kita untuk mempromosikan produk Ebook kita agar dapat menghasilkan banyak lead. Biasanya apapun yang mereka (influencer) posting di media sosial, tentunya akan selalu mendapatkan banyak interaksi, oleh karena itu kenapa pengaruh influencer dapat membantu kita untuk menghasilkan banyak lead dari promosi Ebook yang dilakukan.

 

Darren Rowse Free Ebook

Pengaruh dari Orang Terkenal via facebook.com/problogger

 

Kesimpulan

Itu semua yang telah dilakukan adalah kembali kepada kita, seperti apa yang ingin kita lakukan untuk mempromosikan produk Ebook kita. Semua promosi yang dilakukan perlu kita pastikan semuanya menghasilkan lead untuk kita, karena lead tersebut yang nantinya akan menjadi calon customer kita.

Silahkan di Share:

Author: Willy G

Passionate internet marketer. Believe in idea and creativity.

Share This Post On

Tinggalkan Balasan