Cara Mendapatkan Banyak Leads Dengan Mengandalkan Referral Traffic

Untuk mendapatkan banyak leads, kita bisa mengandalkan referral traffic. Mungkin masih banyak cara yang lain yang bisa dilakukan, seperti menggunakan SEO, PPC, blogging, atau social media marketing. Namun kita juga bisa mendapatkan banyak leads dengan memanfaatkan dan mengandalkan referral traffic.

 

Mengandalkan Referral Traffic

Meningkatkan dan Mengandalkan Referral Traffic Untuk Mendapatkan Leads

 

Perlu diketahui terlebih dahulu bahwa cara apapun yang dilakukan untuk bertujuan mendapatkan banyak leads pasti cara-cara tersebut memiliki satu, dua atau lebih kelemahan. Tidak semua cara yang dilakukan akan bekerja dengan baik.

 

Misalnya SEO yang membutuhkan waktu lama, PPC yang berbiaya mahal, dan social media marketing yang terkadang sulit untuk dianalisa hasil kerjanya. Terlepas dari cara-cara tersebut, kita juga bisa mendapatkan banyak leads dengan mengandalkan referral traffic.

 

Apa Itu Referral Traffic dan Bagaimana Caranya Kita Bisa Mendapatkan Leads Dengan Referral Traffic?

Referral traffic adalah kunjungan ke website kita namun berasal dari website lain selain yang datang dari search engine. Nah itu yang disebut referral traffic. Gambarannya seperti berikut ini.

 

Misal ada orang yang klik sebuah link pada website orang lain dan membawa mereka (yang klik) ke website tujuan (dalam kasus website kita) maka itu yang disebut referral traffic. Kita bisa melihat data-data referral traffic nya dari Google Analytics. Website yang memberikan referral traffic kepada website tujuan, maka disebut ‘referrer’.

 

Apa Gunanya Mengandalkan Referral Traffic Untuk Mendapatkan Banyak Leads?

Kenapa kita perlu mengandalkan referral traffic? Karena traffic yang bersumber dari sana adalah traffic yang mungkin berkualitas. Itu dilihat karena datangnya dari website lain (yang sejenis) dan terpercaya.

 

Itu juga bisa kita manfaatkan untuk bisa mendapatkan banyak leads yang berkualitas. Bisa juga kita mendapatkan pelanggan baru hanya dari mengandalkan referral traffic itu.

 

Lalu bagaimana caranya mendapatkan referral traffic untuk bisa mengumpulkan banyak leads yang berkualitas?

 

Cara Mengumpulkan Leads Berkualitas Dari Hanya Mengandalkan Referral Traffic

Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk bisa mendapatkan banyak leads, beberapa cara berikut ini mudah-mudahan bisa membantu.

 

1. Menggunakan Guest Post

Kita tahu bahwa Guest Post bukan hanya membantu kita mendapatkan traffic, tetapi juga bisa jadi media silaturahmi sesama blogger. Terlepas dari itu, Guest Blog juga bisa kita jadikan sebagai media untuk mendapatkan leads-leads yang berkualitas dari blog terpercaya.

 

Memberikan link eksternal di dalam post yang dikirimkan atau di biodata yang ditulis, itu akan memancing orang untuk melihat dan mengunjunginya. Dan biasanya banyak blog dapat kita lihat yang seperti itu.

 

Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk bisa mendapatkan referral traffic dari website terpercaya dengan beberapa cara guest blogging berikut ini :

  • Fokus terhadap topik website. Misal website lain memuat konten-konten tentang bisnis, maka jangan membuat post diluar konten-konten tersebut.
  • Tuliskan nama kita dibawah post yang dikirimkan, agar orang tidak dapat claim post tersebut sebagai miliknya.
  • Targetkan kepada siapa post tersebut ditujukan, agar post yang dikirimkan mendapatkan pembaca.

 

Baca Juga : Keuntungan Menjadi Guest Blogger di Blog Lain yang Harus Kamu Ketahui

 

2. Menggunakan Sosial Media

Sosial media, tempat dimana segala informasi berkumpul, cepat datang dan juga cepat pergi. Melalui sosial media ini, kita juga bisa mendapatkan banyak leads. Bisa menggunakan sosial media seperti Facebook, Instagram, Twitter, Google+, Pinterest dan lainnya.

 

Mengandalkan referral traffic untuk mendapatkan leads memang terkesan sedikit menyulitkan. Terlebih jika didapatkan dari sosial media. Namun jika kita mengikuti tren yang sedang ada disana (social media), bukan tidak mungkin traffic website kebanyakan akan datang dari sana.

 

Setiap kali ada orang yang share, komen, like, tweet, atau hal lainnya, sebenarnya itu adalah sebuah kesempatan dan peluang untuk kita memanfaatkan kondisi tersebut untuk mendulang banyak leads dari sana.

 

Baca Juga : 5 Cara Mudah Meningkatkan Share di Facebook Agar Jangkauan Post Lebih Luas

 

3. Berkomentar di Website Orang Lain

Berkomentar di website orang lain juga bisa membantu kita mendapatkan banyak traffic, asalkan kita tidak berkomentar SPAM ke website tersebut. Beberapa cara berkomentar berikut ini bisa membantu agar komentar yang kita kirimkan bisa membawa keuntungan kepada website kita sendiri.

 

  • Pastikan komentar yang dikirimkan adalah komentar yang berbobot.
  • Carilah website yang boleh berkomentar dengan mengirimkan link di dalamnya
  • Aktiflah pada website-website yang memberikan komentar dibawah konten websitenya

 

Baca Juga : Yuk! Kenali 5 Tipe Pengunjung Blog yang Sering Datang Ke Blog Anda

 

4. Terpublikasi Oleh Review Website dari Web Orang Lain

Mungkin ini adalah salah satu hal yang sangat menguntungkan untuk kita. Ada website yang mereview web kita dan memberikan link kepada website kita itu adalah hal yang bagus dan bisa membawa traffic ke website kita untuk dapat membawa leads yang potensial dan berkualitas. Hanya saja pastikan bahwa website yang mereview web kita memiliki traffic yang banyak.

 

Kesimpulan

Untuk bisa mendapatkan banyak leads, yang diperlukan sebuah website adalah tambahan traffic yang banyak. Bisa itu dari referral traffic, bisa juga dari SEO, sosial media marketing, atau cara-cara yang lain.

Silahkan di Share:

Author: Willy G

Passionate internet marketer. Believe in idea and creativity.

Share This Post On

Tinggalkan Balasan