7 Tools yang Membantu Anda Mengasah Kemampuan Copywriting Dengan Mudah

Bagaimana caranya mengasah kemampuan copywriting? Oke, jadi.. Blogger ataupun marketer, pasti selalu ada hal yang harus dan perlu untuk ditulis. Jika blogger menulis untuk konten blognya, semisal artikel. Lalu marketer yang menulis untuk penawarannya kepada si calon pembeli atau audience. Mengasah kemampuan menulis itu terbilang perlu, bukan hanya untuk blogger saja, untuk seorang marketer juga harus.

 

Mengasah Kemampuan Copywriting

Mengasah Kemampuan Copywriting

 

Copywriting sama dengan menulis, harus bisa menyampaikan pesan kita kepada audience. Jadi kenapa kita sebagai pebisnis online harus mengasah kemampuan copywriting? Itu karena kita harus mampu dan bisa menyampaikan pesan apa dari bisnis kita kepada calon customer dengan baik, sehingga mereka tertarik dan mau untuk membeli suatu produk dari bisnis kita.

 

Apa Pentingnya Mengasah Kemampuan Copywriting?

Jika ditanya apa pentingnya, ya jelas sangat penting sekali. Efeknya ada pada bagian promosi. Ketika kita rajin dan selalu mengasah kemampuan copywriting, kita akan cepat memahami copywriting itu sendiri, sehingga apapun produk yang dijual pasti akan laku dan ada yang membelinya. (tapi harus dipastikan juga bahwa produk tersebut memberikan value kepada calon customer).

 

Kita hanya harus temukan gaya tulisan khas yang sesuai dengan bisnis kita. Untuk menemukan gaya menulis tersebut, akan kita dapat jika kita terus mengasah kemampuan copywriting nya. Berikut ini ada beberapa tools yang bisa kita gunakan untuk meningkatkan dan mengasah kemampuan copywriting kita dengan mudah.

 

1. Hemingway App

Ini adalah aplikasi yang bisa kita gunakan untuk mengasah kemampuan copywriting. Aplikasi ini diciptakan dengan nama belakang yang diambil dari nama Ernest Hemingway, seorang penulis yang memiliki gaya penulisan yang lebih ringkas dan banyak dikagumi oleh sebagian orang.

 

Cara gunanya cukup mudah, copy dan paste saja tulisan kita kedalam aplikasi gratis ini, lalu lihat apa yang aplikasi ini kerjakan untuk kita.

 

7 Tools yang Membantu Anda Mengasah Kemampuan Copywriting Dengan Mudah

Hemmingway Apps

 

Aplikasi ini akan mengkategorikan tulisan kita (yang sebelumnya di paste disana) ke kategori mudah dibaca atau tidak mudah dibaca dalam grade. Bisa dilihat di samping kanan tampilan aplikasinya.

 

Lalu setelah itu, aplikasi ini akan memperjelas dan meringkas tulisan kita agar lebih mudah dibaca dan dipahami. Aplikasi ini sangat membantu sekali untuk kita yang ingin mengasah kemampuan copywriting secara gratis.

 

2. Help Me Write

7 Tools yang Membantu Anda Mengasah Kemampuan Copywriting Dengan Mudah

Help Me Write

 

Aplikasi ini sangat bagus dan sangat membantu kita untuk bisa menemukan ide-ide tulisan, yang dimana idenya tersebut datang dari para audience. Cara kerja aplikasi ini adalah seperti kita post suatu ide tulisan, lalu gunakan Help Me Write dan share ide-ide tersebut ke audience yang tersebar di media sosial.

 

Setelah itu tanyakan kepada mereka (audience) apa yang paling sering mereka ingin baca. Dengan begitu, mereka akan dengan senang hati memberikan vote pada kategori bacaan yang memang mereka sukai.

 

Baca Juga : 3 Strategi Copywriting yang Meningkatkan Konversi

 

3. Daily Page

7 Tools yang Membantu Anda Mengasah Kemampuan Copywriting Dengan Mudah

Daily Page

 

Ingin mengasah kemampuan copywriting tapi tidak tahu ide apa dan bagaimana cara menulis yang baik? Merasa malas untuk menulis dan bingung ingin menulis seperti apa? Tenang. Aplikasi bernama Daily Page ini akan membantu kita untuk menulis setiap hari.

 

4. Twords

7 Tools yang Membantu Anda Mengasah Kemampuan Copywriting Dengan Mudah

Twords

 

Kemampuan copywriting tidak didapat dengan perilaku yang tidak konsisten, justru dengan konsistensi kita akan mudah mendapatkan kemampuan copywriting. Bahkan, suatu blog jika berkomitmen untuk mempublikasikan konten secara teratur, maka itu akan dapat membantunya dalam hal mendapatkan traffic dan leads.

 

Cara kerja aplikasi ini adalah dengan memberitahukan kita melalui notifikasi yang berisikan peringatan untuk segera menulis. Walau kesannya seperti dipaksa, tapi aplikasi ini dapat membantu kita mengasah kemampuan copywriting, serta membantu kita keluar dari zona aman dalam bermalas-malasan dalam menulis.

 

Baca Juga : Belajar Copywriting: Menggunakan Copywriting Untuk Meningkatkan Penjualan

 

5. Google Docs

Mungkin kita mengira bahwa Google Docs hanya aplikasi dasar Google yang kerjanya hampir sama seperti aplikasi desktop Ms.Words kebanyakan. Tapi sebenarnya jika kita bisa manfaatkan aplikasi Google Docs ini, kita pun bisa melatih kemampuan copywriting kita dengan mudah dan gratis pula.

 

6. Zen Pen

7 Tools yang Membantu Anda Mengasah Kemampuan Copywriting Dengan Mudah

ZenPen

 

Jika kita tidak bisa mengasah kemampuan copywriting karena saat menulis ada banyak hal yang membuat kita teralihkan ke fokus utama (yaitu menulis). Maka kita bisa gunakan aplikasi yang bernama Zen Pen ini. Cara kerja Zen Pen adalah dengan memberikan zona menulis untuk kita dengan tampilan yang sangat minimalis. Bisa anda coba sendiri sensasinya menulis disana.

 

Baca Juga : Cara Menjadi Seorang Copywriter Handal yang Bisa Membuat Headlines yang Menarik Perhatian

 

7. Correctica

Jika segala tulisan yang sebelumnya sudah kita tulis saat sedang mengasah kemampuan copywriting terselesaikan. Maka kita bisa gunakan aplikasi bernama Correctica ini untuk mengecek segala kesalahan pada tata bahasa yang sebelumnya sudah kita tulis. Dan jika kita ingin mengasah kemampuan copywriting dalam bahasa asing, maka aplikasi ini cocok kita gunakan untuk mengkoreksi segala kesalahan-kesalahan tata bahasa yang kita tulis sebelumnya.

 

Kesimpulan

Sebenarnya beberapa tools diatas hanya berperan kecil dalam membantu mengasah kemampuan copywriting kita. Selebihnya kembali ke diri kita masing-masing. Meningkatkan skill apapun itu harus perlu terus menerus diasah dan juga butuh proses (tidak instant). Apapun tools yang kita pilih untuk membantu mengasah skill copywriting, pastikan bahwa kita tetap konsisten dalam mempelajarinya. Ingat, tools hanya berperan kecil dalam kesuksesan seseorang.

Silahkan di Share:

Author: Willy G

Passionate internet marketer. Believe in idea and creativity.

Share This Post On

Tinggalkan Balasan