Strategi Menggunakan Instagram Untuk Berjualan Online

Setiap bisnis tentu bisa dikembangkan lebih bagus lagi saat bisnis tersebut terjun ke social media. Saat bisnis kita terjun ke social media, kita tentunya tidak perlu memiliki website terlebih dahulu hanya untuk berjualan, kita bisa menggunakan social media untuk media kita berjualan, contohnya fanpage yang ada di Facebook. Tentu ada banyak social media yang bisa kita gunakan, seperti Facebook, Twitter, Pinterest, dan yang paling fenomenal di kalangan anak muda saat ini adalah Instagram. Berbicara tentang Instagram, tentu saja kita bisa terjunkan bisnis kita disana, kita bisa membuat Instagram, mendaftarkan Instagram, dan menggunakan Instagram untuk berjualan online.

 

Menggunakan Instagram Untuk Berjualan Online

Instagram Untuk Jualan Online

 

Instagram tentu saja sudah berkembang menjadi salah satu social media yang banyak digunakan oleh kalangan pebisnis sebagai alat pemasaran yang paling afektif dan menjual. Efektivitas tersebut tidak lepas dari gambar yang dibagikan di social media tersebut, karena memang kekuatan visual dianggap menjadi daya tarik paling besar untuk membawa calon pembeli untuk membeli produk kita.

 

Sebegitu mudah kah calon pembeli tertarik dengan produk kita hanya dengan melalui gambar? Mungkin bisa dibilang mudah. Namun tentu ada beberapa cara yang tentunya harus dilakukan untuk membuat hal tersebut menjadi mudah, karena ada beberapa hal yang harus dilakukan saat menggunakan Instagram untuk berjualan online.

 

Rahasianya Ada Pada Pemilihan Gambar yang Memiliki Kualitas Tinggi

Saat kita menggunakan Instagram untuk berjualan online, tentu saja kita harus lebih cermat dalam hal pemilihan gambar, sehingga calon pembeli tertarik untuk membeli produk yang kita tawarkan. Ada banyak foto menarik yang tersaji di Instagram, dan foto tersebut tentunya memiliki kualitas yang tinggi sehingga mampu memperoleh interaksi yang lebih besar.

 

Gambar Instagram 1

Contoh Postingan Instagram via instagram.com/wwd/

 

Bisa lihat pada gambar diatas, gambar tersebut mendapatkan banyak likes dari pengguna Instagram lainnya. Itulah yang membuat kenapa kita saat menggunakan Instagram untuk berjualan online harus menggunakan kualitas gambar yang tinggi, karena agar bisa mendapatkan respon yang baik dari pengguna Instagram yang lain. Semakin menarik gambar yang kita bagikan di Instagram, akan semakin bagus respon yang diterima dari pengguna Instagram yang lain, selain itu bisa juga membantu meningkatkan penjualan produk kita di Instagram.

 

Lalu, bagaimana cara menggunakan Instagram untuk berjualan online secara efektif dan menghasilkan? Berikut ini ada cara-cara yang bisa kita terapkan ke dalam bisnis kita yang sudah terjun di Instagram agar bisa lebih mendapatkan respon yang baik dan juga menghasilkan.

 

1. Post Gambar Secara Rutin, Usahakan Setiap Hari 1 Gambar

Untuk mempromosikan produk yang kita promosikan di Instagram, agar bisa mendapatkan banyak respon dari pengguna lain, adalah dengan cara memelihara follower Instagram dari bisnis kita. Bagaimana caranya? Caranya adalah dengan kita membagikan gambar setiap harinya, bisa 1 atau 2 gambar, dan pastikan gambar tersebut berkualitas tinggi.

 

Usahakan juga agar akun Instagram bisnis kita mempunyai aktivitas yang konsisten setiap harinya. Bagaimana jika kita tidak mempunyai gambar berkualitas tinggi lagi untuk kita bagikan di Instagram? (sudah kehabisan foto menarik)

Gambar Instagram 2

Contoh Postingan Instagram via instagram.com/beautifuldestinations

 

Jangan khawatir, kita tentunya tidak perlu terus menerus membagikan gambar tentang produk kita, sesekali bisa kita memberikan gambar pemandangan atau gambar quotes yang bisa meningkatkan interaksi kita dengan follower Instagram bisnis kita.

 

2. Tawarkan Penawaran Khusus Untuk Follower Anda

Cara yang paling bagus untuk meningkatkan penjualan produk kita di Instagram adalah dengan memberikan penawaran khusus ke followers kita atau pengguna Instagram lainnya. Followers kita adalah calon pembeli kita, jadi perlakukanlah dengan istimewa.

Gambar Instagram 3

Contoh Postingan Instagram via instagram.com/naughty.id/

 

Mintalah calon pembeli dari bisnis kita untuk membagikan foto penggunaan produk kita untuk memenuhi syarat dari promosi tersebut, atau bisa menggunakan cara promosi yang lain.

 

3. Gunakan Hashtag

Mungkin kita pernah melihat hashtag yang digunakan banyak di dalam satu gambar di Instagram. Tahukah bahwa Hashtag itu ada kegunaannya? Hashtag tentu bukanlah suatu tren sesaat, karena hashtag yang disertakan kedalam produk adalah bertujuan untuk membuat produk semakin dikenal, oleh karena itu apabila kita ingin menggunakan Instagram untuk berjualan online, saat membagikan gambar, jangan lupa menyertakan hashtag di dalamnya.

 

Gambar Hashtag

Hashtag

 

Buatlah hashtag yang unik untuk gambar di Instagram bisnis kita, itu bertujuan agar pengguna Instagram lain dapat menemukan produk kita melalui fitur pencarian di Instagram.

 

Untuk Menggunakan Instagram Untuk Berjualan Online, Apa Saja yang Dibutuhkan?

Tentu yang paling dibutuhkan adalah interaksi dari para calon pembeli. Apabila kita hanya melakukan cara-cara diatas, apakah cara-cara tersebut dapat memberikan respon terhadap gambar yang kita bagikan? Mungkin iya dan mungkin tidak.

 

Salah satu cara terbaik yang dilakukan agar mendapatkan banyak respon dari calon pembeli adalah dengan mempromosikan profil Instagram kita di media lain, contohnya seperti social media Facebook, atau website bisnis kita, dan media lainnya. Apabila akun Instagram mempunyai banyak followers, maka efektivitas promosi juga akan semakin tinggi, jadi jangan hanya menunggu mendapatkan followers dari Instagram saja, jemput followers Instagram bisnis anda di media-media lainnya.

Silahkan di Share:

Author: Willy G

Passionate internet marketer. Believe in idea and creativity.

Share This Post On

Tinggalkan Balasan