Menggunakan SEO Untuk Optimasi Bisnis di Mesin Pencari

Dahulu Google tidak pernah diperkirakan sebelumnya, bahwa sebuah mesin pencari dapat berdampak besar terhadap media promosi suatu bisnis. Google sendiri selalu update algoritma nya, agar penggunanya dapat mencari situs-situs yang memang sesuai dengan apa yang dicari. Seperti misalkan saat kita mencari “restoran di Jakarta” maka Google tentunya akan menampilkan situs-situs yang berkaitan dengan apa yang penggunanya cari. Karena itulah kita mempelajari bagaimana cara menggunakan SEO untuk optimasi bisnis kita.

 

Menggunakan SEO Untuk Mengoptimasi Bisnis

Ilustrasi Sebuah Bisnis Toko

 

Dengan banyaknya pengguna Google yang berada di seluruh dunia, Google menjadi salah satu destinasi terbaik untuk mempromosikan suatu bisnis. Bisakah kita menggunakan mesin pencari Google untuk mempromosikan bisnis kita? Tentu bisa. Kita dapat menggunakan SEO untuk optimasi bisnis kita di mesin pencari Google.

 

Bagaimana mempromosikan suatu bisnis dengan SEO? Sebelum kita bahas, mari kita berkenalan terlebih dahulu dengan SEO Lokal.

 

Seperti Apa Itu SEO Lokal ?

SEO Lokal adalah suatu upaya untuk mengoptimasi website bisnis kita di halaman pencarian, dan dikhususkan hanya untuk pencarian lokal. Apabila kita menggunakan SEO untuk optimasi bisnis kita di mesin pencari (khusus lokal), maka kita perlu menggunakan SEO Lokal.

 

Pencarian lokal itu bukan hanya untuk Indonesia saja, SEO lokal itu mengartikan seperti mencakup kata kunci untuk satu wilayah geografis. Seperti contohnya “restoran di Jakarta” atau bisa untuk diluar selain Indonesia (apabila kita tinggal diluar Indonesia, seperti “Hotel in Australia” apabila kita tinggal di Australia.

 

Mengoptimasi bisnis dengan SEO Lokal ini perlu jika klien bisnis kita berasal dari wilayah sekitar atau bisa datang langsung ke tempat bisnis kita berada. Oleh karena itu SEO Lokal hanya diperuntukan untuk pemilik bisnis yang ingin mengoptimasi bisnisnya di mesin pencari, dan hanya untuk wilayah sekitaran nya saja.

 

Bisnis yang menggunakan SEO Lokal untuk sekarang hanyalah bisnis restoran, hotel, dan property. Usaha-usaha seperti perawatan wajah, dan lainnya masih sedikit yang menggunakan SEO Lokal. Selama kita membicarakan SEO Lokal, mungkin kita akan bertanya apa itu SEO Lokal sebenarnya? Apakah SEO Lokal berbeda dengan teknik SEO lainnya?

 

Kami jelaskan bahwa, SEO Lokal secara umum sama dengan teknik SEO lainnya (On-Page dan Off-Page), namun lebih mengoptimasi pada bagian On-Page. SEO Lokal pada dasarnya mengarah pada suatu wilayah tertentu, oleh karena itu apabila bisnis kita ingin berada pada posisi terbaik, saat pengguna mencari suatu bisnis yang mereka cari di Google, maka kita harus menyertakan lokasi bisnis pada judul dan meta description website bisnis kita.

 

Untuk lebih teroptimasi lagi, kita bisa menyertakan lokasi bisnis kita pada URL dan konten yang kita buat di website bisnis kita. Selain itu jangan lupa untuk menyertakan deskripsi bisnis, alamat, nomor telefon, dan lainnya di setiap halaman website bisnis yang kita buat.

 

Mengoptimasi Bisnis Untuk Pencarian Melalui Mobile

Google mengungkapkan bahwa 80% paling banyak pencarian dilakukan melalui mobile (smartphone/tablet). Dilihat dari besarnya persentase ini, maka tidak heran apabila Google lebih menyukai website-website yang mobile-friendly untuk ditempatkan di posisi terbaik pada mesin pencarinya.

 

Walaupun kita menggunakan SEO untuk optimasi bisnis kita di mesin pencari, tetap saja itu tidak akan berhasil apabila website yang kita gunakan tidak memiliki load yang cepat alias tidak mobile-friendly. Website mobile-friendly bukan hanya soal kecepatan website saja, namun juga tampilan website yang menyesuaikan dengan tampilan mobile.

 

Lagipula kita tidak perlu susah-payah untuk membuat website responsif, karena sudah ada banyak tema website responsif yang bertebaran di Internet dan bisa kita pilih untuk menghias website bisnis kita.

 

Menggunakan SEO Untuk Optimasi Bisnis Dengan Bantuan Google My Business

Ini adalah salah satu layanan dari Google yang dapat membantu pemilik bisnis untuk mengembangkan bisnisnya. Google My Business adalah layanan dari Google yang mempermudah suatu bisnis agar dapat ditemukan di hasil pencarian.

Menggunakan SEO Untuk Optimasi Bisnis

Tampilan Google My Business via google.com/business

 

Setelah kita mendaftar di Google My Business, maka saat pengguna Google mencari suatu bisnis (termasuk bisnis kita), maka hasil pencariannya akan menghasilkan website bisnis, foto bisnis, review untuk bisnis, dan lainnya yang terkait dengan bisnis kita. Kita bisa mendaftar di Google My Business dengan cara: Klik tombol biru ‘Tampil di Google’. Setelah itu lakukan pencarian untuk website bisnis kita, jika sudah ada berarti kita tinggal klaim kepemilikan bisnis tersebut. Ada beberapa faktor agar bisnis kita bisa dinilai baik oleh Google. Seperti:

 

  • Review Serta Rating

Saat kita mencari suatu bisnis, contoh Hotel. Maka tentu pada pencarian yang kita cari akan ada beberapa bintang di dalamnya. Itu adalah rating, dan semakin tinggi rating bisnis kita, maka bisnis kita akan berpeluang untuk ditampilkan pada posisi yang paling baik di Google, seperti posisi pertama.

 

Review yang baru akan diberi nilai oleh Google daripada review yang berbulan atau bertahun-tahun yang lalu, sehingga apabila setiap harinya ada yang memberi review terhadap bisnis kita, maka kemungkinan besar bisnis kita akan ditempatkan pada posisi pertama di pencarian.

 

  • Social Media

Memang menggunakan social media bukanlah termasuk cara SEO, namun menggunakan social media dapat memberikan dampak baik terhadap SEO. Di Facebook, terdapat fitur fanpage yang dapat mendekatkan kita dengan para pelanggan bisnis kita. Selain itu status di Facebook, tweet di Twitter, pin di Pinterest, dan lainnya bisa terindeks oleh Google. Sehingga hal tersebut dapat membantu bisnis kita untuk bisa menjangkau lebih banyak orang yang bisa kita jadikan pelanggan kita.

 

Kesimpulan

Para pengguna Google tentunya haus akan informasi, oleh karena itu apabila kita menginginkan bisnis kita di posisi terbaik pada halaman pencarian, maka kita bisa membuat blog yang berisikan informasi yang mengedukasi kepada para pengguna Google.

 

Misalkan apabila kita memiliki bisnis ‘Restaurant’, maka kita bisa membuat blog yang berisikan informasi tentang memasak atau resep-resep tentang masakan. Dan jangan lupa blog tersebut dikaitkan ke website utama bisnis kita. Dengan begitu, banyak orang akan menyadari dengan kehadiran bisnis kita. Selain itu, kita juga bisa menjangkau lebih banyak orang serta meningkatkan otoritas bisnis kita.

 

Banyak orang mungkin menggunakan SEO untuk optimasi bisnis mereka, namun ada juga banyak orang yang tidak menggunakan SEO pada bisnisnya, seperti menggunakan social media misalnya. Jika kita menginginkan bisnis kita dapat menjangkau lebih banyak orang, maka menggunakan SEO untuk optimasi bisnis tidak akan membuat bisnis kita berkembang, yang kita butuhkan adalah promosi. Jika bisa, terus lakukan promosi, namun dengan cara yang benar. Tanpa melakukan promosi, bisnis tidak akan pernah diketahui oleh orang lain.

Silahkan di Share:

Author: Willy G

Passionate internet marketer. Believe in idea and creativity.

Share This Post On

Tinggalkan Balasan