4 Kebiasaan yang Dapat Meningkatkan Kemampuan Menulis Seorang Blogger

Bagi setiap blogger, baik itu yang baru memulai atau sudah lama memulai, tentu selalu dituntut untuk terus-menerus mengasah kemampuan menulisnya, selain itu mereka juga dituntut untuk meningkatkan kemampuan menulis di blognya. Selalu menulis dan menulis mungkin memang sudah keharusan yang dilakukan oleh setiap blogger, dan tentu hal tersebut bertujuan untuk membuat blog nya dapat terlihat hidup, sehingga membantu blognya mendapatkan banyak trafik.

 

Meningkatkan Kemampuan Menulis

Menulis di Blog via Google.com

 

Untuk membuat blog kita terlihat hidup dan mendapatkan banyak trafik, tentunya kita harus terus menulis, mengisi blog dengan konten-konten segar dan berkualitas. Konten yang di publish di blog haruslah informatif dan mudah dipahami atau dibaca oleh para pengunjung.

 

Disinilah tugas para blogger, membuat konten untuk blog yang dapat dipahami dan mudah dibaca oleh para pengunjungnya. Agar pengunjung balik lagi ke blog kita, maka pastikan konten yang diberikan memang benar-benar sangat membantu dan memberikan solusi bukan sekedar basa-basi.

 

Untuk dapat meningkatkan kemampuan menulis, maka kita bukan hanya sekedar berlatih dan terus berlatih saja, namun mencoba untuk menjadikan hal tersebut menjadi sebuah kebiasaan. Kadang kebiasaan yang tidak disadari, dapat berpengaruh kepada pekerjaan kita. Berikut ini beberapa kebiasaan yang dapat meningkatkan kemampuan menulis kita. Kebiasaan-kebiasaan tersebut seperti:

 

1. Sering Olah Raga

Terlalu sering melihat layar komputer maupun smartphone tidak baik untuk kesehatan mata dan tubuh kita, apalagi terlalu lama duduk sambil melihat layar langsung, itu akan membuat tubuh kita mudah lelah. Bukankah untuk menulis kita memerlukan sebuah ide? Iya memang betul. Oleh karena itu untuk mendapatkan sebuah ide, maka kita tidak boleh terlalu sering melihat layar komputer ataupun smartphone. Itu akan membuat tubuh kita cepat lelah dan sulit untuk mendapatkan ide yang bagus.

 

Ada baiknya kita biasakan untuk sering berolah-raga. Olahraga tidak perlu yang berat, olahraga ringan pun juga bisa membantu kita untuk mendapatkan sebuah ide di pikiran kita. Dengan tubuh yang sehat dan kondisi yang prima, pikiran kita akan lebih fresh dalam menemukan sebuah ide, dan tentu juga kita akan lebih produktif untuk menulis.

 

2. Sering Membaca

Sering membaca tentunya memberikan banyak keuntungan kepada kita, seperti mendapatkan informasi baru, mengoreksi pemahaman yang sebelumnya salah, dan masih banyak lagi. Sering membaca juga menjadi modal utama bagi seluruh blogger untuk dapat meningkatkan kemampuan menulis nya. Dengan membaca kita juga tidak hanya mendapatkan informasi saja, namun memperbarui kosa kata dan istilah-istilah baru untuk bahan penulisan kita.

 

Ada baiknya baca buku atau bacaan yang membahas sama dengan topik blog kita, itu bertujuan agar ide tulisan serta pemahaman kita dengan topik yang ingin kita tulis dapat terhubung dengan baik, sehingga dapat menghasilkan tulisan yang sangat bagus, informatif dan berguna untuk para pembaca.

 

Tapi jika memungkinkan, kita juga bisa membaca segala bacaan atau buku-buku yang lain. Itu bertujuan untuk dapat memahami informasi selain informasi yang berhubungan dengan blog kita, dan tentunya juga untuk meningkatkan kemampuan menulis kita.

 

3. Sering Berkumpul Dengan Blogger Lain

Terus-menerus menulis dan belajar untuk dapat meningkatkan kemampuan menulis juga tidak akan berjalan dengan baik apabila tidak dibarengi dengan tukar pemahaman/pikiran antar sesama blogger. Pemahaman yang kita pelajari dan kita rasa itu sudah benar, belum tentu orang lain akan menyebutnya benar juga. Dengan tukar pikiran sesama blogger, maka kita bisa mengetahui dimana letak kesalahan kita pada saat kita menulis.

 

Untuk dapat menjalin hubungan pertemanan yang baik antar sesama blogger, tentunya kita bisa mulai dari blogwalking, atau bergabung dengan komunitas blogger, bisa juga ikut seminar nya, dan masih banyak lagi.

 

4. Menulis dan Terus Menulis

Untuk dapat meningkatkan kemampuan menulis kita dan membuat kita menjadi penulis yang hebat, cara yang paling bagus adalah dengan terus-menerus menulis. Bisa menulis langsung di blog, atau dimedia lainnya. Intinya adalah, saat kita melakukan kebiasaan misal dalam waktu 1 tahun, contohnya 1 tahun kita terus-menerus menulis, maka kita bisa jadi master dalam hal menulis.

 

Namun jika 2 atau 5 tahun kebiasaan menulis kita tetap dilanjutkan, maka kita bisa menjadi grand master dalam bidang menulis. Yang terpenting adalah asah terus kemampuan menulis kita, sampai tulisan kita benar-benar disukai oleh orang lain atau pembaca blog kita.

Silahkan di Share:

Author: Willy G

Passionate internet marketer. Believe in idea and creativity.

Share This Post On

Tinggalkan Balasan