5 Cara Meningkatkan Konversi Penjualan Dengan Memanfaatkan Thank You Page

Thank you page adalah halaman terimakasih yang biasanya muncul saat kita sudah atau telah selesai membeli sesuatu, mendaftarkan data diri/email, dan lainnya yang mengharuskan seseorang menginput sesuatu disana. Tentunya banyak sekali bentuk bisnis yang bisa memanfaatkan thankyou page ini untuk meningkatkan konversi penjualan mereka. Pada dasarnya thankyou page ini adalah halaman yang bertujuan untuk memberikan rasa terimakasih kepada pelanggan kita.

 

Meningkatkan Konversi Penjualan di Halaman Terimakasih

Meningkatkan Konversi di Halaman Thankyou Page

 

Thankyou page ini juga bisa dikatakan sebagai halaman yang bisa mempererat hubungan antara kita selaku pemilik bisnis dan pelanggan kita. Namun perlu diketahui, thankyou page ini bukan hanya sekedar halaman saja, masih ada manfaat lain yang bisa digunakan untuk meningkatkan konversi penjualan di bisnis kita.

 

Alasan Apa yang Membuat Thank You Page Bisa Dimanfaatkan Untuk Meningkatkan Konversi Penjualan?

Sebagian bisnis yang bergerak dalam dunia digital tentunya menggunakan thankyou page adalah sebagai prioritas. Kenapa? Itu karena di dunia digital apabila produk kita menghasilkan konversi, maka itu belum bisa dikatakan selesai.

 

Thankyou page disini membantu kita untuk mempererat hubungan kita dengan pelanggan atau pengunjung website kita. Oleh karena itu banyak bisnis yang bergerak di dunia digital menggunakan thankyou page sebagai media untuk mempererat jalinan antar bisnis dan pelanggan.

 

Selain itu, peluang untuk memperkenalkan produk lain yang sejenis di thankyou page juga sangat besar. Misalkan sebagai contoh, apabila pelanggan sudah membeli produk A, maka saat di thankyou page kita bisa menawarkan produk sejenis seperti A1, A2, A3 dst kepada pelanggan yang telah membeli produk A tadi. Produk (A) diatas kami ibaratkan sebagai contoh saja.

 

Untuk membuat orang dapat tertarik dengan penawaran lain dari produk kita tadi, maka kita bisa menawarkan produk yang berhubungan dengan produk yang mereka beli. Misalnya, pelanggan telah membeli produk berupa  Tools Desain Untuk Teespring, maka penawaran selanjutnya di thankyou page kita bisa menawarkan Video Tutorial untuk Teespring, seperti itu.

 

Masuk ke pembahasan utama tentang bagaimana meningkatkan konversi penjualan dengan thankyou page, berikut ini ada cara-cara yang bisa kita coba pada thankyou page di produk jual kita.

 

1. Mempromosikan Produk Sejenis, atau Bisa Rekomendasikan Produk Lain yang Masih Berkaitan Dengan Produk yang Telah Pelanggan Beli

Saat setelah pelanggan melakukan pembelian, maka pada saat itulah pelanggan masih dalam kondisi mood yang baik. Apabila kita tawarkan suatu produk yang serupa atau berkaitan dengan produk yang mereka beli, maka mereka bisa saja menambah keranjang belanja mereka dengan produk yang kita tawarkan. Kita juga bisa menggunakan hal tersebut untuk menawarkan item apa yang populer di website atau toko online kita.

 

Untuk contoh, kita bisa melihat cara Amazon menawarkan para pelanggan nya dengan item-item yang sesuai dengan apa yang pelanggan mereka beli. Namun sekedar contoh, ini adalah gambar yang bukan diambil dari thankyou page Amazon, namun bisa kita jadikan contoh saja.

 

Meningkatkan Konversi Penjualan

Contoh Penawaran Produk via Amazon.com

 

Dengan kita menampilkan penawaran produk lain atau pun bisa jasa lain, dan itu sejenis atau serupa, maka hal tersebut dapat dengan mudah ditangkap oleh mata para pelanggan kita. Apabila mereka melihat suatu keuntungan dari produk yang kita tawarkan, maka mereka tentu akan membelinya.

 

2. Ajak Pelanggan Subscribe Newsletter Blog

Melalui thankyou page, kita bisa mengajak para pembeli produk kita untuk berlangganan newsletter website kita. Melalui newsletter ini kita bisa meningkatkan konversi penjualan kita dengan cara yang lain, apabila tadi dengan menawarkan produk lain yang sejenis, maka cara satu ini adalah dengan menawarkan produk yang akan kita launching nanti.

 

Maksudnya? Contohnya seperti misalkan, dengan para pembeli terdaftar di list email kita, maka kita bisa menawarkan produk-produk lain yang akan kita launching. Apabila kita menjual produk digital, maka kita bisa mengirimkan penawaran berupa produk yang akan di launching melalui email ke para pelanggan kita. Selain meningkatkan konversi penjualan, kita juga bisa mendapatkan subscriber baru melalui ajakan untuk mendaftar newsletter tadi.

 

3. Memberikan Diskon Tambahan

Halaman thankyou page ini juga bisa kita gunakan untuk memberikan para pelanggan kita sebuah kupon diskon. Itu tentunya bertujuan untuk meningkatkan konversi penjualan serta menambah daya tarik pelanggan kita untuk terus-menerus membeli di website kita atau toko online kita.

 

Dengan kita memberikan diskon kepada para pembeli tadi, dan kita menambahkan batas waktu penggunaan diskon yang sangat terbatas, tentu para pembeli tadi akan mengambil diskon tersebut secepatnya sebelum batas penggunaan diskon tersebut habis. Bicara soal keuntungan, tentu pihak kita selaku pemberi diskon yang mendapatkan keuntungan lebih dari para pembeli tadi.

 

Apa faktor yang membuat pemberian Diskon dapat meningkatkan penjualan? Itu dikarenakan:

  • Batas waktu penggunaan diskon yang diberikan, membuat para pelanggan enggan melewatkan diskon tersebut.
  • Pemberian diskon yang cukup besar untuk produk tertentu.
  • Relevan dengan produk yang dijual.

 

Selain itu, pemberian kupon diskon juga akan mengembalikan pelanggan kita ke halaman penjualan, dengan kata lain para pelanggan kita akan berpotensi untuk membeli produk lain lagi apabila mereka melihat produk yang mereka sukai.

 

4. Meminta Saran Kepada Pelanggan

Bukan hanya untuk meningkatkan konversi saja, thankyou page juga bisa kita gunakan untuk meminta saran dari para pengunjung halaman kita. Apabila mereka telah menyelesaikan pembelian dari toko online atau website kita, maka pada thankyou page inilah kita bisa meminta para pembeli tadi saran untuk meningkatkan kualitas pelayanan website.

 

Meminta saran dari para pembeli tadi melalui thankyou page memungkinkan kita selaku pemilik website mengetahui apa saja masalah yang tidak kita ketahui di website kita. Kita bisa meminta saran dari para pembeli tadi untuk mengisi survei yang telah disediakan oleh kita tentang pengalaman belanja mereka di website kita. Biasanya orang akan lebih senang menjawab apabila pertanyaan tersebut ada keterkaitan nya dengan dia.

 

Keuntungan lain dari meminta saran kepada pelanggan adalah karena untuk mendapatkan wawasan baru untuk membuat bisnis kita lebih berkembang.

 

5. Meminta Untuk Share di Social Media

Kita tahu bahwa social media sangat efektif sekali untuk membantu bisnis kita berkembang, dan melalui thankyou page ini kita bisa meminta para pembeli tadi untuk share ke social media tentang pengalaman membeli mereka atau pun hal lainnya yang mereka rasakan setelah membeli di website kita.

 

Saat para pembeli masih dalam mood atau mindset konversi, maka saat itu juga kita bisa meminta pembeli tadi untuk share ke sosial media seperti Facebook, Twitter, Instagram, atau pun sosial media lainnya. Itu bertujuan untuk memperluas jangkauan dan meningkatkan kesadaran akan brand kita.

 

Kesimpulan

Saat setelah semua pembelian selesai, thankyou page ini adalah halaman untuk memberikan kesan terakhir ke para pembeli kita, jadi pastikan halaman tersebut memberikan value lebih dan bisa mempererat hubungan dengan pembeli tadi. Hanya karena kita sudah mendapatkan konversi bukan berarti urusan kita dengan para pembeli tadi selesai, justru ada banyak urusan lain yang bisa kita lakukan antara kita dengan para pembeli produk kita. Contohnya seperti menawarkan produk yang akan kita launching, memberikan kupon diskon agar pembeli kembali lagi ke website kita, dan masih banyak lainnya.

Silahkan di Share:

Author: Willy G

Passionate internet marketer. Believe in idea and creativity.

Share This Post On

Tinggalkan Balasan