4 Cara Meningkatkan Penjualan Toko Online Anda

Apakah meningkatkan penjualan toko online itu mudah? Mudah, tapi sebelum masuk kepembahasan, mari kita berbicara seputar toko online terlebih dahulu. Kita tahu bahwa tren jual beli online dari tahun ke tahun tidak pernah redup. Kebiasaan masyarakat yang saat ini lebih senang membeli sesuatu secara online, membuat beberapa toko yang tadinya bergerak secara offline, beralih menuju ke online, dan membuat toko online mereka sendiri. Bicara tentang toko online, kita tentunya tahu bahwa setiap toko online pasti memiliki halaman produk di website nya. Dan halaman produk ini adalah halaman dimana mayoritas calon pembeli kita membuat keputusan apakah membeli produk yang ditawarkan ataukah tidak.

 

Meningkatkan Penjualan Toko Online

Meningkatkan Penjualan Setiap Produk di Toko Online

 

Pada halaman produk, kita tentunya harus memberi alasan yang jelas kenapa calon pembeli yang memilih produk tersebut harus membelinya, dan berilah alasan jelas kenapa produk tersebut sangat dibutuhkan. Itu yang nantinya akan membuat mereka memilih keputusan apakah membeli produk tersebut ataukah tidak. Gambar dari produk yang di masukan kedalam halaman produk haruslah dapat menarik perhatian pembeli, selain itu faktor adanya deskripsi produk yang jelas juga dapat meningkatkan penjualan toko online kita.

 

Bicara tentang halaman produk, tentunya halaman produk yang sangat bagus adalah halaman produk yang mengandung unsur-unsur informasi kepada calon pembeli. Kita bisa menggunakan teknik copywriting di halaman produk kita untuk meyakinkan pembeli bahwa produk yang kita jual tentu bermanfaat untuk mereka.

 

Selain itu, kita bisa menampilkan fitur serta manfaat lebih dari produk yang kita tawarkan kepada pembeli, dan yang paling penting untuk tidak lupa bangun kepercayaan antara pengunjung toko online kita dengan bisnis kita. Tentunya ada beberapa cara yang bisa kita gunakan untuk dapat meningkatkan penjualan toko online kita, seperti menambahkan beberapa elemen penting di dalam website toko online.

 

Berikut ini beberapa hal yang bisa kita tambahkan kedalam halaman produk di toko online kita untuk dapat meningkatkan penjualan di setiap produknya.

 

1. Membuat Live Chat, Membantu Pertanyaan Calon Pembeli yang Potensial

Live chat ini difungsikan untuk dapat membantu calon pembeli yang bertanya tentang produk apa yang mereka pilih, sehingga dapat membantu mereka lebih mudah untuk membuat keputusan terkait pembelian dari produk kita. Kenapa live chat penting untuk meningkatkan penjualan toko online kita? Itu karena live chat dapat memungkinkan pengunjung website toko online kita mengakses bisnis kita dengan mudah. Menjadikan bisnis kita lebih mudah dipercaya oleh para calon pembeli, dengan kecepatan respons yang kita miliki.

 

Walaupun live chat yang sudah kita sediakan tidak juga dipakai oleh calon pembeli, dan calon pembeli hanya melihat bahwa toko online kita tersedia fitur live chat, tentunya hal tersebut sudah dapat meyakinkan pembeli bahwa toko online kita terpercaya. Dengan kehadiran fitur live chat, tentunya dapat membantu calon pembeli potensial menanyakan hal-hal yang ingin mereka ketahui terkait produk jual kita.

 

Meningkatkan Penjualan Toko Online

Contoh Live Chat di Zalora via zalora.co.id

 

Dengan begitu bisnis kita pun bukan hanya penjualannya saja yang naik, namun juga dapat membantu membangun kepercayaan bisnis kita dengan para pelanggan, dan calon pembeli yang lain. Jika ada orang yang menggunakan live chat dan menanyakan produk kita, maka kita sebaiknya berikan mereka jawaban terkait dengan pertanyaan mereka, tidak perlu kita menawarkan produk lain melalui live chat. Usahakan jawab pertanyaan sesuai dengan apa yang calon pembeli tanyakan.

 

2. Tersedianya Halaman FAQ (Frequently Asked Question)

Ini juga salah satu halaman penting yang dapat membantu untuk meningkatkan penjualan toko online kita. Kenapa begitu? Karena ketika calon pembeli sudah ada di fase terakhir keputusannya untuk membeli produk kita, kadang calon pembeli masih ingin menanyakan pertanyaan yang mungkin saja mereka merasa belum mendapatkan jawaban yang mereka inginkan.

 

Apabila di toko online kita terdapat halaman (FAQ), maka para calon pembeli tadi tentu akan mencari jawabannya di halaman tersebut. Karena pada dasarnya seluruh pertanyaan yang umum dan biasa ditanyakan untuk produk jual ada pada halaman (FAQ). Memasukkan halaman (FAQ) dapat membantu calon pembeli untuk menghilangkan keraguan akan produk jual kita.

 

Berikut ini contoh (FAQ) di Amazon Store yang mungkin bisa menjadi inspirasi untuk toko online anda.

 

Meningkatkan Penjualan Toko Online

Contoh Halaman FAQ di Amazon via amazon.com

 

Apabila toko online kita masih belum tersedia halaman (FAQ) maka kita bisa membuatnya dengan memasukkan pertanyaan-pertanyaan apa saja yang sering ditanyakan ke kita seputar produk-produk jual yang tersedia di toko online kita. Apabila belum ada satu orang pun yang menanyakan pertanyaan seputar produk jual kita, maka kita bisa kira-kira pertanyaan apa yang nantinya akan ditanyakan seputar produk yang kita tawarkan kepada mereka.

 

Pastikan membuat halaman (FAQ) sesuai dengan produk apa yang kita jual. Misalkan kita memiliki kategori produk yang sangat banyak, maka kita bisa membuat halaman (FAQ) dengan pertanyaan seputaran produk-produk yang paling populer dan laris saja.

 

3. Review dari Para Pembeli di Toko Online, Juga Dapat Membantu Meningkatkan Penjualan Toko Online

Kadang pengunjung toko online kita akan berpikir apakah mereka mempercayai toko online kita ataukah tidak saat mereka melihat produk-produk yang kita tawarkan untuk pertama kalinya. Mungkin kita pun sering berpikiran seperti itu saat mengunjungi website toko online orang lain.

 

Oleh karena itu, agar toko online kita bisa dipercaya oleh calon pembeli lain, maka kehadiran review dari para pembeli produk kita sangatlah penting. Para calon pembeli lain akan membaca review terkait produk kita untuk mengurangi kekhawatiran akan produk yang kita tawarkan.

 

Ketika ada calon pembeli baru datang ke toko online kita, maka mereka dapat membaca review-review dari para pembeli kita terdahulu yang sudah berpengalaman dengan produk jual kita.

 

Meningkatkan Penjualan Toko Online

Contoh Review Produk dari Tokopedia via tokopedia.com

 

Bagus atau buruknya suatu review dari calon pembeli, tentunya sangat berperan dalam penjualan. Calon pembeli lain pun akan tahu bahwa toko online kita tidak menyembunyikan sesuatu, apabila produk kita buruk, maka review dari pembeli yang berbicara, dan apabila produk kita bagus, maka review dari pembeli jugalah yang berbicara.

 

Jadi intinya adalah review pada halaman produk memberikan bukti sosial bahwa toko online kita memang terpercaya dan tidak ada sesuatu yang disembunyikan. Halaman review tentunya dapat membantu meningkatkan penjualan toko online kita karena calon pembeli juga akan menentukan akan membeli produk kita atau tidak dari saat mereka melihat review itu sendiri di halaman produk tadi.

 

4. Jaminan Perlindungan Kepada Pembeli

Beberapa toko online saat ini sudah menggunakan kebijakan tersebut di toko online nya. Itu berfungsi untuk jaminan bahwa calon pembeli tidak perlu khawatir  dengan produk yang dibelinya, itu semua sudah ada jaminan nya dari pihak toko online.

 

Berikut ini contoh jaminan dari salah satu toko online ternama, mereka benar-benar memahami pelanggan mereka, mempercayai calon pembeli mereka walaupun calon pembeli tersebut baru mengunjungi toko online nya untuk pertama kali.

Meningkatkan Penjualan Toko Online

Contoh Perlindungan Pembeli Lazada via lazada.co.id

 

Kita bisa menampilkan jaminan pada halaman produk kita, namun itu tentunya harus benar-benar dilaksanakan oleh kita selaku pemilik toko online. Apabila kita berjanji akan hal tersebut, maka kita harus melakukannya. Kita bangun kepercayaan antara bisnis kita dengan para pelanggan dengan memberikan mereka perlindungan dari produk yang mereka beli di toko online kita, seperti contohnya pengembalian barang apabila barang yang dikirimkan tidak sesuai di gambar, dan lainnya.

 

Kesimpulan

Kita tentunya bisa mengetes untuk setiap produk di toko online kita dengan cara-cara diatas, dengan begitu nantinya kita akan mengetahui cara yang mana yang bisa membantu meningkatkan penjualan toko online kita. Apabila cara-cara diatas membuat kita kebingungan maka kita tidak perlu khawatir, kadang cara-cara sederhana seperti memberikan ucapan “Terima Kasih” kepada pembeli juga bisa membangun kepercayaan antara bisnis kita dan mereka.

Silahkan di Share:

Author: Willy G

Passionate internet marketer. Believe in idea and creativity.

Share This Post On

Tinggalkan Balasan