4 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Menentukan Niche Blog

Setiap blogger tentunya memiliki sebuah blog yang sesuai dengan apa yang dia mimpikan, mungkin bisa dibilang salah satu dari beberapa blog yang dia miliki dan dia monetasi. Apabila niche blog sesuai dengan apa yang blogger sukai, maka hal tersebut akan sangat sekali membantu mengembangkan blog yang dia sukai. Kenapa begitu? Karena sebab niche blog yang lebih spesifik dengan tema tertentu akan lebih disukai dan mendapatkan tempat tersendiri bagi para pengunjung setia dan iklan tentunya.

 

Niche Blog

Menentukan Niche Sebelum Menggunakannya di Blog

 

Namun sebelum kita memilih sebuah niche blog yang bagus untuk kita, ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan, kita perlu analisa berbagai hal dan memikirkan niche blog seperti apa yang akan kita gunakan untuk blog kita sebelum kita memutuskan untuk memakainya. Untuk mengetahui apa saja yang perlu diperhatikan sebelum memilih niche untuk blog kita, maka silahkan simak pembahasan berikut ini.

 

1. Menganalisa Sebuah Topik, Apakah Topik yang Akan Dipilih Itu Populer?

Ini menjadi salah satu langkah awal sebelum memilih niche blog yang nantinya akan kita gunakan untuk blog kita. Kita tentunya harus memastikan apakah topik yang akan kita pilih itu populer ataukah tidak, sebab apabila topik yang dipilih sangat populer dan banyak yang mencarinya, maka blog kita dipastikan akan mendapatkan banyak pengunjung, itupun apabila kita menggunakan topik tersebut.

 

Namun apabila kita sudah memiliki blog yang baru berumur mingguan, dan topik yang dipakai kurang populer, maka kita bisa menggantinya dengan topik yang lebih baik dan populer agar blog kita bisa mendapatkan banyak pengunjung.

 

2. Pastikan Niche Blog yang Dipilih Tidak Meredup atau Tenggelam Diantara Niche yang Lain

Apabila sebelum nya kita diharuskan memilih topik yang populer, maka kali ini kita diharuskan memastikan bahwa topik yang populer tersebut memang tidak akan meredup atau tenggelam ditelan waktu. Kita tentunya tidak boleh memakai topik yang hanya populer sesaat atau bisa dibilang instan. Kita harus mencari tema yang memang sudah terbukti populer dan pencarian nya di mesin pencari stabil, atau tidak pernah redup sama sekali.

 

3. Lihat dan Analisa Persaingannya

Langkah ketiga yang perlu kita perhatikan sebelum menentukan niche blog, adalah dengan melihat sekaligus menganalisa persaingan dari niche yang akan dipilih. Kita perlu menganalisa seberat apa persaingan di niche tersebut, namun jangan karena niche blog tersebut memiliki persaingan yang berat dan ketat, lantas kita tidak jadi mengambil niche tersebut, bisa kita pakai di blog kita namun dengan beberapa alasan yang kuat, apakah niche tersebut terbukti menghasilkan ataukah tidak.

 

4. Pastikan Niche Blog yang Dipilih Sangat Menghasilkan Untuk Blog

Untuk langkah terakhir yang perlu diperhatikan adalah memastikan bahwa niche blog yang dipilih bisa membawa keuntungan untuk blog kita. Menghasilkan disini bukan hanya berlaku untuk para blogger yang bertujuan untuk memonetasi blog nya saja, namun juga berlaku untuk setiap tujuan, misalnya bagi para dokter yang ingin memberikan peringatan berupa informasi di blog nya, atau yang lain nya.

Silahkan di Share:

Author: Willy G

Passionate internet marketer. Believe in idea and creativity.

Share This Post On

Tinggalkan Balasan