Tools Penting Untuk Optimasi Audience di Fanpage Facebook yang Wajib Anda Gunakan

Perlu kita ketahui bahwa Facebook sendiri telah memberikan kita banyak sekali fitur yang bagus dan sangat membantu untuk kita mengembangkan bisnis di Facebook. Facebook sendiri sudah meluncurkan fitur untuk optimasi audience di Fanpage Facebook kita, mungkin beberapa orang sudah tahu dan sudah menggunakan, namun mungkin saja beberapa orang masih ada yang belum menggunakannya.

 

Optimasi Audience di Fanpage Facebook

Mengoptimasi Audience Fanpage Facebook

 

Kali ini kami ingin memberitahu tentang fitur optimasi audience di Fanpage Facebook kita, agar dapat membantu mendapatkan audience yang berkualitas dan potensial dengan bisnis kita. Sebelum itu, mari kita berkenalan terlebih dahulu dengan fitur optimasi audience di Fanpage Facebook ini.

 

Apa Keuntungan dari Fitur Optimasi Audience di Fanpage Facebook Ini ?

Tentu banyak keuntungan yang bisa didapat dari fitur tersebut, dengan menggunakan fitur pengoptimasi audience ini, kita dapat:

  • Menjangkau orang yang kemungkinan atau paling besar berperan untuk terlibat di konten kita.
  • Membantu untuk memahami beberapa orang atau kelompok yang terlibat dengan konten kita, seperti contohnya dalam hal apa mereka terlibat.

Dalam optimasi audience di Fanpage Facebook ini, ada 3 fitur yang bisa digunakan, fitur-fitur tersebut seperti:

  • News Feed Targeting
  • Audience Restrictions
  • Audience Insights

 

Ketiga fitur diatas dapat membantu kita menemukan data-data audience yang berpotensial menjadi pelanggan dari bisnis kita, dan juga membantu kita untuk mendapatkan audience yang berpotensial untuk terus terlibat dengan konten-konten yang kita publish di Fanpage. Dalam melakukan optimasi audience, sebuah merk yang ingin dikembangkan di Facebook dapat dengan mudah menjangkau audience yang tepat sekaligus potensial dengan bisnis.

 

Sebelum kita lanjutkan, kita bisa mempelajari terlebih dahulu seperti apa jenis-jenis post yang dapat menciptakan engagement dengan cepat di artikel tersebut.

 

Langkah Awal Dalam Mengoptimasi Audience di Facebook

Dalam beberapa kasus, fitur optimasi audience ini masih belum banyak tersedia untuk semua halaman. Hanya halaman yang menggunakan bahasa Inggris di Facebook saja yang bisa menggunakannya. Selain itu, bagi Fanpage Facebook yang masih belum memiliki lebih dari 5.000 orang fans, maka fitur tersebut hanya bisa diaktifkan secara manual.

 

Kita bisa mengaktifkan fitur optimasi audience di Fanpage Facebook ini dengan cara klik “Setting” pada bagian kanan atas Fanpage kita, setelah itu pada bagian Setting Fanpage, pilih pada bagian tab “General”. Saat pilihan tersebut terbuka, kita akan melihat baris untuk “News Feed Audience and Visibility for Post”.

 

Gambar 1

 

Klik “Edit” dan bisa kita centang fitur tersebut untuk mengaktifkannya di Fanpage kita. Maka setelah fitur tersebut aktif, maka saat kita akan membuat sebuah postingan di Fanpage, maka tampilan nya akan seperti berikut ini.

 

Gambar 2

 

Kita bisa membuat postingan dengan mengatur audience yang dapat berinteraksi dengan postingan tersebut di bagian tombol yang memiliki ikon target, seperti contoh pada gambar diatas.

 

Penggunaan News Feed Targeting

Untuk menggunakan fitur News Feed Targeting seperti gambar dibawah ini, kita hanya klik terlebih dahulu tombol yang memiliki ikon target pada bagian kolom untuk kita posting di Fanpage Facebook.

 

Gambar 3

 

Untuk menggunakannya, kita bisa memilih orang-orang yang ingin kita jangkau di News Feed. Tentunya orang-orang yang dipilih adalah orang-orang yang cenderung lebih besar untuk melihat postingan kita di Fanpage.

 

Kita dapat terbantu oleh Facebook dalam menjangkau audience tertentu dengan cara melihat interest, activity, pages yang disukai oleh mereka, serta topik apa yang terkait.

 

Kita bisa memilih sesuai interest, age, gender, location, language, dan demografi lainnya yang bisa melihat postingan Fanpage kita. Ketika memasukkan ke kolom interest, disana Facebook akan mempelajari target audience seperti apa yang akan kita targetkan, agar postingan tersebut dapat tersampaikan kepada audience yang potensial terhadap bisnis kita. Contohnya seperti gambar berikut ini:

 

Gambar 4

 

Setelah kita memasukkan beberapa kriteria target audience kita, klik “Save” untuk menyimpannya. Apabila kita langsung ke tab Audience Restrictions tanpa kita simpan terlebih dahulu pekerjaan kita tadi, maka apa yang kita targetkan tadi akan hilang semua, jadi pastikan kita klik “Save” terlebih dahulu sebelum pindah ke tab Audience Restrictions.

 

Audience Restrictions, Fitur Untuk Membatasi Audience

Fitur untuk membatasi audience mungkin bukanlah fitur yang fresh atau baru, fitur ini sudah ada sejak lama, namun sekarang fitur untuk membatasi audience ini bisa kita gunakan dan atur di postingan Fanpage Facebook kita sendiri.

 

Gambar 5

 

Berbeda dengan News Feed Targeting, jika News Feed Targeting adalah fitur yang memprioritaskan orang-orang yang sesuai dengan kriteria target yang terlebih dahulu melihat postingan kita, maka fitur Audience Restrictions ini adalah fitur yang menghalangi orang lain yang tidak masuk kriteria yang tidak akan melihat postingan kita, atau istilahnya hanya orang-orang tertentu saja yang bisa melihat postingan kita sesuai dengan kriteria (age, gender, location, language).

 

Sempurnakan Optimasi Audience di Fanpage Facebook dengan Audience Insight

Fitur Audience Insight ini adalah fitur yang sangat membantu sekali para pebisnis untuk bisa mempelajari cara mendapatkan engagement untuk Fanpage terbaik nya. Apabila kita sebelumnya memilih dan memasukkan kriteria berdasarkan interest, maka di fitur Audience Insight ini kita dapat melihat tentang bagaimana orang-orang pada kriteria interest yang tadi kita pilih terlibat dalam postingan di Fanpage kita.

 

Apa bedanya Audience Insight di Facebook Ads dan yang digunakan untuk Fanpage? Tentunya sangat berbeda sekali fitur dari keduanya. Di fitur Audience Insight untuk Fanpage ini kita hanya bisa melihat insight yang berkaitan dengan Fanpage kita saja, bukan keseluruhan data-data Facebook seperti yang dilakukan Audience Insight untuk Facebook Ads.

 

Jika ingin menggunakan Audience Insight ini, maka kita bisa memilih terlebih dahulu postingan yang sebelumnya menggunakan fitur News Feed Targeting, setelah kita memilih postingan yang sebelumnya menggunakan News Feed Targeting, maka kita bisa melihat insight dari post-post tersebut.

 

Menentukan Audience dengan Bantuan Tagging

Mungkin fitur Tagging ini banyak sekali digunakan para pihak tidak bertanggung jawab untuk melakukan spam, dan lainnya yang bisa merugikan orang lain. Padahal apabila kita mengetahui cara menggunakannya, mungkin kita tidak akan melakukan cara spam seperti yang banyak dilakukan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

 

Kembali ke pembahasan, tentang Tagging. Tagging disini dapat digunakan untuk membantu kita dalam menentukan audience yang potensial. Bagaimana cara penggunaannya? Berikut ini cara penggunaan fitur Tagging yang baik dan benar.

 

  • Mentargetkan Audience Dengan Tag yang Relevan Dengan Postingan.

Kita bisa menggunakan Tag untuk menentukan audience kita, selain itu penggunaan Tag juga dapat membantu untuk mencari audience yang sesuai dengan sasaran. Penggunaan Tag yang baik bukan berkaitan dengan kata kunci yang terkait dengan post, namun berkaitan dengan topik apa yang dibahas di postingan tersebut.

 

  • Mempersempit Audience.

Penggunaan Tag sendiri bisa membantu kita untuk mempersempit audience agar postingan Fanpage dapat tersampaikan ke orang-orang yang lebih spesifik. Ada baiknya hindari Tag yang cakupan nya terlalu luas, seperti contohnya “Olah Raga”. Contoh lain dalam penggunaan Tag dari luas ke sempit dan spesifik adalah dari Olah Raga ke misalnya “Manchester United”, “Wayne Rooney” atau lainnya yang cakupan nya sedikit dan spesifik.

 

  • Penggunaan Hashtag.

Penggunaan Hashtag ini adalah untuk menandai suatu tren atau topik yang terkait, bahkan saat topik tertentu sedang panas-panasnya dibahas, maka Hashtag tersebut dapat membantu kita untuk menemukan audience yang potensial.

 

Strategi Dalam Melakukan Optimasi Audience di Fanpage Facebook

Untuk menemukan audience terbaik bagi bisnis kita, maka langkah-langkah diatas tadi sangat baik untuk dilakukan. Namun kita juga bisa bereksperimen dengan cara-cara lain yang menurut kita terbaik untuk membantu kita mendapatkan audience yang potensial.

 

Kita bisa menggunakan 10 Tag (baik itu luas maupun sempit, seperti yang telah dibahas diatas tadi) yang terkait dengan postingan di Fanpage Facebook kita. Penggunaan Tag nantinya bisa dijadikan sebagai sumber data-data untuk mengevaluasi hasil kinerja dari Fanpage Facebook kita, baik itu mengetahui apakah postingan kita menghasilkan engagement yang tinggi atau click link rate yang tinggi dan lainnya ataukah tidak.

 

Penggunaan News Feed Targeting yang sebelumnya dibahas tadi membantu kita untuk memprioritaskan postingan Fanpage Facebook kita ke news feed orang-orang dengan interest tertentu, namun tidak membuat orang yang diluar interest yang ditargetkan tidak dapat melihat postingan tersebut, mereka pun bisa kemungkinan untuk melihat, dan baiknya adalah data-data tersebut dievaluasi lagi untuk membantu kita mendapatkan audience terbaik yang potensial.

 

Akankah Optimasi Audience Membatasi Jangkauan Fanpage Kita ?

Tentu dalam hal ini optimasi audience di Fanpage Facebook yang kita lakukan sebelumnya tidak terlalu membatasi jangkauan audience untuk Fanpage kita, itu pun jika kita tidak membatasi audience kita sendiri dengan Audience Restrictions yang sebelumnya kita bahas diatas tadi. Besar kemungkinan jangkauan audience kita pada setiap postingan adalah sama (mungkin ada yang turun ada yang naik) namun baiknya adalah engagement pada postingan tersebut lebih naik dari biasanya.

 

Itu tentu saja masuk akal, karena target audience yang telah kita atur di News Feed Targeting tadi memprioritaskan orang-orang tertentu saja untuk yang terlebih dahulu melihat postingan kita, sehingga audience yang tidak potensial akan sedikit melihat postingan Fanpage kita. Itu apabila kita menargetkan interest dengan benar, sehingga hasilnya pun akan positif.

 

Apabila pada pembahasan diatas ini ada yang sulit untuk dimengerti, silahkan tulis di komentar terkait pertanyaan apa yang tidak anda ketahui. Sebisa mungkin kami akan menjawabnya. Semoga informasi ini dapat membantu anda semua. Terima Kasih.

Silahkan di Share:

Author: Willy G

Passionate internet marketer. Believe in idea and creativity.

Share This Post On

Tinggalkan Balasan