Pengaruh Media Sosial Dalam Kegiatan Blogging yang Perlu Diketahui

Siapa yang tidak kenal dengan media sosial? Ya, media sosial adalah salah satu media yang sangat populer sekali bagi banyak orang yang menggunakan nya, sebut saja Facebook, Instagram, Twitter, Pinterest, dan masih banyak media sosial lainnya. Banyak orang menggunakan media sosial sebagai ajang eksistensi diri, meningkatkan popularitas, serta meningkatkan penjualan bagi para pebisnis yang menggunakan media sosial untuk berbisnis. Tapi tunggu dulu, ternyata ada pengaruh media sosial dalam kegiatan blogging bagi sebagian blogger yang merasakannya.

 

Pengaruh Media Sosial Dalam Kegiatan Blogging

Media Sosial dan Kegiatan Blogging

 

Salah satu kegiatan yang sangat terpengaruh oleh media sosial adalah blogging, ya memang pengaruh media sosial dalam kegiatan blogging bisa dikatakan sangat berpengaruh dan membantu sekali. Bantuan tersebut bisa dari meningkatkan popularitas blog, atau popularitas diri sendiri. Banyak para blogger memanfaatkan media sosial sebagai salah satu media untuk meningkatkan popularitas blog nya, terlebih lagi sebagai bantuan mereka untuk mendapatkan pengunjung.

 

Sebenarnya apa pengaruh media sosial dalam kegiatan blogging ? apakah membantu ataukah tidak membantu sama sekali? Apakah meningkatnya pengunjung blog melalui media sosial hanyalah suatu kebetulan saja?

 

Pengaruh Media Sosial Dalam Kegiatan Blogging, Membantu Atau Tidak Membantu?

Membantu ataukah tidak membantu, itu menjadi persoalan diri sendiri. Jika mempunyai blog yang memang berisikan konten yang baik dan berguna untuk orang lain, maka menggunakan media sosial untuk meningkatkan popularitas blog kita bukanlah suatu masalah.

 

Namun apabila blog yang di share di media sosial adalah blog yang mendung hal negatif lainnya, mungkin share blog ke media sosial tidaklah membantu sama sekali, melainkan menjadi suatu masalah untuk orang lain, sehingga reputasi blog dan diri sendiri menjadi menurun (bisa saja dibenci oleh orang lain).

 

Kembali ke pembahasan utama tentang pengaruh media sosial dalam kegiatan blogging, sebenarnya media sosial sangatlah membantu sekali untuk meningkatkan popularitas dan meningkatkan jumlah pengunjung ke blog kita. Namun tentunya kita perlu berhati-hati saat menggunakan media sosial sebagai media kita mendapatkan pengunjung. Kenapa?

 

Berhati-hati disini dimaksudkan apabila kita share konten blog kita ke media sosial dan mendapatkan banyak komentar di dalamnya, maka kita tidak boleh hilang fokus saat sedang membuat konten lain nya untuk blog. Terkadang beberapa blogger memiliki kendala hilangnya fokus membuat konten saat mereka sedang bermain media sosial.

 

Solusi nya adalah menjauhkan diri dari beberapa atau seluruh media sosial saat sedang membuat konten untuk blog. Atau bisa juga menggunakan beberapa ekstensi dari Google untuk Chrome yang bisa menjauhkan kita untuk bermain media sosial. Bagaimana caranya?

 

Bisa kita menggunakan News Feed Eradicator for Facebook, apabila kita sulit untuk menjauh dari media sosial seperti Facebook. Saat kita menggunakan ekstensi tersebut yang bisa di instal di Chrome, kita akan melihat banyak motivasi dari quotes yang tampil di News Feed Facebook kita, dan otomatis kita tidak bisa melihat konten-konten yang biasa teman kita share di News Feed Facebook kita.

 

Kita tidak perlu khawatir terganggu saat menggunakan media sosial seperti Facebook untuk sebagai media kita mendatangkan pengunjung, apalagi menggunakan Facebook berbarengan dengan saat kita sedang membuat konten untuk blog kita.

 

Dengan adanya motivasi dari quotes yang diberikan di News Feed kita, ada kemungkinan kita akan bisa lebih fokus dan termotivasi untuk kerja keras dalam membuat konten untuk blog. Tool tersebut juga bisa diatur untuk dapat menampilkan pesan yang dibuat sendiri untuk bisa tampil di News Feed Facebook kita.

 

Langkah lainnya apabila kita memang sudah tidak bisa berpaling dari media sosial, kita tentunya bisa menutup semua media sosial dan tidak lagi menghubungkan media sosial ke blog kita, tentunya hal tersebut dapat membantu kita untuk menjauhkan media sosial dari kita saat kita sedang membuat konten untuk blog, namun efek nya adalah sulitnya untuk mendapatkan pengunjung dari media sosial, dan tentunya kita harus fokus ke SEO agar blog kita tetap mendapatkan pengunjung.

 

Kesimpulan

Pengaruh media sosial dalam kegiatan blogging bisa dikatakan membantu dan sangat berpengaruh terhadap kenaikan jumlah pengunjung blog dan juga bisa tidak membantu dikarenakan hilangnya fokus saat membuat konten untuk blog.

 

Satu hal yang harus dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah berusaha selalu fokus pada pekerjaan yang sedang dikerjakan, apabila kita fokus, maka hal lainnya yang tidak berhubungan dengan pekerjaan kita bisa dan sangat mudah untuk kita tinggalkan.

Silahkan di Share:

Author: Willy G

Passionate internet marketer. Believe in idea and creativity.

Share This Post On

Tinggalkan Balasan