Pengertian Marketing Mix dan Cara Penerapannya Dalam Bisnis

Ada banyak strategi yang bisa kita gunakan untuk mengembangkan bisnis kita dan juga memenangkan persaingan pasar, salah satunya adalah strategi yang bernama Marketing Mix. Apa itu Marketing Mix? Berikut ini pengertian Marketing Mix.

 

Marketing Mix

Penerapan Marketing Mix Dalam Bisnis

 

Marketing Mix adalah salah satu strategi pemasaran yang menggabungkan elemen-elemen di dalam marketing mix itu sendiri yang kita jalankan secara terpadu. Sama halnya dengan beberapa teknik-teknik atau strategi marketing yang lain, setiap strategi tentunya tidak dapat berjalan tanpa dukungan dari elemen lain (namun ada juga beberapa strategi yang bisa berjalan tanpa elemen lain).

 

Pengertian Marketing Mix yang lain menurut seorang pakar marketing dunia bernama Kotler dan Amstrong, mengatakan bahwa Marketing Mix adalah sekumpulan variabel pemasaran yang bisa digunakan oleh perusahaan untuk mengejar tingkat penjualan mereka.

 

Tentunya dalam hal ini pengertian Marketing Mix itu sendiri ada banyak sekali versinya menurut para pakar marketing dunia. Namun kesimpulannya disini adalah kita mengetahui bahwa Marketing Mix itu adalah strategi pemasaran yang memiliki beberapa variabel di dalamnya, dan dapat kita jalankan untuk bisnis kita dengan menjalankannya secara bersamaan atau gabungan.

 

Marketing Mix memiliki beberapa elemen, yang biasa dikenal dengan unsur 4P (tentunya bukan please,please,please,please beli produk saya). Namun kali ini unsur tersebut bertambah 3 dan sekarang menjadi 7P, jika dilihat memang karena perkembangan zaman yang menjadikan unsur 4P bertambah menjadi 7P, namun sudah dari beberapa tahun yang lalu unsur marketing mix ini memang terdiri dari 7P.

 

Selama 7P (unsur-unsur yang ada di dalamnya) tersebut bisa berguna untuk mengembangkan bisnis dan juga memenangkan persaingan pasar, tidak ada salahnya jika ada penambahan unsur lagi di dalam strategi Marketing Mix.

 

Apa Pengertian Marketing Mix? dan Apa itu Unsur 7P ?

Unsur 7P itu sendiri terdiri dari:

  • Product (Produk)
  • Price (Harga)
  • Promotion (Promosi)
  • Place (Tempat)
  • Partisipant (Orang)
  • Process (Proses)
  • Physical Evidence (Bukti Fisik)

 

Berikut penjelasan dari ketujuh unsur diatas:

1. Product

Unsur produk dibagi menjadi 2 yaitu fisik dan juga digital. Dalam strategi ini, tentu kita perlu memperhatikan kualitas dari produk itu sendiri. Dalam hal ini mengartikan bahwa kita harus menjual produk kepada calon pembeli yang merasa mereka butuh untuk membeli, bukan sekedar ingin membeli.

 

2. Price

Dalam hal ini adalah jumlah biaya yang dibutuhkan untuk mendapatkan kombinasi antara barang dan juga pelayanannya. Jika produk yang kita jual sudah siap, maka kita baru akan menentukan harga dari produk itu sendiri.

 

Agar bisnis bisa berkembang dengan baik, maka kita perlu menentukan harga yang pas dan cocok untuk para calon pembeli kita. Kenapa? Karena salah-salah menentukan harga, bukannya mereka membeli kepada anda, justru mereka yang akan membeli kepada kompetitor anda. Hal ini merugikan anda tentunya bukan?

 

3. Promotion

Pengertian marketing mix yang banyak disorot di dalam ketujuh unsur ini adalah unsur Promotion (promosi). Promosi itu sendiri pada dasarnya adalah sebuah aktivitas penyebaran informasi yang bersifat membujuk, mempengaruhi, atau mengingatkan pasar bahwa produk kita sudah siap untuk dibeli, atau kita siap menawarkan jasa kepada calon konsumen kita, promosi juga bisa dikatakan sebagai salah satu cara untuk meningkatkan penjualan produk. Untuk mempelajari bagaimana cara meningkatkan penjualan, bisa kita simak pembahasan nya pada artikel yang berjudul Cara Meningkatkan Penjualan Dengan Promosi Secara Online berikut ini.

 

4. Place

Place (Tempat). Dalam artian tempat disini adalah saluran distribusi dimana produk bisa sampai kepada konsumen. Kenapa diartikan sebagai saluran distribusi? Karena hal itu mengartikan bahwa semua keseluruhan proses kegiatan memindahkan produk dari produsen ke konsumen, semua terjadi disini.

 

5. Partisipant

Partisipant disini adalah setiap orang yang masuk dan berpartisipasi dalam memasarkan produk-produk kita atau berpartisipasi dalam strategi pemasaran produk kita. Seperti contoh para Affiliate, mereka berpartisipasi untuk memasarkan produk-produk, sehingga mereka terlibat memasarkan produk ke para calon pembeli. Bisa juga partisipant seperti yang terdapat di bisnis kuliner, yaitu Restoran.

 

Para kasir, pelayan, dan lainnya baik langsung maupun tidak langsung selama mereka berpartisipasi dalam memasarkan suatu produk dalam bisnis tersebut, mereka sudah bisa dikatakan sebagai partisipant.

6. Process

Dalam pengertian marketing mix tentang unsur proses itu sendiri bukanlah proses transaksi antara calon pembeli dan penjual. Melainkan proses disini adalah berupa proses bagaimana pelayanan penjual kepada para konsumen.

 

7. Physical Evidence

Physical Evidence (bukti/lingkungan fisik). Dalam hal ini lingkungan mengartikan kondisi atau suasana. Bisa berupa fasilitas, simbol perusahaan, visi, kekayaan perusahaan, kartu nama dan lainnya yang masih berkaitan dengan aktivitas memasarkan produk-produk kita. Jadi seperti itulah beberapa pengertian Marketing Mix yang tentunya harus kita pahami jika kita ingin mengembangkan bisnis kita dengan cara memenangkan disetiap persaingan pasar. Lalu, bagaimana cara kita menggunakan strategi Marketing Mix untuk bisnis kita?

 

Contoh Strategi Marketing Mix Untuk Memenangkan Persaingan Pasar

Pengertian Marketing Mix

Unsur 4P di Marketing Mix

Setelah kita paham tentang unsur-unsur yang terdapat di dalam strategi Marketing Mix, tentunya kita sudah siap untuk menggunakan strategi tersebut dalam bisnis kita.

 

Memenangkan persaingan pasar tidaklah sulit, namun juga tidak begitu mudah. Strategi Marketing Mix dapat kita gunakan dengan berbagai strategi pemasaran. Namun keberhasilan menggunakan strategi Marketing Mix itu sendiri dinilai dari kualitas jasa atau barang(produk) yang ditawarkan. Beberapa faktor penentu juga bisa mengukur keberhasilan strategi tersebut, seperti:

 

  • Kualitas.

Dimaksudkan disini adalah kualitas barang maupun jasa yang diterima pelanggan. Seperti, apa yang diterima oleh pelanggan saat membeli barang dari kita.

 

  • Harapan Produk/Jasa.

Dimaksudkan disini adalah harapan dari konsumen terhadap produk kita. Seperti apa yang mereka rasakan terhadap produk kita, contohnya, apakah produk kita seperti yang mereka inginkan, butuhkan, atau harapkan. Jadi jika kita ingin menjual produk atau menawarkan jasa kepada para calon konsumen kita, ada baiknya kita melihat terlebih dahulu apakah produk/jasa kita sudah layak untuk mereka terima, dan apakah produk/jasa kita sudah seperti kebanyakan orang harapkan.

 

Jika kita rasa produk/jasa kita belum siap, maka tunda lah terlebih dahulu untuk mempromosikan nya. Karena untuk memenangkan persaingan pasar, bukan merekalah yang menerbitkan produknya terlebih dahulu yang akan menang, melainkan merekalah yang menunda menerbitkan produknya untuk merancang strategi yang baiklah yang akan menang dalam persaingan pasar.

 

Ada 5 unsur yang bisa mempengaruhi atau menentukan seberapa baik kualitas barang/jasa kita, unsur tersebut seperti: Assurance (Jaminan), Emphaty (Empati), Reliability (Keadaan), Responsive (Daya Tanggap), Tangible (Bukti Nyata).

 

Dengan kelima unsur tersebut, kita bisa tahu seberapa baik kualitas dari produk yang akan kita pasarkan. Demikianlah informasi mengenai pengertian Marketing Mix. Anda bisa menggunakan strategi ini untuk mengembangkan bisnis anda dengan memenangkan setiap persaingan pasar. Ilmu tentunya tidak akan berguna jika tidak segera dipraktekan, jadi Selamat Mencoba dan Semoga Berhasil!

 

Jika anda ingin menambahkan informasi tentang Marketing Mix menurut pendapat anda, anda bisa menuliskannya di bagian komentar bawah ini.

Silahkan di Share:

Author: Willy G

Passionate internet marketer. Believe in idea and creativity.

Share This Post On

3 Comments

  1. Sangat Bermanfaat!

    Post a Reply
  2. dapet juga nih pengertian lengkap tentang marketing mix, bisa buat referensi tugas saya gan, thx yah artikelnya bermanfaat

    Post a Reply

Tinggalkan Balasan