Mungkin Inilah Penyebab Blog Anda Sulit Untuk Sukses

PERINGATAN: Sebelumnya kami memohon maaf apabila dalam artikel yang berjudul “Penyebab Blog Sulit Untuk Sukses” ini mengandung kalimat yang sensitif dan menyinggung. Kami tidak bermaksud untuk menyinggung atau menganggap kami lebih baik, kami hanya sekedar niatkan untuk memberikan suatu informasi.

 

Banyak orang yang senang blogging memang karena mereka senang membagi informasi, dan menjadikannya sebagai hobi. Dan ada pula yang memang senang blogging karena blogging menjadi salah satu sumber penghasilannya. Menjadikan blogging sebagai hobi atau sebagai sumber penghasilan, itu adalah pilihan anda mau seperti apa. Kembali ke permasalahannya. Setiap orang yang senang blogging pasti memiliki tujuan, entah itu menginginkan blog nya terkenal, atau menginginkan blog nya banyak menghasilkan konversi (penjualan).

 

Penyebab Blog Sulit Untuk Sukses

Selalu Ada Alasan Kenapa Blog Sulit Untuk Sukses

 

Namun sayangnya semua itu tidak dengan mudah kita ciptakan, untuk membuat blog dapat menghasilkan sesuatu yang baik (entah itu populer atau menghasilkan banyak uang) tentunya perlu kita membuat sebuah strategi, bukan hanya sekedar publish konten saja. Banyak blog yang sudah berusia tahunan namun tidak juga mendapatkan banyak pengunjung. Salah siapa?

 

Karena syarat untuk membuat blog terkenal atau blog menghasilkan banyak keuntungan adalah pengunjung. Tanpa pengunjung blog hanyalah ruang kosong, ibaratkan kita memiliki artikel yang bagus namun tidak ada yang membaca, itu sama saja kita berteriak di dalam ruangan yang kosong, tidak akan ada yang mendengar walau sekeras apapun kita berteriak.

 

Jadi kembali pada permasalahannya, kenapa blog yang sudah berusia bulanan atau bahkan tahunan tidak kunjung sukses? Atau apa penyebab blog sulit untuk sukses ? Mari kita simak beberapa penyebab blog sulit untuk sukses berikut ini yang mungkin bisa jadi acuan bagi kita semua untuk segera memperbaiki kesalahan-kesalahan yang terdapat di blog kita.

 

Tidak Memiliki Minat Terhadap Topik yang Dipilih

Memilih topik yang salah untuk blog adalah salah satu alasan kenapa kita sering kali tidak merasa bersemangat membuat konten-konten baru untuk blog kita. Bagi yang menjadikan blog sebagai sumber penghasilan, mungkin mau tidak mau harus membangun blog yang memiliki topik yang mungkin tidak ia sukai, atau bahkan bukan minatnya.

 

Misalkan jika kita berminat dengan fashion namun ternyata topik yang sedang populer adalah kesehatan, maka mau tidak mau kita harus mengikutinya, itu pun kita lakukan demi mendapatkan banyak pengunjung. Pemilihan topik di dalam blog memang menentukan banyaknya pengunjung yang didapatkan, namun sayangnya bukanlah topik yang membuat pengunjung itu terus menerus datang ke blog kita.

 

Yang membuat blog kita mendapatkan pengunjung adalah karena kita melakukan promosi. Jika kita melakukan promosi dengan baik dan tertarget, maka bukan tidak mungkin blog yang sesuai dengan minat kita akan mudah mendapatkan banyak pengunjung. Kalau topik tersebut tidak sesuai dengan minat kita, untuk apa kita membuat blog dengan topik seperti itu? Bukankah kerja yang paling enak adalah yang sesuai dengan minat.

 

Merasa Konten di Dalam Blog Sudah Sempurna

Disini lah yang paling sering terjadi, kita merasa konten yang kita berikan atau terbitkan di blog sudah sempurna, padahal kenyataannya tidak demikian. Padahal konten juga menjadi salah satu penyebab kenapa blog kita bisa dengan mudah populer. Kualitas konten bukan kita yang menentukan, namun para pembaca lah yang menentukan apakah kualitas konten di blog kita bagus atau tidaknya.

 

Kesalahan yang sering terjadi dalam pembuatan konten adalah:

  • Tidak Berbobot : Suatu konten dikatakan berbobot apabila konten tersebut dapat membantu orang lain, namun jika konten yang kita buat hanya berisikan kata-kata yang tidak penting untuk dibaca, maka konten kita belum berbobot.
  • Mengoptimasi Secara Berlebihan : Ini mungkin biasa kita lihat pada blog-blog yang berada pada halaman pertama mesin pencari (mungkin sekarang sudah sedikit keberadaannya).Kita biasa sering melihat artikel misalnya yang menggunakan kata kunci yang berulang-ulang atau bahkan tidak menyambung sama sekali dengan kalimat yang dituliskan.Inilah yang seharusnya kita hindari, karena blog yang sukses adalah blog yang disenangi oleh para pembacanya, bukan oleh robot mesin pencari.
  • Monoton : Banyak blog yang membahas itu-itu saja dengan memakai bahasa yang sama, sehingga membuat para pembacanya merasa bosan.

 

Apabila sudah membuat sebuah konten untuk blog kita, setidaknya kita perlu review lagi konten tersebut. Apakah konten yang akan kita publish akan berguna dan berkualitas di mata para pengunjung blog kita atau tidak.

 

Tidak Melakukan Promosi

Promosi adalah salah satu alasan utama blog bisa mendapatkan banyak pengunjung, jika kita kira blog di index oleh Google maka blog kita akan mendapatkan pengunjung, maka itu salah besar. Di Internet banyak sekali blog yang beredar dimana-mana, dan jika kita hanya menerbitkan konten saja tanpa melakukan promosi, maka sama saja kita berteriak sekencang-kencangnya di ruangan yang kosong.

 

Apakah dengan SEO blog kita bisa mendapatkan pengunjung? Tentu bisa. Namun bukankah SEO didasari dengan promosi, apalagi mesin pencari seperti Google misalnya setiap waktu selalu update algoritmanya, sehingga SEO saja tidak akan cukup untuk mendapatkan banyak pengunjung.

 

Kurangnya promosi menjadikan sebab kenapa blog sulit untuk sukses. Untuk itu kita bisa melakukan promosi dikala konten yang kita buat di blog sudah selesai. Mempromosikan blog juga tidak rumit, kita bisa mempelajari teknik mempromosikan blog hanya kurang dari 20 menit di artikel yang berjudul Strategi Promosi Blog yang Bisa Dilakukan Kurang Dari 20 Menit berikut ini.

 

 

Terobsesi Dengan Uang, Salah Satu Alasan Blog Sulit Untuk Sukses

Siapapun ingin blog nya bermanfaat untuk orang lain, namun mereka juga menginginkan blog nya juga bermanfaat untuk mereka (blogger), seperti dapat menghasilkan uang contohnya. Jika kita ingin blog kita dapat menghasilkan uang, maka janganlah terburu-buru memikirkannya saat memulai. Maksudnya? Misalkan saat membuat blog langsung memberikan sebuah penawaran berupa produk, atau banyak menyertakan link affiliate di dalam tulisan.

 

Hal seperti ini yang membuat blog sulit untuk sukses, kenapa? Karena bisa pasti para pembaca akan merasa benci jika mereka ditawari langsung penawaran-penawaran. Apalagi blog tersebut hanya baru terdapat satu konten di dalamnya.

 

Biasanya para internet marketer membuat suatu blog dengan memberikan informasi-informasi yang bermanfaat terlebih dahulu, lalu setelah itu mereka menawarkan produk-produk kepada para pembacanya (istilahnya sharing lalu selling). Hal ini dilakukan untuk membuat para pembacanya tidak merasa benci dan bosan, sehingga para pembacanya berkemungkinan akan kembali mengunjungi blog nya lagi suatu saat nanti.

 

Tidak Memikirkan Keuntungan

Jika diatas adalah suatu kesalahan yang terjadi karena terlebih dahulu memikirkan tentang uang saat memulai blogging. Maka selanjutnya adalah suatu kesalahan karena tidak memikirkan keuntungan yang dapat dihasilkan oleh blog. Keuntungan seperti apa yang dimaksud? Keuntungan disini adalah seperti memikirkan tentang bagaimana bisniskan blog kita, seperti menjual sesuatu.

 

Bukankah tidak baik jika terlebih dahulu berjualan saat baru membuat blog? Memang benar. Kita bisniskan blog kita hanya setelah blog kita memberikan dampak positif terhadap orang lain. Misalkan dari konten yang kita buat, dan lainnya. Yang terpenting buat blog kita memiliki dampak positifnya untuk orang lain bukan negatifnya.

 

Kita bisa menjual sesuatu di blog kita, seperti:

  • Produk buatan kita sendiri (pastikan produk tersebut berguna untuk orang lain)
  • Produk buatan orang lain.
  • Iklan (seperti Google Adsense, atau iklan-iklan lainnya)
  • Jasa.

 

Dan akhirnya tujuan terakhir blog kita adalah untuk menghasilkan sesuatu, entah itu kesenangan di diri kita yang menjadikan blogging sebagai hobi, atau menghasilkan banyak uang jika kita menjadikan blogging sebagai sumber penghasilan. Jadi tidak ada alasan lagi kenapa blog sulit untuk sukses, karena blogging apabila dijadikan hobi, maka kita akan melakukan nya dengan suka rela.

 

Kesimpulan

Untuk membuat sesuatu yang bisa menghasilkan keuntungan kepada kita maka diperlukannya usaha dan kerja keras untuk membuat itu semua tercipta. Kerja keras itu bisa dimaksudkan seperti meluangkan waktu untuk terus belajar dan belajar bagaimana cara membangun blog yang sukses, berusaha membuat konten yang baik yang disenangi oleh pembaca, melakukan promosi dengan beretika yang baik, dan yang pasti selalu percaya bahwa blog kita bisa sukses.

 

Beberapa penyebab blog sulit untuk sukses yang disebutkan diatas mungkin bisa menyadarkan kita untuk selalu berusaha menjadikan blog kita lebih baik lagi dan berguna untuk orang lain. Jadi, selamat mencoba dan semoga berhasil.

Silahkan di Share:

Author: Willy G

Passionate internet marketer. Believe in idea and creativity.

Share This Post On

Tinggalkan Balasan