4 Platform Ecommerce Terbaik yang Harus Anda Pilih Untuk Kesuksesan Toko Online Anda

Apa saja platform ecommerce terbaik untuk toko online? Oke, sebelum itu mungkin setiap orang punya atau pernah berkeinginan untuk mendirikan bisnis secara online, khususnya toko online. Namun sayangnya karena banyak yang memiliki kendala tidak memiliki produk, maka keinginan tersebut hanyalah sebatas keinginan saja, tanpa adanya action.

 

Platform Ecommerce Terbaik

Pilihan Platform Ecommerce yang Terbaik

 

Kita tahu bahwa untuk memulai berbisnis online, kita juga bisa memulai tanpa perlu memiliki produk terlebih dahulu, contohnya seperti bisnis dropship, affiliate, dan lainnya. Untuk menjual produk pun kita juga tidak perlu harus memiliki toko online terlebih dahulu. Kenapa begitu?

 

Untuk menjual produk yang kita jual secara online, kita bisa menggunakan social media sebagai media kita untuk menjual produk-produk yang akan kita jual. Namun itu hanya berlaku untuk orang yang baru memulai berbisnis online, istilahnya seperti pemanasan terlebih dulu.

 

Bagi orang yang memang benar-benar serius ingin berbisnis dan menjual produk secara online, maka mereka perlu memiliki toko online untuk produk-produk jual nya. Namun sebelum kita menjual produk di toko online, ada beberapa pilihan untuk kita pertimbangkan sebelum kita memulai menjual produk di toko online kita. Contohnya seperti berikut ini:

  • Apakah kita ingin membangun toko online milik kita sendiri.
  • Apakah kita ingin menjual produk di pasar online, seperti Amazon, Ebay, dan lainnya.
  • Apakah kita ingin menggunakan website yang menyediakan platform ecommerce terbaik seperti Shopify, dan lainnya.

 

Itu semua beberapa pilihan yang perlu kita pertimbangkan, namun ada baiknya kita memang mempertimbangkan hal diatas sebelum kita mulai untuk membuat sebuah toko online.

 

Apa yang Harus Dilakukan Untuk Membangun Sebuah Toko Online

Seperti yang ada pada pilihan sebelumnya, sebelum kita memulai untuk membuat toko online, maka perlulah kita mempertimbangkan ketiga hal diatas. Apabila kita lebih memilih opsi yang pertama, maka kita harus mengeluarkan biaya yang tidak murah, alias kita harus menggunakan jasa mendesain website toko online kita. Dan apabila kita lebih memilih pada opsi yang kedua, maka kita juga harus mengeluarkan biaya untuk produk yang kita promosikan, seperti biaya iklan.

 

Lalu, opsi mana yang terbaik? Apakah opsi yang ketiga? Mungkin. Namun apabila kita memang benar-benar ingin mencoba untuk belajar membangun sebuah brand milik sendiri, maka tidak ada salahnya untuk mencoba memulai dari menggunakan platform ecommerce terbaik seperti Shopify dan lainnya.

 

Pilihan yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Memilih Platform Ecommerce Terbaik

Sebelum kita memilih platform ecommerce, sebaiknya kita mempertimbangkan hal-hal berikut ini, seperti:

  • Desain/Tema toko online seperti apa yang akan kita gunakan, seperti menyewa desainer web atau menggunakan pilihan tema yang disediakan oleh platform ecommerce.
  • Biaya bulanan yang harus dibayarkan.
  • Permasalahan yang harus dihadapi terkait instal software, sewa, dan lainnya.
  • Dapat atau tidaknya support dari pihak toko online yang dipilih.

 

Biaya Bulanan yang Harus Dipertimbangkan Oleh Kita

Sebelum kita memilih platform ecommerce terbaik apa yang akan kita pilih, maka ada baiknya kita harus pertimbangkan biaya bulanan nya terlebih dahulu. Tentunya biaya bulanan untuk setiap platform berbeda-beda, itu dikarenakan ada kemungkinan support yang diberikan lebih baik dari perusahaan sejenis.

 

Platform Ecommerce Terbaik

Daftar Harga Shopify via shopify.co.id/pricing 

 

Pahami Fitur yang Digunakan di Toko Online Kita

Tampilan toko online yang menarik tentu dapat memikat calon pembeli, selain itu juga dapat menarik para pengunjung untuk terus mengunjungi toko online kita. Oleh karena itu toko online yang memiliki tampilan menarik lebih banyak menghasilkan konversi dan akhirnya memiliki pelanggan setia.

 

Ada baiknya kita memilih platform ecommerce terbaik yang memiliki fitur toko online yang dapat membantu para calon pembeli, karena fitur-fitur yang memudahkan pembeli dapat meningkatkan konversi sekaligus mempengaruhi pembeli untuk membeli produk kita secara berulang dikemudian hari.

 

Pahami Bantuan dan Dukungan dari Platform Toko Online yang Dipilih

Kita harus memahami seperti apa alur kerja dari platform ecommerce yang kita gunakan, seperti contohnya kita bisa melihat knowledge base yang biasanya sudah disediakan oleh platform ecommerce, seperti Shopify contohnya. Ketika kita memilih dan membayar platform ecommerce terbaik yang kita pilih, maka selanjutnya kita harus memahami bantuan dan dukungan dari platform ecommerce yang dipilih itu seperti apa, apakah bagus atau tidaknya.

 

Oleh karena itu ada baiknya kita tidak terburu-buru dalam memilih platform ecommerce yang akan kita gunakan. Pastikan platform ecommerce yang dipilih menyediakan layanan contact bagi para pelanggannya, seperti email, live chat, serta halaman FAQ, selain itu juga platform ecommerce yang digunakan haruslah menyediakan panduan yang bisa memudahkan para penggunanya.

 

Sesudah langkah-langkah diatas tadi dipertimbangkan, maka berikut inilah beberapa platform ecommerce terbaik yang bisa kita pilih sebagai toko online kita. Seperti:

 

1. Bigcommerce

Platform ini merupakan platform yang digunakan oleh banyak perusahaan yang tersebar di lebih dari 150 negara. Di platform ini, mereka memberikan 115 template pilihan yang bisa kita pilih untuk mempercantik toko online kita.

 

Platform Ecommerce Terbaik

Tampilan Bigcommerce via bigcommerce.com

 

Keuntungan lainnya yang ada pada Bigcommerce adalah, kita bisa mengoptimasi nya dengan SEO, sehingga dapat membantu kita untuk mendapatkan peringkat lebih baik di mesin pencari. Selain itu, kita juga bisa menambahkan gambar produk yang tidak terbatas.

 

2. Shopify

Kita tahu bahwa platform yang bernama Shopify ini sangat terkenal bahkan beberapa orang banyak yang membicarakan platform tersebut. Ya, Shopify memang memberikan banyak kemudahan yang bisa kita dapatkan apabila kita menggunakan platform ini.

 

Platform Ecommerce Terbaik

Tampilan Shopify via shopify.com

 

Kemudahan tersebut seperti proses instalasi yang cukup mudah dan kita pun tidak perlu bingung untuk melakukannya, karena memang kita sudah dipandu oleh platform tersebut. Selain itu kita juga hanya tinggal mengisikan nama toko online kita, email, password, serta data diri kita selaku pemilik toko online nya. Kita pun juga diberikan kemudahan lain, seperti mudahnya proses upload produk, inventory produk, dan masalah payment, seperti mengintegrasikan nya, dan lain-lain.

 

3. Magento

Mungkin beberapa orang masih terlihat asing dengan platform berikut ini, namun tenang saja, platform berikut yang bernama Magento ini tidak sulit untuk digunakan, bahkan platform ini memberikan desain yang sangat fleksibel untuk toko online kita. Namun sayangnya terkait cara kerjanya, Magento ini agak sedikit sulit untuk dipahami.

Platform Ecommerce Terbaik

Tampilan Magento via magento.com

 

Apabila kita ingin menggunakan Magento sebagai platform ecommerce kita, maka kita ada baiknya memahami terlebih dahulu alur-alur dan cara kerja dari Magento itu sendiri.

 

Magento ada beberapa versi, seperti:

  • Magento Community Edition.
  • Magento Go.
  • Magento Enterprise Edition.

 

Untuk versi yang Community Edition, kita dapat melakukan perubahan pada kode-kode dasar dari tampilan toko online kita, seperti memodifikasi. Dan untuk versi Magento Go, kita hanya dapat membuat ecommerce skala kecil saja. Untuk versi Magento Enterprise Edition, kita bisa membuat ecommerce skala besar, dan kita pun bisa mengembangkannya.

 

4. Volusion

Ini adalah salah satu platform ecommerce terbaik yang mudah digunakan dan memiliki fitur lengkap untuk memudahkan para penggunanya. Kita juga disediakan fitur keamanan administrasi yang sangat ketat, sehingga membuat transaksi berjalan dengan aman.

 

Platform Ecommerce Terbaik

Tampilan Volusion via volusion.com

 

Selain itu, kita juga disediakan ratusan template yang menarik untuk mempercantik tampilan toko online kita. Volusion ini dibangun mencakup media social, SEO, dan lainnya yang dapat membantu mengembangkan toko online kita.

 

Kesimpulan

Sebelum kita menggunakan beberapa platform ecommerce terbaik ini, tidak ada salahnya untuk kita mencobanya terlebih dahulu, karena semua platform ecommerce diatas menyediakan masa trial selama 14-30 hari. Setidaknya apabila kita telah menggunakannya, maka kita dapat memahami alur-alur kerja seperti apa yang digunakan platform tersebut. Sehingga saat kita menggunakannya nanti, kita sudah memahaminya penuh.

Silahkan di Share:

Author: Willy G

Passionate internet marketer. Believe in idea and creativity.

Share This Post On

Tinggalkan Balasan