5 Plugin Contact Form Terbaik Untuk WordPress yang Bisa Jadi Pertimbangan Anda Untuk Menginstalnya di Website

Setiap website apapun bentuknya pasti selalu ada Contact Form, atau Formulir Kontak. Contact Form ini pada dasarnya memegang peranan penting di dalam website, karena bertujuan untuk mempermudah seseorang untuk berinteraksi atau menghubungi si pemilik website. Para pengunjung pun nantinya juga akan merasa mudah bertanya-tanya jika website yang dikunjunginya tersedia formulir kontak atau Contact Form.

 

Plugin Contact Form Terbaik Untuk WordPress

 

Contact Form tidak hanya berfungsi untuk membantu pengunjung menghubungi pemilik website saja, tetapi juga membantu pengumpulan data email, informasi pengunjung, pengumpulan survei, konfirmasi pembayaran, dan lainnya.

 

Banyak cara untuk bisa membuat Contact Form di website, jika kita menggunakan WordPress maka kita bisa menginstal beberapa Plugin Contact Form pilihan yang akan digunakan untuk menjembatani pengunjung dengan pemilik website jika mereka ingin menghubunginya.

 

Tapi jika anda seorang programmer handal yang bisa merubah segala tampilan website sendiri sesukanya, maka anda tak perlu menginstal plugin Contact Form di website. Buatlah sendiri versi anda dengan sesuka hati. Tapi jika memang tidak terlalu mahir coding, maka kita bisa menginstal plugin Contact Form yang banyak tersedia di WordPress.

 

Bingung memilih plugin Contact Form yang ingin di instal di website? Atau bingung memilih mana plugin Contact Form yang terbaik? Mungkin beberapa pilihan Plugin Contact Form berikut ini bisa jadi pertimbangan anda sebelum menginstalnya di website.

 

1. Plugin Contact Form dari Jetpack

Jetpack Plugin

Jetpack Plugin

 

Setiap blogger yang menggunakan WordPress pasti sudah tahu dan familiar dengan Jetpack ini. Jetpack sendiri adalah sebuah plugin WordPress yang memiliki banyak fitur dari lebih 30 modul yang menyatu dengan plugin ini. Kita pun hanya tinggal menginstal satu plugin Jetpack saja untuk bisa mendapatkan berbagai fitur-fitur didalamnya.

 

Modul Jetpack yang biasa atau paling umum digunakan adalah Contact Form. Jetpack memberikan form builder sederhana namun terlihat elegan. Sama halnya dengan fitur-fitur plugin Contact Form lainnya, plugin Contact Form dari Jetpack akan memberitahukan setiap respon dari formulir kontak yang akan diberitahukan ke email kita. Dengan dukungan dari plugin Akismet, formulir kontak dari Jetpack ini akan terbebas dari spam.

 

2. Contact Form by BestWebSoft

Plugin Contact Form Terbaik

Contact Form by BestWebSoft

 

Plugin formulir kontak ini menyediakan lebih dari 15 bahasa. Ada banyak fitur juga yang bisa kita nikmati dari plugin ini. Namun jika kita membeli versi permiumnya, maka kita akan mendapatkan lebih banyak fitur dibandingkan versi gratis. Namun jika hanya digunakan untuk formulir kontak yang sederhana saja, maka versi gratis juga sudah cukup.

 

3. Visual Form Builder

Plugin Contact Form Terbaik

Visual Form Builder

 

Plugin ini memberikan keleluasaan untuk kita mengelola dan membangun segala bentuk formulir untuk website. Tak perlu takut dan tidak mengerti tentang HTML, PHP, ataupun CSS, karena Visual Form Builder ini memberikan kemudahan dalam penggunaannya.

 

4. Ninja Forms

Plugin Contact Form Terbaik

Ninja Forms

 

Plugin Ninja Forms ini adalah plugin yang terkenal untuk pembuatan formulir kontak di website. Fitur drag and drop Ninja Forms ini memudahkan setiap orang yang menggunakannya. Kita pun juga cukup merasa mudah saat memakainya untuk membuat formulir kontak di website. Kita bisa dengan mudah menambahkan field alamat email dan jenis fiel lainnya dari sini, mungkin hanya beberapa menit saja sudah bisa terselesaikan.

 

Ninja Forms juga menyediakan hook dan filter untuk para pengembang yang ingin melakukan berbagai hal sesukanya di website. Selain itu plugin ini juga memiliki fitur khusus premium dimana fitur-fiturnya seperti editing frontend dan posting, multi form, integrasi PayPal dan dukungan email marketing lainnya.

 

5. Contact Form 7

Contact Form 7

Contact Form 7 Plugin

 

Jika anda pengguna WordPress pasti sudah kenal dengan plugin Contact Form 7 ini bukan? Ya, memang plugin ini menjadi plugin yang sering dan paling banyak di download oleh para pengguna WordPress. Plugin ini pun memiliki antarmuka yang sangat ramah untuk para penggunanya, selain itu plugin Contact Form 7 ini mendukung Ajax, CAPTCHA dan Akismet, serta menyediakan lebih dari 60 bahasa.

 

Kesimpulan

Beberapa plugin diatas memang memiliki fitur-fitur andalannya masing-masing, dimana salah satu fiturnya tidak dimiliki plugin yang lain dan sebaliknya. Jika kita hanya sekedar membuat contact form untuk website tanpa perlu hal-hal yang sangat serius atau rumit, maka kita pilih saja plugin-plugin yang memberikan kemudahan untuk bisa kita gunakan.

Silahkan di Share:

Author: Willy G

Passionate internet marketer. Believe in idea and creativity.

Share This Post On

Tinggalkan Balasan